Surat Pembaca

Bank Mandiri Memblokir Rekening Tabungan dengan Alasan Tunggakan Kartu Kredit

Nama saya Nio Rulyanto, pada Tgl. 24 Feb 2018. Baru saja diketahui jika rekening tabungan istri saya dengan no rek. 166000121****, setelah kami hubungi Call Center Mandiri katanya dana dibekukan karena adanya tunggakan kartu kredit isteri saya. Sepengetahuan saya, setiap bulannya isteri saya membayar tagihan tersebut. Walaupun ada pembayaran di bawah minimum payment. Karena memang usaha kami sedang pailit. Dan 8 bulan terakhir ini hanya mengandalkan dari uang gaji saya saja.

Di dalam rekening terdapat uang gaji saya yang saya transfer ke rekening isteri saya. Sedang uang tersebut kami peruntukkan untuk kebutuhan anak-anak kami dan membayar hak-hak orang lain. Kami pun sudah konsultasikan kepada kerabat kami yang bekerja di BI. Karena seharusnya rekening tabungan tidak ada kaitannya dengan masalah kartu kredit. Dan jika ada kredit macet pun, hanya kartu kreditnya saja yang diblokir. Bukan rekening tabungannya. Dan juga pihak bank pun tidak boleh sembarangan mendebit saldo yang ada. Tanpa adanya persetujuan dari pihak nasabah sebelumnya. Lagi pula kami selalu ada pembayaran, walaupun tidak banyak. Dan kartu pun sudah diblokir sejak beberapa bulan yang lalu. Ditambah pula, tidak ada kami dihubungi pihak Bank atau pun Collector.

Kami terakhir menerima E-Billing pun pada bulan November 2016, ke sininya sudah tidak ada email maupun surat tagihan yang datang ke rumah kami. Alamat surat menyurat pun masih ditinggali. Jadi tidak ada alasan apapun untuk melakukan hal seperti ini.

Saya mohon untuk pihak Bank Mandiri, agar segera membuka rekening tabungan isteri saya. Karena mau sampai kapan pun saya akan mencari banyak informasi dan berniat melaporkan ini kepada OJK dan juga jalan hukum.

Nio Rulyanto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • selamat malam, baru hari ini saya tahu kalau kartu debit saya di blokir karena ada tunggakan KTA padahal jujur baru nunggak satu bulan, baru bulan ini saya telat membayar karena ada satu dan lain hal. lalu ketika saya dapat bantuan dan dikirim ke rek mandiri saya tiba-tiba debit mandiri saya sudah tidak bisa digunakan dan saldo saya langsung didebit. lalu saya coba telepon ke 14000 katanya kartu terblokir by sistem dan yg blokir dari KTA dan saya disuruh datang ke tempat awal buka KTA. padahal belum pernah sebelumnya telat dan tiba2 shock padahal uang yang saya dapatkan buat hidup saya. bagaimana ya penyelesaiannya ke bank?terimakasih

    • Tetep harus dibayar dulu tunggakan KTA nya bu..sy dua bulan ke belakang mengalami juga. Akibat vandemi sy putus kerja Uang hasil pinjam buat bekal sehari2 anak istri sy ga bisa diambil diblok..karna tunggakan KTA juga, sy coba datang ke KTA mandiri langsung katanya kartu debit bisa aktif lg kalau cicilan ktanya dibayar..ahirnya sy putusin KTA ga dibayar dan kartu debit sy biarin ga diaktifkan lg dan selanjutnya sy buka rekening di bank ain

  • Saya hari ini baru saja mengalami hal yang sama pemblokiran tabungan Mandiri karena tunggakan kartu kredit mandiri.. Mohon informasinya seperti apa yg harus saya lakukan untuk menyelesaikan ini ya?

  • Kami juga mengalami hal yang sama dengan teman teman diatas, dimana saldo rekening kami tiba tiba menjadi Nol. Kami mencoba mencari tau via phone banking mandiri, ternyata jawabannya dana diblokir/di hold karena adanya tunggakan KK yang kami miliki.
    Padahal salah satu dana yang masuk kerekening tersebut dana yang baru saja kami pinjam kepada teman 1 juta rupiah untuk beli perlengkapan anak sekolah.
    Kami memang memiliki tunggakan, kami tidak sanggup untuk bayar saat ini. Usaha kami tumbang.

    2021 ini kami bertekad kembali bangkit, apalagi kami dapat bantuan 2.4 jt dari pemerintah untuk mulai usaha baru. saat ini kami menjalani usaha jualan beras online, kerupuk, air galon dan uang nya ditranfer ke bank mandiri rekening kami yang diblokir tersebut.

    Kami hanya berdoa, semoga pemerintah VIA OJK atau BI dapat melarang secara tegas kpd bank bank untuk menghentikan segera tindakan pemblokiran dana nasabah tersebut. Karena pemblokiran dana tersebut juga tidak menuntaskan masalah KK, bahkan dapat menimbulkan masalah baru bagi konsumen.

    Untuk teman yang senasib, mhn kami diberikan pencerahan atau support kiranya kejadian pemblokiran rekning sepihak ini bisa kita hentikan bersama-sama.

    Konsumen KK Bank Mandiri.
    Bahri D.

    • Saya menunggak hutang kartu kredit saya selama selama 11 bln karena usaha vailid semenjak vandemi corona...dan belum bisa membayar cicilan...namun hutan saya tidak sampai 64 jt, kalau saya hitung hutang saya di bawah 20 jt cepat sekali.melonjaknya...dan ketika saya dapat pekerjaan dengan gaji di bawah 4 jt dan hendak mengambil gaji saya dana saya di debit sama pihak mandiri...mana untuk menghidupi anak dan istri saya dengan anak 4...apakah tidak ada solusi jalan lain dan toleransi inti kartu kredit itu bukan membantu untuk meringankan beban hidup seseorang...malah sangat membebani &..setidaknya...utang tersebut jangan di bebani dengan bunga...mungkin saya bisa berusaha untuk melunasinya dengan tenggang waktu untuk cari pinjaman...kalau seperti ini terus saya tidak terima dunia akhirat saya menyesal berurusan dengan bank mandiri kartu kredit...sama saja ini penyiksaan...lahir dan bathin...

1 3 4 5
Penulis
Nio Rulyanto