Akun Shopee Dinonaktifkan Gara-gara Pesanan COD Fiktif

Salam sehat. Saya mau cerita tentang tindakan Shopee yang sepihak atau bisa dibilang lalai. Username Shopee saya: onlineaja11.

Tanggal 15 Mei 2024, saya kembali melaporkan terkait pesanan COD yang dikirim ke tempat saya, padahal saya merasa tidak pesan. Saya juga sempat menanyakan tindak lanjut soal laporan saya 3 minggu lalu, yang hanya diberikan saran “Kalau tidak merasa pesan, tolak saja”. Saya jelaskan, kalau cuma sesekali gak ada masalah, tapi ini sudah beberapa kali. Saya tegaskan bahwa bukan saya dan bukan dari akun saya yang melakukan orderan fiktif.

Sebulan ini ada 3 kali kurir menghubungi saya dan total pesanan ada 8. Saya juga sampai dimarahi oleh kurir karena sudah berulang kali begini. Singkat cerita, saya hanya ditawari untuk membatasi akun atau menolak, apabila ada paket datang tapi merasa tidak pesan. Namun saya menolak opsinya. Ujung-ujungnya malah akun saya yang disalahkan.

Saya menolak akun saya dibatasi karena tidak logis. Karena tidak ada titik terang, maka saya mengakhiri teleponnya. Selang 10 menit telepon berakhir, akun Shopee saya malah dinonaktifkan. Saya kembali telepon menggunakan akun teman. Saya tanya kejelasan penyebab akun saya dinonaktifkan, tetapi CS tidak dapat memberikan kejelasan. Akhirnya saya dibuatkan pengajuan pemulihan akun dan sampai saat ini akun saya belum dapat digunakan.

Ifran Siallagan
Kutai Timur, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Akun Shopee Dinonaktifkan Gara-gara Pesanan COD Fiktif

  • 18 Mei 2024 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Begitulah. Memang kacau CS Shopee. Ngak ada niat membantu, dan selalu ngak (mau) mengerti permasalahannya.

    Saya penasaran ini terjadi karena apa. Diteror atau penipuan?

    1
    2
    • 18 Mei 2024 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Mungkin suatu teror atau mungkin saja dari toko nya buat pesananan dari akun lain dgn sistem cod ( supaya laku kalau diterima paketnya).

      2
      3
      • 19 Mei 2024 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Kenapa akun anda yang dinonaktifkan? pesanan Dari akun anda atau bukan? Klo bukan akun anda yang pesan , harusnya kan akun yang pesen yang di blokir, pertanyaan terakhir kok bisa ada pesanan di akun anda tapi anda engg sadar sampai 8 kali?

  • 18 Mei 2024 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Lha anda yg aneh, ada pesanan cod yg mana itu fiktif, anda kok curhat ke shopee? Lha hubungannya apa? Meski itu paket dibeli dr shopee kl merasa tidak beli ya ditolak.

    • 18 Mei 2024 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Kalau cuma 1 atau 2x gk masalah.
      Ini sampe berulang kali dan kurir sampai bilang “kalau gk mau begini jangan pake aplikasi shopee”, kurir jg sampe minta riwayat transaksi shopee saya.
      Saya jelas merasa terganggu, kasihan juga dengan penjual dan jasa kirim kalau sering bgini.
      Saya curhat ke shopee krn pesanan fiktif dari shopee dan harus nya pihak shopee bisa lacak dan laporkan orang² yg merugikan sperti yg saya bilang di atas.

      4
      2
  • 18 Mei 2024 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Akun shopee sdh bisa di gunakan tapi untuk permasalahan paket cod fiktif nya belum terselesaikam

    1
    2
  • 18 Mei 2024 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Nah inilah anehnya shopee.. Di peraturan yg mereka buat. 2x menolak cod maka akun tidak bisa digunakan utk pembayaran cod lagi. Tapi ini sampe 8x, masih ada pembelian cod fiktif.. Gmn coba…

    • 19 Mei 2024 - (18:38 WIB)
      Permalink

      Saya mengalami hal yg sama. Member sy sdh gold. Setiap pesanan cod sy selalu ambil. Dan tdk pernah2 melakukan kesalahan dalam hal pemesanan brg namun tiba2 akun sy tdk bisa login.kemudian sy mengisi form untk memulihkan akun sy sdh bbrp hari tdk ada perkembangan.kemudian sy memakai akun yg lain agar bisa menghubungi cs shopee baru kemudian bisa dan sy menceritakan masalah akun sy yg tdk bs dibuka. Dijanjikan dlm bbrp hr akan dipulihkan akun saya. Yg sgt sy sayang kan adalah keputusan sepihak oleh shopee yg katanya ada transaksi yg mencurigakan dsb. Sungguh anehhh

  • 19 Mei 2024 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Bisa dicek nggak siapa pengirimnya?
    Modus seperti ini emang sering terjadi. Itu kalau yg terima orang rumah bisa main bayar aja! Dan biasanya isi paket tak sesuai dg uang yg dibayarkan!

  • 19 Mei 2024 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Shopee emang lemah untuk penjual.penjual nakal pun banyak saya temui disana.
    Mau cancel karena barang pesanan sudah 8 hari belum dikirim pun.tergantung penjual mau si cancel atau tidak.
    Masalah order fiktiv kalo mau usut shopee mudah sebenarnya.
    Itu kan toko penjual buat naikan rating
    Dan dapat program” seller.
    Bahkan di shopee sendiri yg pasang jasa order fiktiv dan folower untuk toko aja banyak koq
    Shopee harus lebih ketat dan jeli penjual” nakal.

  • 20 Mei 2024 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Saya bingung, gimana caranya seller shopee bisa membuat orderan fiktif ? Saya seller shopee, jika ada pesanan yg sudah diverifikasi oleh shopee baru bisa diterima dan diproses oleh seller. Nah, ini gimana seller bisa memproses pesanan tanpa melalui verifikasi shopee ? Beneran bingung

    • 21 Mei 2024 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Yang aneh itu anda..emang anda gk ngecek riwayat pesanan nya tiap hari….mungkin akun anda ditakutkan ke hp lain yg dipakai anak anda terus dipake anak anda buat belanja…

  • 20 Mei 2024 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Maaf mau tnya, saya bingung gimana bisa ada pesan masuk ke email anda mengenai konfirmasi penerimaan barang padahal bukan anda yang pesan. Bukannya email itu di masing masing akun ya. Seharusnya yang menerima email konfirmasi pesanan bukannya yang buat orderan fiktif tersebut?

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dinonaktifkan Gara-gara Pesanan COD Fiktif

oleh Ifran dibaca dalam: 1 menit
14