Wawasan

Jerat Hukum bagi Pelaku Penyebaran Data Nasabah Pinjol

Salam Sejahtera,

Terima kasih sebelumnya kami sampaikan kepada Media Konsumen yang telah menjadi media solusi keluhan bagi rekan-rekan kami yang memiliki permasalahan, terutama khususnya mengenai pinjaman online dan atas dimuatnya artikel ini.

Team Investigasi KoFin menemukan fakta yang cukup mengejutkan di lapangan, bahwa 89% dari nasabah pinjaman online (pinjol) adalah korban (victim) dari penyebaran data yang dilakukan oleh oknum DC pinjol untuk menekan pembayaran dengan cara yang MELAWAN HUKUM.

Berikut adalah kalimat kalimat horor yang sering diucapkan oleh para penagih:

  • Ibu kalau punya hutang jangan merasa jadi korban.
  • Jika tidak melakukan pembayaran hari ini kami akan menyebarkan data anda, dan mengalihkan tagihan kepada pihak ketiga (orang lapangan kami).
  • Ibu akan kita laporkan ke kepolisian karena ibu tidak punya itikad baik membayar.
  • Kami akan menghubungi HRD dan semua kontak ibu untuk membantu pembayaran dan ibu dipecat.
  • Kami akan memblacklist ibu dan memblokir rekening, BPJS dan asuransi ibu.
  • Kami bersama kepolisian menuju kantor / rumah ibu sekarang.
  • Kami akan ke RT/RW setempat untuk melaporkan ibu.

Ada juga yang memasang DP seram di WA yang berasal dari suku tertentu, melakukan phone call secara brutal baik ke kantor maupun ke seluruh kontak telepon nasabah yang tidak ada kaitannya dengan pembayaran, sampai yang terparah melakukan upaya menekan HRD perusahaan untuk memecat nasabah (21.48% laporan yang masuk kepada kami adalah nasabah pinjol yang dipecat karena ulah DC yang tidak bertanggung jawab).

Target yang tinggi dan deadline yang diterapkan oleh perusahaan membuat para penagih hutang pinjol melakukan segala upaya termasuk mungkin menghalalkan segala cara untuk menekan pembayaran.

Kami melihat bahwa nasabah di-brainwash dan ditakut-takuti dengan pasal-pasal pidana dan hal hal lain sebagaimana kalimat di atas.

Dengan adanya puluhan bahkan ratusan kejadian,kami berupaya untuk meluruskan apa yang sudah terjadi dalam masyarakat terutama yang awam mengenai persoalan hukum.

Hutang adalah klausula perdata dan sebuah kewajiban yang harus diselesaikan oleh nasabah. Ketidaksanggupan nasabah menepati janji sesuai dengan jatuh tempo perjanjian akan mengakibatkan sebuah konsekuensi WANPRESTASI yang akan mengakibatkan timbulnya sebuah resiko denda, maupun bunga yang akan semakin bertambah setiap harinya.

Penyelesaian klausula perdata mengacu kepada perkataan ITIKAD BAIK dengan melakukan musyawarah dengan pihak perusahaan ataupun melalui mediasi pengadilan dengan gugatan perdata sebelumnya.

Sedangkan pidana adalah sesuatu hal yang berbeda konteks dengan klausula perdata yang penyelesaiannya adalah memberikan laporan dugaan pidana tersebut kepada pihak Kepolisian dengan membawa minimal 2 alat bukti seperti screenshot dan rekaman penyebaran data maupun pengancaman serius.

Dalam hal ini Kepolisian akan merespon laporan tersebut untuk dilakukan penyidikan terkait laporan dari nasabah dan simpan Bukti Penerimaan Laporan untuk diteruskan kepada pihak berwenang lainnya dan ditembuskan kepada pihak perusahaan.

Banyak masyarakat awam enggan melapor karena MERASA PUNYA HUTANG, bahkan ada yang takut melapor karena diancam oleh DC tersebut yang mengatakan kalau ibu melapor, ibu akan dipenjara karena punya hutang, menyikapi hal ini kami sampaikan bahwa ini adalah HOAX.

Anda memiliki HAK PERLINDUNGAN dalam UU jika anda merasa terancam, terintimidasi dan bahkan dirugikan nama baik anda dengan penyebaran data yang mereka lakukan.

