Ditagih Iuran Tahunan Kartu Kredit BNI Akibat Migrasi dari Kartu Branding JDID

Dear all,

Saya ingin bercerita sekaligus komplain terhadap salah satu bank terkemuka di Indonesia, yaitu Bank BNI.

Saya pemilik kartu kredit BNI yang apply dan di-approve pada bulan Desember 2022 (pada saat itu kartu yang saya apply dan di-approve adalah kartu branding JDID). Pada saat apply, promonya adalah GRATIS IURAN TAHUNAN 2 TAHUN PERTAMA. Jadi, kalau dihitung, gratis iuran tahunan HARUS berlaku 2 tahun atau 2x, yaitu sampai Desember 2024.

Namun, pada awal tahun 2023 sekitar bulan April, JDID resmi ditutup di Indonesia yang mengakibatkan kerja sama kartu branding dengan BNI otomatis diberhentikan. Sehingga kartu kredit saya dimigrasi ke kartu kredit Titanium oleh pihak Bank BNI. Pada saat migrasi, saya tidak mendapat informasi apa-apa mengenai iuran tahunan.

Waktu berjalan hingga saat ini bulan Mei 2024, saya mendapati tagihan BNI saya terdapat iuran tahunan sebesar Rp500.000. Saya kaget karena promo gratis iuran tahunan belum pernah saya nikmati sama sekali. Kartu pergantian itu aktif April 2023, sekarang baru Mei 2024 (masih 1 tahun).

Saya sudah menelepon BNI Call Center, tetapi mereka bilang bahwa promosi berbeda di mana pada saat migrasi ke Kartu Kredit Titanium itu promo gratis iuran tahunan cuma 1 tahun. Ya, tidak masuk akal juga. Kartu kredit Titanium saya aktif April 2023, sekarang baru Mei 2024, kan masih 1 tahun. Kenapa ditagihkan juga? Bagaimana cara BNI bekerja?

Nomor tiket pelaporan saya bahkan masih open sampai sekarang (nomor tiket: 200023080513), tetapi pada saat saya menelpon BNI Call Center, dia bilang pelaporan saya tidak bisa diproses. Jadi saya bilang, kalau tidak diproses kenapa tidak dihubungi, ini jadinya gantung.

Mereka ngotot saya harus bayar iuran tahunan dan cuma menawari potongan 50% dengan syarat belanja Rp500.000. Jelaslah saya tidak terima, karena hak saya harusnya 2 tahun atau paling tidak 1 tahun.

Tolong mediakonsumen.com sekali lagi menolong saya untuk menyuarakan cerita ketidakadilan yang saya terima dari BNI yang sudah “menipu” saya.

Dan kepada para pembaca surat ini, saya sarankan “Jangan apply kartu kredit BNI kalau tidak mau ditipu seperti saya.” Sekian dan terima kasih.

Best regards,

Elmy
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Ditagih Iuran Tahunan Kartu Kredit BNI Akibat Migrasi dari Kartu Branding JDID

  • 18 Mei 2024 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Kalau KK jarang dipakai, akumulasi belanja per kartu tidak mencapai 50 juta per tahun, dan tidak mau ada syarat tambahan utk pengajuan penghapusan iuran tahunan… Mungkin ebih baik ditutup aja kartunya. KK permata sy jg besok ini mau sy tutup, krn sblmnya msh berfaedah ada promo, tp skrg tidak terpakai.

    Kebetulan baru kemarin sy ajuin waive iuran KK Maybank & BCA sy. Pengalaman sy, di awal mereka pasti sesuai SOP sodorin syarat a, b, c, dulu. Kuncinya bahasa kita jika sopan, cukup membantu. Dr kedua kartu itu, sy dikasih opsi: pendaftaran autopay tagihan (tapi semua tagihan pascabayar saya sudah terdaftar di bank laen), dan sy sampaikan tidak ada lagi yg bisa didaftarkan. Saat itu, sy pikir spt biasa akan ditawarkan syarat belanja sekian dalam sebulan ke depan, tapi ternyata cs nya lsg bilang: baiklah sudah sy bantu ajukan penghapusan tanpa syarat dan diinfokan nomor laporan. Yg BCA, penawaran pertama pengurangan/konversi poin (sama seperti tahun” sblmnya). Tinggal ngomong: bisa tolong dibantu ajukan tanpa perlu pengurangan poin bu/pak? Langsung ok kok saat itu lsg dibikinkan laporan.
    Tapi sy memang byk transaksi di KK, kalau yg jarang mungkin akan dipersulit.

