Surat Pembaca

Penagihan ‘Call Collection’ DBS Meresahkan

Saya memiliki KTA DBS dengan nomor (7701865373) dan singkat cerita, kondisi finansial saya semakin tidak menentu semenjak suami tidak bekerja secara penuh mulai dari tahun lalu sehingga mengakibatkan semua pemasukan atau pengeluaran dialihkan terlebih dahulu kepada saya.

Pada awal tahun 2017 merupakan masa yang paling berat buat saya sehingga mengakibatkan tertundanya pembayaran untuk Bank DBS tersebut. Walaupun kondisi tertunggak, namun sudah 3 bulan terakhir ini saya selalu usahakan untuk membayar paling tidak satu bulan terlebih dahulu. Terlebih lagi, saya sempat ke kantor DBS Pasar Minggu bulan September lalu karena staff call center (pria, yang kurang sopan juga) menyuruh saya untuk datang tapi ternyata bertemu dengan Bpk A** (beda dari yang menelepon) dan akhirnya saya berdiskusi dengan beliau agar yang menelepon lebih sopan lagi dan disaat itu juga saya minta dibantu solusi berupa keringanan cicilan. Namun ternyata tidak ada solusi lain selain pelunasan dengan diskon dan pada akhrnya saya melakukan pembayaran 1 bulan terlebih dahulu.

Minggu ini sudah 2 kali mengalami ketidaknyamanan oleh staf collection DBS an. Yessy. Awalnya dia menelepon ke kantor saya dan saya dengan sopan info ke ybs dan minta tolong untuk menghubungi saya via HP saja, namun dia menjawab dan bersikeras bilang sudah menghubungi saya ke hp tapi tidak ada jawaban (padahal sama sekali tidak ada miscall). Pada akhirnya dia telepon ke hp saya dan langsung marah-marah dan mempermasalahkan hal tersebut dengan cara yang sangat tidak sopan (dari awal sudah teriak-teriak) dan menyuruh saya untuk datang ke kantor DBS di Pasar Minggu untuk bertemu langsung dengan ybs.

Hari ini tepatnya pagi ini pukul 09.30 WIB, ybs menghubungi saya kembali. Awalnya ke nomor hp yang sudah saya angkat namun kemudian mati, tidak lama kemudian ybs menelpon ke kantor saya yang kebetulan diangkat oleh saya sendiri. Dari awal telpon sudah tidak sopan, terlebih lagi dia karena saya yang angkat dan terus mengancam saya untuk telepon terus ke kantor 5 menit sekali dan ternyata dia benar-benar melakukannya. Pada telepon kedua saya masih menanyakan kepada ybs kenapa tidak ke hp saja karena bisa mengganggu aktivitas kantor dan komplain dari orang kantor.

Ybs menambah lagi dengan ancaman ingin berbicara dengan atasan saya mengenai masalah hutang ini dan akan telepon lagi dan oleh karena saya tidak merasa nyaman dengan prilaku ybs, saya rekam pembicaraan tersebut. Tidak lama, ybs telepon kembali ke kantor dan diangkat oleh rekan kerja saya dan terbukti sudah sangat mengganggu karena teman saya sudah sopan menjawab namun masih diperlakukan buruk oleh ybs hingga teman saya meninggikan nada suaranya.

Saya sudah sampaikan pada bulan September lalu, kalau memang mau menagih, tolong dengan cara yang sopan karena saya masih MEMBAYAR selama 3 bulan terakhir. Apakah memang Bank DBS sendiri yang memperbolehkan mengganggu aktivitas kantor orang lain? Apakah cara ini memang sudah pada koridor penagihan menurut aturan BI? Yang saya permasalahkan disini adalah CARA PENAGIHAN / ETIKA PENAGIHAN. Kalau memang cara seperti ini (terus akan menelpon kantor) sudah sangat mempengaruhi kinerja saya bekerja, apalagi sampai menyebabkan saya kehilangan pekerjaan, apakah DBS mau bertanggung jawab?

Mohon diperhatikan kembali tata cara dan aturan penagihan yang sesuai aturan.

Lanny D. B.
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hari ini saya ditelfon org debt collector DBS yg sangat tidak beretika. Mmg sy akan menutup CC dari bank ini namun masi ada tagihan yg hrs sy lunasi kurang lebih 1 jt ditambah biaya tahunan yg menurut Customer service cukup diabaikan.
    Dr perbincangan awal sy menanggapi dengan amat sangat baik sampai akhirnya mba DB makin menjadi” dan sangat amat arogan bahkan saya sempat adu mulut karena jujur pelayanan bank ini sangat amat berbeda dengan bank lainnya.