Kasus pidana tidak dapat diselesaikan hanya dengan MINTA MAAF melalui media sekalipun perusahaan berusaha membersihkan nama Anda, konteks hukum berbeda dengan sosial masyarakat.

UU ITE ayat 27 pasal (3) yang merujuk kepada pasal 310 KUHP jelas mengatakan hukuman bagi pelaku penyebaran data adalah kurungan penjara maksimal 6 tahun atau denda maksimal Rp1 miliar.

Hukuman di atas tersebut diatur oleh UU dan tidak ada kaitannya dengan HUTANG ANDA yang merupakan klausula perdata, kecuali jika memang Anda benar benar menggelapkan uang perusahaan mereka maka hal ini dapat dijadikan ranah pidana 372 dan 378 dengan memakai identitas palsu untuk memperkaya diri.

Keterlambatan pembayaran bukan penggelapan melainkan WANPRESTASI yang menimbulkan resiko pelanggaran berupa denda dan bunga sesuai kesepakatan anda dengan pihak perusahaan (kreditur).

Fakta lapangan menemukan banyak perusahaan yang hanya mengajarkan target kepada DC yang direkrut dan iming-iming komisi besar tanpa menceritakan sebuah RESIKO PIDANA yang dapat menjerat mereka.

Umumnya jika sebuah kasus pidana mencuat perusahaan hanya mengatakan bahwa apa yang dilakukan perusahaan di luar SOP perusahaan (apakah Anda benar mengajarkan SOP?) dan ironisnya kolektor tsb dipecat setelah mati- matian membela uang perusahaannya.

Setelah pemecatan tersebut, masih ada 1 hal yang belum selesai yaitu perkara pidana yang secara langsung akan dikenakan kepada pelaku penyebaran data nasabah dengan ancaman pidana serius.

Keluhan besaran bunga dan denda bukanlah mengadu ke kepolisian dan OJK tapi lakukan musyawarah dengan mendatangi perusahaan tersebut atau dimediasikan oleh KUASA HUKUM Anda, tapi tindakan dugaan pidana penyebaran data yang mereka lakukan itu WAJIB anda laporkan sekalipun HUTANG ANDA SUDAH LUNAS.

Apapun alasan yang mereka katakan mengenai penyebaran data, pengancaman maupun intimidasi tidak akan berpengaruh terhadap PENEGAKAN HUKUM.

Ilustrasinya sama dengan pencuri motor yang tertangkap dengan alasan untuk bayar sekolah anak, tetap tidak akan mempengaruhi hukuman penjara bagi pelakunya.

Beranikan diri untuk melapor untuk menggunakan HAK anda sebagai KONSUMEN dan tetap lakukan KEWAJIBAN pembayaran hutang Anda. Jangan berlindung di balik hukum sebagai alasan Anda untuk tidak membayar hutang karena ini adalah KEWAJIBAN Anda, selesaikan dengan cara yang beradab, musyawarah dan menghasilkan WIN WIN solution

Semoga edukasi dengan bahasa yang sederhana ini mampu membuat rekan rekan dapat memahami bahwa anda sebagai konsumen dilindungi oleh UU negara Republik Indonesia.

Untuk rekan rekan yang sudah terintimidasi dan belum mengetahui tata cara pelaporan dapat langsung berkonsultasi dengan Team Konsultan online kami melalui Layanan resmi WA KOFIN di nomor 087868766975 pada jam kerja Senin – Jumat Pukul 09.00 s. d 17.00 atau dapat melalui Email: pengaduankofin@gmail.com

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam KoFin.

KoFin Crisis Centre
Roemah Djoang Bela Korban Pinjol, ILEW,
Jalan Veteran 1 No 33, Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Sekedar memberi info dan tolong di basmi pinjaman on line yg ilegal dan buruk
    1. Adarupiaht ( aplikasi menghilang dr plystore) # pinjam 1,2jt cair hanya 900rb tempo 6 hari pengembalian 1,416jt ( sm saja penipu\/neror\/sebar data) no.tlp 082123177414\/08118404392
    2. Aplikasi selai ( aplikasi menghilang dr plystore) Bunga tinggi\/denda tinggi ,jangka waktu 7hari Penagihan keras \/kasar \/omongan buruk No tlp .087786352342\/081386966954 (mitrasolusi
    3.aplikasi harta cepat ( aplikasi menghilang dr plystore) Bunga tinggi denda tinggi jangka waktu 7hari Penagih kasar\/omongan kasar
    4.aplikasi run kilat\/easy uang Ket pinjam 1jt jangka waktu 7hari kembalinya 1,4jt Si penagih sebar data\/ kasar No tlp 082125754980\/0818814981 Umtuk sementara informasi nya itu dulu...

