Surat Pembaca

Pengalaman Terjerat Pinjaman Online

Assalamu’alaikum,

Salam kenal, saya ingin sharing dengan rekan-rekan sekalian mengenai pengalaman saya terjerat pinjaman online. Apa yang saya alami saat ini mungkin juga dialami oleh sebagian besar masyarakat kalangan menengah ke bawah. Karena terdesak banyaknya kebutuhan, saya terpaksa pinjam dana di aplikasi pinjaman online. Awalnya mencoba di tiga aplikasi, tujuannya untuk menambah modal usaha, tetapi riba adalah dosa besar, apapun alasannya kita sudah diperingatkan dan dilarang pinjam uang riba. Akibatnya, usaha semakin terpuruk, perdagangan macet, akhirnya tidak dapat membayar hutang di aplikasi pinjaman online tersebut.

Kemudian pinjam di aplikasi yang lain untuk membayar, gali lubang tutup lubang. Karena tidak ingin mendapat predikat kredit buruk, tidak peduli besar bunganya, nekad dipinjam juga. Pinjamnya berapa, terimanya berapa, bunganya berapa, belum lagi dendanya jika terlambat melakukan pembayaran. Saat ada keterlambatan dalam sehari bisa ditelepon berkali-kali, belum di-sms dan juga di-wa. Awalnya mereka menagih dengan baik dan sopan, maka saya selalu merespon dengan baik dan sopan pula. Selang dua hari terlambat dari jatuh tempo, mereka mulai menagih dengan kata-kata kasar, kemudian menyuruh pihak ketiga alias debt collector yang menagih.

Debt collector pun menagih dengan kata kasar, berisi penghinaan juga ancaman. Walaupun sudah saya respon telepon, sms maupun wa dari mereka, tetapi tetap saja kontak darurat yang saya cantumkan juga dihubungi. Bahkan kontak lain juga ditelepon, di-sms juga di-wa. Malah mereka dengan seenaknya berbohong katanya saya tidak angkat telepon dari mereka, padahal debt collector itu baru saja menghubungi saya selang satu menit tetap menghubungi kontak saya yang lain. Karena kesal dengan tindakan mereka, saya kemudian tidak merespon lagi, baik telepon, sms ataupun wa dari mereka tidak saya tanggapi.

Mungkin rekan-rekan yang mengalami hal yang sama dengan saya pun juga berpikir yang sama dengan yang saya pikirkan, perlu kalian ketahui para debt collector dan juga aplikasi pinjaman online, tidak ada yang tidak mau bayar, setiap orang pasti ingin membayar hutang pinjaman, tetapi jika uangnya belum ada bagaimana, belum lagi kadang kami juga mengalami kendala dan masalah.

Sedangkan para debt collector menagih dengan kasar penuh penghinaan dan juga berisi ancaman. Kalian juga menggunakan data kami dengan seenaknya. Dengan kalian menghubungi semua kontak kami, kalian sudah merugikan kami secara sosial, lagi pula yang kalian hubungi tidak akan membayarkan hutang kami pada aplikasi-aplikasi online tersebut.

Pemerintah harusnya membuat peraturan yang lebih ketat mengenai aplikasi pinjaman online. Sehingga bunga, denda dan data kami tidak mereka salah gunakan. Kasihani kami masyarakat yang karena tuntutan ekonomi yang terpaksa pinjam dana di pinjaman online, bukannya tertolong kami malah semakin terjerumus dengan uang bunga-berbunga.

Tidak hanya pinjaman online, “bank plecit” alias “bank titil” juga membuat rakyat menderita. Tidak ada orang yang mau pinjam uang di rentenir manapun, tetapi semua karena terdesak kebutuhan, dan tidak ada pula orang yang tidak mau membayar hutang. Saya maupun rekan-rekan yang lain hanya meminta kelonggaran dan perpanjangan waktu. Akan saya bayar hutang saya, tapi hentikan dendanya. Stop penagihan kasar.

Semoga kita semua diberi rezeki halal dan barokah agar bisa membayar hutang dan kemudian menjauhi riba. Aamiin. Wassalamu’alaikum.

Khodijah Sholichah
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Pinjem pmbyrn baik gak dihargai untuk pinjeman slnjutnya blum tentu distujui,tetapi jika telat didenda itulah fintech yg harus dibebukan ijinnya.

  • Grup wa -edited- tapi balasnya agak lama karena banyak yang chat jadi harap sabar ya, mengenai mereka dapat kontak dari mana ? Saat awal download kita memberi ijin akses aplikasi mereka ke server hp kita.

  • hay salam kenal smuanya...saya vanny dr cirebon
    sya jg pny masalah sama dg pinjol .awalnya saya mampu utk melunasi tiap pinjaman tp lama kelamaan kok kayanya jd smakin sulit utk mmbayar .naah utk yg pnjaman skg niatnya ga akan saya bayar .krna sdh tdk mampu...
    saya tkt data d kontaknya saya pd d tlponin...tp smua perizinan akses kontak sdh saya tutup...mnurut kalian gmn?sdh amankah saya ?atau perizinan yg d fb jg perlu dmatikan ?tp sya tdk tau caranya...
    mhn pncrahannya yaaa....
    saya tingglkan jejak wa 089692276660

  • Gabung dong sungguh membuat stres kepala, pinjol tidah bisa di cicil ya?!
    WA 081906472009

Penulis
Khadijah Sholichah