Surat Pembaca

Ancaman Sebar Data oleh DC Kredit Pintar

Nama saya Bambang Nurdiansyah. Saya nasabah Kredit Pintar dan mengalami macet pembayaran pada bulan November selama satu bulan, dikarenakan saat ini saya menganggur dan belum ada dana untuk membayar.

Namun cara penagihan oleh DC Kredit Pintar sangatlah tidak sopan. Mereka mengancam akan menyebarkan data diri saya, serta mengedit foto saya dengan mengganti hidung saya menjadi hidung babi.

Apakah ini prosedur yang dilakukan Kredit Pintar? Saya sudah coba melaporkan tindakan ini ke AFPI, tapi belum ada tanggapan. Saya sudah coba menghubungi CS Kredit Pintar via email, tapi tidak ada tanggapan. Apakah ini yang dilakukan oleh aplikasi yang katanya legal?

Bambang Nurdiansyah
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Diberi masukan malah dikatain DC
    Hadeh nih org koplok bener dah
    Makan tuh utang, udh tau riba malah dicoba
    Pasti niat awal cuma mau minjam duit trs gl bayar
    Klo berani aplod ss chat lu semuanya tanpa sensor
    Tanpa hapus chat dll

  • PINJOL mah gak usahbdi bayar. Kita hadapi saja dengan cara bar2, pasti mereka mundur sendiri

  • Kalau bisa jangan pernah meminjam bro, tapi yang namanya kepepet ya mau gimana lagi ya semua juga tidak bisa berkutik apa apa, negara saja masih bisa berutang. Tapi dengan cara DC bertindak seperti itu sangat tidak profesional banget, Cara bertindak, tingkah laku, susun kata bicara. Bukannya Pengancaman dan penyebaran data itu ada hukumnya di negara ini? Mereka dapat pendidikan dimana? Padahal dari perusahaan pasti memberikan prosedur yang baik dan apa yang harus dilakukan.
    Saya tidak membela siapa siapa, untuk DC kedepannya bertindak lebih profesional lagi jangan sampai ada kata yang melanggar hukum, ingat pengancaman dan penyebaran data itu hukumnya berat loh lebih kasian lagi keluargamu kalau sampe terjerat hukum dan untuk pengutang jangan sampai mengutang lagi usahakan, ingat mengutang itu tidak menyelesaikan masalah tapi hanya menunda masalah ditambah utang itu adalah masalah jadi kamu harus menyelesaikan dua masalah sekaligus nantinya.

    • Betul itu. Saran aja klo kepepet jgn solusi nya ke pinjol deh. Banyakin baca berita korban pinjol. Msh banyak solusi lain. DC seperti ga berpendidikan, ga punya sopan santun. Saya tau yg jd DC nya punya anak2 baru pada lulus. Saya kenal betul beberapa DC di bank terkenal sikap mereka profesional dan berpendidikan. Sopan santun dijaga. Ingat anda sopan kami segan. Anda kurang aja kelar lo. orang jd respect yg tdnya ga punya dana dibela belain untuk bayar utang cara dimana pun klo caranya yg benar dan profesional. Tapi klo cara2 preman dan org pasar maaf ada duit pun ogah saya bayar.

  • Yaaah DC lagi...dah tinggal bobok aja biar mo ngomong apa,percuma di layani pake wa bos bikin jari keriting aja...mending suruh datang aja ke rmh di ajak ngopi bareng gitu...skalian liat apa bacot nya besar kyk yg di wa...????

    • Hahaaa...paling ngeliat muka kite aja ga berani. Jalan nunduk sambil "permisi om/tante"..kasian gajinya berapa sih?

  • Zaman sekarang yang Ilegal atau Legal cara penagihannya ngga beda kok sama kasar dan brutalnya.. entah itu sebatas ancama belaka atau memang beneran dilakukan prosedur penyebaran data hutang debitur ke semua kontak yang sudah di retas dari HP debitur dan cara yang mungkin jauh lebih extreme lagi.., Semoga debitur yang sudah terlanjur pinjam bisa segera terlepas dari jeratan pinjol ya

    • Aamiin...jauh2 dah yg namanya pinjol2. Klo semua org sadar tidak pinjam ke pinjol lama2 kan tutup tuh pinjol karena tdk dpt keuntungan. Paling ngemis2 sms dengan kata2 "selamat anda dapat kenaikan limit...bla.bla..bla batas sampai hari ini". Di tlp..."ga sayang pak/bu limit segitu kenapa blm dicairkan....bla...bla.bla..."

  • Jangan di bayar biar bangkrut sekalian, lagian dia sudah melanggar UU ITE, brati dia termasuk pinjol ilegal himbauan pemerintah jgn di bayar Jagan takut ama pinjol

  • Kalo anda telat itu emang resiko anda karena anda melanggar aturan mainnya.
    Kecuali kalo belom telat 1 hari ditagih tagih sampe diancam kek setan seperti yang saya rasakan barulah marah.
    Jangan main main sama PINJOL deh isinya setan smua.
    Ini saya kurang 1 cicilan lagi dah ga sentuh2 pinjol lagi, cukup tau aja cara main pinjol kek gimana buat pengalaman.

    • Setuju bang. Saya juga terakhir kalinya tidak akan berurusan dgn pinjol dan pesan yg buat yang butuh dana JANGAN PERNAH AJUIN KE YANG NAMANYA PINJOL. Telat sehari aja dan uda kasih alasan yg jelas. Dan kasi tau kapan saya sanggup bayar tidak lebih dari sebulan. Mereka uda ky kesetanan ga mau tau menahu kendala nasabah, seolah2 tutup mata tutup telinga mereka. Padahal saya msh pny rasa tanggung jawab. Tetap dikatakan tdk pny itikad baik. Masa tidak ada toleransi apapun dr mereka. Digaji berapa sih mereka2? Jd kasian. "Barang siapa membahayakan orang lain maka Allah akan membalas bahaya kepadanya dan barang siapa menyusahkan atau menyulitkan orang lain maka Allah akan menyulitkannya." (HR al-Tirmidzi dan Ibnu Majah)