Penagih Shopee Paylater Meminta Foto

Selamat Malam,

Saya Nisa, saya menunggak sekitar 5 > 120 hari di keterangan sepucuk surat yang dikirimkan oleh pihak penagih dari Shoppe Paylater. Kendala tersebut dikarenakan saya baru saja memulai aktif bekerja kembali. Dan saya masih beritikad baik untuk membayar tunggakan saya. Jikapun saya menerima gaji langsung saya bayarkan akan tetapi di bulan Maret 2020.

Singkat cerita, 1 hari lalu saya menerima whatsapp dari penagih Shoppe untuk segera membayar. Awalnya penagih tersebut masih sopan meski terus menerus menelpon tiada henti. Hutang saya tidak sampai Rp1.200.000, namun perlakuannya seperti saya menunggak ratusan juta.

Tadi malam Jumโ€™at 14 Februari 2020 penagih tersebut meminta foto saya dengan alasan agar besok bisa langsung mengenali saya. Dan saya jelaskan bahwa saya tidak nyaman dimintai foto namun si penagih tersebut minta untuk dibayarkan Senin. Saya sudah jelaskan bahwa saya tidak ada uang dan saya pun baru aktif bekerja awal Maret ini.

Apakah seperti itu penagihannya? Yang lainpun tidak ada yang seperti itu. Saya sangat kecewa, seperti hutang ratusan juta dan diperlakukan seperti maling, penagihannya sangat tidak manusiawi.

Anisa Rizky Ananda
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Paylater:
[Total:38    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

45 komentar untuk “Penagih Shopee Paylater Meminta Foto

    • 17 Februari 2020 - (18:34 WIB)
      Permalink

      lucu juga yg lapor ini ya,
      nama juga kredit, ya iya lah ditagih, kamu kira gratis. nunggak 3 bulan. belum bayar sama sekali pula.
      kalo gak ditagih kamu nya pasti gak mau bayar. mikir mikir

      • 17 Februari 2020 - (22:41 WIB)
        Permalink

        Mas / Tante / Om / kakek, Namanya juga media Konsumen yaa semua cerita temtanv konsumen ada di sini, Baik secara Penagihan atau yg lain sebagainya mengenai kredit.
        Saya pribadi menganggap ini forum diskusi,
        Kata siapa saya sama sekali belum bayar, ya kalau saya tdk ada itikad baik tidak akan saya kooperatif.
        Paham sih saya OKB ya Anda jadinya seperti peringainya,
        Kata siapa Gratis, Kencing aja Bayar.
        Belum pernah Nunggak sih apa baru Lunas jadinya berbusung dada AhhAhhHa.
        Pak Said Pak said . Saya cukup Ptihatin bahwa masih ada Orang punya pemikiran seperti anda wkwkwk.

  • 18 Februari 2020 - (02:01 WIB)
    Permalink

    Tidak nyaman di mintai photo artinya anda sudah lepas dari tanggung jawab hutang anda,,,dimana mana di bank atau pinjaman online dokumen setiap nasabah di perlukan dlm mengajukan kredit,,,nominal 1,2 jt saja nunggak 3 bulan dan anda menyepelekan tidak bisa bayar,,,dan anda bilang seperti menagih ratusan juta,,,apalagi punya hutang ratusan juta,,,??? apakah anda sadar yang anda katakan,,,hutang adalah hutang tetap harus di bayar,,,anda tetap salah,,,saya sebagai pembaca bukan membela siapapun,,,

    • 18 Februari 2020 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Mas dibaca duLu, dokumen lengkap
      Kalau tdk tahu kronologinya yaa jangan asal bicaralah,
      Saya sangat sadar, maka dari itu saya tnya apakah wajar jika dia minta foto Pribadi bukan utk kelengkapan dokumen.
      Mas team penagih yaa ? Makanya gak paham.
      Kalo saya sepelekan gak akan sy kooperatif mas.
      Komentar aja sih gampang, kalau tdk tahu kronologinya.
      Hutang memang tetap hutang kata siapa saya menulis ini lalu saya lari dari tanggung jawab.
      Akan saya bayar di Akhir Maret setelah saya dapat gaji.
      Anda kan tdk tahu kenapa saya menunggak.
      Tidak membela tapi mengintimidasi ?
      Anda ini pekerja penagihan ya.
      Hati-hati komentar Anda Mas.

    • 18 Februari 2020 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Dan apakah Anda sadar dengan apa yg anda Ucapkan.
      Jadi pembaca yang bijak bukan jadi pembaca arogan dan menyimpulkan sesuatu tanpa ada ketahui masalahnya jelasnya.