    • Sama bos dgn saya...aplikasi hilang dri playstor godana, besok mereka datang ke rumah dan mengancam, pinjaman 1.5 di terima 1.1 dan harus mengembalikan kurang lebih 3jt sama denda...

      • Tolong juga masukan no wa saya 0855597504** karna saya jg saat blm tau solusinya

        • Mohon saran nya,saya sudah telat bayar di KTA Kilat sudah 4 hari setiap hari di tlpn terus hampir tiap menit saya minta waktu gak ngerti, biasa nya saya gak pernah telat karna saya lagi sakit dan gak kerja gak ada uang buat bayar, saya takut data saya di sebarin k nomer atau nomer kontak saya di tlpn sama mereka semua.. Mohon masukan saya k grup wa 083870215817

        • JIKA DATA KALIAN DI SEBAR OLEH PINJOL.
          SEGERA SCREENSHOT
          LALU EMAIL KE CS APLIKASINYA
          DI CC KAN
          KE PENGADUAN OJK DAN PENGADUAN KOMINFO. SERTAKAN NO HP YG SEBAR DATA TERSEBUT. AGAR DI TINDAK LANJUTIN OLEH APLIKASI PINJOLNYA.
          TERHADAP DC-DC NYA YANG TIDAK JELAS

          • Maaf mas kalo pinjol ilegal jarang ada mencantumkan emailnya. Solusinya gimana ya mas.

          • selamat malam..mohon dibantu untuk cara cc ke kominfo dan ojk gimn ya

          • Kalau sudah di email ke Dc nya tapi tidak ada balasan. Bukti pencemaran . Penyebaran data. Penagihan dengan kata kasar dan bukti pengembalian dana sudah di email juga. Tapi dari pihàk pinjol tenang" aja apa yang harus kita lakukan berikutnya? Tq

        • Selamat siang team
          Terkait kondisi covid menyebabkan keterlambatan pada saya melalui pinjaman online

          Telat beberapa hari memyebabkan banyak teror yang sudah saya terima dari mereka dari pengancaman pelecehan pemerasan dan menyebarkan data kepada situs sosial lainnya

          Mohon dari team bisa membantu masalah saya ini
          0856945898**

      • Sya bener" tersesat...dan smpe skrang pun sy blm bayar karna bungany lebih jeratan setan perhari...bingung mau bayarny jga gmna...Ampe saat nich sya bingung mau bayarny gmna karna udh bnyk

      • Mohon saya masukkan ke grup. Saya mengalami hal yang sama dengan anda 0822286637**

      • Tolong bantu saya juga memang belum bisa byar karena pabrik saya di tutup karena kasus covid 19 saya di tagih dan di teror dengan bhasa kasar dan mengancam akan menyebarkan data saya ke kontak saya itupun sudah ada yg di sebar sebagian...aplikasi pinjol go easy ms,tunai cepat,dompet beruntung,logam mulia.itu semua nama aplikasi yg tetor saya.tolong d bantu

    • Sama saya juga apk yng saya gunakn adalah apel..box
      Pnaghnnya lasar dan tidal sopan

      • Mohon di bantu ...saya akan bayar tapi ga sekarang ...tapi mereka mengancam trus neror nyebar data malah ada yg sudah d sebar .go easy,logam mulia,tunai cepat,dompet beruntung

    • Saya mau minta saran bagaimana menghadapi DC dri pinjol ,yg uda terus terusan meneror saya lewat sms ,sama telepon juga ,tpi tlpin ga saya angkat karna hp saya rusak speakernya ..mereka terus aja sms saya bahkan sampai bilang sudah mengirimkan surat somasi ke kantor dan alamat rumah ,saya bukan gamau bayar ,hanya saya di awal tahun ini mengalami krisis keuangan ,saya ditipu org juga makanya blm bsa bayar ,tolong masukannya saya harus gmna

