Pengalaman Terjerat Pinjaman Online

Assalamu’alaikum,

Salam kenal, saya ingin sharing dengan rekan-rekan sekalian mengenai pengalaman saya terjerat pinjaman online. Apa yang saya alami saat ini mungkin juga dialami oleh sebagian besar masyarakat kalangan menengah ke bawah. Karena terdesak banyaknya kebutuhan, saya terpaksa pinjam dana di aplikasi pinjaman online. Awalnya mencoba di tiga aplikasi, tujuannya untuk menambah modal usaha, tetapi riba adalah dosa besar, apapun alasannya kita sudah diperingatkan dan dilarang pinjam uang riba. Akibatnya, usaha semakin terpuruk, perdagangan macet, akhirnya tidak dapat membayar hutang di aplikasi pinjaman online tersebut.

Kemudian pinjam di aplikasi yang lain untuk membayar, gali lubang tutup lubang. Karena tidak ingin mendapat predikat kredit buruk, tidak peduli besar bunganya, nekad dipinjam juga. Pinjamnya berapa, terimanya berapa, bunganya berapa, belum lagi dendanya jika terlambat melakukan pembayaran. Saat ada keterlambatan dalam sehari bisa ditelepon berkali-kali, belum di-sms dan juga di-wa. Awalnya mereka menagih dengan baik dan sopan, maka saya selalu merespon dengan baik dan sopan pula. Selang dua hari terlambat dari jatuh tempo, mereka mulai menagih dengan kata-kata kasar, kemudian menyuruh pihak ketiga alias debt collector yang menagih.

Debt collector pun menagih dengan kata kasar, berisi penghinaan juga ancaman. Walaupun sudah saya respon telepon, sms maupun wa dari mereka, tetapi tetap saja kontak darurat yang saya cantumkan juga dihubungi. Bahkan kontak lain juga ditelepon, di-sms juga di-wa. Malah mereka dengan seenaknya berbohong katanya saya tidak angkat telepon dari mereka, padahal debt collector itu baru saja menghubungi saya selang satu menit tetap menghubungi kontak saya yang lain. Karena kesal dengan tindakan mereka, saya kemudian tidak merespon lagi, baik telepon, sms ataupun wa dari mereka tidak saya tanggapi.

Mungkin rekan-rekan yang mengalami hal yang sama dengan saya pun juga berpikir yang sama dengan yang saya pikirkan, perlu kalian ketahui para debt collector dan juga aplikasi pinjaman online, tidak ada yang tidak mau bayar, setiap orang pasti ingin membayar hutang pinjaman, tetapi jika uangnya belum ada bagaimana, belum lagi kadang kami juga mengalami kendala dan masalah.

Sedangkan para debt collector menagih dengan kasar penuh penghinaan dan juga berisi ancaman. Kalian juga menggunakan data kami dengan seenaknya. Dengan kalian menghubungi semua kontak kami, kalian sudah merugikan kami secara sosial, lagi pula yang kalian hubungi tidak akan membayarkan hutang kami pada aplikasi-aplikasi online tersebut.

Pemerintah harusnya membuat peraturan yang lebih ketat mengenai aplikasi pinjaman online. Sehingga bunga, denda dan data kami tidak mereka salah gunakan. Kasihani kami masyarakat yang karena tuntutan ekonomi yang terpaksa pinjam dana di pinjaman online, bukannya tertolong kami malah semakin terjerumus dengan uang bunga-berbunga.

Tidak hanya pinjaman online, “bank plecit” alias “bank titil” juga membuat rakyat menderita. Tidak ada orang yang mau pinjam uang di rentenir manapun, tetapi semua karena terdesak kebutuhan, dan tidak ada pula orang yang tidak mau membayar hutang. Saya maupun rekan-rekan yang lain hanya meminta kelonggaran dan perpanjangan waktu. Akan saya bayar hutang saya, tapi hentikan dendanya. Stop penagihan kasar.