  • 18 Februari 2020 - (09:41 WIB)
    Permalink

    perasaan semua penagih kredit ya seperti itu, saya kira masih beruntung nagihnya gak sampai frontal sih, masih tahap biasa. Lagian kan emang salah Anda karena telat, mereka ya gak mau tau alasannya karena Anda harus lunasin utang Anda entah kecil/besar jumlahnya.

    Jual aset aja dulu, atau pinjem ke temen/sodara dan stop pake paylater apalagi KTA (pinjol), selain bikin ketagihan, saat akun kena hack, paylater juga akan habis dibabat Anda.

    • 18 Februari 2020 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Kata siapa benar karena Telat ? Apakah saya membenarkan ?
      Hati-hati anda dalam berbicara.
      Buat apa saya babat habis KTA utk melunasi Hutang ?
      terima kasih atas sarannya Pak Ibnu.
      Semoga berkah hidupnya ๐Ÿ˜Š

      • 26 Februari 2020 - (18:26 WIB)
        Permalink

        kalo gak telat, jadi nama nya apa?

        ngutang aja sama sodara, teman dan kerabat

        gak usah ngutang di instansi

        • 11 Mei 2020 - (18:13 WIB)
          Permalink

          Instansi cuma formalitas..tuh ga dikasih subsidi sama menteri keuangan…Woi..bos pinjol dah mundur dari staf khusus presiden..

  • 2 Maret 2020 - (02:41 WIB)
    Permalink

    Saya rasa anda yang gagal paham, disini pihak debt collector meminta foto beliau untuk keperluan pribadi jadi komentar anda sama sekali tidak memiliki point untul case ini.

    Tentunya beda lagi ketika beliau melakukan peminjaman dan diminta data2 beliau untuk keperluan adminiatrasinya, sedangkan disini pihak dc meminta foto beliau agar nanti mudah mengenali beliau saat bertemu, yang saya ingin saya tanyakan disini apakah anda sudah membaca dan memahaminya sebelum memberikan komentar?

    Saya pribadi cukup muak dengan pihak dc, bukan karena saya tidak terima perlakuan mereka kepada nasabah, namun alangkah baiknya pihak sc tsb sedikit lebih terpelajar, santun dalam berkata karena mereka membawa bendera perusahaan ketika berinteraksi dengan nasabah ini perusahaan yang kita bicarakan bukan tukang jualan di pinggir jalan, malah menurut saya apabila ini pertama kalinya nasabah menjajikan pembayaran pada tanggal sekian seharusnya mereka tidak merusak chance untuk menerima pembayaran tsb dengan memperlakukan nasabah dengan tidak profesional, apakah tidak lebih baik menerima pembayaran pada akhir maret daripada membuat nasabah kesal dan memutuskan untuk tidak membayar selamanya?

    Apabila saya ga mau bayar krn lupa lalu kena late charge senilai 50% dari pembayaran yang telat dan merasa bayar skrg sama bayar nanti saja bersamaan dgn tagihan berikutnya ga ada bedanya sm2 bayar nominal sekian, namun ketika saya jelaskan seperti itu lantas pihak dc boleh tidak sopan dan memaksa saya membayar saat itu juga? Lalu bunga dan late chargenya untuk apa kalau tidak untuk penalty keterlambatan tsb?

    Sekali lagi alangkah baiknya apabila dc2 bisa untuk tidak seperti mas yang komentar disini, belajar untuk membaca dan memahami setiap case yang tentunya banyak yang berbeda, saya pribadi paham bahwa mereka terbiasa berurusan dengan nasabah bermasalah tapi juga perlu diingat bahwa tidak semua nasabah kredit macet tersebut tidak mampu membayar atau memiliki pola pemikiran jahat seperti yang anda tuliskan, jadi please dibaca atau didengarkan dahulu lalu dipikirkan dahulu baru memberikan respond.
    Saya juga paham mereka muak dengan nasabah2 bermasalah tersebut, mungkin banyak janji palsu, mungkin banyak kata2 kasar, tp sekali lagi merka sebagai karyawan dituntut untuk berkerja secara profesional, aapbila tidak mampu menilai secara profesional dan langsung memperlakukan semua nasabah seperti yang dia lakukan le nasabah2 bermasalah tsb seperti layaknya anda yang langsung menceramahi tapi tidak membaca dan mengerti secara leseluruhan alangkah baiknya mencari job desk yang lain.