    • Selamat sore medi konsumen,saya feri gustiawan juga terjerat aplikasi pinjol ilegal,mohon bantuan nya masukan saya kegrup wa
      Ino no wa saya 0813837057**
      Mohon bantuan nya,terimakasih media konsumen

    • Mohon Saya Masukan No Wa 0831484648** Ke Group, Karna Saya Dah Di Ancam Juga Dah Di Katain Dengan Kata Kata Kotor,,, Mohon Masukan

      • Ada nomor telepon yg bs dihubungi terkait pengaduan teror DC pinjol?? Saya yoga 0812961255**

    • Assalamualaikum...teman"apa kabar nya sehat semua,,,saya korban ponjol teman,,,,Bru 3hari ini data saya di sebar luas,,,,bukan ga niat bayar saya akan bayar tapi tunggu dulu ada yang lebih penting dari bayar utang,,,tapi penjelasan itu tidak masuk ke DC nya,,,,selang berapa menit data sudah di sebar ke semua kontak ke semua nya,,,saya resah dan bingung juga,,,di kasih solusi sama teman teman ya alhamdulilah saya mau mengadukan ke kepolisian mudah"Han ada jln keluar nya biar data tidak di sebar luas kan lagi,,kita harus sabar banyak dukungan dan jgn banyak tekanan,,terima kasih

  • Sy korban pinjol .tolong masukin ke group sy ingin sharing.wa.0888084388**.tolong masukin grup y

    • Tolong masukkan saya ke grup wa. Saya adl salah satu nasabah dari pinjaman online yg terkena ancaman dari debt kolektor juga. Ini no wa saya 081289148228. Terima kasih

        • sama saya juga d ancam sampe2 ada gruo donasi d wa saya... Nma baik saya udah tercemar.. Sya mau bayar utang cma sya lg nunggu uang hsil pnjualn toko dlu. Eh udh d malu2in sma punjol

          • Saya jg d sebar dta dan di permlukan...tpi krn udh srinh shre ke tman2 pijol sntai aj...yg pnting law ad uang byr pkok ny aj..smpai2 nlp k kluarga

        • Saya juga lagi di acnam, bahkan debt colector membut grup dengan foto saya dan memasukan nomor yg ada di kontak² saya. Saya harus apa ya mohon bantu saya

      • saya juga tolong masukan ke grup wa dong.. saya juga trlibat pnjman pinjol 0822188647**

  • Saya juga diancam sama mereka, mereka akan menyebarkan data diri saya pada semua kontak yang ada di HP saya, padahal saya sudah bilang kalau saya pasti akan melunasinya, bahkan dia Screenssot no, HP kontak saya kepada sy supaya saya takut

    • apakah hanya mengancam atau mereka memang menelpon kontak yang ada di HP anda

      • Saya juga di ancam ,bahkan kantor dan daftar kontak saya dihubungi terus menerus,hidup saya jadi resah karena banyaknya ancaman,,,padahal saya sudah membayar pinjol mudah uang,adalagi dari pinjol pinjaman petir saya ingin membayarnya tetapi tidak bisa dikarenakan total utang saya terus d bungain,jadi saya tidak bisa membayar uang yang saya pinjam ,tetapi harus berdasarkan yang sudah terus terusan dibungain oleh pinjol hingga makin lama makin tambah utang saya,bukan saya gak mau bayar,saya mau membayarnya sesuai jumlah pinjaman yg sudah tertera di app bukan yg sudah dibungain terus menerus tolong bantuannya agar saya terbebas dari pinjol rupiah now,gimana saya mau membayarnya kalo jumlahnya setiap hari semakin bertambah ,di ATM dan mbangking pun tidak bisa melakukan pembayaran karena pinjaman saya harus sesuai nominal yg mereka kirimkan ,sedangkan saya tidak mau dikarenakan kesalahan ada di app mereka yg tidak memberi saya kode verifikasi untuk masuk

      • Kalau tagihan sudah diperluas, dc suruh minta aja tagihan kita ke kontak yg mreka sebar datanya. Dan anggap saja lunas, sebar data sama dengan lunas. Kasus perdata tdk bisa dipidanakan kecuali bnr2 terbukti menggelapkan. Ini kan tdk ada penggelapan, mreka masih bisa menghub nasabahnya, mreka masih bisa datangi alamatnya. Justru mreka lah yg dipidanakan sdh melanggar undang2 ITE krn sdh menyebarkan data pribadi ke selain kondar… Basmi rentenir digital

        Salam Kofin

        • Bu jika ada kontak kita yg tidak terima dgn perlakuan mereka bagaimana
          Sedang kita sudah berusaha buat itu semua

        • Cara nya melaporkan pinjol yg sebar data gmn?yg benar mengerti kondisi sperti sya..?

