Surat Pembaca

Saya Korban Pinjol, Dana Pinjaman Macet dan “Galbay” Sampai Sekitar 30 Juta

Saya pertama meminjam untuk keperluan saya dan ingin memberi uang kepada nenek saya serta untuk uang tambahan modal usaha saya pertama saya meminjam di aplikasi pinjaman online sebesar Rp1 juta dengan penerimaan pencairan hanya Rp600 ribu dengan pelunasan tenor 90 hari.

Setelah saya masukkan semua data saya untuk mendaftar ternyata saat persetujuan tenornya 5 hari dan saya pun bingung mau membatalkan tetapi saya butuh uang itu untuk perputaran jualan saya ya saya ambil dana itu dengan bunga besar.

Saya jatuh tempo saya belum ada dana karena belum menerima gaji dari tempat kerja saya, ya akhirnya saya cari pinjaman ke teman tidak ada keputusan saya selanjutnya mencari pinjaman online lagi dan saya meminjam Rp1,5 juta tetapi pencairan hanya 900 ribu. Saya ambil karena butuh untuk menutup lobang yang pinjaman pertama dan itu saya lakukan berulang-ulang sampai terkumpul 25 aplikasi pinjaman online (tetapi saat pembayaran saya tidak pernah telat). Hanya karena saya tidak ada dana saya diancam disebarkan data saya kan itu termasuk pencemaran nama baik. Lha bagaimana lagi kalau tidak ada dana apa yang saya jadikan dana untuk mengembalikan dana pinjaman itu.

Sampai saudara keluarga dan teman kerja dikirimi data saya yang menerangkan saya mempunua hutang 20juta dan orang yang menerima pesan tersebut disuruh untuk menanggung hutang saya.

Ya Allah sampai saya serasa seperti hancur berkeping keping karena merasa malu dan tidak tahu harus berbuat seperti apa. Mohon kepada pemerintah banyak rakyatnya yang terjerat hutang dan saya mohon mungkin tidak hanya saya saja yang merasakan ini dan menjadi korban diluar juga masih banyak ya kita merasa dirugikan karena dengan bunga yang tinggi itu kesulitan dalam hal pembayaran.

Sampai kapan negeri ini banyak lintah darat seperti itu yang memanfaatkan dana orang diatas penderitaan orang lain negara ini juga punya hutang tetapi pasti penagihan tidak akan seperti pinjaman online yang kasar dan mengancam serta bisa mencemarkan nama baik.

Demikian semoga tidak ada korban lagi ini curahan hati saya karena saya sudah lemah rasanya merasakan apa yang saya alami serta keluarga saya juga ikut sedih melihat saya dan bingung harus bagaimana. Intinya saya gali lobang tutup lobang dan sekarang saya sudah tidak ada dana untuk melunasi bagaimana lagi

Mohon kepada OJK atau pemerintah terkait bidang keuangan koperasi yang menyediakan investigasi kepada penyedia layanan jasa pinjaman online mohon segera ditindaklanjuti karena meresahkan sekali mengambil keuntungan diatas penderitaan, jeritan dan tangisan orang lain

Terima kasih.

Ervan Andri
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • PINJOL itu rentenir.. kl dr kisah anda.. jelas anda salah bahkan sy merasa ada unsur kesengajaan.. krn anda mangatakan sampe 20 lebih aplikasi.. itu ngakali namany.. bahwa benar orang butuh duit. bukan cma anda..tp carany tdk seperti anda.. melaporkan hal.ini ke OJK ga bakal bisa.. krn saat applied anda dianggap setuju dg konsekuesi.. sampe 20 kali loh pak. g wajar..anda yg bisa dianggap menipu.. saran saya lunasi hutang anda atau y terima konsekuesinya.. 20 pinjol pak anda makan.. terlalu kl saya

  • kemarin gue dapat sms dari no tak dikenal, isi smsnya seperti ini..
    an
    HERU SETIABUDI 838706875** dasana indah blok rk 1 no 20, sampaikan ke dia utk bayarkan hutangnya di tunaigo ke BNl:8808928979964518 dgn nominaI 1.260.OO0 and@ dicantumkan sbg penanggungjwb dalam hutangnya sampaikan skrang atau seGera and@ yg bayarkan skrng, jgn jadi maling kami tunggu pembayarnnya harl ini , Info cs 085871280169 trmksh

    kenal juga kaga sama itu orang.. kenapa gue jadi penanggung jawabnya..

    • Itu cuma akal akalan dia saja. Kali aja anda gelagapan diintimidasi DC. Selama Anda tidak bersalah cuek aja, atau balik a cam. Orang yang dianggap bertanggung jawab, harus ada dokumen yang ditanda tangani. Ancam saja suruh tunjukkan.

