Surat Pembaca

Bank Mandiri Memblokir Rekening Tabungan dengan Alasan Tunggakan Kartu Kredit

Nama saya Nio Rulyanto, pada Tgl. 24 Feb 2018. Baru saja diketahui jika rekening tabungan istri saya dengan no rek. 166000121****, setelah kami hubungi Call Center Mandiri katanya dana dibekukan karena adanya tunggakan kartu kredit isteri saya. Sepengetahuan saya, setiap bulannya isteri saya membayar tagihan tersebut. Walaupun ada pembayaran di bawah minimum payment. Karena memang usaha kami sedang pailit. Dan 8 bulan terakhir ini hanya mengandalkan dari uang gaji saya saja.

Di dalam rekening terdapat uang gaji saya yang saya transfer ke rekening isteri saya. Sedang uang tersebut kami peruntukkan untuk kebutuhan anak-anak kami dan membayar hak-hak orang lain. Kami pun sudah konsultasikan kepada kerabat kami yang bekerja di BI. Karena seharusnya rekening tabungan tidak ada kaitannya dengan masalah kartu kredit. Dan jika ada kredit macet pun, hanya kartu kreditnya saja yang diblokir. Bukan rekening tabungannya. Dan juga pihak bank pun tidak boleh sembarangan mendebit saldo yang ada. Tanpa adanya persetujuan dari pihak nasabah sebelumnya. Lagi pula kami selalu ada pembayaran, walaupun tidak banyak. Dan kartu pun sudah diblokir sejak beberapa bulan yang lalu. Ditambah pula, tidak ada kami dihubungi pihak Bank atau pun Collector.

Kami terakhir menerima E-Billing pun pada bulan November 2016, ke sininya sudah tidak ada email maupun surat tagihan yang datang ke rumah kami. Alamat surat menyurat pun masih ditinggali. Jadi tidak ada alasan apapun untuk melakukan hal seperti ini.

Saya mohon untuk pihak Bank Mandiri, agar segera membuka rekening tabungan isteri saya. Karena mau sampai kapan pun saya akan mencari banyak informasi dan berniat melaporkan ini kepada OJK dan juga jalan hukum.

Nio Rulyanto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya hanya bertanya! Maaf melenceng Ayah saya mempunyai hutang/ansuran uang yang blm lunas.
      Apakah tabungan anak akan di tarik oleh pihak bank?untuk membayar utang ayah tadi! Atau tidak.

    • pak, saya kmarin mengalami hal yg sama. mohon bantu sharing pak. krn saya tdk mengerti ttg perbankan. bgaimn supaya saya bsa nego jumlah tagihan yg akan saya byr. krn yg mereka mnta jumlah ny berkali kali lipat dr pokok nya. jika brkenan mohon bantu sharing ya pak ini email saya yunita.ayhi***@gmail.com

      terima kasih pak

  • Pak NIO.Sebaiknya hal yang dilakukan bank mandiri dilaporkan ke OJK melalui email : konsumen@ojk.go.id.Semakin banyak yg melaporkan bisa saja bank mandiri berubah gak asal memblokir atau mendebit uang nasabah sembarangan.Seperti halnya teman saya dan saya beramai-ramai berani melaporkan kasus first travel langsung mendatangi ke OJK akhirnya disorot publik.Semoga bank mandiri memilih perusahaan debt collector yg tahu prosedur peraturan bank indonesia dan OJK.Terimakasih.

    • Rekening saya sudah dibukakan, tetapi dipaksa membayar pelunasan dan tidak ada nego sama sekali. Saya lega karna saya sudah lakukan pelunasan. Tapi saya tidak terima dan kecewa dengan caranya Bank Mandiri seperti ini. Sakit banget hati saya sama mereka. Tidak ada yang profesional sama sekali. Disana saya di ikuti terus sampai ke ATM melakukan pembayaran. Setelah selesai, saya ditinggal pergi.

