Surat Pembaca

Pelunasan Awal Tanpa Bunga di HomeCredit Sangat Menjebak

Saya harap dengan adanya surat pembaca ini, calon konsumen PT Home Credit Indonesia bisa memikirkan keputusannya lagi, sebelum benar benar terikat kontrak dengan mereka.

Ini adalah pengalaman tidak menyenangkan bagi saya. Betapa kagetnya ketika mengajukan PELUNASAN AWAL, pokok yang terhutang ternyata BEGITU BESAR. Saya pun tidak tinggal diam. Dan mereka hanya bisa menjawab bahwa karena BUNGA EFEKTIF lah yang diterapkan pada program Flexifast ini.

Pada situs mereka, jelas TERCANTUM BUNGA 2,69%. namun, pihak Home Credit selalu beralasan bahwa itu bunga kompetitif yang ditawarkan. Kompetitif? Seharusnya lebih menggiurkan, namun saya menyadari pada akhirnya, saya telah dijebak mentah mentah dengan BUNGA EFEKTIF 4,69%. TANPA PENJELASAN.

Jelas hal tersebut cukup mengejutkan, bagaimana tidak. Siapa yang paham dengan aturan bunga efektif JIKA TIDAK DIJELASKAN saat penawaran dan akad kontrak akan berlangsung. Jika dijelaskan lebih awal, jelas saya akan menolak.

Saya sangat ingat, TELESALES, PT HOME CREDIT mengatakan bahwa saya bisa melakukan pelunasan LEBIH AWAL TANPA BUNGA. Mendengar hal tersebut, tentu hal yang bagus, NAMUN TERNYATA, yang selama ini saya cicil, KOMPOSISI BUNGA LEBIH BESAR. dibanding pokok pinjamannya. Saya sudah selesai hingga cicilan ke 25, dari 33, dengan maksud akan dilunasi langsung. Jika dengan bunga flat yang saya paham, sisa pokok tidak mungkin lebih dari Rp1,3juta. Alangkah kaget yang saya terima adalah Rp2,6 juta beserta admin pelunasan awal Rp150.000

Pokok pinjaman 6,000,000
Tenor 33 bulan
Tanpa biaya registrasi
Tanpa biaya 5.000
Cicilan 366,200/bulan

Jika ditotal sebesar RP 11.919.600,-

NOMINAL YANG SANGAT FANTASTIS YAH

Sebesar 5,919,600 HANYA UNTUK BUNGANYA SAJA.

Jika BUNGA FLAT yang diterapkan setara dengan 2,99% per bulan.

Namun jika BUNGA EFEKTIF yang diterapkan itu setara dengan 4,69% , sedangkan pada situsnya jelas 2,69% (bunga menurun).

Saya sangat kecewa, anak didik Ibu Milena Linhartova selaku atasan tim telesales Home Credit tidak BERANI mengajarkan kejujuran. KONSUMEN PERLU TAHU bagaimana transparansi perhitungan bunga dan pokok sebelum akhirnya mendapatkan angka fix untuk dicicil setiap bulan.

Saya harap pihak Home Credit bisa mengakui kecurangan mereka terhadap konsumen, alih-alih mengeruk untung sebanyak itu.

Sujana
No kontrak 3700286644
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit Atas Surat Bapak Sujana

Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan dimuatnya keluhan dari Bapak Sujana. di MediaKonsumen.com pada kolom Surat Pembaca tanggal 21...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sama, saya juga tertipu. Katanya pelunasan dipercepat tanpa bunga, tapi pas dihitung dana yang dibayar sama dengan kita nyicil sampai selesai.

    Tolong kepada OJK, diperbaiki sistem yang seperti ini. Ini namanya pemaksaan konsumen agar tetap bayar bunga full.

  • Saya juga. :(
    Ditawari 15 Juta
    Dan saya hitung ulang dalam 34 bulan x Rp. 912.400 = Rp. 31.021.600

    2x Lipat ya Allah.. :(

  • jangan berhutang,
    Jika anda membutuhkan uang untuk usaha, lebih baik buat proposal investasi dan cari investor yang berani ambil resiko kehilangan uang. Jadi ketika investasi gagal, anda tidak ribet. Paling hanya di black list saja si kalangan investor.
    Saat ini dunia sudah dikuasai para bankir. Solusi terbaik adalah crowdfunding dan venture fund yg sedang marak akhir2 ini.

