Surat Pembaca

Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

Saya pernah meminjam di aplikasi pinjol di Aplikasi CashCashNow, Dompet Super, dan Pinjaman Kredit dan sudah melunasi semuanya. Kemudian saya sudah meng-uninstall aplikasi pinjol tersebut.

Pada tanggal 14 juni 2022 saya dengan sengaja menginstal kembali aplikasi CashCashNow tersebut untuk mengecek apakah data diri saya sudah terhapus atau tidak, ternyata masih aktif. Dan kagetnya saya ada 2 produk dalam tagihan itu mengatasnamakan saya sedangkan saya tidak pernah mengajukan pinjaman apapun.

Kemudian saya menelpon pihak yang mengatasnamakan aplikasi CashCashNow di email saya untuk mengkonfirmasi persoalan tagihan tersebut, dia siap membantu menghapus tagihan itu. Saya mengikuti alur sesuai perintah dia, kemudian dia menyuruh saya untuk menginstal juga aplikasi Dompet Super DAN Pinjaman Kredit yang alasannya untuk mempermudah penghapusan tagihan.

Saat saya membuka aplikasi Dompet Super saya kaget langsung masuk pencairan dana sebesar 5.525.000 ke rekening saya, karena panik saya melihat menjadi tagihan atas nama saya sedangkan saya sama sekali tidak meminjam. Tapi dia masih menenangkan saya dengan berdalih itu prosesnya.

Lalu saya dialihkan lagi ke aplikasi Pinjaman Kredit untuk melakukan hal yang sama untung saja di aplikasi Pinjaman Kredit menolak. Kemudian dia meminta saya untuk mengembalikan dana yang masuk ke rek saya ke rek Dompet Super yang dia kirimkan maka otomatis seluruh tagihan yang mengatasnamakan sy di CashCashNow DAN Dompet Super terhapus secara otomatis dan data diri saya akan terhapus juga.

Saya pun mengirimkan semua limit yang masuk ke rekening saya, namun setelah saya mengirimkan uang tersebut masih saja saya melihat ada tagihan itu.

Selang 2 hari pasca kejadian, saya kaget ada SMS dari beberapa produk Pinjaman Kredit yang mengatakan pengajuan pinjaman anda tidak disetujui dan ada yang disetujui tetapi harus mengisi data kembali. Dengan sigap saya pun membalas sms tersebut mengatakan untuk tidak menyetujui pinjaman yang mengatasnamakan saya karena bukan saya yang mengajukan dan saya sudah tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Rumit memang masalah yang sedang saya hadapi ini. Sedangkan tagihan atas nama saya jatuh tempo tanggal 18 Juni dan 20 Juni.

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas semua pinjaman tersebut karena saya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut lagi. Jika terjadi penagihan kepada saya akan saya laporkan kepada pihak kepolisian dan akan saya usut untuk diangkat ke siaran berita METRO TV karena saudara saya bekerja sebagai wartawan untuk stasiun televisi tersebut.

Terima kasih.

St Nurhasnah
Sumbawa, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pinjol ilegal sesuai titah menko mahfud gak usah dikembalikan. Jd biar tau rasa mreka memperlakukan anda semena mena. Tinggal ganti nomor aja

    • Nah, baru sekarang saya tahu kalau sesuai titah pak menteri uang yang masuk ke rekening saya tidak perlu dikembalikan. Mungkin karena waktu itu sangat panik karena saya tidak merasa diri meminjam tapi langsung ada pencairan dana di rekening saya makanya saya cepat² kembalikan, gak tahan mau tanggung resiko. Alhamdulillah sekarang sudah ganti nomor

      • Mba, waktu itu kembalikan uang nya ke yang ngaku2 admin ya??
        Hari ini saya baru ketipu mbak?
        Gimana ya mbak solusinya?

          • Jadi mbak di abaikan saja? Apalagi saya sudah mengembalikan dana sesuai yang di minta admin itu

          • Oiya mbak, jadi ada DC yang datang kerumah mbak apa gak mbak? Mohon dijawab ya mbak?

        • saya juga udah sempet mengembalikan ke yang ngakubadmin kak.
          sampe sejauh ini belom ada no kontak yang dihubungi, atau dc yang dateng ke rumah mungkin tanggal jatoh temponya baru hari ini.
          tapi saya udah ditagih dari beberapa hari lalu.

          uninstal ajah kak apk nya.
          sebelum di uninstal, dipeeizinannya ditolak semua dulu.
          terus hapus data &hapus cache

          • Oh gitu ya kak..
            Baiklah kak, saya juga sudah kembalikan semua uang sesuai yg masuk ke rekening saya .
            Saya takut aja kalau ada kontak yang di hubungi.
            Kakak ganti nomor? Atau ada lapor polisi juga kah?
            Mohon dijawab lagi ya kak, saya betul2 buntu saat ini?

      • Mba, izin bertanya.
        Kemaren mba nomor kontak nya ada di hubungi gak? Atau ada DC datang kerumah gak mba?
        Mohon di jawab ya mba?

        • @Mba Putry, izin bertanya.
          Kemaren mba nomor kontak nya ada di hubungi gak? Atau ada DC datang kerumah gak mba?
          Mohon di jawab ya mba?

