Surat Pembaca

Saya Tidak Pernah Punya Paylater Manapun, tapi Di-spam Email dan Telepon oleh Indodana

Selamat sore,

Perkenalkan nama saya Wahyuni. Ini kali pertama saya memuat keluh kesah di media massa khususnya media konsumen.

Sebenarnya saya bukan tipikal orang yang sedikit-sedikit blow up ke media, cuma saya rasa ini sudah sangat merugikan dan membuat saya tidak nyaman dibuat oleh pihak Indodana dikarenakan komplain yang saya utarakan ke pihak Indodana tidak ada tanggapan sama sekali.

Selama ini saya tidak pernah berhubungan sama paylater manapun namun sejak bulan November tahun lalu saya sering mendapatkan email dari pihak Indodana dan saya merasa sangat tidak nyaman serta merugikan saya.

Ini adalah email dari pihak Indodana yang saya terima sejak Nov 2021 hingga hari ini pun saya masih terima email promo dari pihak Indodana. Awalnya saya merasa biasa aja karena saya pikir ini hanya email spam promo namun semakin ke sini semakin sering saya terima email dan telephone dari pihak Indodana, sehingga saya semakin curiga

Tidak sampai di sini saja kekesalanku, saya selalu di telpon dari nomor dengan kepala 0895.. namun sama sekali tidak saya tanggapi dan saya cari dari aplikasi pendekteksi nomor Handphone ternyata dari pihak Indodana salah satunya adalah debt collector Indodana.

Dan terakhir pada tanggal 27 Januari 22 saya ditelpon dari nomor +6289501032371 dengan suara perempuan konfirmasi mengenai pengisisian data akun Indodana yang mana selama ini saya tegaskan saya tidak pernah memiliki paylater manapun termasuk Indodana.

Pada saat saya menyampaikan komplain kenapa Anda (pihak Indodana) selalu mengirimkan email dan teror kepada saya sedangkan saya tidak punya akun Indodana dan saya tegaskan saya tidak pernah apply akun Indodana dan jangan sampai ada penyalahgunaan data pribadi saya, dengan tidak sopan telpon diputus secara pihak oleh perempuan tersebut. Disini saya bertambah kesal karena pelayanannya amat sangat buruk.

Yang jadi pertanyaan saya kepada pihak Indodana

  1. Darimana pihak Indodana bisa mengetahui alamat email dan nomor handphone saya.
  2. Kenapa pihak Indodana terus menerus mengirim email promo dan telephone saya dimana salah satunya dari pihak debt collector,artinya saya memiliki tunggakan yang mana saya tidak pernah sepeserpun menggunakan dana dari Indodana.
  3. Kenapa Indodana sama sekali tidak merespon komplain saya sedangkan ini hal serius sangkut paut dengan laporan SLIK jika memang nama saya terdapat tunggakan.

Dengan adanya muatan surat pembaca ini, harapan saya pihak Indodana menjelaskan kepada saya untuk 3 pertanyaan diatas. Saya tunggu itikad baik dari Indodana untuk menjelaskan keluhan saya saat ini.

Saya tegaskan sekali lagi saya tidak pernah punya akun paylater manapun termasuk Indodana. Jika sampai saya memiliki akun di Indodana dan ada tunggakan, artinya ini pihak Indodana menyalahgunakan data pribadi saya dan sangat merugikan saya.

Terima kasih.

Wahyuni
Purworejo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan INDODANA atas keluhan Ibu Wahyuni

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Ibu Wahyuni di Media Konsumen tanggal 30 Januari 2022 dengan judul “Saya Tidak Pernah...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Emailnya blokir ajahh nahh
    Trus jgn smp qnda berurusan sm rentenir bs2 bdn anda tinggl tulang doank heheekkk

    • Iya, ga urusan sm rentenir aja udah tinggal tulang aja kok, heheh. Btw thanks komentarnya ya

  • Kalau semua sudah dilakukan (block telp, unsubscribe email) dan anda masih merasa terganggu, solusi terakhir adalah buat laporan polisi dengan menggunakan pasal perbuatan tidak menyenangkan dan pencurian data/ penggunaan data pribadi anda. Untuk pelaporan usahakan ditingkat polres atau polda karena laporan akan lebih cepat dieksekusi, pastikan laporan sudah masuk ke bagian reskrim.

    Setelah selesai tembuskan bukti pelaporan ke ojk dan ke pengirim email (indodana), tembuskan saja via email.

    Kalau ingin lebih cepat lagi dibuat viral saja, melalui chanel2 yg pasti akan membantu anda.

    Atau bisa juga anda berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menjebak pelaku, contohnya dengan sepengetahuan pihak kepolisian anda bisa mengatakan kepada indodana kalau anda minat dan setuju tapi dengan syarat harus datang kerumah anda, tunggu kehadiran mereka dirumah anda bersama pihak kepolisian, dan selesaikan semua disitu.

    Yg perlu diperhatikan semuanya harus direkam video supaya bukti lebih akurat dan kuat. Sekedar masukan saja dan semoga bisa menjadi solusi masalah anda.

  • Semua itu bukan masalah... Itu hanya sebatas promosi saja. Jika tidak suka dapat email laporkan menjadi email spam dan otomatis email tersebut tetap masuk tapi ke kolom spam.
    Untuk penyebaran data semua ketentuan di e-commerce itu berlaku karena Meraka kerjasama dan sudah ada MOU nya, jadi semua itu legal dan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

    Selagai tidak ada Tagihan ngapain dipermasalahkan... Buat apa pusing hnya dengan email promosi.

  • Mantep mbak, hidup tanpa paylater. Saya juga pengalaman sama, tapi dengan App Kredit Pintar. Saya gak pernah daftar tapi malah ditawarin mulu. Jadi parno sendiri, kok bisa ya mereka dapat data kita. Email mereka cukup di mark as spam dan unsubscribe di opsi bagian bawah. Kalau telepon, tinggal setting opsi jangan terima telepon yang tidak terdaftar atau dikenal.

  • Hari ini tgl 03 Feb 22 saya telah dikonfirmasi oleh pihak Indodana terkait keluhan saya di MK.
    Pihak Indodana sudah menjelaskan detail permasalahan yg saya alami dan memberikan solusi.
    Terima kasih MK dan Indodana untuk respon baik nya.
    Terima kasih untuk para pemberi komentar positif, untuk komentar yg menganggap hal ini bukan sebuah masalah semoga tidak anda alami.
    Semoga para pembaca tidak mengalami keluhan serupa dg yg saya alami
    Terima kasih