Buruknya Proses dan Pelayanan Klaim Asuransi Lion Parcel

Kepada Lion Parcel, tolong ditanggapi, jangan membisu seperti pelayanan di WA!

Pada tanggal 19 Maret 2024, saya melakukan pengiriman paket menggunakan Lion Parcel, dengan volume hampir 20 Kg dan nomor resi: 11LP1710840980845.

Paket berangkat dari agen sudah diproses dengan dibungkus rapi dengan plastik hitam menyeluruh dan dilakban bening menyeluruh juga. Namun paket tiba dengan kondisi basah kuyup.

Foto di atas adalah photo yang diunggah oleh agen pengantarnya sendiri. Ini jelas paket tidak di-handling dengan baik oleh pihak Lion Parcel. Karena kondisi basah ini terjadi kalau paket diguyur hujan deras selama berjam-jam atau paket jatuh ke sungai. Kalau alasan pengantaran saat hujan, tidak mungkin. Karena volume paket yang besar, jadi pengantaran oleh kurir menggunakan mobil bukan motor.

Berikut saya sertakan link video unboxing:

Item saya berupa mainan dengan brand/merek seperti Hot Toys, Premium Bandai Tamashii Limited, SIC, HOT TOYS Exclusive, Square Enix Playart KAI, BringArts, Enterbay dll. Jadi mungkin beberapa viewer postingan saya mengerti besarnya kerugian saya dari kerusakan paket ini dengan melihat brand/merek yang ada dalam paket tersebut.

Klaim saya ajukan. Lalu dari pihak asuransi Lion WA saya dan menanyakan detail transaksi. Semua transkrip chat saya screenshot dan saya folder-kan lengkap dari awal sampai terakhir diam membisu pihak yang menangani. Awalnya mereka menawarkan penggantian sesuai dengan yang diansuransikan yakni sebesar Rp1.500.000, dengan syarat mereka akan menarik 3 item dari isi paket tersebut. Namun langsung saya tolak.

Alasan penolakan saya adalah:

  1. Kompensasi senilai Rp1.500.000 tidak sesuai dengan besar kerugian yang saya terima.
  2. Penarikan 3 item yang bernilai Rp2.075.000 sebelum dirusakkan oleh Lion Parcel melebihi jumlah kompensasi yang dikeluarkan oleh Lion Parcel.
  3. Asuransi bukan pemilik item/pihak penjual (saya sebagai pihak penjualnya), jadi tidak ada klaim atas item dalam paket tersebut.
  4. Ongkir sebesar Rp595.000 tidak dikembalikan. Saya meminta hal ini, karena kesalahan dilakukan oleh pihak Lion Parcel.
  5. Asuransi digunakan untuk kompensasi kerugian penurunan nilai barang yang diakibatkan, bukan transaksi jual beli.

Kemudian katanya akan diajukan ke pihak manajemen oleh petugas yang melakukan kontak dengan saya melalui WA. Namun 2 minggu berlalu tidak ada kabar. Setelah lebaran pun (saat kantor lain sudah jalan), masih tidak ada kabar. Lalu saya coba menanyakan, tapi tidak direspons. Habis kesabaran saya. Saya bilang akan memposting ke media sosial, barulah direspons. Ini terjadi berkali-kali, tiap kali saya ancam akan bawa ke media sosial.

Lalu revisi kompensasi kedua keluar, yaitu mengganti sebesar Rp2.075.000 dan akan melakukan penarikan 2 item. Hal ini saya tolak lagi dengan dasar pertimbangan yang saya sebut sebelumnya. Lalu katanya akan coba diajukan kembali, tetapi sampai satu minggu membisu.

Karena saya tidak mendapat respons melalui WA, maka saya cek ke aplikasi dan menemukan bahwa status klaim saya sudah di-close dengan keputusan ditolak!

Selain tidak mau melakukan kompensasi penggantian kerugian, dan proses yang diulur-ulur oleh pihak perusahaan asuransi, ditambah tidak ada pemberitahuan kalau telah di-close tiket klaim, maka saya posting kasus saya di Media Konsumen. Saya hanya menuntut:

  1. Kompensasi kerugian, jadi tidak ada penarikan. Kalau melakukan penarikan, itu jual beli. Kalau mau beli, tolong melalui prosedur pembelian yang benar.
  2. Pengembalian ongkir yang saya keluarkan sebesar Rp595.000. Saya berhak meminta kembali ongkir tersebut, karena pihak Lion Parcel tidak melakukan pelayanan sesuai dengan yang diiklankan.

Semoga dengan ini akan ada perkembangan ke penyelesaian oleh pihak Lion Parcel dan perusahaan asuransi yang digunakan. Kerugian saya mencapai puluhan juta rupiah hanya dari paket ini saja, jadi tolong dipertimbangkan dan diselesaikan secepatnya, karena sudah lebih dari 1 bulan.

Agustinus Wijaya
Bantul, D.I. Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Buruknya Proses dan Pelayanan Klaim Asuransi Lion Parcel

  • 6 Mei 2024 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Setahu saya Kurir Lion Parcel itu Delivery atau pengantaran paket tidak menggunakan Mobil tapi menggunakan Motor. Mau paket Segede gaban ataupun sekecil apapun itu selalu menggunakan Motor dan mau hujan atau terik matahari pun begitu. Saya Mantan Kurir Lion Parcel Bogor.