    Sebagai masukan, mohon debt collector DBS untuk menjaga etikanya saat berbicara terutama kepada customer. (Sorry to say, seperti tidak berpendidikan)

    • Gak beda jauh dgn saya...saya jg ada keluhan dgn CC di DBS. Sblmnya waktu di anz pmbayaran saya lancar dan aman2. Tp begitu pindah ke DBS tagihan min payment saya jd 2x lipat lbh Dr bln sblmnya dgn total tagihan yg sama. Saya cb minta penjelasan dr pihak DBS..dan sll saja jawabannya Krn sistem di DBS berbeda dgn anz yg sblmnya. Hampir setiap hari saya hub cs dan disarankan untuk hub collection. Saya cb hub collection untuk mnta keringanan tp jawabannya blm ada program. Hampir setiap hr saya ditelp collection dan saya jelaskan knp sampai saat ini saya blm bayarkan Krn merasa keberatan dgn tagihan yg gak masuk akal. Dan itu sangat tdk fair. Sblm pindah ke DBS ada surat pemberitahuan ttg adanya akuisisi dr anz ke DBS dan saya sempet baca klo smua tagihan tdk ada perubahan dr yg sblmnya. Itu artinya perhitungan tagihan akan sama dgn bank ANZ. Tp kenyataannya beda sekali...tagihan sy jd 2x lipat lbh di min payment (yg sblmnya hy 3jutaan skrg jd 7juta lbh) gilaaaa bener...saya merasa tertipu sama DBS, dan jawaban mereka Krn ada overlimitnya dan di akumulasi kan dgn min payment 10%. Jelas gak fair dan merugikan klo spti itu caranya. Klo mau merubah sistem tlg dong diinfokan dl sm nasabah jgn seenaknya aja bikin aturan sendiri. Kita sm2 menguntungkan kok klo pihak bank nya fair. Sampai hr ini sy blm dihub lagi tp saya sdh mnta bantuan tmn pengacara untuk negosiasi. Semoga berhasil. Aamiinn

  • Kasus yg sama, sy sdh nunggak 5 bln. Padahal saya gak minta di disc. Sy minta di reschudele ulang utang saya. Karena posisi sy gak bekerja.mungkin ada yg bs kasih solusi.

      • Bukan di datangin lg om, malah saya di maki2. tp mau gmn lg saya gak punya uang untuk bayar. sy cuma minta di reschedule angsuran sy jd 1 jt. tp tenor di pajangin jd 36 bln. tp kata pihak DBS nya bilang? gak ada keringanan. sy sih pasrah aja mau lewat jalur apa saya ladenin. pasang badan pun saya siap. saya bukannya gak mau bayar? tp sy minta angsuran di turunin tp tenor dipanjangin.

  • Bapak/ibu yg terhormat karyawan dbs,,apakah pihak DC anda sudah ditraining menurut kode etik yg seharusnya berlaku??apakah DC itu harus berbicara kata2 yg tidak sopan dengan nada yg tinggi dan memaki2 nasabah yg telat bayar untuk cicilannya??tidak seharusnya seperti itu!apakah tidak bisa dengan bicara yg sopan dan mencari solusi baiknya seperti apa,bank anda sedang naik sekarang, jgn bersikap arogan kepada nasabah,tidak mau kan nasabah anda semua kecewa dengan pelayanan anda,dan pindah ke bank lain .DC anda seperti preman semua,mohon diperbaiki pelayanannya agar tidak meresahkan nasabah yg lainnya..semoga jajaran direksi bank DBS dapat membaca keluh kesah nasabah saat ini. Thx

  • Yg merasa diintimidasi, kumpulkan semua bukti lapor OJK dan merasa bisa melaporkan ke polisi yaitu perbuatan tidak menyenangkan, kita k ojk

  • Kadang pihak DC mungkin ga bisa mikir kali ya kalo terus2an di telp ke kantor nanti efek nya akan di pecat atau gimana jadi kan ga bisa bayar utang..niat para konsumen baik koq kalo masih angkat telpon (HP/rumah) dan minta reschedule ulang..itu artinya kita yang punya utang masih pada mau bayar bukannya kabur..setiap di tanya nama dengan siapa juga jawabnya "datang aja pak/bu ke kantor dbs pasar minggu ktmu dengan saya, saya kasih langsung id card saya" minta reschedule ulang pun di jawab tidak ada..kondisi bulan 1 sudah bayar 1,5 juta, dan bulan ke 2 blom di bayar,.kita bukan nya tidak mau membayar, kalau ada uang nya juga pasti kita tidak akan telat,,tapi nagihnya seakan2 udah 6 bulan ga bayar2 dan ga angkat2 telepon..sampai2 orang rumah juga ikut diancam..ini kerjaan DC??MIRIS SEKALEE..