  • saya pribadi kapok pinjam d homecredit.. bunganya sangat gila"an
    tidak sesuai cara penyampaian dgn kenyataan. dgn bunga kecil faktanya menggila

  • Saya jg mengalami hal yg sama saat ini, saya mau melunasi pinjaman tpi hitungan nya sama seperti kita mencicil, saya pinjam pokok 10jt tenor 24bln, cicilan perbulan 670,700 sdh mencicil selama 17bln, sisa 7bln lg. mksd hati ingin melunasi karna takut tidak bisa bayar cicilan ntinya karna sdh tdk bekerja, tpi apa yg saya dapat perincian yg tidak masuk akal, total yg harus saya bayar sebesar 4.312.154,86, yg jdi pertanyaan saya knp pokok pinjaman nya msh besar ? Pdhl klo dihitung secara logika saja 10jt : 24bln nominal pokok hanya 417rb (pembulatan) tpi knp di perincian total pokok yg harus sy bayar adalah sebesar 3,997,860,66
    Yg klo dibagi 7bln nominal nya adalah 571,122rb sangat jauh berbeda dgn perhitungan saya, saya sangat2 kecewa dan merasa dijebak sm homecredit, saya minta keringanan tpi mereka tidak mau kasih, sungguh sangat keterlaluan, semoga saja Tuhan mengampuni dan tidak memberi azab yg sangat sadis utk owner homecredit dan pegawai2nya yg mau dan berani menipu konsumen2 nya demi keuntungan yg berlipat2.

  • Ya Allah..trnyata bkn aq aja ya yg kena tipu home credit mslh pinjaman..,sy jg smpe skrg masi hrs mlunasi cicilan /bln 1.417.400 masi lama lagi..
    Dlu pas penawaran si telesales'y blg klo mw lunasin tgl byar sisa'y aja tanpa bunga tp itu smua bo'ong ??..
    Kronologis'y sma kya bgtu..aplgi sy pinjam 38jt..
    Smoga g bnyk yg ketipu lagi..

  • Saya sangat menyesal meminjam di Homecredit. Telesale nya ngomong manis pada saat penawaran pertama. Katanya bisa dilunasi sisa pokok tanpa bunga, ternyata gak sesuai harapan. Pengen rasanya kujambak aja mulutnya pas nawarin ke saya.. Isss... Tolonglah OJK dicheck lagi, sebenarnya bunganya emang di 2.69% atau 100% ??
    Masyarakat sudah resah atas tawaran homecredit yang pembohong itu .

  • Hahhhh home credit home credit... Lihat smua komentar dan bnyak lg pengalaman pengalaman buruk temen temen tntg HCI yang penuh janji2 manis awalnya tp ujung ujungnya bkin ga bisa berkata-kata lgi, busuk semua... Padahal sy hanya mengkredit laptop dengan harga 3.550.000 dan buat temen-temen juga mending nabung aja dlu ketimbang kredit di rentenir online kek gini, kalau mau beli barang2 yg masih terjangkau.. nah Waktu ketmu seles HC nya disitu dijelasin Bla Bla bla bunganya sedikit, pelunasan diawal akan di potong 1 kali angsuran, dan bnyak lagi hal hal meyakinkan lainnya yg membuat sya terbuaii wkwkwk anjirrrr.. sy ambil cicilan 9 bulan Rp. 485.600 perbulan, kalau di kali hasilnya 4.370.400 trus ada tambahan DP pulakkk 900 ribu total yg sy harus bayar kan jadinya Rp. 5.270.400 dan ini cuma 9 bulan looo 9 bulannn!!!. bunganya aja 1.720.000 selama 9 bulan, perbulan dia ambil 191.000 utk bunga, hellow 5.4 % dong... Pernah waktu cicilan masih sisa 4 kali mau ngelunasin trus kirim pertanyaan simulasi dan sisa kredit ke email HC pusat, dgn harapan akan lebih murah bayarnya kalau di lunasin, berdasarkan perhitungan ku seperti kata mbak mbak seles nya kalau pelunasan awal akan di kurangi 1 kali angsuran, kira kira 485.600 kali 3 sekitar 1.456 sekian, yahh 1.5 lah.. ternyata pas di bls sm pihak HC nya pelunasan nya Rp. 1.943.000 plus admin 150.000, ini apa apaan dah sama aja bohong kleng..... dosanya yatuhannnnn dosa woiiii dosaaaa membohongi kaum lemahhh yg ga berduit gni :'(... ga kebayang kalau Pinjeman orang diatas 10 juta, kek gimana di cekeknya tiap bulan dengan bunga 5.4 % bahkan lebih.. Adehhh kalau ga kepepet banget wktu itu gara gara nugas full, dan ga ada duit cuma ada sejuta demi tuhan ga akan kenal sm tempat begini lagi buat beli keperluan apapun..!!!!

  • Homecredit adalah PKI sebenarnya kapok lah ogah lg2... Telat sehari nlpnya udah sampe tengah malam kyk org gila...