    • 6 Mei 2024 - (20:16 WIB)
      Permalink

      Maaf mas/pak, kalaupun memang menggunakan motor dan terkena hujan sewaktu pengantaran, paket sudah di bungkus total dengan plastik hitam secara menyeluruh dan dilakban bening oleh agen dari jogja. Kalau memang memakai motor pun yang basah hanya bagian atas dari box. Tapi ini setelah dibuka seluruh isi paket dari atas sampai bawah basah semua dan bagian bawah lebih parah, karena box packaging mainan nya dipegang hancur. Jadi saya coret kemungkinan tersebut karena kalau memang terkena hujan dalam pengiriman memakai motor hanya satu sisi saja yang basah tidak keseluruhan isi. Dan info dari pegawai toko yang menerima bahwa paket diantar menggunakan mobil.

  • 7 Mei 2024 - (02:28 WIB)
    Permalink

    Ini sih menurut saya ya, plastik hitam itu bukan jaminan packing tersebut sudah safety untuk kondisi basah dari air seperti ini.
    Sebagai contoh kalau kita beli barang, dibungkus pakai plastik, pasti barang di dalamnya juga bisa berpotensi basah kalau terkena air. Karena sifat plastik gak sepenuhnya kedap air.
    Entah pihak agen pengirim sadar atau nggak atas kasus ini, tapi kalau saya pasti akan meminta penjual untuk setidaknya menganti plastik hitam tersebut dengan bubble wrap berlapis, karena dari segi keamanan akan lebih safety jika terkena air.
    Tapi ya nasi udah jadi bubur, semoga pihak lion juga bisa meningkatkan standar packing di SOP-nya untuk kasus barang mahal seperti ini. Kalau tidak sesuai SOP ya lebih baik ditolak dari awal. Supaya tidak ada yang merasa rugi dikemudian hari.

    • 7 Mei 2024 - (07:38 WIB)
      Permalink

      # paket dikirim menggunakan pesawat bukan trucking, jadi tidak memungkinkan terpapar hujan dalam waktu lama.
      # kondisi isi yang basah kuyup hanya mungkin terjadi kalau paket terendam atau berada di luar ruangan tak beratap di kondisi hujan lebat dalam waktu yang lama dalam keadaan diam / tidak dalam keadaan bergerak dalam pengantaran ( ini juga kalau mengantarnya menggunakan motor )
      # saya tidak mengatakan di bungkus full dengan plastik hitam plus dililit dengan lakban bening menyeluruh membuat 100% kedap air. dari hal tersebut menurut logika tidak akan mengakibatkan kondisi isi paket yang basah kuyup kalau hanya terkena hujan dalam pengantaran.
      # saya disini bukan untuk menjabarkan/meminta bagaimana cara lion memproses paket kiriman di agen nya atau bagaimana lion parcel memperlakukan paket yang dikirim. saya disini meminta pertanggung jawaban dan penggantian dari pihak Asuransi akan klaim saya yang diproses secara berlarut larut dan tidak memberikan kompensasi kerugian akan turun nya nilai barang dalam kiriman karena kondisi akhir tersebut, karena dari senin-jumat tidak pernah meresponse dan hanya meresponse di hari sabtu/kalau saya tekan untuk meresponse dimana akan diproses di hari senin dan kembali diam membisu sampai sabtu lagi untuk diulang kembali. lalu berakhir dengan hari sabtu kemaren kalau saya tidak mau menyutujui syarat penggantian mereka sebelum pukul 16:00 maka klaim hangus karena sudah melebih 30 hari.
      semoga sodara ttm bisa mengerti dari poin poin yang saya jabarkan diatas alasan saya membuat surat pembaca ini

  • 7 Mei 2024 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Melihat kurirnya sy tdk yakin tuntutan puluhan juta dikabulkan dan bila mengacu 10x ongkir harusnya 5.950.000

    • 7 Mei 2024 - (08:56 WIB)
      Permalink

      saya tidak mengharapkan full kompensasi. melihat pengalaman dari seller seller lain yang saya kenal dari courier manapun, paling besar mereka hanya mendapatkan 30% dari total nilai barang yang di asuransikan. dan yang saya unggah adalah proses dan pelayanan dari perusahaan asuransi yang dipakai oleh Lion Parcel yang dengan sengaja mengulur waktu dengan tidak meresponse serta tidak ada mau mengeluarkan kompensasi yang sesuai dengan asuransi dalam hal ini mereka hanya akan memberikan kompensasi dalam jumlah yang saya tulis dalam artikel dan akan menarik item dari isi paket tersebut.

  • 7 Mei 2024 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Per tanggal 7 Mei 2024 pada pukul 15:00 permasalahan sudah terselesaikan dengan pihak Asuransi Lion Parcel, berkat dukungan artikel ini. Terima kasih kepada yang sudah bantu dengan koment pada artikel ini. Saya tidak akan memperpanjang lagi karena sudah terselesaikan dengan hasil yang disetujui oleh kedua belah pihak

 Apa Komentar Anda mengenai Lion Parcel?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Buruknya Proses dan Pelayanan Klaim Asuransi Lion Parcel

oleh Agustinus Wijaya dibaca dalam: 2 menit
10