Rekening Permata Dibobol 20 Kali Dalam Waktu 2 Menit Tanpa OTP

Pada tanggal 11 Mei 2024, ketika saya sedang berada di suatu pusat perbelanjaan dan ingin berbelanja, saya mendapati bahwa rekening saya melakukan transaksi bertubi-tubi. Akan tetapi tidak ada notifikasi transaksi, pengiriman kode OTP, maupun notifikasi login ke akun PermataBank.

Transaksi sebanyak 20 kali dalam kurun waktu kurang lebih 2 menit, dilakukan tanpa dideteksi “aneh” oleh sistem. Yang mana terdapat beberapa kali transaksi dalam jam, menit, dan detik yang sama. Namun dikarenakan saya sedang berada di luar Indonesia, saya pun menelepon orang tua saya yang kebetulan sedang berada di Indonesia untuk membantu proses pemblokiran kartu saya.

Pada tanggal 12 Mei 2024 pukul 11.27, pihak PermataBank mengirimkan form untuk sanggahan transaksi.

Jujur, saya agak kecewa dengan jawaban dari salah satu customer service yang bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan ya atau tidak. Setelah email yang saya kirimkan terakhir, tidak terdapat lagi balasan hingga saat ini, tanggal 18 Mei 2024 pukul 18.32.

Pada tanggal 18 Mei 2024, saya kembali menelepon pihak PermataBank dan hanya mendapati info untuk diminta sabar menunggu.

Saya mohon penjelasan dari pihak PermataBank lantaran saya merasa sangat dirugikan baik secara finansial, waktu, dan tenaga. Setelah saya berbicara dengan keluarga dan teman, mereka juga menemukan beberapa kasus serupa dan juga mengalami hal yang sama.

Pihak Permata Bank, saya mohon untuk menyelesaikan kasus ini sesuai aturan yang tertera, juga proses pengembalian dana. Terima kasih atas perhatiannya.

Salam.

Jason Husdin
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Rekening Permata Dibobol 20 Kali Dalam Waktu 2 Menit Tanpa OTP”

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Jason Sebastian Husdin, berjudul “Rekening Permata dibobol 20 kali dalam waktu 2...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Rekening Permata Dibobol 20 Kali Dalam Waktu 2 Menit Tanpa OTP

  • 19 Mei 2024 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Jadi ceritanya gara gara apa ini koq bisa ada trx ilegal? Apakah aplikasi yg error atau ada install apk penipuan? Klick link di wa?

    1
    2
    • 19 Mei 2024 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Tidak ad menginstall apk ataupun mengklik link apapun. Tiba” pas cek aplikasi permata baru terkejut ada banyak transaksi. Saya langsung cek gmail notifikasi login, tidak ada riwayat login, notifikasi transaksi ataupun pengiriman kode otp ke nomor telepon juga tidak ada.

      7
      1
      • 19 Mei 2024 - (21:05 WIB)
        Permalink

        Ini kenanya karena kartu kredit ya? Saya cek di gambar trxnya keterangan Visa untuk beli voucher game? Apa ada kemungkinan ada aplikasi yg memakai rek permata sebagai alat pembeyaran?

        N keep update ya Kak..permasalahan kejebolnya kenapa….

        3
        1
        • 20 Mei 2024 - (00:40 WIB)
          Permalink

          Engga kak. Ini kenanya di kartu debit. Saya juga penasaran kenapa bisa begitu, transaksi dalam hitungan detik tidak dicurigai sistem.

          Thanks ya kak, will update.

          5
          1
          • 20 Mei 2024 - (08:19 WIB)
            Permalink

            Ini kartu debit PermataME, jadi data kartu sudah bocor. Segera blokir dan ganti kartu sih kalau menurut saya. Kalau transaksi mobile banking, begitu kita login akan ada notifikasi email. Kartu debit memang kurang proteksi karena itu dana nasabah, beda kalau kartu kredit kalau ada transaksi bertubi-tubi dan nominal seragam seperti itu harusnya sistem bank bisa proteksi. Saran sih jangan taruh banyak dana di rekening yang terhubung dengan kartu debit. Tempatkan di rekening atau pocket (kalau Bank Jago ada ini) lain.