Semoga kita semua diberi rezeki halal dan barokah agar bisa membayar hutang dan kemudian menjauhi riba. Aamiin. Wassalamu’alaikum.

Khodijah Sholichah
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.9]
Tentang Penulis
Khadijah Sholichah  

Saya seorang wanita yang sedang belajar untuk hijrah menjadi lebih baik dan istiqomah dalam ibadah meningkatkan aqidah sesuai syariah Islam.

71 komentar untuk “Pengalaman Terjerat Pinjaman Online

    • 2 September 2018 - (13:29 WIB)
      Iya, sy tetap akan bayar, tapi mereka tidak bisa dirunding dan tidak mau tahu, riba memang membuat semakin susah, yang tidak sy suka adalah mereka menghubungi kontak di luar kontak darurat.
          • 25 September 2018 - (09:17 WIB)
            Di bobol sih gk..krna kebanyakan Konsumen tidak Sada saat kita instal pertama LOGIN..disitu ada Kata2 “Izinkan Aplikasi A melihat dn Membaca sms Kontak dalam Telpone” atau Bla bla
      • 7 September 2018 - (07:56 WIB)
        Mbak sampean malang ya? aq juga malang mbak, aq ga bisa kembalikan pinjaman online,kira2 di samperin ke malang gak ya klo tidak bisa bayar, karena benar2 tidak punya uang aku
      • 6 Oktober 2018 - (07:37 WIB)
        Halah mau dibayar apanya? Grup wa yg mba bina cuma bisa nya kirim spam ke apk2 pinjol di ps, artinya biar apk pinjolnya tutup, mba jd ga byr hutang gt..!!! Katanya mau ikut syariat tp minjem ke pinjol??
        Rekan2 intinya mba ini menutupi identitas nya dgn alasan syariat n ber niqob..kalo emg mba ber niqob jgn maen sosmed mba..bagi sy orang yg menutupin identitas nya artinya ada udang dibalik batu.
        • 6 Oktober 2018 - (12:05 WIB)
          Sy tidak menutupi identitas sy, buktinya akun sy verifikasi. Sy tidak pernah bilang tidak bayar hutang, sy sudah melunasi 5apk, sy menyarankan kepada teman2 sy di grup untuk segera membayar jika uang sudah ada dg ketentuan dari ojk pokok pinjaman+20%. Manusia ada khilaf sampai terpaksa pinjam riba, sy menyarankan kepada teman2 sy untuk jauhi riba, kapok sudah. Anda sudah mencemarkan nama baik sy dari koment anda, akan sy laporkan ke bagian cyber crime.
        • 6 Oktober 2018 - (12:35 WIB)
          Mba Soraya setiap manusia pasti ada khilafnya,dan harusnya Mba ga pantas komen kaya gini,berniqob bukan berarti menyembunyikan indentitas,tolong jangan salahkan apa2 di salahin apa yg di pakai ayo syariatnya,dsni Mba Khodijah sebagai manusia menyesali akan kekhilapannya,dan dengan ditutupnya aplikasi pinjol bukan berarti kita para korban pinjol tdk tanggung jawab,hutang tetap hutang dan kita pasti bayar,hanya saja kita TDK mau ada korban lagi yg berjatuhan melakukan kesalahan yg pernah kita perbuat,dan Mba harusnya jgn seolah2 mempermalukan Mba Khadijah dengan komentar seperti itu,saya ko jadi ngerasa di sini Mba Soraya punya niat buruk.terima kasih
