Surat Pembaca

Ancaman Sebar Data oleh DC Kredit Pintar

Nama saya Bambang Nurdiansyah. Saya nasabah Kredit Pintar dan mengalami macet pembayaran pada bulan November selama satu bulan, dikarenakan saat ini saya menganggur dan belum ada dana untuk membayar.

Namun cara penagihan oleh DC Kredit Pintar sangatlah tidak sopan. Mereka mengancam akan menyebarkan data diri saya, serta mengedit foto saya dengan mengganti hidung saya menjadi hidung babi.

Apakah ini prosedur yang dilakukan Kredit Pintar? Saya sudah coba melaporkan tindakan ini ke AFPI, tapi belum ada tanggapan. Saya sudah coba menghubungi CS Kredit Pintar via email, tapi tidak ada tanggapan. Apakah ini yang dilakukan oleh aplikasi yang katanya legal?

Bambang Nurdiansyah
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • NAH INI KAN TERJADI, SEKARANG HARUS BENAR2 PERHATIAN UNTUK OJK DAN YANG TERKAIT, ADA BEBERAPA PINJOL YANG DC NYA BENAR GAK PAKE ETIKA NAGIHNYA WALAUPUN TELAT KITA MASIH KOOPERATIF SAJA MEREKA DAH NELPON KE SEMUA KONTAK DARURAT, JADI KEPADA OJK DAN YANG TERKAIT JANGAN HANYA URUS APLIKASI PINJOLNYA TAPI JUGA DC NYA,, AJARI MEREKA ETIKA NAGIH KITA JUGA KALAU DI TEROR BEGITU TIAP MENIT HARUS JAWAB BAGAIMANA BISA CARI DANA BUAT BAYAR, DAN OJK JUGA AWASI DAN BERI TUNDAKAN TEGAS KE PINJOL2 YANG MASIH NAGIH DGN TIDAK PAKAI ETIKA ,YANG JELAS KALAU GAK BERHUBUNGAN DENGAN NYAWA LEBIH BAIK HINDARI PINJOL

    • Caranya di pengaturan HP ada fitur pengaman itu diklik nanti gambar kayak virus atau logo yg asing itu diklik matikan semua yg nyambung didata mana saja nanti akan kelihatan setelah itu dimatikan trz hapus aplikasinya dan restart kembali hpnya..
      Saran saja sie..
      Dari pada diuber debcolektor pakai aplikasi true caller disana yg masuk spam pasti akan mati otomatis jika ada tlp DC dan hapus aplikasinya.

      Semoga membantu ya gaaes..

  • Aplikasi pinjol hampir semua lintah darat bunga nya mencekik ada juga tenor nya cuma 7 hari padhal kita kerja ja di bayar 30 sudah pasti orang pinjam akan terjerat utang pinjol.buat yg nutup 7 hari blm puya uang pjnjem lagi tutp lubang gali lubang ke pinjol lain yg nya tenor nya 7 hari makin lama makin membengkak.kalau gak bayar resiko di permalukan sebar data di intimidasi tolong kepada OJK hilangkan di muka bumi itu yg nama nya pinjol ilegal yang penagihan dengan cara intimidasi sebar data.kita semua yang lagi butuh pinjaman uang buat kebutuhan hidup...bukan jadinya pinjam uang buat bayar utang.

    • Sebaiknya jgn mau pakai fasilitas pinjol..banyak pinjaman2 lain tanpa agunan..dari BPR sebaiknya manfaatkan pinjaman dari BPR saja lebih humanis penagihannya

    • Pakai aplikasi kredivo, ada kami, UKU, kredito, easy cash setauku yg bisa cicilan bayar bulanan ..setauku sie..karena aku sudah pernah pakai dan aman tanpa meminta menyambungkan ke data lainnya selain kamera, lokasi dan tlp

  • Sedikit curcol emang di KP gila banget DCnya. Saya telat sehari pembayaran karena ada sedikit masalah dan sudah info akan dibayarkan besok. Langsung sebar ancaman mau sebar data datang ke kantor lah dsb. Dah lah lgsg saya bayar besok pagi nya. Alhamdulillah sekarang dah gak ada lagi utang pinjol. Untuk teman" yang masih ada sangkutan di Pinjol saya saran tetap dilunasi karena kita juga pinjam dengan sadar dan semoga cepat lunas. Untuk yg ga punya pinjol saya sarankan jangan coba" pinjem di pinjol. Semoga ada perlindungan konsumen untuk kedepannya.

  • Ga usah takut bang mereka itu cm gertak sambal aja krn biasanya klo yg legal itu paling yg di hubungi cm kontak darurat yg abang daftarkan di aplikasi saja.. Tp saran tetap dilaporkan ke polisi karena sudah ada unsur pengancaman buat laporan nya saja dulu trs abang foto kirim ke DC nya itu, klo sdh ada uang wajib dibayar ya bang, pengalaman sy kemarin seperti itu

  • Enak ya yg pinjol2 kek gni, awalnya minjem mah gampang kek membalik talapak tangan berasa disurga kan yaa nah skrg baru ketauan rasanya kek dineraka, nafas aja smoe kagak bisa kan. Tp entah knp masih aja ada yg mau kredit2 ala2 online gni. Ga ngerti gw. Ya itulah resiko pinjol sih terima aja. Ada yg d tagih sopan ada yg kagak sopan. Ya tergantung rejeki lu aja sih. Jd klo ga punya duit tlg jangan banyak gaya sih ga usah beli brg branded atau foya2 buat di pajang di medsos. Klo makan jg secukupnya ga usah nongkrong d starbuck atau resto, makan nasi bungkus aja ga usah gengsi. Klo banyakan gengsi ya gni. Cari duit aja jualan cilok bakso mie ayam. tu ga usah mimpi jd youtuber supaya dapet duit cepet.

  • CIE YG KENA MENTAL HUTANG BISA BAYAR TIDAK BISA CIEE CIEE :??

    MENCOBA MENUTUPI AIB BAHASA/RESPON NYA KASAR DGN CARA DI BLUR CIE CIE ??

  • Saya juga dulu pernah punya tanggungan di Kredit Pintar. Memang gitu cara nagihnya, malah dulu saya yang nelpon cewek, dan sampe nelpon ke HRD saya di kantor. Akhirnya sampe saya terpaksa hutang ke adik ipar saya buat bayar hari itu juga. Tapi gak minjem kesana lagi. Kapok sudah.

  • Ajukan cicilan saja bila sdh ada dana, klo mmang blm bekerja hadapi saja gpp...pling mentok 4bln sdh gk ditelp2 lgi....mrka gk brni ktmu braninya hnya lwat telp/WA