Surat Pembaca

Beli Barang melalui Weshop.co.id, Ongkos Kirim Lebih Mahal daripada Harga Barangnya

Pengalaman saya coba beli barang dari Amazon US lewat Weshop (order no. 7AF64434630BFEE100680), selain tracking tidak jelas barang dikirim kapan, pengiriman juga sangat lambat! Dari semua kekesalan pelayanan yang diberikan, yang paling menjengkelkan dari semua itu adanya aturan tarif yang mereka gunakan. Barang akan menjadi sangat mahal bahkan bisa lebih mahal dari harga barangnya itu sendiri seperti yang saya alami dan harus membayar kelebihan berat/kg nya jika ingin barang itu sampai ke konsumen, aturannya seperti ini:

I. Berat dimensi & Berat aktual
*Cara perhitungan berat Dimensi :
Berat DIM (kg) = panjang (cm) x tinggi (cm) x lebar (cm) / 5.000

*Biaya Pengiriman Internasional
Biaya pengiriman internasional adalah $24/Kg.
(Yang mereka tanggung hanya 0.5/Kg, selebihnya harus dibayar konsumen jika lebih).

Link: https://weshop.co.id/helps/category/biaya-jasa-dan-lama-pengiriman-164.html

Di mana saya membeli barang Rp1,296,131 dengan berat barang tidak lebih dari 5 kg bahkan di bawah 3 kg, karena hitungan volume versi dan tarif yang mereka berikan menjadi kelebihan berat 19.11 Kg! Bahkan dibulatkan lagi menjadi 19.2 Kg !! Dan harus membayar jasa mereka Rp6,672,596 !!!!

Kasus ini seperti jebakan dan menekan kepada konsumen, seperti kasus saya ini apabila ingin barangnya maka saya harus membayar dengan tarif itu atau jika tidak dibayar uang yang saya bayarkan buat barang tersebut + fee Weshop yang saya bayarkan sia-sia dan barangnya mereka hold, atau mungkin jadi milik Weshop jika tidak ditebus juga tanpa ada keringanan ataupun solusi lain!!

Di mana umumnya konsumen yang mencari barang yang dijual di Amazon, Ebay dsb tidak banyak yang menjelaskan secara rinci berat barang atau berat volume total barang itu ketika akan dikirim.

Sebaiknya jangan pernah menggunakan jasa Weshop dan percaya dengan barang yang mereka tawarkan, sebaiknya menggunakan Paypal dan langsung transaksi di Ebay, Amazon dll nya. Dan sepengalaman saya pun untuk order barang dari luar negeri masih ada perusahaan jasa import barang yg lebih FAIR dan lebih MURAH! Ketika mau membeli barang dari luar negeri ditambah dengan memberitahukan terlebih dahulu kemungkinan berapa berat barang dan volume ketika barang itu akan dikirim tanpa ada biaya lagi, meskipun konsumen lupa atau tidak tahu untuk menanyakan soal tersebut sekalipun.

Irfan
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Penulis
Irfan Azhari