      • siang mas Nio,

        bolehkah di share kmren gn prosedur dengan bank mandiri utk pembukaan rekening yg mereka blokir .sya baru saja mengalami hal yang sama dan sedihnya itu dana bukan milik sya seorang itu hak nya orang lain... kalau boleh tahu brp outstanding di amndiri dan pelunasan tdk diberi Nego samsek alasannya kenapa ?

        sebelum dan sesudahnya Teimakasih ya

        bolehkah berbagi .sya Alma di : virdya.nurul.alma@gmail.com
        WA :081804555805

        • Saya dlu meminjam uang ke bank melalu org lain.. dengan jangka waktu 12 bulan dan setelah 8 x bayar atw 8bulan saya berhenti membayar karna kondisi saya saat itu bnr² susah.. tapi menurut bank saya 6 bulan tidak bayar. Itu sudah 8tahun yg lalu.. dan mengapa baru sekarang uang saya di atm di ambil sebesar 2,8juta sebgai jaminan pelunasan mengapa tidak sejak dlu saja saya bekeja dipotong perbulan nya

  • Hallo, Bank Mandiri, kalian telat menindak lanjuti. Saya datang ke pusat penagihan kartu kredit ke Wisma Mandiri 2. Disana kami dipaksa melunasi, 1Kali bayar barulah rekening dibukakan. Tidak ada negosiasi sama sekali. Dan ternyata disana pun sangat banyak pengguna kartu kredit mandiri yang mengalami hal serupa seperti saya. Saya akan teruskan ini ke OJK dan BI. Dan saya sudah membuat surat terbuka Ke BI dan OJK. Saya diundang dan diminta untuk datang ke OJK. Saya ga terima banget caranya seperti ini. Bank Mandiri ga lain seperti reintenir yang memiliki bisnis kotor.

  • Pak NIO.Laporkan saja ke OJK dan BANK BI .bersatu saja sama nasabah yg mengalami hal yg sama.Seharusnya Bank tdk boleh memblokir Rekening nasabah krn tunggakan kartu kredit sesuai peraturan Bank Indonesia apalagi hutang istri dibebankan kerekening suami tdk bisa begitu.Hutang itu bersifat Individu bukan gabungan.Apalagi Bapak dan istri mash mau membayar meski gak penuh seharusnya bank tdk boleh begitu.Perlindungan bagi pemilik kartu kredit Surat edaran BI Nomor 14/17/DASP dan Nomor 11/11/PBI/209 .Pemblokiran Rekening tdk boleh dilakukan ada d peraturan nomor 2/19/PBI/2000.Yg boleh blokir rekening nasabah bila nasabah tersangkut tindak pidana seperti Bos First Travel d blokir semua rekening disemua bank krn tersangkut tindak pidana.Alhamdulillah mereka sdh jadi tersangka jadi tidak sia-sia perjuangan team kami yg lapor ke OJK secara bersamaan .Bapak mintain aja nomor hp nasabah yg mengalami hal sama lalu kompakkan lapor k OJK.Saudara saya juga ada yg d Bank BI juga bilang Bila bank melanggar laporkan saja k OJK dulu ,atau bisa ke YLKI baru ke Bank Indonesia.Jangan lupa sertakan bukti saat melapor ya Pak. Semangat dan lanjutkan perjuangan.Jangan mentang-mentang Bank pemerintah melanggar peraturan pemerintah.

    • Setelah kejadian ini, beberapa kali pihak Bank Mandiri ada telfon ke isteri saya. Hanya menyuruh kirim email dan minta maaf saja. Saya tinggal tunggu surat pelunasannya saja pak. Yang disampaikan 14-30 hari kerja. Jika masih berkelit juga untuk surat pelunasan. Saya yang akan paksa masuk ke kepala managemennya. Setelah ini saya pun ga akan mau lagi berurusan dengan Bank mandiri. Akan saya minta isteri saya tutup Rekening Tabungannya dan Mengambil semua tabungan rencana milik anak saya. Saya kecewa banget pak sama pihak Bank Mandiri. Padahal isteri saya setia Pakai Bank Mandiri sejak tahun 2009 pak. Saat Perform bagus ditawari ini itu. Ketika sedang menurun, tanpa ampun mereka menekan kita. Saya akan beritahukan hal ini kepada teman-teman dan saudara, atas BAD nya pelayan dan sistem kerja Bank Mandiri. Dan saya sudah laporkan ini ke Konsumen OJK. Sudah mendapatkan balasan juga pak.