  • 11 Maret 2020 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalaminya, memang saya akui saya salah telat untuk bbrp hari tapi kok pihak penagihan nagihnya kyk saya sedang melarikan diri saja. Padahal bulan2 sebelumnya saya tidak pernah terlambat, tapi bahasa yg dipakai penagih sangat kasar … Terlambat dan saya sudah menerima konsekuensi biaya keterlambatan. Alasan konfirmasi tapi tidak begitu jg kan …

  • 25 Maret 2020 - (19:09 WIB)
    Permalink

    saya mau komen beri usulan tp sepertinya dari komentar2 anda terkesan tdk mau disalahkan. buat apa minta usulan kalau kaya gitu. dipendam aja sendiri.
    yg namanya hutang online ya gitu. secara anda tdk melampirkan apapun untuk mengambil hutang kecuali identitas asli anda. mereka dari pihak penagih pasti lah seenaknya.. kalau tdk mau di kasarin ya jangan telat bayar hutang. jangan disepelekan mentang2 hutang online. mau anda kerja atau tdk itu resiko anda karena dari awal kan sudah tertera tanggal batas pembayaran. mereka aja meminjamkan dg cara yg mudah anda nglunasin dg cara sulit ya tidak ada salahnya kalau mereka semena2 begitu.

  • 6 April 2020 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Bagaimana kelanjutannya mb nissa? Bisa japri gak ya saya mau sharing juga ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

    • 13 April 2020 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Mba, saya mau sharing jg, bisa minta nomor whatsapp? Sya tlt byar 61 hari krn kemarin mmg habis kontrak kerja, dan sma sekali ga pegang uang.. hiks

      • 3 Juli 2020 - (19:10 WIB)
        Permalink

        Sangat lucu. Hahaha. Minta saran tapi dikomen gualaknya ora eram. Inilah definisi yang ngutang lebih galak dari yang memberi hutang. Ketika anda sadar untuk pinjam online, sadar juga dong dengan peraturannya. Intinya alasan apapun telat ya salah. Tidak ada pembelaan untuk itu. Mreka memberi hutang dengan mudah anda membayar sangat sulit. Telatnya buanyak banget lagi gilak. Bukan masalah nominalnya. Tapi perjanjiannya. Janji adalah hutamg. Apalagi perjanjiannya adalah tentang uang. Kalau udah tau kalau utang itu beresiko telat bayar, ngapain utang cung!

  • 21 April 2020 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Gimana kelanjutanny ? Saya baru telat 25 hari dan pdhl saya sudah bayar awal tapi mereka blg tidak ada masuk pdhl udah dikirimin semua bukti nya skrg jadi 416 pdhl udh bayar

  • 11 Mei 2020 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga telat 1 bulan lebih karena emang yang ngehambat tuh gara” corona ekonomi jadi tersendat, pemasukan ga ada , apalagi saya mahasiswa yang nungguin pemasukan mingguan aja, awal bayar pake shopeepaylater karena kepepet perlu barang buat show tapi anak” blm pada iuran jadi pake shopeepaylater dulu , eh taunya shownya ga jadi dibatalin padahal tinggal 3 hari lagi buat show ๐Ÿ˜ญ tau gitu ga bakalan pake shopeepaylater,tapi udah diitung plan buat nabung dari uang mingguan dan diitung itung bisa kebayar tepat waktu karena ga banyak banyak amat nominalnya, cuman kampus ditutup pemasukan juga tersendat, balik ke kampung halaman ga dikasih uang karena buat makan keluarga juga susah kerjaan ayah ga lancar ditambah gaji 4 bulan bom dikasih . Yah ancur lebur plan nabung buat bayar shopeepaylater. Udh konfirmasi juga ke CP ga bisa bayar bulan maret sama april, karena ga ada pemasukan sama sekali mau di bayar pake apa? pake daun? ๐Ÿ™ buat makan aja susah .si mba yang nelepon pertama ribet amat udh di jelasin se jelas jelasnya kondisi sekarang tetep harus bayar sekarang, minjem ke orang juga da orang lain juga butuh uang lagi kondisi Lockdown gitu mah atuh ga ada yg mau minjemin, udh di kasih tau ga bisa bayar bulan Maret dan April tetep harus di bayar hari itu juga kesel kan , da saya juga menyanggupi ada denda , iya ga apa apa di denda juga da salah saya, cuman emang ga ada pemasukan sama sekali mau bayar pake apa? bulan Mei insyaallah bisa bayar karena ada desas desus dikasih subsidi kuota 100rb tiap bulan, mbanya kurang bisa ngertiin kondisi keselnya tuh, nah bulan Mei Alhamdulillah ada subsidi dari kampus 100rb perbulan, dan ada keringanan juga dari shopeepaylater nya bisa dicicil bayarnya jadi kalo tf atau apa ga harus sesuai nominal tagihan bisa 100rb dulu atau mau berapapun asal dicicil, Alhamdulillah tadi bisa kebayar dan barusan ada telepon dari shopee di angkat . blm aja ngomong saya udh bilang saya udh bayar 100rb , pingin ngakak si mbanya yg tadinya mau nagih jadi baik, da saya juga bukannya ga mau tanggung jawab ga bayar bulan Maret sama April, cuman emang ga ada pemasukan sama sekali, udh nepatin janji bulan Mei insyaallah bisa bayar dan Alhamdulillah kebayar. dan dari tunggakan itu Alhamdulillah ga di susulin DC tapi emang ada telepon banyak banget dari berbagai nomber cuman ga ke angkat kebanyakan dan di antaranya emang ga di angkat pas lagi ga mau ngangkat soalnya tau pasti nagih , lagi ga ada uang gini ditagih gitu ya bikin emosi apalagi yg nagihnya keukeuh harus hari itu nah kesel banget , jdi lebih baik ga saya angkat, dan buktiin aja sama janji saya yg kemarin kalo bulan Mei bisa bayar nah jadi diem kan ga ngomong yg ga enak lagi. itu sih cerita pengalaman shopeepaylater saya. Saya harap untuk yg nagih mohon bisa lebih mengerti lagi, ga semua orang yg ngehutang itu orang jahat ada diantara mereka punya alasan tersendiri jdi ngutang, bukan ngutang gara” nipu, foya” atau apa terus ga tanggungjawab. nah gimana kalo penyebab nya mereka di PHK, usaha bangkrut atau kena bencana atau apa mau gimana sok kondisi kaya gitu tetep diharusin bayar sekarang? ga mungkin nanti juga ada fase dimana mereka bisa bangkit kembali meskipun harus nanggung denda . Semangat semoga pandemi ini cepat berakhir dan ekonomi pulih kembali

