Surat Pembaca

KPR Ditolak, Pengembalian Down Payment Perumahan Citoh Cibungbulang Menunggu Unit Terjual Kembali

Terkait proses pembelian rumah anak saya bernama Rizky Putra, yang berniat mengambil perumahan di salah satu pengembang PT Trimitra Prawara Goldland, berikut kronologinya:

Sekitar akhir bulan Agustus anak saya tertarik mengambil perumahan di kawasan Citoh Cibungbulang Kab Bogor karena sesuai dengan kemampuan untuk bulanan dan pembayaran down payment. Dengan perjanjian booking fee hilang jika KPR ditolak sedangkan downpayment akan dikembalikan 100% terhitung 30 hari setelah unit diakadkan KPR ke pemesan yang baru.

Dan bulan Juli tanggal 4, anak saya melakukan pembayaran booking fee sebesar Rp. 1.000.000,-, lalu berlanjut dalam batas 1 minggu bertahap harus melunasi down payment sebesar Rp12.725.000 dengan rincian sebagai berikut (di luar booking fee);

Rp3.000.000
Rp4.750.000
Rp4.775.000
Rp200.000

Setelah semua proses pembayaran down payment terpenuhi, Rizky diminta memenuhi semua persayaratan pengajuan KPR. Dan setelah syarat KPR yang diminta oleh pengembang untuk diteruskan ke pihak Bank BTN selesai (menurut mereka sudah diajukan) satu bulan kemudian ada pemberitahuan bahwa KPR Rizky ditolak tanpa ada konfirmasi tertulis baik dari pihak bank maupun pengembang. Itupun saya mengetahui karena membantu Rizky menanyakan ke pihak pengembang yaitu PT Trimitra Prawara Goldland berkantor pusat di Taman Yasmin Bogor.

Setelah diberitahukan oleh kantor pusat yang kebetulan waktu itu ditangani informasinya oleh salah satu karyawati bernama Amanda dan Kartika, bahwa pengajuan KPR atas nama Muhamad Rizky Putra M. ditolak oleh pihak bank dan seharusnya pihak kami sudah menginformasikan kepada pemesan. Untuk itu saya perwakilan dari Rizky diminta menghubungi Bp. Dodi atau Ibu Rubi untuk lebih jelasnya.

Setelah saya menghubungi Ibu Rubi dan diarahkan untuk datang ke kantor di Citoh Cibungbulang dan mengisi formulir pengembalian (refund) atas down payment yang telah dibayarkan. Maka pada tanggal 14 Oktober 2019, saya menemani Rizky, mendatangi kantor Ci-care di perumahan Citoh Cibungbulang bertemu dengan staff Irmayani. Setelah semua persyaratan dan dokumen diisi, saya tidak diberikan bukti tanda terima bahwa berkas dan form refund sudah mereka terima. Pada saat itu saya berinisiatif meminta mbak Irmayani untuk menulis dengan tangan berkas yang sudah diterima (sesuai dengan permintaan developer) untuk syarat pengembalian down payment.

Staf Irma menginformasikan akan dilakukan pengembalian dana lebih kurang 30 hari kerja, dan saya pun diberikan nomor telepon (WA) C-care di nomor 0859-3533-4***.

Selang satu minggu ada pemberitahuan bahwa unit yang kami pilih yaitu di Krakatau –F005 sudah ada penggantinya. Logikanya bahwa jika sudah ada pengganti konsumen artinya konsumen baru sudah melalui tahap booking fee dan down payment, besarannya kurang lebih seperti yang kami setorkan juga, seharusnya pihak pengembang sudah dapat mengembalikan uang kami (down payment). Tapi staf Irma melalui WA menerangkan bahwa akan dikembalikan setelah konsumen baru akad kreditnya disetujui oleh Bank.

Dari hal tersebut terdapat beberapa keganjilan dan pertanyaan;

  1. Darimana kami bisa mengetahui konsumen baru disetujui KPR-nya oleh pihak bank? Yang artinya batasan waktu tersebut tidak bisa diukur.
  2. Pihak pengembang membuat pasal karet, yang menyatakan hal down payment akan dikembalikan 30 hari kerja jika konsumen sudah di akad kredit kan oleh pihak bank, padahal uang down payment dari pihak pengganti sudah masuk, bagaimana jika pihak pengganti juga di tolak KPRnya oleh bank, maka pengembang memberlakukan hal yang sama dan menumpuk uang konsumen dengan menggunakan kalimat dari pasal tersebut.

Untuk itu saya dan anak saya Rizky merasa dirugikan karena ketidakjelasan dan mengharapkan itikad baik dari pengembang PT Trimitra Prawara Goldland untuk pengembalian (refund) dari down payment kami sebesar Rp12.725.000 dimana uang itu hasil jerih payah anak kami yang hanya berprofesi sebagai penerima jasa potong rambut, bisa dibayangkan kerasnya dia menabung untuk mendapatkan uang tersebut.

Akhir kata saya melalui media konsumen ini semoga pihak pengembang dapat membaca langsung tulisan saya.

Terima kasih.

Apriyani Hadi Puspita
Citeureup, Bogor
Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mau tanya, kpr ditolak tapi sales menyuruh kita untuk pengajuan ulang apakah itu bisa??