  • Saya tadinya gak tahu hukum semenjak kasus First Travel sampai ke Meja DPR jadi belajar dibantu juga sama Pengacara DPR komisi VIII.Kalau punya saudara polisi atau saudara dimedia televisi lebih enak lagi bs d bantu mengangkat kasus tersebut.Bank mandiri hanya bisa bilang kirim email k mandiricare tapi tdk ada penyelesaian.

  • Saya juga mengalami hal yang sama. Sekitar agustus 2017 tiba2 rekening mandiri saya diblokir oleh pihak kartu kredit. Padahal uangnya maw bayar kontrakan. Dengan paksa pihak kartu kredit cabang medan tetap memaksa pembayaran sekitar 12 juta dr 18 jt yg diblokir.
    Ok saya pikir saya bertsnggungjawab. Dan saya buat surat perjanjian bahwa sisa nya akan saya cicil sampe lunas. Dan angka tidak dipatok. Awalnya saya byr sejuta tiap bulan. Dec 2017 saya tdk sanggup bayar krn kondisi keuangan. January n february saya tetap cicil walau sedikit.
    Baru hari ini saya dikejutkan krn uang di rekening saya kembali diblokir. Saya kecewa dengan bank mandiri. Dan saya memang berniat melaporkan ke ojk dan bi hari senin depan. Tidak ada alasan mandiri mengijinkan rekening saya diblokir padahal saya tidak mengingkari janji.
    Bank mandiri yg saya percayakan dr tahun 2000 sdh mengecewakan saya.

    • dear Beta,

      salam kenal

      beta boleh gak share kmren gimana dg mandiri . .?krn ini byk teman2 yang juga mengalamin kasus yangs ama barangkali bisa saling bantu utk cri solusi nya
      sya mengalami kasus serupa baru saja terjadi ....boleh kontak sya sis di : virdya.nurul.alma@gmail.com atau WA saya 081804555805

  • Pak Nio Rulyanto,

    apakah benar setelah melakukan pelunasan tsb bukti pelunasan diberikan oleh bagian penagihan Bank Mandiri dan sdh selesai mengenai tunggakan tsb? karena hal tsb baru saja kejadian pada saya padahal kartu kredit tsb sudah ditutup kurang lebih 10 tahun yang lalu tapi tiba2 kemarin saldo saya dibekukan oleh Bank Mandiri dgn alasan utk pelunasan tunggakan kartu kredit. itupun dalam status pengajuan keringanan kata bagian penagihan. apakah kira2 ada solusi untuk permasalahan seperti ini,krn sepertinya hal ini terus dan terus berlanjut.

  • Mlm pak Nio,

    Sy jg mengalami hal yg sama . Alangkah baiknya kita laporkan hal ini bersama2 dgn teman2 yg mempunyai mslh yg sama hingga pemblokiran rek tabungan yg jelas2 sdh sangat2 melanggar aturan. Kl blh sy minta no wa bpk atau email dan tmn2 yg mengalami seperti saya. Berikut alamat email saya gita_jpp@yahoo.com

  • Sy jg termasuk yg rek dan atm nya diblokir pihak kartu kredit bank mandiri per tanggal 28 jun 2018 ,sy bersedia membayar 3,5jt dari hutang yg sebesar 1,8jt tp pihak KK mandiri minta sebesar 10jt,kalau tidak 10 jt pihak Kk Bank mandiri akan mendebit semua saldo pada rek tabungan saya.
    Total tunggakan dri thn 2006 sebesar Rp.101.787.516 termasuk denda sama bunga
    Mohon petunjuk rekan2 dan kerabat yg bisa memberikan solusi apa yg harus sy lakukan
    Terima kasih
    Best regard
    Muhammad syafii

    • pak syafii ..gimana perkembangan dengan mandiri pak ?
      sya barusan juga mengalami hal yang sama ....

1 2 3 5
Penulis
Nio Rulyanto