        • Data saya sudah terlanjur di sebar luaskan di seluruh kontak hP saya hingga dibuatkan group, saya malu.
          Padahal saya sudah bilang minta waktu hingga tanggal 20 tapi pinjol g mau tau dan membentak saya. Saya bilang ke pinjol trima kasih mbak data saya sudah di sebar luaskan dan saya anggap hutang saya sudah lunas. Mbak pinjol Mala bilang tidak bisa tetap ibu masih punya hutang dan DC akan datang ketumah ibu untuk mengambil paksa hutang ibu.

          • Saya juga mengalami hal yang sama. Saya jatuh tempo tgl dan bulan yang sama di bayarkan di jam 18 lebih di jam 17. Pihak pinjol pintu kaya sudah menyebar data ke semua kontak hp. Dengan kalimat Di cari penipu. saya melarikan uang perusahaan. Mengelapkan uang perusahaan. Bahkan di sms di kata"in bonatang kalau saya mau menuntutbbagaimana caranya karena saya merasa sudah di permalukan. Dan tidak mengelapkan uang perusahaan yang di maksud. Banyak sodara teman dan yg ada di kontak hp saya menghubungi saya. Mohon solosinya terima kasih

        • Sangat setuju ...ngapain bayar,rugi,sudah di jelek2 ke umum ,dah itu kita bayar..ga lah..DC Pinjol isinya cuma manusia kardus .jangan ada yg takut..kalo sampe datang,dan mengancam..ramaikan.siapkan video dan saksi..supaya langsung masuk ranah hukum..kalo masalah hutang..ngapain malu kita punya hutang orang lain tahu...memangnya itu mobil ,motor berkeliaran banyak yg lunas...pengusaha aja banyak hutangnya..yg di andalkan DC Pinjol,karena kita malu ketahuan orang lain punya hutang.kesalahan kita,kenapa harus munafik..untuk Pinjol ilegal..trimakasih banyak uangnya..sayangnya sekarang saya dah gda yg mau ACC LG...JD ga bisa makan uang Pinjol ilegal LG..

        • Assalamualaikum...bu dian mohon bantuan masukin saya ke group saat ini saya sedang di teror ancaman dri debt collector ini nomer saya 0896610696**.terima kasih

        • Assalamualaikum, Ibu Dian tolong nomer saya di add di grup 08787 0780 1**...saya butuh teman & temapt untuk shariing masalah pinjol ilegal. Data saya, video saat pengajuan, foto2 , KTP dan termasuk foto yang sduah diedit & diber tulisan : DICARI MALING HIDUP/MATI . Saya benar2 malu, stres & down...mohon bantuannya Terima kash

      • Mereka mengancam dan menelepon no di hp kontak kita..malahan saya sangat malu dengan kata kata mereka ...mereka bilang saya pencuri uang mereka yang cuma 600 itu...benar2 meresahkan..tolong kami...siapa pihak yang bisa menolong kami korban pinjol ini..bukan tidak mau membayar..tetapi harta sudah habis untuk mereka

        • Kirim pesan kesemua kontak di hp yg kita kenal..menyatakan data kita di curi melalui aplikasi yg kita instal..dengan pemberitahuan,bila mana ada yang mengatas namakan diri saya,itu adalah bukan saya,karena data hp saya tercuri oleh aplikasi,takut disalah gunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab

      • Benar menyebar data. Saya yang sudah melunasi saja di sebar data semua kontak hp. Di katain melarikan / mengelapkan uang perusahaan. Sampai mau sebar foto di tempel sekitar rumah dan tempat umum. Maka dari itu mau nuntut pelaku penyebar data. Dan pinjol pintu kaya biar di tutup.