  • Pak, saya mengerti atas yang bapak alami. Tapi jika bapak disebut "korban" agak kurang pantas rasanya, karena bapak sadar dan memahami betul bunga dan resikonya ketika galbay. Posisi saya saat ini sama seperti bapak, tapi saya tidak mau menyebut diri saya korban karena saya meminjam dalam keadaan sadar dan tidak dipaksa pihak manapun. Yang namanya hutang, entah itu pinjol legal atau ilegal tetap harus dibayar pak. Setiap orang memiliki kadar kesulitan yg beda-beda, mereka akan berhenti menagih atau membuat bapak malu ketika bapak ada itikad baik mau membayar semampunya. Bayar semampunya, tidak perlu menjelaskan kesusahan bapak saat ini karena mereka sama sekali tidak mau tahu. Bapak berikan nominal yang bapak mampu bayar setiap bulannya dan pastikan itu tidak terlambat. Jika mereka tidak mau, bapak ngotot saja disini bapak ada itikad baik mau membayar. Saya lakukan cara yang sama ke beberapa pinjol seperti itu dan mereka mau kok. Semoga cara yg saya gunakan bisa berhasil di bapak. Thankyou

  • Butuh si butuh tapi jngan memaksakan kemampuan bro. Emang liat berita" tentang pinjol masih nekat aja ya resiko dah lu

    • Bagi yang pernah mengalami pinjaman online dan data2 ny disebarkam harap cantumkan no wa biar nanti dikumpulkm untuk pelaporan karena pemcemaran nama baik, karena pinjol melebihi lintah darat bunganya sampai 70 persen dgn tenor singkat

  • Luar biasa yang menulis keluhan ini..
    Kita semua dapat Ilmu bisa minjam di banyak aplikasi
    Alasan mau bantu neneknya yang pasti sudah tua.
    Turut perihatin ya bacanya

    Solusinya gampang
    1,Datangin neneknya
    2,Tanya surat rumahnya dimana
    3,Ambil suratnya lalu cari pembeli
    4,Jual rumahnya Semakin murah jualnya akan semakin cepat masalah anda teratasi
    5,Jika sudah dapat duit bayar semua pinjol2nya lunasin
    6,jika masih sisa buka Usahanya
    7,berusahalah dengan telaten
    8,insya Allah beli lagi rumah buat neneknya.

    Itu solusi paling jitu,jika tak punya rumah,jual rumah bapaknya bilangin terus terang perihal utang
    Jika bapaknya gak punya rumah tanya tetangganya kali rumahnya mau di jual,

    Penulis masih mengatakan dirinya korban
    Ini saya gelii bacanya..
    Anda sendiri sudah tahu bunga pinjol yang anda pinjam..
    Anda mau dan pasti TTD walaupun via email,
    Jelas tidak ada yang di paksa di rugikan atas mau sama mau,..
    Dan taat keperaturan mereka yang meminjamkan.

    Sekian dan selamat mencoba solusi dari saya...
    Semoga berhasil.

  • Maaf, anda bukan korban pinjol tapi terjerat pinjol karena kesalahan sendiri. Tidak perlu menjerit tapi harus berani menanggung resiko terhadap uang pinjol yang telah anda gunakan.

  • Mending gak usah di share kesini pak. Tambah sakit hati jadinya' bukan solusi yg di dapat tp malah bully.an biar aja yg gk tau ikut ngerasain jg pak. Dr pada begini malah di hina dina

    • Iya bnr.klo punya hutang.pinjol.jngn dishare.bnyk tu jdiny dc²yg komen.yg sabar pk.smoga ada jln kluarnya

    • Semestinya saat pertama anda sadar kalau pinjol yg pertama bunganya gede dan tenirnya berubah dari 90 hari jadi 5 hari anda segers berupaya melunasinya, secara pada saat itu pinjaman saudara blm banyak, saya yakin anda bisa pinjam dulu dari relasi/saudara. Tapi yg bikin saya heran anda malah seperti lepas kendali pinjam di pinjol sampai 20 aplikasi hanya buat gali lubang tutup lubang.

      Bagaimanapun saat ini hal yg hrs anda lakukan adl melunasi pinjol itu semuanya. Bbrp hal yg perlu anda pertimbangkan al :
      1. Segera cermati asset yg anda miliki dan pilah asset mana yg bisa anda jual utk melunasi kredit tsb, misal kendaraan/motor, dll.
      2. Lakukan pendekatan dgn kerabat, saudara, teman kemungkinan mendpt pinjaman utk melunasi utang, dan semoga anda bisa mengangsur pinjaman tsb tanpa bunga.
      3. Jangan dilanjutkan gali lubang tutup lubangnya dengan menambah pinjol lagi.

      Demikian semoga anda diberikan kemudshan utk melunasi pinjol tsb.

      • ini orang kalo ngomong kasar banget! kaya ga punya otak dan hati ! seenak muncungnya aja kalo komen!

  • Saya kasihan melihat kegoblokan anda. Sudah tahu pinjam rp 1 juta terima rp. 600 rb dengan tenor 5 hari masih juga mau pinjam. Kegoblokan anda masih berlanjut dengan melakukan pinjaman lagi untuk membayar tagihan pinjaman lainnya. Dalam hal ini anda bukan korban, tapi anda menjerumuskan diri anda sendiri pada masalah yang sebenarnya anda bisa hindari pada proses pinjaman pertama. Anda harus tetap membayar utang utang anda, meskipun anda curhat kemana pun, pasti anda akan di bully terus, karena anda sendiri membuat masalah. Saya dari dulu tidak pernah tertarik dengan pinjol karena bunganya besar dan jika terjadi macet akan meresahkan pihak lain.

Penulis
Kyriervan