Surat Pembaca

Penagih Shopee Paylater Meminta Foto

Selamat Malam,

Saya Nisa, saya menunggak sekitar 5 > 120 hari di keterangan sepucuk surat yang dikirimkan oleh pihak penagih dari Shoppe Paylater. Kendala tersebut dikarenakan saya baru saja memulai aktif bekerja kembali. Dan saya masih beritikad baik untuk membayar tunggakan saya. Jikapun saya menerima gaji langsung saya bayarkan akan tetapi di bulan Maret 2020.

Singkat cerita, 1 hari lalu saya menerima whatsapp dari penagih Shoppe untuk segera membayar. Awalnya penagih tersebut masih sopan meski terus menerus menelpon tiada henti. Hutang saya tidak sampai Rp1.200.000, namun perlakuannya seperti saya menunggak ratusan juta.

Tadi malam Jum’at 14 Februari 2020 penagih tersebut meminta foto saya dengan alasan agar besok bisa langsung mengenali saya. Dan saya jelaskan bahwa saya tidak nyaman dimintai foto namun si penagih tersebut minta untuk dibayarkan Senin. Saya sudah jelaskan bahwa saya tidak ada uang dan saya pun baru aktif bekerja awal Maret ini.

Apakah seperti itu penagihannya? Yang lainpun tidak ada yang seperti itu. Saya sangat kecewa, seperti hutang ratusan juta dan diperlakukan seperti maling, penagihannya sangat tidak manusiawi.

Anisa Rizky Ananda
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

        • kak aku minta nomer wa nya dong untuk sharing juga masalah shopeepay matter. makasih

          • Kak klo AQ masih punya utang di bulan feb 2021 skrg da 2x lipat dr hutang saya pas saya liat di akun shoppepay later sya
            Nonya AQ yg dlu da hangus
            Dan skrg AQ di-PHK
            Apakah DC shoppe bakaln dtang kerumh ya ,hati sya dah Dil dug ni?

          • Tenang aja mbak menghadapi penagih hutang, jangan panik. Memang itu target mereka, dengan cara2 yang sistematis mereka akan membuat kita panik dan tertekan sehingga kita akan turuti kemauan mereka. Mereka memang di training dengan cara begitu, di mana2 cara dc pinjol itu sama. Jangan tunjukkan kita takut sama mereka. Kalau menjawab orang bodoh kita bodoh juga, jangan jawab mereka dengan rasio, akal sehat, logika, penalaran dan hal2 sehat lainnya, jawab aja mereka dengan jawaban sontoloyo seperti misalnya, "ya udah deh pak, terserah bapak aja saya mau di apain, potong aja leher saya buat bayar utang, saya rela kok", atau jawaban2 sontoloyo lainnya. Saya sukses dengan cara ini menghadapi dc home credit. Awal2 mmg saya stress n depresi mengahadapi mereka, tapi belakangan saya rubah cara saya dg cara spt yg sy bilang diatas n skr mereka yg stress n depresi setiap x menelepon saya n akhirnya skr sy yang menentukan bgmn cara sy harus membayar sisa angsuran sy, bahkan mereka sampai memohon2 sama sy agar membayar hanya angsuran pokok saja tanpa tetek bengek denda segala macam.
            Jadi ya itu mbak, intinya jangan mau didikte mereka untuk panik, stress n depresi, belagak bodoh aja menjawab mereka. Memang itu hukumnya, menghadapi orang bodoh kita juga harus ikut jadi bodoh, ikuti aja arusnya. Jgn coba2 pake akal sehat, apalagi cb2 menggugah hati nuraninya krn mrk mmg ga pny hati nurani.
            Satu lagi jgn takut diintimidasi krn kita juga kuat secara hukum. Ini masalah perdata. Kalau soal dc yg dtg krmh, selagi dia sopan kt jg sopan, tp kl dia kurang ajar ancam aja lapor ke polisi n ancam akan saya teriak maling kamu!!
            Gitu. Dc home credit dtg krmh sy sopan amat, ga brani macam2 krn saya tunjukkan sm dia sikap lembut namun tegas dan berbahaya. Ngacir tuh da 3 x dtg sampe skr ga dtg2 lg. Sekali lagi intinya JANGAN TAKUT!!!