            6
            1
        • 21 Mei 2024 - (10:23 WIB)
          Permalink

          Hai kak,ijin berkomentar ya
          Kemungkinan itu ada tindakan ilegal oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan di kredit / debit card itu kan ada semacam nomor depan kartu/debit card yang dinamai ( BIN ), nah BIN itu bisa di generate dan bisa menghasilkan nomor kartu kredit orang lain ( korban ),jika pelaku mendapatkan nomor kartu/debit card yang aktif dan si pelaku melakukan checkout/buying di situs atau aplikasi yang menggunakan 2ds ( tanpa keamanan / otp saat transaksi ) itu bisa merugikan korban seperi kakak nya

          Terimakasih

          • 21 Mei 2024 - (17:43 WIB)
            Permalink

            Wah jelasin dong Kak..jd ini karena sistem permata yg kurang baik atau bisa di amankan dari sisi nasabahnya juga?

      • 20 Mei 2024 - (23:12 WIB)
        Permalink

        Kemungkunan besar carder ,,, scenario nya banyak

        Again trasaksi menggunakan cc via situs online kemudian situs itu kena hack dimana database berisi cc info berhasil di extract oleh hacker

        Hacker bisa menggunakan cc anda dengan cukup mengetahui no cc Dan no cvc (disimpan dlm database biasanya oleh situs2 online shop)

      • 21 Mei 2024 - (00:09 WIB)
        Permalink

        Ini CC bkn ? Klo iya emang langganan Koh.. saya sdh 3 Kali kena pembobolan Tanpa otp transaksi di game online sampai limit dikuras habis. Taunya pas dpt notif ada transaksi gagal. Pas cek limit udh kosong. Langsung lapor pihak permata tel nunggu 1 bln investigasi limit balik Lg. Kejadian ini sdh 3 Kali saya alami. Seingat saya selang kurun 2 thn terjadi pembobolan ke 2 Dan ke 3. Agak ngeri jg ga akan Gini. Ci** nia** jg pernah tp ga sesering permata

  • 20 Mei 2024 - (16:19 WIB)
    Permalink

    kalo yg jebol credit card bisa disanggah, most likely bakal balik limitnya karena transaksinya suspicious emang, nah debit card ini yg susah, stigmanya ini uang nasabah bukan uang bank cem credit card itu, jd ya banknya lambretta lamborghini handlenya

    5
    1
    • 20 Mei 2024 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Kalo ini sih keliatannya data kartu debit nya udh bocor.. Setauku kartu debit kalo dipake transaksi di merchant luar negeri itu gk pake otp sama sekali. Cukup no kartu debit, tgl kadaluarsa kartu dan cvv udh bisa pake transaksi.

      Saya pernah pake kartu debit PermataME untuk transaksi di merchant online dalam negeri pake OTP, tp kalo transaksi merchant online yg dari luar negeri itu gk pake OTP. Apalagi yg bersifat langganan, kalo langganan bahkan bulan depannya bisa ketarik langsung uangnya.

      1
      1
  • 20 Mei 2024 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Kapan terakhir kartu debit nya digunakan? dimana dan transaksi apa? Dulu debit permataMe ini bocor data kartunya dan pihak permata sempat melakukan refund ke para nasabah, namun bisa juga karena dicuri datanya saat digunakan, saranku kartu debit/cc nomor CVV di hapus/coret2 di fisik kartu dan amankan di catatan yg aman.

 Apa Komentar Anda?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Rekening Permata Dibobol 20 Kali Dalam Waktu 2 Menit Tanpa OTP

oleh Jason dibaca dalam: 1 menit
13