Penutupan Kartu Kredit Mandiri Dipersulit

Hari ini , saya menelepon 14000 untuk menutup kartu kredit saya. Pada tanggal 14 November 2019 sudah saya bayarkan sejumlah tagihan hingga Rp0. Bahkan pagi ini saya transfer 6 ribu rupiah untuk biaya materai, karena menurut info dari CS Helen bahwa saya harus membayar biaya materai tersebut. Saat saya laporkan untuk penutupan, CS Helen meminta saya untuk menunggu agar dibuatkan surat penutupan dan disambungkan ke bagian penutupan. Namun setelah saya menunggu sekitar 3 menit, bagian penutupan kartu kredit tidak bersedia menerima sehingga saya masih harus berbicara dengan CS Helen.

Diinformasikan bahwa saya masih ada bunga biaya tarik tunai yang saya lakukan di November 2017 dan bunga ini akan muncul pada 29 Desember 2019. Saya masih tidak habis pikir, pemakaian saya 2017 sudah terbayar, bahkan bunganya pun sudah terbayar. Namun tiba-tiba saat ini, akhir tahun 2019, justru akan ditagihkan sejumlah bunga tersebut (pemakaian 2017).

Saya minta datanya saat ini pun CS Helen mengatakan tidak tahu berapa jumlahnya. Lalu dari mana perhitungan bunga tersebut? Ini sangat tidak masuk logika saya. Di saat tagihan saya sudah nol dan sudah saya bayarkan materai tiba-tiba saya masih harus menunggu bunga penarikan tunai yang saya lakukan di November 2017, hanya dengan alasan saya tidak pernah bayar full, selalu bayar minimal.

Saya bayar tidak minimal, tapi kenapa dalam record Mandiri saya selalu bayar minimal? Menurut saya bank sekelas Mandiri sangat tricky sekali untuk menutup kartu kredit. Mengapa dalam mutasi bulanan tidak tercantum bunga tarik tunai? Mengapa tidak fair dan harus disembunyikan sampai saya akan menutupnya?

Saya sangat keberatan dengan hal ini. Apa yang menjadi kendala bagi bank sekelas Mandiri untuk menutup kartu kredit nasabahnya? Kenapa harus selalu mencari keslahan nasabah dan mengulur-ulur waktu agar nasabah tidak jadi menutup kartu kreditnya? Ini sangat merugikan, melihat sampai 29 Desember 2019 akan ada bunga entah apa yang saya sendiri tidak tahu pasti akan muncul dalam tagihan saya.

Mohon dari pihak Bank Mandiri dapat lebih baik menyikapi hal ini. Penutupan kartu kredit tidak seharusnya diserahkan ke CS, harus ditangani dengan bagian penutupan kartu kredit dan hilangkan segala tricky yang merugikan nasabah seperti ini. Saya harap Bank Mandiri dapat segera menutup kartu kredit saya tanpa harus menunggu 29 Desember 2019.

Terima kasih.

Novira Dian Antasari
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Surat Ibu Novira Dian Antasari

Yth Ibu Novira Dian Antasari. Sehubungan pengaduan Ibu pada 15 November 2019 melalui Mediakonsumen.com terkait penutupan Mandiri Kartu Kredit, kami...
Baca Selengkapnya