          • Intinya kita jangan mau di takut2i, itu aja sih mbak. Jangan terlihat panik n tertekan, santai aja belagak ga terjadi apa2. Ga usah malu ga lancar bayar hutang, itu senjata mereka, ancam2 dc dtg krmh. Kl dc dtg jwb aja dr pagar, g usah masuk krmh. Jgn takut, jawab aja "iya sy akan byr mas, ga usah takut. Udh ya ?" Gitu...terus masuk aja krmh, tinggalin dia. Ga ush malu sama tetangga. Negara aja berutang kok!!! Kl tu dc bikin onar tlp aja polisi didpn dia, pasti trbirit2 n trkencing2 tu dc lari pontang panting. Apalg jaman now aksi dc da banyak di sorot org n org2 jg da byk yg anti sm dc, makanya banyak dc di gebukin massa. Kl dia macam2 ancam aja tu dc, " gue teriakin lo ntar ya?" Kl dia masih macam2 jg teriakin aja beneran biar kapok. Gitu...

        • yg disini berkendala sama bisa join chat wa donk sodara" 0899528813** (saya juga berkendala sama dengan kknya )

        • Semoga cepat selesai di meja hukum.. ingat ya shopee memberikan hutang/pinjaman dg sangat mudah dan anda membalas dg kebalikanya..

          • Heh sampeann sebenarnya banyak yg nunggak berniat bayar, tp cara kerja nya nasabah sdh paham ?? diblnnnpertama nunggak, msh telpon aja, bln 2 sehari setelah jatuh tempo mulai lah dc2 terselubung kirim2 ancaman, paksa bayar padahal denda udh dibulatkan sebulan ? dan dibulatkan ketagihan bulan berikutnya ?? miris banget yaaa, tp emang itu tugas dc nya kan bonus nya dr situ, sebenarnya mereka berharap nasabah telat, spy bonus dc nya banyak ?? gak banget dech kerja ngancam2 orang, tp buat kalian yg ngutang tp niat bayar, bayar aja dech, bayar melalui aplikasi shopee aja, jgn mau disuruh kirim bukti transfer, enak aja tuh dc diktein orang, kayak bos, soalnya dc itu kerjanya merangkap, jd tukang ojek online juga ada ?? pura2 antar gofood, padahal mau samperin nasabah, dikira orang takut sama dia, diteriakin lari tuh dc ??

      • Shopee paylater ini cara penagihannya sdh kyk pinjol ilegal, meretas kontak2 di hape jg hati2 jgn kasih izin mereka retas kontak kita, menelpon ke org2 di kontak menayakan soal tagihan saya 200 rb an belum dibyr. Pdhl br telat bbrp hr, skrg sdh bayar lunas. Kurang ajar dc nya, ini shopee paylater ada izin OJK ga nih knp bs ambil data2 kontak saya melanggar UU ITE ini, tlg OJK ini ditindak tegas. Koruptor diluar sana banyak ga ditindak ini tagihan cm ratusan ribu kalian nelponin kontak2 saya kurang ajar keterlaluan sekali. Macam buronan maling kelas kakap aja dianggapnya orang. Tolong OJK ini shopeepay later ditindak tegas karena cara2 penagihan nya seperti pinjol ilegal bangs
        aattttt

        • Ada bannyak yg mau bayar cung! Malah dc nya ada yg sampe ditanyain mau transfer ke rekening apa dikasih rek lain ??, dipikir nasabah semua bodoh kayak pemikirannya, padahak nasabah yg telat udah bayar sidc gak update dgn sistem, berarti dc2 ini memang yg tdk punya empati, lain halnya klu nasabah gak mau bayar, dan ditagihan spinjam jelas denda itu sdh dibulatkan sebulan, tp sehari setelah jatuh tempo yg udh didenda langsung dc2 dgn pongah maksa dan ngancam ? jd gak semua yg telat bayar itu berniat lari dr tnggung jwb, banyak nasabah yg bayar wlu terus dpt ancaman dc2 itu

