Surat Pembaca

RATA.id “Clear Aligner” Tidak Mampu Menangani Keluhan Pelanggan

Kepada manajemen RATA.id, perkenalkan, saya Kalyana, customer Anda sejak bulan November 2020. Saya menempuh cara untuk membagikan pengalaman saya dengan RATA.id melalui Media Konsumen karena whatsapp saya tidak dibalas, dan komentar saya di Instagram RATA dihapus. Saya hanya berharap ada penjelasan secara profesional mengapa RATA tidak menganggap pelanggannya dan kapan aligner saya akan dikirim.

Saya memutuskan untuk menggunakan RATA karena ingin merapikan gigi saya tanpa behel, dan karena RATA dengan bangga selalu mengklaim dapat membuat rata dalam hitungan bulan saja.

Pada bulan November 2020, saya pun konsultasi offline di klinik partner RATA yaitu di Pure Dental Menteng. Sebulan kemudian, saya dikirimkan 4 set aligner dan 3 set aligner lainnya beberapa minggu setelahnya. Saya pun kembali ke Pure Dental untuk melakukan slicing gigi.

Saat saya mulai menggunakan aligner nomor 4 pada tanggal 21 Januari 2021, masalah muncul karena aligner tersebut tidak fit. Saya pun langsung menghubungi CS RATA di whatsapp dan baru mendapatkan slot 5 hari kemudian. Tanggal 26 Januari 2021 saya pun ke Pure Dental, gigi saya di slicing ulang dan diukur kembali untuk pembuatan aligner. Saya dikabarkan akan mendapatkan video simulasi 3D dan set aligner baru di 10-14 hari kerja dari tanggal 26 Januari 2021.

Namun ternyata sudah 16 hari kerja hingga hari ini, saya belum mendapatkan video simulasinya, apalagi alignernya. Setiap saya menanyakan ke CS RATA, tidak ada yang bisa memastikan kapan bisa dikirim. Saya melakukan follow up setiap minggunya, tapi tetap tidak ada jawaban pasti.

Hingga minggu ini saya merasa saya berhak mendapatkan kepastian karena saya sedang berada di tengah-tengah perawatan. Saya tanya lagi via Whatsapp ke CS RATA namun tidak dibalas, lalu saya komentar di Instagram RATA.id, tapi komentar saya dihapus. Lucu kan, RATA malah menghapus komentar saya di Instagram, apakah RATA takut kekurangannya dibaca calon pelanggan lain yang tidak tahu?

Pertanyaan saya untuk RATA.id, apakah pantas sikap Anda dalam menangani keluhan pelanggan dengan menghapus komentar di instagram daripada menanyakan keluhan saya? Apakah RATA.id belum mampu meng-handle pelanggannya karena CS RATA di whatsapp terlihat sangat tidak mampu untuk meng-handle keluhan pelanggan.

Dengan harga 8 juta rupiah, tentunya saya mengharapkan RATA. id dapat sekurang-kurangnya bisa menyediakan CS yang dapat menjadi representatif RATA.id dalam menghadapi pelanggan yang memiliki banyak pertanyaan.

Ingat, RATA.id selalu bangga dengan inovasi meratakan gigi tanpa behel, tanpa sakit, dan dengan cepat sehingga banyak orang tertarik untuk memilih rata, alih-alih pasang behel yang bisa dengan mudahnya konsultasi atau whatsapp-an dengan dokter gigi. Jangan kecewakan pelanggan RATA.id dengan cara seperti ini.

Saya hanya menuntut hak saya, apabila Anda tidak mampu menanganinya, silahkan refund uang saya. Namun pertama-tama, saya harap apabila Anda punya waktu untuk menghapus komen di instagram, Anda pasti punya waktu untuk bertanya masalah pelanggan.

Terima kasih.

Kalyana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • rata.id ini penipuan. saya bayar paket yg 7.9 juta untuk 10 aligner. sudah bayar 6 juta di november 2023.
    - november-desember 2023, gagal cetak 2x di bogor
    - akhir desember scan langsung ke klinik di jkt
    - setelah menunggu 2 bulan baru dikirim video 3D nya, itupun setelah saya tagih ke CS >5x, kirim email, dll.
    - sehabis itu diminta melunasi cicilan dengan denda 3 bulan (36%) perbulan.. mirip pinjol

    gila ini perusahaan scam masih bebas berbisnis di indonesia.