Surat Pembaca

Akun Shopee Dibatasi, Saldo Penjualan Tertahan dan Suram

Halo

Saya adalah salah satu penjual Shopee dengan nama toko hana_78, berfokus hanya menjual HP. Pernah merasa bangga menjadi penjual star setelah 2 bulan. Tapi tidak berlangsung lama, pada 20 September 2021 pukul 13.00 WIB, saya mendapat notifikasi bahwa akun saya telah dibatasi.

Singkatnya, langsung melakukan banding, melengkapi data diri termasuk KTP dan KK. 21 September dapat balasan email, isinya “perlu penyelidikan ulang”. Pada 22 September dapat email lagi yang isinya “akun tidak bisa diaktifkan kembali” dengan alasan “percobaan penarikan uang tunai”.

Memang iya, banyak pembeli yang menggunakan voucher kartu kredit dan Spaylater. Ada beberapa juga memakai akun berbeda, sama-sama menggunakan voucher kartu kredit dan dialamatkan yang sama (toko mereka). Di sini saya malas berpikir macam-macam. Selama ada pesanan masuk, ya proses, lalu saya kirim. Yang penting dagangan laku.

Mengabaikan semua order dari luar maupun dalam kota, saya libas semua. Metode pembayaran, diskon model apapun yang mereka gunakan saya abaikan, yang penting dana masuk ke saya sesuai harga jual. Semua pesanan yang masuk saya terima dan kirim. Tapi semua itu murni ya, tidak ada yang fake orders.

Toko saya adalah menjual barang fisik HP, yang saya dapatkan dengan cara beli dari berbagai marketplace lain. Sebagai bahan pendukung saya lampirkan sedikit bukti screenshot beberapa pembelian saya.

Kasus saya bermula saat ada pembeli datang ke toko berniat cek barang. Setelah setuju pembeli bilang tidak ada cash minta bayarnya pakai Spaylater. Dalam hal ini saya setuju saja dan barang sempat mau dibawa terlebih dahulu, tentu saya tolak dan jelaskan barang akan tetap dikirim sesuai proses biasanya.

Saya minta pembeli pesan lewat Shopee (pembeli minta diajari menggunakan Spaylater, posisi masih di toko saya). Paginya barang baru saya kirim. Setelah barang diterima oleh pembeli, dia langsung klik pesanan selesai, padahal dari kurir belum update “pesanan telah diterima”. 1 hari berlalu tidak terjadi apa-apa. Dan hari ke 2 tanggal 20 September saat itulah akun saya kena dibatasi.

Sampai saat ini sudah banyak cara telah saya lakukan, mulai banding lewat email, telepon cs Shopee, chat lewat Twitter @ShopeeCare., jawabannya sama, “tidak bisa diaktifkan kembali dan disuruh menunggu karena perlu meninjau ulang”.

Dengan menulis keluhan di mediakonsumen.com, saya berharap pihak Shopee bisa menanggapi permasalahan saya secara lebih serius lagi. Mudahan dapat mengaktifkan kembali akun saya atau setidaknya mengembalikan dana penjualan saya yang masih tertahan.

Maaf jika bahasa dan penulisan belepotan, selebihnya terima kasih.

Febri Andrianto
Kudus, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @isdebe : Kalau disebut seperti penjual online yang sedang kerjasama dengan penipu tidak bisa ya mas. Secara mereka (penipu yg kerjasama) pasti menghindari kontak langsung, pasti tidak mau bertatap muka.

    Untuk sistem Shopee yang mendeteksi lokasi yang sama. Kan ada CS Shopee, yang manusia. .yang bisa dijelaskan, yang bisa dikasih bukti, .setelah ada bukti dan ternyata tidak seperti yang dikira, harusnya cs Shopee ini bisa dong memaklumi lalu memperbaiki?
    Aku yakin. .mereka dengan mudah bisa membuka atau setidaknya hanya melepaskan saldo penjualan saya saja. Tapi kenapa mereka senang menahan saldo penjualan saya? Padahal itu jelas hak saya.
    Saya tertuduh yang bisa menjelaskan dan memberikan bukti. Tapi mereka seolah-olah lebih memilih menutup mata.

