Surat Pembaca

Penagihan oleh Debt Collector Bank DBS

Dear Bank DBS Indonesia,

Nomor KTA saya 7800655420 dan CC DBS yang sudah terblokir (silahkan dicek).

Pada saat semua sedang mengalami kesusahan dalam pembayaran angsuran, HANYA DBS saja yang mempersulit dengan persyaratan yang semakin mencekik bagi saya yang mengalami gagal full payment. Saya terus berusaha memenuhi cicilan saya hanya saja tidak bisa full payment di 4.845.333 setiap bulannya karena terkendala penghasilan yang 50%.

Saya sudah pernah melampirkan slip gaji dan bukti transfer kantor saya ke rekening saya dan sudah direspon oleh Mbak Bunga (CS). Tapi kenapa makin kesini Bank DBS semakin parah dalam penagihan? Dan malah makin ngaco aja dengan bilang saya gak ada pembayaran selama 6 bulan? Yang bilang Reno DC kalian.

Saya bukan yang macet lho, saya masih ada pembayaran tiap bulan di nominal 2 jutaan dan bisa di cek di histori. Saya bingung mau cerita dari mana lagi, semua bukti rekaman deskcoll internal kalian ada di saya, kalau mau tahu bisa saya kirimkan. Saya sudah lelah cerita dari awal bagaima histori selama ini yang Cuma dibohongin sama deskcoll.

Puncak kekecewaan saya kepada DBS pada 23/9/20, saya dihubungi oleh Reno pada pukul 17:40 dengan nomor 021 30432300. Penagihan yang luar biasa gak liat waktu ya. Kalau saya gak angkat pasti langsung kebakaran jenggot tuh DC bakalan telepon kemana-mana. Sedangkan itu jam orang persiapan ibadah solat magrib. Tolong dibrief, diingatkan minimal hormati orang yang mau ibadah.

Saya sudah dapat 2 kali sms bahwa saya dapat diskon, tapi apa??? Deskcoll internal kalian satu dengan yang lainnya tidak ada kesamaan info. Contohnya tuh si Reno, dia bilang saya sama sekali ga ada pembayaran selama 6 bulan. Saya suruh cek histori dia gak mau. Dia segala mengancam saya mau kirim debt collector lapangan ke rumah saya. Kenapa bisa seperti itu???? Nyari target ga gitu banget deh kayaknya. Cek dulu history orang yang diancam.Apa saya sama sekali ga bisa dihubungi? Saya selalu respon kalau ditelepon, kecuali saya lagi berkendara ya mungkir terlewat. Saya selama ini kooperatif, ditelepon selalu diangkat, pembayaran masuk walaupun gak full.

Selama penagihan tidak menggangu aktifitas saya dalam bekerja dan ketenangan saya di lingkungan rumah tinggal saya, saya akan terus kooperatif menyelesaikan kewajiban saya. Tapi kalau saya diperlakukan seperti orang yang mengabaikan kewajiban, mending saya nyerah deh. Apa DBS maunya saya juga gagal bayar? Ingat CEO kalian pernah bilang di media soal keringanan selama pandemi.

Salam

Ayu
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Ayu Azizah

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bank ini memang sepertinya lebih dr tengkulang.. saya pun punya KTA di bank ini. Sudah meminta untuk program relaksasi namun sampai sekarang pun tidak ada kabar infonya. Kurleb sudah 1 bulan saya mengajukan relaksasi.
    Well not recommed bank

    • Mbak Juu,

      dari deskcoll dan fieldcoll yang telp dan datang bilang tidak ada program relaksasi dari manajemen DBS, yang ada restrukturisasi, hapus denda bulanan atau bayar lunas dengan diskon.
      Saya dari awal sejak ada pengumuman OJK sudah mengajukan sampai sekarang nihil hasilnya.

    • mbak Juuu...

      ya mba bener kata mba diah..gada keringanan atau apapun..bullshit mba klo deskcoll mereka ngomong...palibgan mau cari cepet aja mreka..setelah kita galbay..data d jual ke pihak ke 3..asuransi klaim kita kluar..bank ga rugi

      • Kebetulan sy jg ada kendala KTA di DBS ini,sudah 2 tahun loss karena kondisi financial lagi menurun dan sy mau selesaikan hutang sy satu persatu.Bbrp hari lalu ada dari agency DBS datang ke alamat rmh mertua sy,entah dia tau dari siapa.Mereka dtg bergerombol,lebih dari 1 orang.Yg nemuin ibu mertua dan sepupu dari istri sy,cuma nitip surat dan blg klo akan balik lagi klo sy blm bayar2 jg.Singkat kata,bbrp hari lalu sy ketemuan lah dengan si agency DBS ini,nawarin sy keringanan 12 jutaan cicil atau 5 kali(total tagihan sy 24 juta,nawarin diskon 50%) dan sy blg sy akan bayar tapi klo untuk dana segitu sy blm sanggup.Si agency DBS msh nekan sy untuk ikut keringanan,atau dia mau bawa anak buahnya dtg lagi ke rmh mertua sy.Sy gak gentar,karena sy udah paham cara kerja agency atau kolektor seperti apa.Untuk ibu-ibu dan bapak-bapak disini,jika gak ada dana untuk ikut keringanan,bayar aja semampunya tiap bulan,apalagi kondisi msh pandemi seperti ini.Yg penting niat kita baik dan mau lunasi hutang,pasti ada jalan.Mereka pasti intimidasi,ngancam mau datang bawa pasukan agency lah,itu cuma main psikologis aja.Kalaupun beneran dtg,hadapi aja dengan keberanian,jgn mau diintimidasi harus segera bayar hari itu juga.Ingat,kekuatan hukum kartu kredit dan KTA itu lemah,jd gak bakal seseorang dipenjara karena gak bisa bayar tagihan kartu kredit atau KTA.Dan ini sifatnya perdata,bukan pidana.Toh klo nanti kemungkinan terburuk sampai ke pengadilan,pasti nasabah ybs disuruh bayar semampunya.Tapi bank pasti gak mau klo urusan ini diperpanjang sampai pengadilan,karena mereka pasti rugi banyak alias gak bakal dpt untung.