        • 6 Oktober 2018 - (12:39 WIB)
          Satu lagi Mba kita bukan orang berduit yg bisa sewa pengacara buat menindaklanjuti aplikasi pinjol,dengan cara kirim spam itu lah langkah awal kita buat memerangi riba,semua ikhtiar kita lakukan agar aplikasi pinjol di tutup,agar tidak ada lagi korban yg terjerat lintah online seperti kita!!!!
        • 6 Oktober 2018 - (12:55 WIB)
          Mbk nya jgn emosi dulu klo blm paham sm orangnya…n jgn segampang itu menuduh dgn menghubung hubungkan dgn pakain atau apapun yg dipake mbk khadijah…itu haknya mbk khodijah yg nggak ada hubungannya sm masalah mbk soraya…kalau nggak setuju dgn suatu pendapat yo jangan ikuti pendapat itu..gampang kan.. mau gabung atau nggak keputusannya ada di mbk soraya sendiri….digrup nggak ada yg disembunyikan semua transparan..karena kita semua digrup sama2 terjerat riba…jgn kayak ank2 lah…tersinggung dikit terus mutung….menurutku sih banyak kepala banyak ide….
  • 2 September 2018 - (09:50 WIB)
    Sama dengan pengalaman saya bu..mudah2an kita selalu ditunjukan dan kemudahan dalam menyelesaikan hutang hutang kita bu…
  • 2 September 2018 - (11:36 WIB)
    Sama dgn saya mba,,smp skrng pun saya masih dimaki2 bahkan sampai di FITNAH oleh si Debt collector’nya.. Pdhal dr awal saya sudah mengajukan keringanan dgn membayar POKOK HUTANG saja,,namun banyak PINJAMAN ONLINE yg TIDAK PEDULI.. Dan dr beberp alhmdllh memberikan saya keringanan dgn MEMBAYARKAN POKOK HUTANG’nya (PinjamYuk, PinjamDuit, KreditCepat.id) yg lain’nya TIDAK SAMA SKLI mau PEDULI dgn keadaan saya,,pdhal saya sdh habis2an utk menyelesaikan smua’nya..
    Mudah2an kita diberikan kelancaran rejeki,,spya bisa menyelesaikan HUTANG HUTANG kita.. Aamiin YRA
    • 2 September 2018 - (13:26 WIB)
      Parah pijol, kasar sekali nagihnya sampe satu kantor, satu kampung, sanak saudara juga tau, trus di masukin ke group wa lagi semua kontak kita sama mereka, kalo begini cara mereka menagih siapa yg mau bayar, mungkin klo ktemu pihak pijol babak belur dibuat,,
      • 2 September 2018 - (13:34 WIB)
        Besok ada beberapa teman kita yg akan mewakili lapor ke ojk. Yuk sama2 kita bikin petisi dan laporan bantu teman2 yg lain, jika banyak orang maka pemerintah akan segera memperhatikan. Bisa gabung grup wa. Wa sy 088217489359
        • 3 September 2018 - (09:27 WIB)
          bolwh sy ikut gabung.sy juga sampai stres rasanya sy juga habis habisan untuk mwmbayar ke pinjol seperti di aplikasi mangocash,pinjaman cepat,rupiah plus,uang cepat yg pakai data sy sampai sy terasa ketakutan sampai sampai data ibu sy sy pakai agar bisa bantu menutupi hutang di aplikasi pinjol.data ibu sy .sy semakin terasa gk terbebas dr hutang di pinjol dana rupiah,kredit pintar,dan rupiah cepat.padahal yg pakai data sy sudah sy jelaskan kondisi sy.mereka tetap gk mengerti dan mendatangi rumah suami sy yg akan menjadi mantan.sy bingung sekarang.dan bahkan anak bayi sy kena imbasnga tidak dikirimi sang ayahnya yg dibilang suami sy akan menjadi mantan.tolong bantu juga ke ojk nya.