  • ini parah sih Banknya. keterlaluan. jatuh tempo pinjaman tanggal 20 tapi tanggal belasan sudah di reminder, lucunya lagi di tanggal 17 dateng ke rumah dan nanya2 tetangga, itu belum jatuh tempo. pembayaran saya lancar kok di bulan2 sebelumnya, hanya tinggal 4 kali lagi. di bulan itu saya ada pembayaran untuk uang kuliah dulu dan memang harus dibayarkan karena saya sudah semester akhir, janji di akhir bulan ke debt collectornya, lah dia bersikeras harus dibayar sebelum jam makan siang. maksa. baru telat 11 hari, tapi nagihnya kaya ga dibayar 3 bulan, itupun di akhir bulan dibayar kok. denda juga dibayar, ga ngerti saya SOP bank ini seperti apa sampe nagihnya kaya kesetanan padahal notabene payment historynya bersih. complain ke customer service malah ttp memojokan juga, ya saya sadar saya lalai di bulan ini, tapi saya baru tau perbankan bisa kaya gini, rekan saya ada yg meminjam CIMB niaga bahkan sampai wanprestasi 3 bulan namun DCnya ngasih masukan untuk bisa membantu pelunasan, DBS telat 11 hari aja kaya apaan, 4 bulan lagi beres, ga pengen pake jasanya lagi, jahat banget banknya, bunga besar, SDMnya parah, SOPnya out of lines banget, denda keterlambatannya juga ngeri banget, nyesel saya. CIMB Niaga yang udah jadi bank besar aja ga gitu2 banget, ini DBS mah dana bantuan setan kali :( bukan dana bantuan sahabat..

  • Saya nyesel bgt pernah ambil KTA Dbs, padahal bulan ini sudah lunas, saya minta penutupan dan surat pelunasan tapi yg ada sy tl[ cs msh blm bisa ditutup krn ada denda yg belum dibayarkan. Saya jd bingung padahal walaupun ada telat bayar saya selalu bayar beserta dendanya dan gak pernah sampai lewat bulan, sistem msh gantung 3 jutaan, karena saya merasa sudah bayar semua kewajiban saya dan tidak terima dengan perlakuan ini akhirnya cs meminta waktu untuk hitung secara manual, stlh dihitung menurut cs denda yg harus dibayar 1,75 jt dihitung sejak 3 tahun berjalan katanya ada yg kelwat bbrp hari kena denda 250rb, jadi saya ada 7x yg lewat jatuh tempo meskipun telat 2-3 hari.
    Karena saya gk mau ribut dan berlama2 dan ingin segera tutup saya bayarkan denda 1,75 juta dan sekarang ini saya minta surat lunas masih saja dipersulit dan blgnya cs tagihan saya sudah dipindahkan ke bagian collection.
    Bener2 mengerjai saya diblgnya data saya sdh tdk ada krn sdh dipindahkan ke collection. Ada apalagi nti collection mau minta apa lagi sama saya, Saya hanya ingin tutup dan minta surat lunas. Bank ini benar2 memeras saya bunga dan denda2 yg tidak jelas, sistem mereka kacau bangat.
    Bagaimana solusinya saya harus mendapatkan surat lunas itu, saya mesti lapor ke siapa krn saya tlp cs cm dilempar2 kaya bola pimpong, saya tau ini ada maksud nti collection akan menagih dengan data yg tidak akurat walaupun belum dihubungi , tapi saya sudah diremehkan penagihan dialihkan ke collection, seperti menunggak bbrp bulan. ini saya sudah LUNAS! tapi kenapa diperlakukannya dipersulit seperti ini.
    Tolong bagi temen2 disini mungkin ada yg bisa bantu saya harus adukan ke siapa?

  • Bank DBS sangat merugikan nasabah saya sama dengan Mbak selvi sudah lunas dari bulan May tapi sampai sekarang surat keterangan sudah lunas tidak juga di berikan dengan alasan pinjaman saya belum di tutup oleh pihak collection.
    Dari pihak collection a/n Frenklin bilang sudah di tutup dari Bulan May saya lunaskan tlpke CS DBS masih belum sampai 1 bulan diinfokan dibuatkan laporan tapi tidak ada kejelasaan.
    Sangat merugikan orang barusan saya tlp collection bilangnya akan di proses ulang lagi besok di infokan lagi.
    Saat masih ada hutang di kejar seperti orang akan kabur,saat nasabah melunaskan hak nya surat lunas tidak di selesaikan.

    Ingat jangan sampai hal ini menjadi masalah bagi DBS karena hak orang di permainkan.

Penulis
Lanny Delima