        • mas rezza

          ya mas saya jg ga takut..saya hadapi..abis mau gimna lgi ya mas. lg pandemi gni..udh gt suami kena pengurangan.. btw itu bs sampe 2th mreka akses kontak ga mas?

        • yap. ini bener. klo emang ga bs bayar atau cicil maksa, lebih baik tdk usah bayar dl. tnggu sudah ada dana baru bayar, krn konsekuensi ktia sudah di terima, yaitu blacklist. bank tdk bs pake pidana utk mewajibkan kita bayar saat itu juga.

  • Hi Pak Robby,

    Kebetulan yang datang masih tergolong baik Pak. belum tahu kedepannya karena pasti mereka akan ganti-ganti tiap bulannya. beritahukan saja kondisi keuangan saat ini sedang mengalami kesulitan, meskipun memang tidak terlalu banyak berpengaruh karena memang tugasnya mereka untuk mengambil dana dari nasabah yang terlambat bayar.
    Cuma diinfokan kalau sudah masuk agen , kemungkinan penagihannya akan lebih ketat lagi.

  • Saya pernah didatengin ke rumah dan kantor. Ke rumah udah 2-3x saya lupa kalo ke kantor baru sekali. Ke rumah ketemu ortu saya, dia fotoin kalo lagi di rumah. Saya telat sekitar 4 bulanan.
    Trus dateng ke kantor ketemu saya tp gak pake marah2 suara nada tinggi atau pake yg macem2, pdhl orangnya perawakannya agak serem seperti dc2 yg lain (maaf ?) Ngobrol baik2 saya disuru bayar 9jt batas waktu sebulan, saya bilang gak ada. Akhirnya disepakatin bayar 2,5jt dan saya minta reschedule cicilan atau langsung lunas. Selama kurleb sebulan akhirnya deskcall nya tlp saya nawarin lunas langsung 50% atau cicilan 1jt perbulan, dikasih waktu sebulanan mau pilih yg mana. Alhamdulillah ada uangnya dan saya pilih diskon lunas.
    Selama mereka dateng ke rumah ketemu ortu mereka baik2 aja gak pake nada tinggi supaya tetangga tau kalo kita punya utang, ke kantor saya jg biasa aja dan saya minta sm dc nya kalo ditanya jangan bilang dari dbs, mereka ngerti, beda sama yg tlp, wa, mereka marah2 pake nada tinggi bikin kita takut.
    Semoga rejeki kita dilancarkan supaya bisa bayar riba dan gak pake riba lagi. Aamiin

  • Ya suruh datang ke rumah aja mba, engga perlu takut, malu itu wajar, setiap orang punya kesalahan. Sekarang kalo memang dari kita sudah ada itikad baik untuk membayar dan si DC bersikeras menagih apalagi tidak sopan, mba bisa lampirkan ke konsumen@ojk.go.id beserta bukti telepon nya. Biar OJK yang bertindak, sebenernya OJK ini juga guna ga guna sih. Ya mesti di pecut dikit biar gerak juga OJK nya. Mba gausah takut sama deskcoll, mereka pasang foto orang Ambon atau galak cuma di telepon aja, contoh aja deskcol nya fintech, galak minta ampun.

    STEP by step lacak desk collector :

    1. buka Command Prompt di laptop, aktifin whatsapp, alihin penagihan ke WA mba,

    2. Buka whatsapp di laptop / komputer (jangan buka aplikasi apapun kecuali whatsapp), ketik "netstat"

    3. lihat IP yang masuk ketika chat dari DC nya masuk, tinggal googling IP tersebut dengan kata kunci "GEOLOCATION",

    4. lihat latitude dan longitude nya, tinggal copas, masukin google map. Ketahuan deh dari mana itu.

    ini pengalaman pribadi saya sendiri, pernah tak lacak ketemu posisinya di deket pasar baru, galak di telepon cem binatang diambil makanannya, ketika disamperin tatap muka ternyata masih bocah ingusan, lgsg nraktir kopi sama tahu goreng. Kebanyakan desk collector itu yang sekolahnya ga jelas, jadi wajar aja.

    • Mba ayu,apakah selama 6 bulan ini pembayaran tidak full ada didatangi oleh DC lapangan ke rumah atau ke kantor gk y?soalnya billing ku rupanya alamat kantor dan kemaren saya diancam harus bayar 1 bulan dulu jika tidak akan diberikan data saya ke DC lapangan

  • Yang punya masalah dengan penagihan KTA DBS atau ANZ, boleh curhat ke saya ke maz_iwan@yahoo.co.id
    nanti saya share pengalaman saya ditagih oleh DC DBS, sampai agen DC DBS kesal dan kewalahan menghadapi saya, karena sampai skrg saya masih galbay karena belum ada rezeki untuk melunasi KTA tsb.
    Dengan tips dan trik yg saya share semoga gak ada lagi yg pening ditagih2 sama pihak DC DBS.

  • halo mba, skrg cicilan KTA nya sudah ada solusi blm mba? soalnya saya juga ada tunggakan 3 bln dan DBS neror nomor kantor sayaa, sampai skrg blm dikasih solusi huhu