          • 7 September 2018 - (02:27 WIB)
            japri aja mba ..sya jg ada grup wa 089692276660
        • 7 September 2018 - (22:59 WIB)
          Iya mba saya jg terjerat bunga.pinjam 1juta dpt hanya 800an telat 3hr lgs teror teror dan tlp kmn mn.akhirnya saya ganti no.males denger ocehan mrk.toh jg pasti di bayar.namanya hutang di bw mati.tanggung jwb kita.tp jgn bgt cr nagihnya membobol kontak dan mencemarkan nama baik.apa nama baik kita bs mereka pulihkan kl sdh lunas.itu br pinjaman kecil kecuali pinjam puluhan atau ratusan juta baru lah mreka blingsatan.
      • 2 September 2018 - (16:02 WIB)
        Betul Mba,,debt Collector’nya itu benar2 menyebarkan FITNAH n KEBOHONGAN.. Saya sudah kena FITNAH N KEBOHONGAN’nya mba..
    • 11 September 2018 - (07:10 WIB)
      Sama juga saya mengalami hal yang demikian…. Ini pengalaman yang pahit kenapa. Sampai terjerumus ke hal. Yg demikian… Mudah.. Mudahan kedepan nya kita tidak lagi melakukan pinjaman di aplikasi online seperti itu… Tinggal kan riba.. Semoga ada rezeki yang lebih baik nantinya… Amiiin
  • 3 September 2018 - (07:33 WIB)
    Ga akan didatangi ke rumah, mereka kan tidak ada izin dari ojk. Yg bikin malu itu jika kontak ditelpni, padahal mrk ga akan bayarin, kalau udah kayak gitu kita udah dirugikan secara sosial. Wa 088217489359
    • 4 September 2018 - (18:09 WIB)
      Njenengan sdh telat berapa bulan mbk?saya dari malang jg.. sekarang ini lagi ditelponin sama di wa terus. Juga telepon kekantor tempat saya kerja.
    • 6 September 2018 - (11:33 WIB)
      Saya jg ditlp trz sama mrka mb, mo melakukan pembayaran tapi sllu bermasalah dipembayarannya, sampai mrka bilang mo dislsaiin sama depkolector, kira2 bakal ad depkolector yg dtg krmh saya g yaa mb?
      Masukan saya kegroup WA dunk mb, 081222582333
    • 15 September 2018 - (15:22 WIB)
      sy pnh ada yg dtg krmh mba,krn kbnrn sy lg g drmh dtitipin surat sm mrk ke ibu sy yg isi’a mnt tuk dbyr smpe tgl ttntu&dmnt hub org tertentu yg no wa’a udah ditulis d kertas tsb.krn sy niat tuk byr akhir’a sy hub&sempet ngotot2n sm org d wa tsb g tau itu dc atau bkn,sy mnt keringanan dg cara dicicil krn utang sy jd bsr bgt krn sy ingt awal pinjem brp dtagih’a tinggi bgt&akhir’a d acc tuk cicil.sy ud cicil 2x tp pas cicilan ke 3 sy telat byr dr tgl biasa sy setor cicilan tsb krj sy emang lg g ad uang,eh malah d ancem mw dtg krmh ambil uang tsb pdhl sy br ada uang tgl20 bsk tuk byr tp g kw tau..pinjol’a Pt.Tangbull