      • saya juga ada tunggakan paylater 110k. dari bulan mei 2020. sya usahakan mmbayar 20k tiap ada uang karena minimal pembyaran 20k baru 2 kali pmbyaran saya ditelpon untuk segera melunasi tunggakan. saya jelaskan karena pandemi dan tidak ada pekerjaan masih belum bisa dan saya juga kasih tau kalo saya asa usaha dan itilad baik untuk mmbyar meski 20k saja. tapi malah dipaksa untuk mmbyar hari itu juga, padahala.saya bilang saya hanya memiliki 100k di tabungan dan malah menyuruh saya untuk mambayr dgn uang tsb dan juga disertai akan dilaporkan ke OJK dan BI agar di blacklist. dan saya juga bilang tidak apa-apa dialporakan dan kena denda saya juga tanggung karena memang keadaan tidak begitu baik 6bln terakhir ini. hnmya sekedar sharing. thanks

      • Hallo kak.. boleh minta kontak wa nya.. saya mengalami hal yg sama. Ini suruh tf ke rek pt lentera dana gitu

      • Maaf nih mba, namanya juga utang ya harus di bayar, wajar saja jika penagih sprti itu. 1jt bukan uang yang sedikit, jika mba ada di posisi penagih. Di utangi 1 jt oleh org yg tdk terlalu dikenal apa tdk akan melakukan hal yang sama? Jika tidak mampu membayar tidak usah berhutang. Menabung lebih baik mba. ??

      • Namanya hutang haruslah bayar.apalagi Tunggak berbulan2..penagih mana mau tau anda kerja apa tidak .saran saya lebh baik nyincil bayar.

        • Tetap dibayar mbakkk,, masalah nya merwka selallu ngancam sampe tengah mlm kirim2 pesan, gak sopan banget, nyuruh nasabah spy itikad baik, dc nya gak punya etika sama sekali, kirim pesan dr nomor2 yg berbeda, sehari bs kirim pesan 20

      • Kak boleh minta wa nya saya jg lagi diteror spaylater sama spinjam akun saya diretes

        • Mba japri aja ke wa saya 0896187325** kbetulan saya juga mengalami hal yg sama, dan ada group wa juga hanya 11 orang korban penipuan peretasan akun dan mengalami kerugian tagihan.

      • Saya jg ada tunggakan Shopee later 1bln dan tunggakan Shopee pinjam 2bln apakah akan ada dc yg datang ke rmh???
        Tetapi saya hampir tiap hari di tlp no bru dan di WA dgn pt.mba consulting sruh byr Shopee pinjam.saya sdah mencicil nya tp klu Shopee later tdk bisa untuk mencicilkan.

        Joint sharing kk

      • Kak boleh minta no wa.ny, saya juga sama ni kak malah baru 1 bulan telat.ny sudah ada penagihan teror gak jelas kak. Tolong kak

    • Buat kalian yg mempunyai tagihan shopeepaylater,jgn pernah membayar tagihan melalui rek yg di kasih dr wa.karena fix itu penipuan,mau ada yg ngancem mengaku DC dari shopeepaylater jgn pernah mau membayar dari no rek yg di berikan org tersebut.karena pembayaran shopeepay hanya melalui VA/indomaret yg ada di aplikasi shopee. Saya juga korban dari DC yg mengaku dr shopeepaylater,smoga kalian gak jadi korban seperti saya ya.

      • Halo ka saya ingin shering masalah shoppepay letter ? Saya kehilangan akun shoppe saya apakah masih bisa diusahakan membayar shoppepay letter karna ini udah masuk tgl tagihan ka bagaimana ya? Saya juga lupa kata sandi dan no handphone dari akun shoppe tersebut

        • Sama saya juga hp nya hilang dan nomor pun hilang sudah tdk bisa diaktifkan bagaimana ya

          • Sama hp saya hilang juga,, saya kelupaan password nya dan sekarang sudah telat 2bulan

      • saya juga telat galbay sophee 1 tahun lebih baru di datengi dc hri ini dan dc bilang baru telat 5 bulan kok aneh ya? katanya sementara bisa di cicil saya cba nyicil lewat lentera dana nusantara ,tapi bunga tetep berjalan terus terasa seperti g nyicil minta sarannya donk kak?