      • @jen : dapat email dari Shopee

        -Akun Anda tidak dapat dipulihkan kembali

        - Kami mendeteksi bahwa akun Anda terdeteksi melanggar syarat dan layanan yang berlaku di Shopee serta melanggar kebijakan barang yang dilarang dan dibatasi dengan memberikan jasa yang tidak diizinkan atau menjual produk yang dilarang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik https://shopee.co.id/docs/3001 poin 35 https://shopee.co.id/docs/3000 poin 2 (xvii)

        Selang beberapa jam dapat telvon dari pihak Shopee :

        1. Sesuai email, akun tidak dapat diaktifkan kembali.
        2. Bisa akses ke akun untuk sementara waktu guna menarik saldo penjualan. Tapi setelah saya cek, Saldo Penjualan masih sama sebelum dibatasi, belum bertambah dengan semua transaksi dari menunggu pembeli klik selesai, transaksi dalam perjalanan to buyer, padahal saya cek sudah selesai semua, kata pihak Shopee "betul pak, semua saldo penjualan setelah akun bapak dibatasi masih ditahan Shopee pak, kini sudah ditangani oleh tim terkait, selanjutnya Bapak tunggu info dari kami ya pak, nanti bapak akan dapat email dan kami hubungi kembali ..

        3. Tidak bisa narik/tranfer saldo yang ada di Shopeepay ..

        Jadi, ternyata akun saya tidak bisa dimaklumi dan tidak bisa diselamatkan, dan saldo penjualan masih ditahan, dan masih menunggu keputusan tim Shopee ..

  • Update : pukul 17.17 WIB 25 September 2021
    pihak Shopee telah menelvon dan memberikan info :
    1. Akun saya tetap tidak bisa diaktifkan kembali
    2. Untuk sementara diberi hak akses hanya untuk penarikan saldo.

    Setelah saya cek, saldo penjualan saya masih sama dengan jumlah saldo sebelum dibatasi. Dalam artian, belum bertambah dengan transaksi yang sudah selesai selama akun dibatasi.

    Kemudian saya cek ke penjualan saya »pesanan terkirim » semua pesanan sejak tanggal 19, 20 September sudah selesai semua, tapi saldo belum masuk.

    Lalu saya tanya : "sebelum akun dibatasi saya ada transaksi yang sudah berjalan, sudah dalam perjalanan. .dan ini saya cek sudah selesai semua, tapi kenapa saldonya tidak masuk ke saya ya pak?

    Pihak Shopee mengatakan : 'iya pak
    .untuk saldo terkait pesanan yang dalam perjalanan dan sudah selesai saat akun dibatasi masih ditahan Shopee ya pak, dan saat ini sudah ditangani oleh tim terkait, dan selanjutnya bapak tunggu info lebih lanjut dari kami ya pak, nanti bapak akan mendapatkan email dan telvon kembali dari kami..

    » Jadi untuk saldo penjualan saya selama akun dibatasi, yang tinggal menunggu pembeli klik selesai, yang masih dalam perjalanan sejak tanggal 19, 20 dan sudah selesai sekarang masih ditahan Shopee. .semoga pihak Shopee tetap kooperatif..
    Dan secepatnya melepaskan saldo saya yang masih tertahan..
    Shopee♥️mediakonsumen.com

    • Akun sy juga ngalamin hal yg sama kmr malam tgl 24 sept'21. Tidak bisa login. Dan dana penjualan masih ada dlm akun tsb. Dan CS shopee hanya bilang kl akun tdk dpt dipulihkan kembali. Tp masalah dana nya blm dijawab lagi ?? Shopee seakan2 sengaja menahan dana atau sengaja mencari keuntungan dr dana2 penjual yg akun ny dibatasin ckckck... Seharusnya dari awal sistem nya udah kasih warning , bukan stlh ada transaksi ygbterjadi bahkan udah sampai ke pembeli.. Sistem shopee masih kurang dan mrugikan.

      • @malviana : sekarang gimana kak? Sudah dapat telvon dari pihak Shopee belum ya? Mudahan masalah kita bisa disikapi dengan serius, tidak mukul rata ..

      • Kak apa akunnya sudah beres? Akun saya juga diblokir, tidak bisa masuk sama sekali, sudah email belasan kali jawabannya cuma akun tidak bisa diaktifkan kembali karena melanggar bla bla bla, padahal ada saldo saya di sana dr hasil penjualan, juga ada saldo shopee pay baru isi 1 juta untuk bayar listrik dll kok malah ga bs diakses, sedih saya hikz... Balasan dari shopee ada kali 10 lebih isinya sama semua akun tidak bs dipulihkan padahal saya nanyanya tentang saldo. Kalau kakak ada perkembangan, kabarin di sini ya kak

    • Iya kak saya juga kejadian yang sama..
      Tapi saya belum mendapat kejelasan terkait dana penjualan yang masih ada di akun...
      Kk bilang gimana itu kak biar diberi akses sementara untuk penarikan saldo penjualan..
      Terimakasih

