Cara Penagihan Kredit Plus yang Tidak Pantas

Nama saya Dede Suryani, sedikit berkeluh kesah, mungkin bukan saya saja yang mengalami penagihan yang tidak pantas dari sebuah perusahaan finance. Ini kali pertama saya mendapat tagihan yang kurang pantas sebagai penagihan terhadap angsuran nasabah.

Biasanya collector jika ada tunggakan melakukan telepon ke nomor yang tercantum atau nomor referensi dari nasabah. Kali ini tanpa ada penagihan via telepon/email tiba-tiba penagihan atas tagihan saya ditujukan untuk HRD perusahaan saya bekerja di alamat yang tidak dicantumkan pada saat pengajuan (yayasan perusahaan). Padahal nomor telepon saya selalu stand by, nomor telepon referensi selalu tersedia, alamat tempat tinggal jelas, alamat kantor pun jelas. Tetapi penagihan ditujukan ke pihak lain.

Kaget sekaget-kagetnya saya menerima surat dengan kop surat “Kredit Plus” dan, nama dan tempat yang dituju adalah HRD perusahaan tempat saya bekerja.

Penagihan macam ini??? Seperti saya punya tunggakan puluhan juta saja. Saya tidak menggelapkan uang, juga tidak melakukan kriminalitas terhadap perusahaan tersebut. Setahu saya, penagihan dilarang dilakukan kepada pihak selain nasabah yang bersangkutan selagi masih bisa dihubungi. Debt collector ataupun pihak finance hanya bisa menagih kepada nasabah yang bersangkutan, bukan kepada pihak lain seperti keluarga apalagi HRD tempat nasabah bekerja.

Di “Kredit Plus” saya mengredit 1 buah handphone dengan tenor 12 bulan, dan ini angsuran yang ke 9. Saya selalu sadar akan kewajiban. Dan biasanya pun pihak “Kredit Plus” selalu mengingatkan akan angsurannya. Kebetulan untuk bulan ini saya ada keperluan yang membuat saya telat bayarkan angsuran. Tetapi ternyata di bulan ini juga saya diperlakukan penagihan layaknya seorang nasabah yang lari dari tanggung jawab. Nominal angsurannya pun tidak sebanding dengan harga diri saya yang dipermalukan oleh cara penagihan “Kredit Plus”, nominalnya Rp375.000 (Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah), ratusan ribu ya, bukan ratusan juta.

Setelah saya diperlakukan seperti ini, saya sudah mencoba komplain kepada pihak “Kredit Plus” namun tidak ada respon sama sekali, entah dari pihak collector, area collector manager, ataupun pihak kantor (tidak mengangkat telepon berkali-kali dari saya). Collector dari “Kredit Plus” hanya memikirkan uang… uang… dan uang… Tanpa menanggapi keluhan nasabah yang dipermalukan dengan cara penagihannya.

Dede Suryani
0813213969**
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan KreditPlus atas Surat Ibu Dede Suryani

Menanggapi dua surat pembaca yang ditulis oleh Ibu Dede Suryani dengan judul “Cara Penagihan KreditPlus yang Tidak Pantas” dan “Kedua...
Baca Selengkapnya