    • 4 Juni 2020 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Ka mau tanya bagaimana mendapat keringanan cicilan setiap bulannya? Saya kok ga bisa yah saya juga di phk jadi belom bisa bayar ๐Ÿ˜ญ kalo untuk 100 rb setiap bulannya di cicil mungkin bisa

    • 15 Juni 2020 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Saya jg telat 60 hari. Barusan jg dpt wa dr pihak DC yang katanya mau DTG ke rumah. Tp terkait adanya covid-19, gaji saya yang saya terima tidak utuh. Padahal sebelumnya selalu tepat waktu. Katanya pihak DC tdk diperbolehkan menagih hutang. Bgmn itu ?

  • 12 Mei 2020 - (17:49 WIB)
    Permalink

    saya juga ditagih lewat whatsapp dan disuruh bayar setengah nya dulu secepatnya ke rek an. PT.Lentera Dana Nusantara, apa benar pembayaran harus ke rek tsb, saya minta tanggapan bagi yg sudah membayar tagihan shopee paylaternya? karena saya sudah isi formulir keringanan , katanya akan di tlp n di krim email tapi smp sekarang saya blm terima tlp dan email, yg ada whatsapp tagihan setiap hari. maaf sebelumnya, saya hanya mnt saran nya. terima kasih

    • 14 Mei 2020 - (15:11 WIB)
      Permalink

      kalo mau bayar sebaiknya sesuai yg tertera di aplikasi saja seperti bayar lewat Indomaret atau pake shopee pay soalnya langsung ke detect lebih terpercaya sih, dari pada dapet sms/ telepon suruh tf ke rekening ini atau itu takutnya nipu, soalnya banyak kasusnya yg nyuri akun shopee suruh ngasih tau email/nomber telepon dll buat di curi akunnya , sarannya mah langsung di app nya aja

  • 14 Juni 2020 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Halo
    saya jg mau berbagi cerita, saya telat tagihan shopee paylater selama 3 bulan, ada Whatsapp dari penagih katany harus bayar bulan ini juga dan cuma dikasih waktu 1 minggu, bukan saya ga mau bayar tetapi karena PSBB jam kerja saya sebagai karyawan swasta cuma dikasih 3 hari seminggu akibatny penghasilan saya berkurang 50%. Saya sudah meminta keringanan untuk mencicil pembayaran tersebut tetapi tidak diberikan waktu lagi. Terimakasih yg udah mau mendengarkan cerita saya.
    Salam sedih

  • 3 Juli 2020 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Katanya hanya utang 1,2 juta. Helooo hanya segitu aja lu bayar juga kagak bisa. Jangankan segitu. Utang 1000 rupiah pun diakhirat juga ditagih elu cung!

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Paylater?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Penagih Shopee Paylater Meminta Foto

oleh Nisya Ranisa dibaca dalam: 1 min
45