      • Idem sy dapat kasus serupa. Gara2 dpt banyak orderan yg datang bersamaan walo kemudian dibayar dlm waktu agak berjeda bbrp menit. Kayaknya sih pembeli orangnya sama cuma pakai banyak akun utk ngejar voucher diskon CC. Mas Koro menyampaikan sdh posting di banyak media utk menghubungi shopee mulai twite dll. Kalo sy masih dimedia email aja. Kira2 dr bbrp media itu menurut mas Koro mana yg kemudian efektif mwnggerakkan tim shoppe utk memberikam akses sementara pencairan saldo. Krn saldo penjualan sy cukup banyak juga. Sampai saat ini sy masih fokus utk mengaktifkan akun, blum nanya ttg nasib saldo saya. pertanyaan yg sma, apa yg mas sampaikan atau gimana caranya sampai shopee bersedia ngasih akses tsb..

        • Untuk teman-teman semua yg senasib, yang bertanya ttg pihak Shopee bisa beri akses sementara hanya untuk penarikan saldo :

          Lebih tepatnya setelah saya menulis keluhan di mediakonsumen.com (web ini, terimakasih, tim mediakonsumen.com).

          Jum'at pagi terbit, habis jum'atan dapat telvon yg intinya. ."tim shopee sedang memprioritaskan permasalahan saya dan disuruh menunggu hasil perkembangannya ..

          Lalu Sabtu sore. .dapat email dan telvon kembali. .yang kemudian saya komen disini, tentang update 26 September 2021..

          Tapi hingga kini, Saldo penjualan saya masih ditahan ?

    • Mau nanya dong kalau saya sebagai pembeli sudah membayar sesuai kriteria shopiee dan sedang di proses dananya ke penjual nah penjualnya chat saya di wa katanya akunnya di blokir sama pihak shopiee itu bukan urusan saya lagi kan sebagai pembeli ?

  • Sunggu lucu membaca komentar2 orang yg bertingkah sebagai pahlawan shopee. Membayangkan mereka menulis komentar dgn wajah menyeringai sinis, membuat ingin tertawa saja.
    Menurut saya mereka setidaknya pernah melakukan tindakan fraud yg mereka hinakan tersebut.
    Sebenarnya fraud atau tidak, bisa diliiat dari kondisi toko seseorang, ada ciri2nya. Rating dan usia toko bukan patok'an.
    Sebagai pedagang online yg tergabung dgn komunitas ratusan pedagang online, bisa saya katakan: @koro, anda tidak sendirian.
    Dimulai dalam jumlah besar secara signifikan sejak pertengahan september (bencana ini) seperkiraan saya mgkn mencapai ratusan akun seller dibatasi bersama-sama dan berlangsung hingga hari ini. Mulai dari jutaan sampai dgn puluhan juta rupiah.
    Sekitar 60% toko/seller yang saya pernah tahu atau pernah beli barangnya dimasa lalu, saya coba2 search, ternyata diblokir. Baik seller baru maupun starseller.
    Kalau kasus di-bulan2 sebelumnya dana bisa segera dicairkan, yang sekarang ini belum ada indikasi itu, toko di logoff paksa. Setelah bs loginpun, alasannya masih diinvestigasi, yg mana setiap hari makin banyak seller yg diblokir, semakin kurang waktu dan sumber daya shopee yg dibutuhkan untuk menuntaskan masalah ini.
    Mau transaksi fraud ataupun tidak, seharusnya shopee tidak berhak menahan dana penjualan. Jika terbukti bersalah, misalnya akun seller dan buyer sama, silahkan dibuktikan dan dipotong kerugiannya seperti tindakan di tokopedia atau bukalapak.
    Shopee dalam emailnya meng-klaim sistemnya dibuat sedemikian rupa untuk dapat mendeteksi transaksi mencurigakan, namun shopee sendiri melakukan kecurangan dengan sengaja membiarkan transaksi berlangsung dulu beberapa hari dan menahan dana penjualan hingga terkumpul cukup banyak sampai semua transaksi selesai atau akan selesai.
    Pihak buyer sama sekali tidak dirugikan, sekalipun melakukan transaksi fraud (entah gestun atau yg lain), tetap mendapatkan barang, dan bahkan berpotensi melakukan hal2 yg sama ke seller2 lain yg masih hidup. Sedangkan seller (si "x" contoh riil yg saya kenal) yg tidak mengenal buyernya, apalagi berbeda kota, kehilangan (atau tertahan) seluruh modalnya (puluhan juta dari 2 toko yang dibatasi juga, salah satunya bahkan sudah 3-4 tahun berjualan).
    Ini berbeda dgn tokopedia misalnya, jika transaksi buyer bermasalah, maka cashback tidak cair, atau transaksi dibatalkan dan kedepan tidak dapat memakai promo. Logis dan manusiawi.
    Jika tidak segera diatasi, kedepan mungkin bisa dipikirkan untuk mengajukan gugatan class-action, karena korbannya ratusan orang menurut asumsi saya. Tinggal menunggu siapa pelopornya. Semangat!...