      • Bener banget kakkk, bayarnya dr aplikasi aja, atau indomaret, nanti dc yg suruh transfer ke rek ber alasan tdj ada suruh transfer, krn dc itu banyak nomor hp nya, nasabah dibuat bingung dan spy takut, kalian nasabah spinjam atau spaylater jgn takut sama dc2 itu selagi kalian niat bayar, tujuan merwka memang mendikte nasabah spy takut, keranah hukum jg mereka kalah, tunjukkan sikap kalian sopan dan beritikad baik, klu dc nya anarkis dan ngancam, teriakin maling, dan lapor polisi, masih diteriakin aja tuhh dc udh takut krn takut digebukin sama massa, so nasabah jgn takut, bayarin aja tagihannya, jgn panik, atau takut sama dc2 itu, mereka akan senang klu nasabah panik, bs kesempatan nyuruh transfer ke rekening

    • Kak kalo hape ilang, trus saya mau balik akun dulu, baru mau bayar, biar dapet rincian hutang, tapi kenapa pihak shoppe ga bisa ya?, saya takut penipuan or penggelapan dari pihak tertentu, yg harusnya udah bayar eh malah dibilang belom, saya ga mau transfer kalo aku ga balik,,, ada yg bisa kasih pencerahan, trimakasih

    • lucu juga yg lapor ini ya,
      nama juga kredit, ya iya lah ditagih, kamu kira gratis. nunggak 3 bulan. belum bayar sama sekali pula.
      kalo gak ditagih kamu nya pasti gak mau bayar. mikir mikir

      • Mas / Tante / Om / kakek, Namanya juga media Konsumen yaa semua cerita temtanv konsumen ada di sini, Baik secara Penagihan atau yg lain sebagainya mengenai kredit.
        Saya pribadi menganggap ini forum diskusi,
        Kata siapa saya sama sekali belum bayar, ya kalau saya tdk ada itikad baik tidak akan saya kooperatif.
        Paham sih saya OKB ya Anda jadinya seperti peringainya,
        Kata siapa Gratis, Kencing aja Bayar.
        Belum pernah Nunggak sih apa baru Lunas jadinya berbusung dada AhhAhhHa.
        Pak Said Pak said . Saya cukup Ptihatin bahwa masih ada Orang punya pemikiran seperti anda wkwkwk.

  • Tidak nyaman di mintai photo artinya anda sudah lepas dari tanggung jawab hutang anda,,,dimana mana di bank atau pinjaman online dokumen setiap nasabah di perlukan dlm mengajukan kredit,,,nominal 1,2 jt saja nunggak 3 bulan dan anda menyepelekan tidak bisa bayar,,,dan anda bilang seperti menagih ratusan juta,,,apalagi punya hutang ratusan juta,,,??? apakah anda sadar yang anda katakan,,,hutang adalah hutang tetap harus di bayar,,,anda tetap salah,,,saya sebagai pembaca bukan membela siapapun,,,

    • Mas dibaca duLu, dokumen lengkap
      Kalau tdk tahu kronologinya yaa jangan asal bicaralah,
      Saya sangat sadar, maka dari itu saya tnya apakah wajar jika dia minta foto Pribadi bukan utk kelengkapan dokumen.
      Mas team penagih yaa ? Makanya gak paham.
      Kalo saya sepelekan gak akan sy kooperatif mas.
      Komentar aja sih gampang, kalau tdk tahu kronologinya.
      Hutang memang tetap hutang kata siapa saya menulis ini lalu saya lari dari tanggung jawab.
      Akan saya bayar di Akhir Maret setelah saya dapat gaji.
      Anda kan tdk tahu kenapa saya menunggak.
      Tidak membela tapi mengintimidasi ?
      Anda ini pekerja penagihan ya.
      Hati-hati komentar Anda Mas.

    • Dan apakah Anda sadar dengan apa yg anda Ucapkan.
      Jadi pembaca yang bijak bukan jadi pembaca arogan dan menyimpulkan sesuatu tanpa ada ketahui masalahnya jelasnya.

  • perasaan semua penagih kredit ya seperti itu, saya kira masih beruntung nagihnya gak sampai frontal sih, masih tahap biasa. Lagian kan emang salah Anda karena telat, mereka ya gak mau tau alasannya karena Anda harus lunasin utang Anda entah kecil/besar jumlahnya.

    Jual aset aja dulu, atau pinjem ke temen/sodara dan stop pake paylater apalagi KTA (pinjol), selain bikin ketagihan, saat akun kena hack, paylater juga akan habis dibabat Anda.

    • Kata siapa benar karena Telat ? Apakah saya membenarkan ?
      Hati-hati anda dalam berbicara.
      Buat apa saya babat habis KTA utk melunasi Hutang ?
      terima kasih atas sarannya Pak Ibnu.
      Semoga berkah hidupnya ?