  • anak saya juga Januari THN 2019 lalu membayar DP dan biaya2 lainnya tapi KPR ditolak, dan sampai skrg masih blm di refund biaya2 yang sudah masuk, dijanjikan awal tahun 2020 bisa cair, Februari, diundur Maret diundur lagi April, entah apakah April ini akan diundur lagi pengembaliannya.

      • Mohon infonya ka , saya juga sama kejadian seperti ini , dp saya belum dikembalikan . Apakah saya harus datang ke kantor pusatnya . Jika saya mau ke kantor pusatnya , apa saja yg saya perlu bawa ? Mohon penjelasannya mba ita

    • Sampai saat ini saya juga belum menerima transferan DP dr citoh bu. Diundur-undur, sepertinya memang harus ke kantor pusatnya nih. Semoga berhasil?

      • Iya bu saya jga di janjiin paling lambat akhir mei tp kemaren di undur lagi, bu nnt klau ibu ke sana sya minta tolong informasikan ke saya apa penjelasan dari mereka, skrng saya udah pindah ke jayapura bu jd untuk langsng ke citoh saya ga bisa, marketing yg dulu sama saya jga gak merespon pertanyaan dari saya lg

        • Saya pun mengalami hal yg serupa.
          Dijanjikan akhir mei. Karena, di wa balasanya kurang memuaskan. Akhirnya saya dan kk saya datangin ke gallery marketing bertemu bu Kia tgl 31 mei kmrn. Skrg sudah masuk bln juni, dan di janjikan hr kamis atau jumat tgl 4 atau 5 Juni.
          Rencananya hr minggu tgl 7 juni ni. Saya dan kk saya akan lapor ke polsek terdekat.

          • Saya jg mengalami hal yang sama....pengembalian dp yg berbelit belit...kasus sy malah di beri unit yg bermasalah....setahun lebih uang sy nyangkut di citoh...hanya di kasih estimasi buln ini lah buln itu lah utk pengembalian dp....smp sekrg belm di refund jg...terakhir di janjikn 12 juni 2020...sambil nunggu aja nih bs di pegang gk janji nya

  • Alhamdulillah uang DP saya sudah di transfer 100% . Saya blm lapor ke kantor polisi terdekat.
    Cara saya, pertama datangin ke galary marketing ketemu ibu yg menerima pembayaran DP, saya ajak kk saya yg sedikit paham tentang hukum. Dan yah sedikit menggertak.
    Kedua. Minta no kontak atasannya, awalnya gk kasih, tp didesak terus sama kk saya. Akhirnya dikasih juga.
    Klo mau yg kekantor pusat di taman yasmin. Tp kk saya blm sempat kesana.
    Ketiga :Saya wa terus setiap minggu, sesuai dgn yg dia janjikan. Bosen sich jawabannya "iya Ibu, nanti kami follow up ke bagian terkait"
    Tp saya desak terus.
    Keempat: kencengin doa dan ibadah2 yg lain terutama sedekah, agar uang kita bisa kembali.
    Alhamdulillah, setelah melakukan ikhtiar + doa.
    Dan saya sudah menerima hasilnya uang saya kembali.

    • Alhamdulillah sdh di refund ya....jd begitu ya...sy br sekali ke galery yg di yasmin ketemu sm yg nm ny erwin idrus dia kasih janji tgl 12 juni mau tranfr pengembalian dp...tp blm di tranfr jg...berdoa sy jalanin ba...tp menggertak blm sy cb...smg uang sy jg cpt bs balik

  • kenapa yahh saya belum dapet pengembalian DP saya udah mau 1 tahun belum ada pegembalian,, saya sudah chat mktnya ( mba dinda) dan orang c carenya (Ibu Irma & kiya),, tiap berkala jawaban mereka penuh alasan dan jawabanya selalu sama sampe berpikir itu orang gak ada omongan lain apa yang bisa dibuktikan,, sampe saya berpikir,, citoh kerja nya apa yah selama setahun ini masa pengembalian dp yang puluhan juta gak bisa proses cepat,, apa karna pandemi gakbisa bayar apa mandet pembayaranya,, harusnya uang sayaa keluar bulan desember atau januari sampe sekarang belum dapat transferan,, ada yang bisa jawab ?? saya BUTUH DUIT DP cepat karna omah saya lagi sakit :(:(:( ?? kapan yahh uang tf nya masuk ?? harus bersabar sampe kapan

  • Hari ini saya baru mengajukan refound pengembalian DP...mudah2n di percepat dr pihak developernya

  • Saya sudah hampil satu tahun belum dikembalikan DP 2 rumah.saya WA juga tabggapanya lama dan jawabanya cuma rumah belum laku atau AKAD ke pembeli yg baru.saya juga sejak covid tidak bekerja lagi.bagaiamana suapaya bisa dikembalikan tanpa harus menunggu rumah itu dibeli pihal baru.karena itu adalah HAK kita.cuma saya belum mengerti sama sekali.atau saya bawa pengacara

  • Assalamualaikum Mba Ita, semoga sehat selalu

    Saya mengalami hal yang sama seperti diatas, saya sudah menunggu proses pengembalian DP dari bulan maret 2020 hingga sekarang.

    Saya tinggal di tangerang, jadi kurang tau untuk kondisi perumahnya disana seperti apa, apa rumah yang dulunya saya pesan itu sudah terjual atau belum

    Apa ada saran yang dapat membantu saya untuk segera dapan menerima DP yang sudah dikeluarkan

    Terima kasih
    email saya di irvanvaby@gmail.com