  • Saya juga kena peninjauan dan pembatasan sama shopee dan ada dana di toko saya yang mengendap sekitar 6 jutaan lebih, saya sudah email, live chat , dan telfon call centre berkali kali dan jawabanya template saja , yang buat saya muak adalah mereka tidak memberikan kejelasan apa kesalahan saya dan saya harus melakukan apa agar masalah ini selesai.

    yang saya heran kenapa sistem shopee tidak dibuat untuk melakukan deteksi awal dan pemblokiran terhadap penjual yang tidak memenuhi standard /peraturan kebijakan shopee , atau ketika si pembeli mau membayar dan terdeteksi dengan cara yang tidak wajar.
    malahan yang terjadi ketika si pembeli telah membaryar dan menkonfirmasi penerimaan barang / penjual mendapatkah hasil pembayaran (khusus dalam kasus saya) baru kena blokir. hal ini tentunya sangat merugikan user penjual dimasa sulit seperti sekarang ini dan mungkin tidak sedikit yang menjadikan berjualan di shopee menjadi sumber penghasilan utama.

    jangan sampai user berfikir kalau shopee mengambil keuntungan dari kekacauan semacam ini.

    untuk admin SHOPEE jika anda membaca ini mohon agar segera menyelesaikan masalah saya user toko saya : "berzerkshop" kronologi dan data saya telah saya kirimkan via email . terimakasih

    • @Yakub : saya sudah bisa login sejak 25 September 2021, tapi seperti yang Anda katakan mungkin itu hanya sebagai langkah penenang oleh Shopee, nyatanya sampai sekarang (2hari berlalu) saldo Tertahan saya masih belum juga dilepaskan ..

      Sementara saya baca-baca untuk kasus yang lain, yang menyangkut badan usaha lain. .sangat cepat penanganannya..

      • kalau email balasan sudah bang, cuman untuk penjelasan mendetail kenapa dan apa yang harus dilakukan tidak ada bang, kalau untuk di telfon tidak ada bang

  • heemmm.. gini.. pembayaran via credit card ataupun paylater2an, pasti diperketat baik itu dari shopee atau tokped.. Shopee bisa melacak keberadaan hp antara penjual dan pembeli. Di masing2 hp kan ada fitur GPS. Bila pembeli dan penjual tsb berada dlm 1 titik yg sama, dan memakai payment credit card/paylater, 99% dana ditahan & dalam proses investigasi. Kemungkinan besar kan gestun.

    • @Herwin : baru kemungkinan. .tapi nyatanya kan tidak seperti itu ..
      Jika sistem memang melacaknya seperti itu, kan ada CS Shopee yang bertindak sebagai penentu keputusan ..
      Yang bisa mengambil data, menerima bukti, kemudian lanjut ke penelurusan..

      Diatas adalah kasus saya, yang saya ceritakan secara singkat dengan bukti yang terbatas..
      Yang selanjutnya saya lengkapi bukti-bukti lain disini https://www.katalebay.xyz/2021/09/saldo-penjualan-ditahan-mati-matian.html

      Gestun umumnya dilakukan oleh orang yg butuh uang cepat, juga tidak bodoh dengan melakukan transaksi dititik lokasi yang sama. Coba pikir juga tentang hal itu.

  • Dr kasus ini sdh jelas ya, kalo pembeli offline tdk boleh diarahkan ke online apalagi transaksi kredit bila pembeli datang ke toko ya harus transaksi langsung diluar MP kecuali BL ada fitur ambil ditoko

  • Update + klarifikasi : akhirnya hari ini, 29 September 2021 saya mendapat telvon dari pihak Shopee dan mengabarkan bahwa, dana saldo penjualan saya sepenuhnya telah dilepaskan semua oleh Shopee dan per hari ini juga, sudah saya tarik semua.

    Dalam kesempatan itu juga, pihak Shopee mau bersedia membantu untuk penarikan saldo shopeepay saya, juga penjualan tabungan emas..