      • kalo gak telat, jadi nama nya apa?

        ngutang aja sama sodara, teman dan kerabat

        gak usah ngutang di instansi

        • Instansi cuma formalitas..tuh ga dikasih subsidi sama menteri keuangan...Woi..bos pinjol dah mundur dari staf khusus presiden..

        • Dc ini pasti ?? semoga besok anda gak kemakan omongan ya, bisa bayar utang klu nanti tiba2 ngutang

      • Shalo semuanya saya juga sudah 3 bln. Twlat bayar shopeepayletternya setiap hari do telpon dan wa.. jujur saya kecewa..akun shopee saya diretas dan akibatnya saya yang harus bayar..saya sudah jelaskan le shopee tetang hal ini tapi jawabannya selalu nanti kita up.. setiap cs shopee nelpon saya bilang saya mau bayar sejumlah yang saya pakao saja. Yaitu 300rb.. sementara 500rb bkn saya yg pakai. Saya sudah jelasin berkali kali tapi tetap saja saya ditagih. Jujur saya kecewa dengan shopee selama ini saya selalu mebayar tepat waktu sblum jatuh tempo

    • Emang kamu yakin gak ada hutang,nanti suatu saat kamu kemakan omongan kamu lg,banyak yg niat bayar tp dc nya tuh ngotot aja tuh terus paksa,padahal udh denda sebulan,biasa sich kerja kan hrs gitu, biar bonus dc nya ngalir, tp krn maksa nasabah ?

  • Saya rasa anda yang gagal paham, disini pihak debt collector meminta foto beliau untuk keperluan pribadi jadi komentar anda sama sekali tidak memiliki point untul case ini.

    Tentunya beda lagi ketika beliau melakukan peminjaman dan diminta data2 beliau untuk keperluan adminiatrasinya, sedangkan disini pihak dc meminta foto beliau agar nanti mudah mengenali beliau saat bertemu, yang saya ingin saya tanyakan disini apakah anda sudah membaca dan memahaminya sebelum memberikan komentar?

    Saya pribadi cukup muak dengan pihak dc, bukan karena saya tidak terima perlakuan mereka kepada nasabah, namun alangkah baiknya pihak sc tsb sedikit lebih terpelajar, santun dalam berkata karena mereka membawa bendera perusahaan ketika berinteraksi dengan nasabah ini perusahaan yang kita bicarakan bukan tukang jualan di pinggir jalan, malah menurut saya apabila ini pertama kalinya nasabah menjajikan pembayaran pada tanggal sekian seharusnya mereka tidak merusak chance untuk menerima pembayaran tsb dengan memperlakukan nasabah dengan tidak profesional, apakah tidak lebih baik menerima pembayaran pada akhir maret daripada membuat nasabah kesal dan memutuskan untuk tidak membayar selamanya?

    Apabila saya ga mau bayar krn lupa lalu kena late charge senilai 50% dari pembayaran yang telat dan merasa bayar skrg sama bayar nanti saja bersamaan dgn tagihan berikutnya ga ada bedanya sm2 bayar nominal sekian, namun ketika saya jelaskan seperti itu lantas pihak dc boleh tidak sopan dan memaksa saya membayar saat itu juga? Lalu bunga dan late chargenya untuk apa kalau tidak untuk penalty keterlambatan tsb?

    Sekali lagi alangkah baiknya apabila dc2 bisa untuk tidak seperti mas yang komentar disini, belajar untuk membaca dan memahami setiap case yang tentunya banyak yang berbeda, saya pribadi paham bahwa mereka terbiasa berurusan dengan nasabah bermasalah tapi juga perlu diingat bahwa tidak semua nasabah kredit macet tersebut tidak mampu membayar atau memiliki pola pemikiran jahat seperti yang anda tuliskan, jadi please dibaca atau didengarkan dahulu lalu dipikirkan dahulu baru memberikan respond.
    Saya juga paham mereka muak dengan nasabah2 bermasalah tersebut, mungkin banyak janji palsu, mungkin banyak kata2 kasar, tp sekali lagi merka sebagai karyawan dituntut untuk berkerja secara profesional, aapbila tidak mampu menilai secara profesional dan langsung memperlakukan semua nasabah seperti yang dia lakukan le nasabah2 bermasalah tsb seperti layaknya anda yang langsung menceramahi tapi tidak membaca dan mengerti secara leseluruhan alangkah baiknya mencari job desk yang lain.

