Akun Shopee Dibatasi, Saldo Penjualan Tertahan dan Suram

Halo

Saya adalah salah satu penjual Shopee dengan nama toko hana_78, berfokus hanya menjual HP. Pernah merasa bangga menjadi penjual star setelah 2 bulan. Tapi tidak berlangsung lama, pada 20 September 2021 pukul 13.00 WIB, saya mendapat notifikasi bahwa akun saya telah dibatasi.

Singkatnya, langsung melakukan banding, melengkapi data diri termasuk KTP dan KK. 21 September dapat balasan email, isinya “perlu penyelidikan ulang”. Pada 22 September dapat email lagi yang isinya “akun tidak bisa diaktifkan kembali” dengan alasan “percobaan penarikan uang tunai”.

Memang iya, banyak pembeli yang menggunakan voucher kartu kredit dan Spaylater. Ada beberapa juga memakai akun berbeda, sama-sama menggunakan voucher kartu kredit dan dialamatkan yang sama (toko mereka). Di sini saya malas berpikir macam-macam. Selama ada pesanan masuk, ya proses, lalu saya kirim. Yang penting dagangan laku.

Mengabaikan semua order dari luar maupun dalam kota, saya libas semua. Metode pembayaran, diskon model apapun yang mereka gunakan saya abaikan, yang penting dana masuk ke saya sesuai harga jual. Semua pesanan yang masuk saya terima dan kirim. Tapi semua itu murni ya, tidak ada yang fake orders.

Toko saya adalah menjual barang fisik HP, yang saya dapatkan dengan cara beli dari berbagai marketplace lain. Sebagai bahan pendukung saya lampirkan sedikit bukti screenshot beberapa pembelian saya.

Kasus saya bermula saat ada pembeli datang ke toko berniat cek barang. Setelah setuju pembeli bilang tidak ada cash minta bayarnya pakai Spaylater. Dalam hal ini saya setuju saja dan barang sempat mau dibawa terlebih dahulu, tentu saya tolak dan jelaskan barang akan tetap dikirim sesuai proses biasanya.

Saya minta pembeli pesan lewat Shopee (pembeli minta diajari menggunakan Spaylater, posisi masih di toko saya). Paginya barang baru saya kirim. Setelah barang diterima oleh pembeli, dia langsung klik pesanan selesai, padahal dari kurir belum update “pesanan telah diterima”. 1 hari berlalu tidak terjadi apa-apa. Dan hari ke 2 tanggal 20 September saat itulah akun saya kena dibatasi.

Sampai saat ini sudah banyak cara telah saya lakukan, mulai banding lewat email, telepon cs Shopee, chat lewat Twitter @ShopeeCare., jawabannya sama, “tidak bisa diaktifkan kembali dan disuruh menunggu karena perlu meninjau ulang”.

Dengan menulis keluhan di mediakonsumen.com, saya berharap pihak Shopee bisa menanggapi permasalahan saya secara lebih serius lagi. Mudahan dapat mengaktifkan kembali akun saya atau setidaknya mengembalikan dana penjualan saya yang masih tertahan.

Maaf jika bahasa dan penulisan belepotan, selebihnya terima kasih.

Febri Andrianto
Kudus, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Akun Shopee Dibatasi, Saldo Penjualan Tertahan dan Suram

oleh Koro dibaca dalam: 2 menit
80