    • Sy d ancam SMA DC cashcpt gr" tlt 5hr .sy blg ABS brobt ank sy k rmhskt..Dy ga peduli dan ancam sy hrs bye sore ini jg kalo ga data sy akan disebar.sy blg akan laporkan DC itu..Dy jwb akn laporkan balik sy Krn sudah tidaak ada niat byr.dy seolah olah tidak kenal sekolah..BHS kasar.sy kita cashcpt OJK to cara DC nagih nya kurg ajar

  • mohon bantuannya juga. saya terjerat hutang pinjol. tolong masukkan sy ke grup wa

  • Apa kah pinjaman online sama dengan penggelapan dana?karena saya ada beberapa pinjaman online yg mengancam saya ingin melaporkan ke polisi karena katanya saya melakukan penggelapan dana apliksi pinjaman online ,apa betul pinjam diaikasi pinjaman online trus telat bayr artinya sdh penggelapan dana?mohon saranya.

    • Menurut saya ga pak, mereka menakuti, shock terapi istilah nya, penggelapan dana perusahaan sdh berbeda

    • Saya ada 21 apk, gada yg saya bayar....setelah saya bertemu sama tmn saya, malah saya berniat menghacurkan usha pinjol....karna mereka tdk terdaftar di OJK, dan uang mereka itu dari china dan rusia....apakah kalian akan membiarkan usaha org asing berkembang di indonesia...yuk merapat..kita hancurkan usaha mereka...

      • Yang benervk, oleh sharing k minta no nya,saya kejerat juga di 7 aplikasi gumana cara ngadepin buat tlponnya, ini no saya 0858646429**

      • Gmn caranya kak??? Sy ikut gabung buat mengjancurkan... Karena sangat tdk punya etika saat menagihnya..., pliss kak share caranya.... Pengen lepas dari jeratan mereka.

      • Siap kak. Kapan ? Bikin group . Saya bayar lunas aja masih sebar data. Di permalukan tutup saja pinjol ilegal biar tidak ada korban lagi.

    • Gak ada itu..palagi hutang itu perdata .saya juga begitu...screenshoot ancaman SMS dari mereka ..kumpulin.nanti bisa jadi bukti buat pengaduan pencemaran nama baik karna ada undang2 nya

      • Sms tdk bisa membuktikan apa2, dan lagi sms nomornya tdk bisa dihub dan dibalas. Sama halnya dengan mendapatkan sms hadiah puluhan juta alias penipuan. Kalau mau bukti kuat, tunggu mreka wa nah kumpulin dri wa dan voice chat yg biasanya mreka ucapin kata2 yg ga punya etika.

        Tetap semangat teman2...

        Salam kofin
        Konsultasi gratis bisa hub*08951051***
        Atau follow
        IG : kofin_partner_official

    • Ga ada UU nya jadi penggelapan dana...ajak negosiasi langsung,bawa kekantor polisi..dijabin ,para DC Pinjol cuma mental kardus...isinya cuma manusia berani lewat telfon...saya malah berharap mereka mau datang..lumayan kan bisa di ramaikan ,siapa tau bisa masuk tv,biar jadi perhatian tegas pemerintah yang sudah menerima pajak kita

  • Saya juga tadi bis debat sama yang nagih..tapi saya tantang balik toh app mereka gk terdaftar di OJK. Pinjem gk seberapa nagih nya kaya hutang 1 m aja .bawa ancaman..tadi di WA saya debat tetep saya ngeyel gk mau bayar.saya mau bayar asal ketemua...
    Ini no saya 08118187978

  • Nama sy Lisa sy jga mempunyai 25 pinjaman online.. awalnya temen sy minta tolong pinjem melalui data sy.. dan akhirnya sy coba2 dan bnyak pula aplikasi yg menawarkan pinjaman.. dan sy jga kepepet Krena suami sy engga kerja korban PHK.. anak sy 3 yg LG butuh bnyak biaya.. sy bingung mengatasi ke jangan sy.. sy pun terpaksa melakukan. Pinjol.. untuk kebutuhan dri 1 aplikasi smpe sy bingung untuk membayarnya. My minta tolong kasih sy solusi jga pemasukan supaya sy tidak terjerat pinjol LG.. sy udh kapok.. Krena sy terpaksa Krena suami sy ga kerja udh sekian lama.. hampir 7 tahun.. sy pnya ank 3 menghidupi biaya sendiri... Tolong bantuan dan tolong masukin hp sy ke group.. sy udh bingung mengatasinya.. 08953514032**

Penulis
Kofin Partner