    • Bener pak,dc2 spinjam banyak yg gak sopan banget,banyak nasabah yg niat byr, tp emang dc nya ditarining begonohh gak punya empati,tp kalian yg telat bayar gak usah takut, hadapi aja, dc nya mah senang nasabah takut,jgn mau turuti dc2 itu selagi kita msh sopan dan mau bayar, klu dc itu anarkis teriak2 atau lainnya, teriakin aja malingggg trus telpon polisi, gak berani tuh mahh dc, pihak bank juga klu nagih kerumah sopan dan bicara baik2, gak pake ngancam

  • Saya juga mengalaminya, memang saya akui saya salah telat untuk bbrp hari tapi kok pihak penagihan nagihnya kyk saya sedang melarikan diri saja. Padahal bulan2 sebelumnya saya tidak pernah terlambat, tapi bahasa yg dipakai penagih sangat kasar ... Terlambat dan saya sudah menerima konsekuensi biaya keterlambatan. Alasan konfirmasi tapi tidak begitu jg kan ...

  • saya mau komen beri usulan tp sepertinya dari komentar2 anda terkesan tdk mau disalahkan. buat apa minta usulan kalau kaya gitu. dipendam aja sendiri.
    yg namanya hutang online ya gitu. secara anda tdk melampirkan apapun untuk mengambil hutang kecuali identitas asli anda. mereka dari pihak penagih pasti lah seenaknya.. kalau tdk mau di kasarin ya jangan telat bayar hutang. jangan disepelekan mentang2 hutang online. mau anda kerja atau tdk itu resiko anda karena dari awal kan sudah tertera tanggal batas pembayaran. mereka aja meminjamkan dg cara yg mudah anda nglunasin dg cara sulit ya tidak ada salahnya kalau mereka semena2 begitu.

  • Bagaimana kelanjutannya mb nissa? Bisa japri gak ya saya mau sharing juga ????

    • Mba, saya mau sharing jg, bisa minta nomor whatsapp? Sya tlt byar 61 hari krn kemarin mmg habis kontrak kerja, dan sma sekali ga pegang uang.. hiks

      • Sangat lucu. Hahaha. Minta saran tapi dikomen gualaknya ora eram. Inilah definisi yang ngutang lebih galak dari yang memberi hutang. Ketika anda sadar untuk pinjam online, sadar juga dong dengan peraturannya. Intinya alasan apapun telat ya salah. Tidak ada pembelaan untuk itu. Mreka memberi hutang dengan mudah anda membayar sangat sulit. Telatnya buanyak banget lagi gilak. Bukan masalah nominalnya. Tapi perjanjiannya. Janji adalah hutamg. Apalagi perjanjiannya adalah tentang uang. Kalau udah tau kalau utang itu beresiko telat bayar, ngapain utang cung!

        • Gak jelas ini manusia komentarnya ! Macam orang kaya mandang orang Hutang terlambat hina.
          Orang suci kah kau ?
          Semoga cepatlah anda atau keturunan anda merasakan

        • Hallo selamat malam sy nina. Sy juga bernasip sama. Sy kecewa sangat dgn spay latter. Hutang sy ndak sampai 2jt tp ditagihnya st itu. Sampai sy dsuruh jual diri. Mereka itu pny hati gak sih. Lalu dr pihak sopi pun juga sm. Sy minta keringanan denda blm ditanggapi hingga kini. Pdhl sy mau bayar loh. Tp jika diperlakukkan spt ini siapa juga yg mau. Kira2 adakah wadah u/ kita meminta bantuan ats perlakuan penagih yg kurang manusiawi ini. Sy ingin melaporkan loh.

      • Saya juga ada tunggakan 2bulan kak di splater , sharing no hape kak biar enak

    • kak saya tadi pagi dapat sms dari asia collect katanya hari ini harus melunasi tagihan shopee paylater jika tidak bsk akan di datangi dc nya. apakah benar besok nya akan didatangi ke rumah? saya galbay 32 hari

  • Gimana kelanjutanny ? Saya baru telat 25 hari dan pdhl saya sudah bayar awal tapi mereka blg tidak ada masuk pdhl udah dikirimin semua bukti nya skrg jadi 416 pdhl udh bayar

Penulis
Nisya Ranisa