      Tlg msukin sy jg d grup pinjol mba 0896-5491-5333

  • 3 September 2018 - (10:35 WIB)
    Sama saya juga mengalami hal yang sama saya sudah gak sanggung dan rasa mau stres udah gak tentu pikiran.
  • 3 September 2018 - (15:51 WIB)
    Aplikasi pinjaman kilat/dana tunai juga mengerikan,ancaman nya pake huruf capslock semua dan mengancam akan menghubungi semua kontak saya…padahal ini sdh pinjaman ke 3 dan br kali ini saya terlambat,klo ada grup wa saya boleh join kah?
  • 3 September 2018 - (18:16 WIB)
    Pinjem pmbyrn baik gak dihargai untuk pinjeman slnjutnya blum tentu distujui,tetapi jika telat didenda itulah fintech yg harus dibebukan ijinnya.
  • 4 September 2018 - (12:10 WIB)
    Grup wa 088217489359 tapi balasnya agak lama karena banyak yang chat jadi harap sabar ya, mengenai mereka dapat kontak dari mana ? Saat awal download kita memberi ijin akses aplikasi mereka ke server hp kita.
  • 6 September 2018 - (02:00 WIB)
    hay salam kenal smuanya…saya vanny dr cirebon
    sya jg pny masalah sama dg pinjol .awalnya saya mampu utk melunasi tiap pinjaman tp lama kelamaan kok kayanya jd smakin sulit utk mmbayar .naah utk yg pnjaman skg niatnya ga akan saya bayar .krna sdh tdk mampu…
    saya tkt data d kontaknya saya pd d tlponin…tp smua perizinan akses kontak sdh saya tutup…mnurut kalian gmn?sdh amankah saya ?atau perizinan yg d fb jg perlu dmatikan ?tp sya tdk tau caranya…
    mhn pncrahannya yaaa….
    saya tingglkan jejak wa 089692276660
  • 8 September 2018 - (05:46 WIB)
    Bagi yg ingin gabung grup wa silahkan wa ke 088217489359, dan bagi yg mengalami tindakan tidak menyenangkan apalagi jika sampai data disebarluaskan dari para debtcollector pinjaman online silahkan kirim email pengaduan ke ylki, ojk, menkominfo.
    • 22 September 2018 - (22:33 WIB)
      Mba saya jatuh tempo itu tgl 24 september 2018. Tp sdh 3 hari lalu aplikasi tangbull tdk ada di hp saya mba. Saya mw liat totl pmbayaran yg hrs saya bayarkan. Setiap saya bk aplikasi tangbull di hp saya cm ada tulisan server internet buruk. Apakah ini sengaja tangbull lakukan agar bnga smakin besar? Saya tidk mw tangbull sampe teror saya, saya ga mw tangbull smp tlp kantor, sodara2 saya dan tlp temn2 saya. Padahal kan bkn saya yg telt bayr, tp krna aplikasi tangbull hilg di hp saya.
  • 13 September 2018 - (09:43 WIB)
    Tlng msk kn no sya mbk 085739340224.sya pun mw sharing sma mslhnya pinjol….
  • 23 September 2018 - (11:13 WIB)
    Teman2, maaf sy tidak bisa jawab kpmentar satu per satu, jika ada yg ingin gabung grup silahkan wa sy 088217489359 dan mugkin di wa sy balasnya juga lama ya
  • 4 Oktober 2018 - (19:22 WIB)
    Mba dija ini kalo sy bilang blom pantas menjadi admin or leader di grup..admin itu haruslah bijak dlm menyaring tiap opini anggotanya..jgn cuma mentang2 anggota lama jd opininya lbh di denger..sy udah pernah ikut grup yg dibuat oleh khodija ini, rules grup sy ikutin sampe foto serta ktp pun dah sy kirim ,tp entah alasan apa sy di kick dr grupnya dan wa sy pun diblokir..rekan2 pintar2 lah pilih grup wa,jgn karena kita sedang terhimpit dgn mslh,jadi dimanfaatkan..memang digrup ini sy blom menemukan hal yg aneh kcuali dilarang curhatnya kita digrup( kalo dilarang curhat digrup ,buat apa gabung/bikin grup mba), dgn alasan takut membuat down anggota yg lain (alasan yg menurut sy agak gmn2 gt).oiya sy udah bikin laporan terkait penyalahgunaan nik ke dpn nya ( karena wkt sy kirim ktp no nik tidak sy blur).
