Surat Pembaca

Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Ternyata banyak yang mengalami hal seperti saya, saya terlilit hutang pinjaman online di lebih dari 10 aplikasi. ada yang terdaftar OJK dan ada yang tidak. nah yang terdaftar OJK sejauh ini masih aman.. tapi yang tidak terdaftar OJK ini sudah sangat2 membuat tidak nyaman.. beberapa kali minta dikasih solusi seperti cicil atau bayar sebagian tapi mereka menolak.. sedangkan kebutuhan semakin meningkat, pengeluaran bukan cuma buat bayar hutang online saja. Saya hampir Frustasi dan tidak tahu harus bagaimana.. Please help me… yang bisa bantu untuk share cara melunasi atau cara terlepas dari jeratan pinjaman online ini… Jika ada contact yang bisa saya hubungi please info ke email saya Denanurhidayah42@gmail.com terimakasih..

  • saya juga sama, hampir 20 aplikasi,,
    hanya saja saya berada di kalimantan..
    saya hanya mampu membayar yg aplikasinya dengan bunga rendah saja, sisanya saya langsung hapus aplikasinya, mengganti email saya , nomer hp .
    sebelum menghapus data saya ke pengaturan aplikasi pinjol untuk menghntikan atau mngatur ijin aplikasi mengakses ke hp saya.
    kemudian sebelum saya menghapus email saya menghpus smua data dan kontak saya terlbih dahulu dari hp dan akun google itu sndri.
    entah ini berhasil atau tidak.. sudah dua hari ini alhamdulillah belum ada kontak saya yg di diancam.
    pada saat saya meminjam itu saya hanya mncantumkan nomer saya sisanya untuk contact darurat saya asal saja memberikan nomer tlpon dan nama
    jika ada pinjaman yg memverivikasi data melalui telpon sewaktu mrka bertanya nomer siapa ini atau kenapa nomer tidak dapat di hubungi saya langsung cpt" mengcancel pinjman saya agar pihak ketiga tidak terganggu dengan pinjman saya.
    saya udah sering baca sebelumnya banyak yg tidak sanggup membayar karena bunganya mereka tidak mengaktifkan kembali nomer mereka dan email mrka.
    bahkan mereka sengaja tidak membayar prusahaan fitntect itu sndiri agar bangkrut.

    banyak video di yutub gan/sist cara agar dapat menghindari dari dc dan data nasabah jangan terlalu pusing dlu karena mereka tidak akan membawa ratusan nasabah yg tidak bayar ke ranah hukum, bahkan bnyk yg bilang kalo mereka meneror paling lama 2 bulan saja.

    cobalah cara saya diatas itu dulu semoga berhasil ..
    jika sdh telanjur ya hadpai dengan sabar jangan takut dan setres bahkan pengacara hotman paris menerima keluh kesah kalian tentang pinjol di DM IG beliau..

    • saya hampir sama dgn anda, klu saya langsung hard reset hp krna klu d hard reset semua data kita akan terhapus permanen, lalu saya gnti nmr dan email ..
      udh 2 hari ini pun blm ada laporan data saya dari org" yg pernah ada d kontak saya, kebetulan hp saya bisa mengunci enskripsi d aplikasi" tertentu jadi mereka tidak bisa sembarang mengakses aplikasi saya yg terenskripsi terutama kontak, sms, foto, log panggilan .. krna mereka akan mengUpdate itu semua untuk menyebar luaskan data kita ..

  • Ada yang sudah pernah disamperin DC nya pinjol yg terdaftar ojk nggak ?? Kalo ada di daerah mana saja .

  • Mohon klau ada groub wa nomer saya 0822200001** di masukkan......saya lagi tercekik pinjol

    • Asslamualaikum.. Saya jg terlilit dri pinjol,, smpe hub tmpat saya kerja,, smua tmen wa saya krna dri pinjol itu marah" mnta disambungkan.. Pdhal saya sdh ganti no sma wa,, aplikasi jg sdh saya rahasiakan tpi mreka msh bsa hub kontak saya dan tmpat saya kerja,, stres dan bngung,, saya diksh tau DC dri slah satu aplikasi ktanya sruh gnti no sm wa tpi resiko smua kntak dihub, tlg solusinya bagaimana..saya sangat malu dan bngung

  • Saya juga pusing terima duit gak tp di tagih di teror trus ya allah
    Masukan sya ke grub biar bisa shering 0896323077**

  • Punya msalah yg sama,,,, sy juga trjerat pijol. Sy tdk thu hrus bgaimana. Sy di ancam data di sebarluaskan, ktp dan rekening sy ktax akan di blokir. Mohon solusix

    • Halow kak, sedikit saran coba hub cs pinjolmya katakan minta keringanan, klo jawaban ga memuaskan dan ttp dapat ancaman via SMS/chat di screenshot jadikan alat bukti, klo nlp direkam pembicaraan jika mengancam itu bs dijadikan alat bukti untuk dilaporkan ke pihak berwajib, minimal ada dia alat bukti untuk mengajukan keluhan berwajib, klo sampe deep collector dtg dan tdk sopan kk sdh siap mengajukan menjadi pidana, sebab hutang itu perdata

  • Saya mendapat ancaman dari colector di hari Lebaran ini. Dia akan mengancam akan datang kerumah di hari lebaran. Saya cm terjebak di satu ojol dgn julah 2jutaan. Apa benar colector akan datang kerumah? Ada yg sdh pernah didatangi?

    • gak bakal ada kolektor datang. mereka itu hanya akan menagih dengan cara menebar teror dan bikin malu dengan menghubungi orang² yang ada di kontak hape yang sudah mereka copy semua.

Penulis
inge citra tania38