    • 18 Mei 2024 - (22:33 WIB)
      Permalink

      Yang saya tidak bisa terima di sini adalah harusnya saya dapat free annual fee 2 tahun sesuai promo pada saat apply. Kalau masalah migrasi kartu itu bukan urusan saya, toh bukan saya yang bikin JDID tutup di Indonesia maupun berhenti kerjasama dengan BNI.
      Kenapa BNI seenaknya ubah-ubah program tanpa pemberitahuan dan persetujuan ke nasabah??

      • 18 Mei 2024 - (23:10 WIB)
        Permalink

        [Gratis Iuran Tahunan Selama 2 Tahun
        *Tahun pertama tanpa syarat, tahun kedua dengan syarat minimal satu kali transaksi tanpa minimum pembelajaan menggunakan Kartu Kredit BNI JD.ID.]

        KK BNI sy juga punya, 3 jenis malah. Dan tiap tahun selalu bisa dihapus iuran tahunan nya.

        Ganti/migrasi kartu, biasa kan dapat booklet di amplop kiriman kartu yg terdapat rincian biaya” yg bisa saja berbeda dgn jenis kartu laennya.

        Saya cuma sarankan sepengalaman saya, tidak perlu ngotot kalo komunikasi dgn CS. Kalo hadapi nasabah yg rewel atau pake nada marah” pdhl bukan salah dia, rasanya jg dia males utk bantu maksimal (yg mgkn sebenarnya bisa, tapi kepalang emosi, sekalian aja dipersulit). Minta secara baik”… Kalo keberatan dgn syarat belanja sekian dipotong 50%, tanyakan aja: ada alternatif laen agar bisa dihapus total?

        Selamat mencoba

        • 19 Mei 2024 - (05:17 WIB)
          Permalink

          Bicara baik2 lah pas di telepon call center. Ini saya tulis ke media konsumen karena CS nya menggantung nomor tiket saya, masih open tapi tidak diproses (itu kata CS nya sendiri loh, dia bilang tidak diproses).

          Fyi, ini bahkan belum 1x pun saya nikmati free iuran nya loh. Bagaimana saya tidak komplain karena tidak sesuai sama sekali dengan promosinya?

          Dan sebagai tambahan, di starter pack TIDAK PERNAH tertera kartu kredit ybs free iuran atau tidak.

  • 19 Mei 2024 - (16:44 WIB)
    Permalink

    “Kartu kredit Titanium saya aktif April 2023, sekarang baru Mei 2024, kan masih 1 tahun. ”

    Ini matematika macam apa ya bang ? Setahu saya April 2023 s/d April 2024 itu ya sudah setahun. Masih setahun dari mana bang ? Bingung juga saya baca kalimat ini…

  • 19 Mei 2024 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Promo 2thn – Bebas Iuran

    Tahun Pertama: December 2022 – December 2023
    Tahun Kedua (1): December 2023 – April 2023 (JD.ID tutup)
    Tahun Kedua (2): April 2023 – April 2023 (biar genap perhitunagan tahun kedua)

    Tahun Ketiga: Bayar lahhhhhhhhhh

  • 19 Mei 2024 - (21:47 WIB)
    Permalink

    KK yg pertama kan sdh selesai alias ditutup diganti KK ke 2 yg biasanya hanya 1thn pertama. Kalo aktifnya mulai april 23 ya sdh 1 thn. Syarat kartu yg diganti kan blm tentu sama sama yg pertama. Gimana sih….

  • 20 Mei 2024 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Update terbaru, saya sudah dihubungi pihak BNI melalui 1500046 dan dinyatakan berhak untuk free annual fee, dimana akan terlihat pada billing statement Juni 2024. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Ditagih Iuran Tahunan Kartu Kredit BNI Akibat Migrasi dari Kartu Brand…

oleh Elmy Samer dibaca dalam: 1 menit
11