    • 6 Oktober 2018 - (12:44 WIB)
      Pantas atau tidaknya bukan kita yang menilai. Saya lebih dulu bergabung digroup yang mba khadijah buat. Dan saya ikut perkembangan group itu. It’s mean so many a lot of information at there. Dan mba soraya tidak tahu akan hal tersebut. Menurut saya sebelum mba menilai itu mba sebaiknya tidak berkomentar seperti ini. Jatuhnya ada fitnah mba. Dan saya yakin semua para korban pinjaman online akan membayarnya kalau memang punya uang. Tidak ada org yg bodoh didunia ini yang tidak mau bayar hutang.
  • 6 Oktober 2018 - (23:01 WIB)
    Justru sy baca koment nya mba soraya malah saya berpikiran mba soraya ini pikirannya kok negative melulu.saya anggota lama loo di grupnya mba dijah,selama sy bergabung tdk pernah terihat hal hal negative dri mba dijah.justru sy lbh tenang,termotivasi dan tdk muda stress. Saran buat mba soraya,kalau g suka ya ga usah diikuti.mba cari soluso mnrt mba yg bener aja.beres kan.
      • 17 November 2018 - (02:08 WIB)
        sombong bener ngomongnya,bilang mau dibantu,saya tanya anda bisa bantu apa?toh cuma bisa bantu komentar.sebenarnya yang lebih jujur itu si peminjam dari pada si penagih/debtcolector,karna peminjam ga pernah ganti nomer hp,dan nomer kantornya pun bisa di hubungi.kalo debtcolector 1 hari punya nomer 10 cuma buat neror orang dan ga bisa di hubungi kembali.sedangkan nomer kantor atau nomer layanannya ga ada yg bisa dihubungin.
        buat yang takut didatangi debtcolector jangan terlalu di pikirkan
        kalau pihak pinjol sampai berani datang ke alamat peminjam,maka perjanjian dianggap tdk sah/melanggar aturan digital.(baca di syarat perjanjian pinjaman digital)
        yang penting sipihak peminjam bertanggung jawab dengan pinjamannya dan menyanggupi untuk membayar.
        apabila debtcollector menghubungi semua kontak darurat,pihak yang dihubungi berhak untuk memaki maki debtcollector,karna antara kontak darurat dan debtcollector tidak memiliki perjanjian hutang piutang.
        untuk yg merasa sebagai debtcollector,anda ga pernah bisa tau nomer yg anda gunakan untuk meneror si peminjam itu ternyata memiliki chip khusus digital teknologi yg hanya bisa di lacak keberadaannya,namun tidak bisa menerima panggilan karna tolak panggilan otomatisnya sdh diaktifkan.
        saran utk debtcollector sebaiknya dipikir dulu sebelum berbicara,kita ga pernah tau senekad apa orang yg anda hubungi.
        hanya sebagai masukan,ada kejadian nyata di wilayah perumahan bekasi tempat saya tinggal,debtcollector diburu sama sipeminjam hanya karna omongannya yg kasar,ternyata sipeminjam bekerja pada salah satu kantor layanan jaringan,sehingga dia bisa melacak nomer nomer yg ga jelas.
        skr dia membuka layanan bantuan untuk orang orang yang terjerat pinjol,dan layanannya pun gratissssss alias tidak dipungut biaya sepeserpun.
        sayangnya saya tdk bisa memberikan nomernya di postingan ini
        next silahkan yg punya keluhan sangat mengganggu bisa mencantumkan nomer yang sudah mengganggu anda untuk bisa kita telusuri si debtcollectornya.
        insya allah saya bisa menyampaikan ke tetangga saya untuk di proses.
        cantumkan nomer yg menghubungi anda berikut keluhan keluhan anda.
  • 8 Oktober 2018 - (08:06 WIB)
    INFO AKSI KORBAN PINJOL