    Untuk itu semua, saya ucapkan banyak terimakasih kepada Shopee atas kepedulian dan solusinya. Dan juga mediakonsumen.com yang telah bersedia menerbitkan surat keluhan saya dan menjadi sarana mediasi kasus saya bersama Shopee.

    Untuk teman-teman semua yang sudah rela meluangkan waktu, membantu foll-up kasus saya. .saya ucapkan banyak terimakasih.. semoga kebaikan anda mendapat balasan tersendiri, yang lebih baik dari Allah SWT.

    Terakhir. .untuk teman-teman yang mempunyai kasus serupa dengan saya. .semoga segera mendapat solusi yang terbaik. .Sekian maaf dan terimakasih.
    Terimakasih Shopee sudah diberi pengalaman berjualan di marketplace anda.

  • @Koro kasus sy beda dng mas koro tp intinya sama. Sistem shopee mendeteksi penggunaan voucher berlebihan dr banyak user dan sy yg kena blokir. setelah seminggu akun sy diblokir, akhirnya kmaren sdh bisa login. Beda dng mas koro yg ditelpun, sy sama sekali tdk mendapat telpon. Bahkan email terakhir dr shopee jg menegaskan akun sy tidak dapat dipulihkan. Anehnya ketika sy cuma iseng aja login, tahu2 kok sdh bisa. Langsung cek saldo dong... Saldo saat diblokir dan saldo transaksi yg berjalan sebelum diblokir, masuk ke saldo dan bisa sy tarik. Masalahnya selama diblokir ada 6 transaksi baru, yg 3 sdh sy update resi tapi dibatalkan atas permintaan pembeli dan sy ga bisa merespon akhirnya beneran dibatalin sama sistem shopee. Juga ada 3 transaksi yg krn blum sempat sy update resinya jg dibatalin otomatis setelah 5 hari. Padahal semua sdh sy kirim dan resi jg sy sampaikan di email ke shopee. Tapi tetep aja, dana dikembalikan ke pembeli... beruntung bahwa 3 diantaranya ketemu orang baik yg ketika sy hubungi bersedia transfer dananya ke saya. Tapi ada 3 yg cuek aja, sy chat ga dibalas padahal jelas terlihat online... dan sampai saat ini sy masih menunggu kabar dr shopee... oya satu lagi, fitur penjualan di toko tdk aktif jd orang ga bisa beli barang di toko saya. Plus saldo shopepqy jg msh diblokir...

    • .coba mas tanya lagi ke cs Shopee mas. .mungkin bisa diaktifkan kembali akunnya.
      Kalo saya waktu itu, ditelpon jadi saya tanya+minta bantuan ke yang nelpon saya untuk disampaikan ke tim terkait, "apakah bisa saldo shopeepay saya ditarik, tolong ya mbk sampaikan ke timnya, agar saldo shopeepay saya bisa ikut ditarik..
      " Pagi ditelpon, sore iseng tarik shopeepay bisa. .
      Tapi syangnya akun saya tidak bisa diaktifkan kembali,.

      tapi tidak apa. .yg terpenting saldo saya (saldo penjualan+shopeepay sudah bisa ditarik semua)

      Moga shopeepay masny bisa, mudahan beserta akunnya juga. .terus 3org yg beli yg cuek tadi moga diberi kesadaran dan mau melunasinya ?

  • Untuk semuanya saja yang mengalami hal ini atau paling tidak mirip2lah, silahkan posting keluh kesah anda di fb komunitas seller shopee, lengkap dengan semua kejanggalan2 yg ada..
    Pasti akan diselesaikan oleh shopee dan anda akan diminta menghapus postingan anda.
    Mau tokonya dibuka lagi?
    JIKA YAKIN anda tidak melakukan fraud/kesalahan dan sayang dgn ditutupnya toko anda, lakukan Iagi hal yg sama seperti diatas.
    Saya bisa berkomentar begini karena ada teman2 yg murni toko & transaksi2nya dan tertimpa kasus yg sama.
    Juga tidak ada yg salah merubah transaksi offline ke online. Suka2nya yg belanja mau pakai promo apa. Tidak ada hukumnya. S&K jg ok.
    Untuk pahlawan2 shopee yg bisanya cuma berkomentar nyinyir dan tdk ada isi solusi/manfaatnya, tq untuk infonya mengenai gestun, gps, dll (yg tentunya dilakukan oleh org2 yg bodoh), anda mestinya sudah pengalaman dan terbiasa melakukan upaya2 fraud tsbt bukan?

Penulis
Koro