    UNDANGAN UNTUK SELURUH KORBAN PINJOL NUSANTARA

    Tanggal 10-10-2018 akan ada gerakan Akbar yang akan berpusat di monas dan istana negara dengan didukung oleh media massa elektronik, online dan cetak, aktivis anti pinjol, grup lawyer yang dipimpin oleh Aktivis Lawyer Bp Efendi SH MH, serta ratusan korban pinjol dari seluruh Indonesia

    Jika rekan rekan media konsumen yang ingin mengikuti aksi tersebut silakan menghubungi kordinator pejuang aksi korban pinjol untuk diminta invite dalam grup bela korban pinjol

    Sdri Sesi : 085697999388

    Target dari aksi tersebut adalah penutupan dan penuntutan terhadap pinjol pinjol yang bermasalah dengan penagihan dan etika dengan menekan Kominfo untuk melakukan pemblokiran terhadap web dan aplikasi pinjol bermasalah

    IKUTI AKSI INI JIKA ANDA MERASA MENJADI BAGIAN DARI KORBAN DC PINJOL DAN JANGAN HANYA BERKELUH KESAH

    HUTANG TETAP HARUS DIBAYAR, TAPI DIPENGADILAN SETELAH PIDANA MEREKA DIPUTUSKAN OLEH HAKIM!!

  • 11 Oktober 2018 - (12:35 WIB)
    hai….sy juga mau share nie dengan keluhan sy,,tolong sy ikut masuk grup dgn no 0822-1101-1497
  • 15 Oktober 2018 - (18:37 WIB)
    Saya seorang karyawan swasta,saya mempunyai pinjaman di rupiahnowofficial,selana ini rekam pinjaman saya bagus tapi dikarenakan kondisi keuangan saya sedang tidak stabil yang mengakibtkan sya blm mampu untuk membayar.
    Tapi saya mendapat cara penagihan yang seperti ini, saya beritikad baik namun dari pihak pinjol tersebut tidak ada pengertinnya dan malah memaksa menagih hutang tersebut padahal saya sudah baik baik jelaskan di telpon dan terakhir menjelaskan di whatsapp kalau say belum mampu untuk membayar.
    Apakah harus seperti ini cara penagihannya?
    Mohon dari pihak bersangkutan merespon apa yang dilakukn db tersebut.Terimakasih
    • 15 Oktober 2018 - (19:01 WIB)
      Mbak koq nggk punya malu y…

      Klau yg namanya Hutang atau Pinjam uang, ya harus di bayar dong…Jangan mau enak nya pas Pinjam atau dapat uang, giliran di tagih malah marah2…

      Ya jelas dong mbak, nama nya prosedur penagihan itu ya seperti itu. Makanya klau nggk mau di tagih ya bayar hutang atau cicilan nya mbak atau nggk usah berhutang sama sekali….

      Klau mbak sdh bayar cicilan atau Hutang dan masih di tagih, baru mbak komplain….itu wajar

      Udah pinjam uang (hutang), belum bayar hutang atau pinjaman & bayar nya telat lagi, ehhhh, di tagih koq malah marah2…

      Situ waras…

  • 15 Oktober 2018 - (19:01 WIB)
    Mbak koq nggk punya malu y…

    Klau yg namanya Hutang atau Pinjam uang, ya harus di bayar dong…Jangan mau enak nya pas Pinjam atau dapat uang, giliran di tagih malah marah2…

    Ya jelas dong mbak, nama nya prosedur penagihan itu ya seperti itu. Makanya klau nggk mau di tagih ya bayar hutang atau cicilan nya mbak atau nggk usah berhutang sama sekali….

    Klau mbak sdh bayar cicilan atau Hutang dan masih di tagih, baru mbak komplain….itu wajar

    Udah pinjam uang (hutang), belum bayar hutang atau pinjaman & bayar nya telat lagi, ehhhh, di tagih koq malah marah2…

    Situ waras…

  • 15 Oktober 2018 - (19:03 WIB)
    Saya pungelaman dan sekarang masih ada sangkutan.saya disini menghimbau untuk tidak lagi mengajukan dipinjam yuk khusus nya.pinjam 1.080.000 bayar 1,660.000 dalam jangka waktu 14 hari.itu totol ada keterlambatan berapa hari saja.sekarang belum bayar jatuh tempo.
    Mohon pencerahannya

 Apa Komentar Anda?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Terjerat Pinjaman Online

Khadijah Sholichah 2 menit
71