          • Alhamdulillah, saya hapus semua izin utk aplikasi tersebut dipengaturan hp lalu uninstal aplikasi otomatis semua data perangkat kita yg masuk ke mereka terhapus otomatis. Lalu segera ganti nomor hp. Sejauh ini semua kontak di hp sy tidak ada yg menelpon dan juga saya sudah melaporkna ke polisi serta mendapatkan bantuan hukum dr advokat

  • @Putri.
    Ya betul itu perintah pak Menkopolhukam wajib ditaati tdk usah dibayar. Ada kok do kompas, detik, cnn dll ?

    Makanya ada beberapa "sindikat" yang kerjanya "mengerjai" pinjol ilegal ini.
    Dan pendapatan mereka ini ckp fantastis sebulan bisa meraup puluhan hingga ratusan juta dari "ngerjain" pinjol ilegal ini.
    Cara kerjanya sy jg ga tau bisa serapih itu mulai dr ktp aspal, rek aspal sampe selfie aspal pun bisa ?.
    Cb liat2 di yutub ada bbrp postingan yg org2nya selalu pakai masker & suaranya dimixer

  • 2019 saya jg punya kasus sm akulaku, limit ludes 4,5jt ada yg belanja cicilan pake shopee. awalnya dulu 2019 saya sibuk jd irt hingga jarang pegang hp karena anak masih bayi. saya mmg punya aplikasi dan pernah transaksi sekali beli pempers diaplikasi akulaku langsung. disore hari pas saya baru liat hp tiba2 banyak sms otp masuk kode akulaku. panik dong. saya coba masuk aplikasi akulaku selalu ke logout sendiri dan berulang2 seperti itu. setelah bisa 5menit saya login betapa kaget nya limit saya hilang 4,5jt untuk belanja cicilan dishopee. saya langsung telp cs habis pulsa 100rbu dan jawaban mereka ttp saya yg harus tanggung jawab untuk membayar tiap bulan. saya minta diusut untuk cari tau siapa aku shopee yg make limit saya dan minta alamat pengirimannya tetapi mereka ga bisa. karena sistem nya kurang canggih entah apalah. intinya saya kekeh ga mau bayar. sampai akhirnya 3bln berlalu saya didatangin dc kerumah untuk menagih, karena saya sudah siap mental ya saya bicarakan saja apa adanya. seminggu kemudian dtg lg dc menagih dan saya kasih penjelasan lg. 2minggu kemudian dtg lg dc ke 3 dan dia bilang saya sudah memakai limit dan digestun. dgn enaknya dia menuduh saya. saya balikin lg ajah gimana kalau anda ada diposisi saya mas. kebetulan suami kerja dibank bri. disamperin lah sm suami dan dibicarakan dgn seksama soal fintech. bahwa kami ini ga bodoh2 bgt. sampe skg 2022 ga pernah ada dc. tp saya masih diteror via email mengatasnamakan akulaku untuk menagih dan mengancam akan bikin surat somasi dibawa ke jalur hukum. anehnya email itu bulan resmi dr pihak akulaku. alias oknum lapangan. saya ga pernah ladeninin sampe skg. jika mmg fia mau menagih lg dan dtg kerumah, kerabat saya yg polisi yg akan mendampingi saya. jika mmg saya di balcklist bi saya sudah ikhlas. kredivo dan shopee pinjam sampe akg masih ngasih limit besar ke saya. intinya skg hati2 saja dgn aplikasi fintech seperti itu ??

  • saya ada pinjaman juga di dompet super.. kebetulan sudah jatuh tempo dana masih kurang, disitu ada DC yg menagih dengan alasan bisa dibantu dengan dana yg ada Sebelum2nya di pinjol lain.. sy ada dana berapa bisa dibantu untuk melunaskan.. kmrin Pas saya mau dibantu sy Bilang kode VA nya kenapa bukan saya.. dia dengan cara bermainnya seolah2 suapaya saya percaya.. dia kasih lah tuh no rek permata dengan Keterangan Payment 20220702 katanya itu Potongan supaya lunas.. pas sy tranfer ke rek tersebut dengan alasan itu rek, atasan.. akhirnya uang sy di tf Setelah masuk Wa sy di Blokir.. menurut kalian saya harus bagaimna ???

      • Kita sudah kena tipu mbak, lebih baik jangan di tf. Dan sama sekali jgn dikembalikan klo gk punya dana. Toh itu apk ilegal. Saya sdh semapt konsul sama advokat yg sering mengurus korban pinjol ilegal, dia sarankan jgn dibayar krn itu ilegal, toh mereka jg gk berani dtf ke rumah krn mereka takut akan diketahui publik siapa mereka

    • @Putry tolong sarannya mbak saya baru ketipu ini mbak kasusnya sama kayak mbak saya nge wa yang ngaku jadi cs aplikasi itu terus saya harus gimana??

  • Tolong pencerahannya kak. Saya juga kena pinjaman ilegal di dompet excellent dan dompet ekslusif. Sudah saya lunasi semua, akan tetapi ada dc yang neror lewat WA dengan share foto KTP saya dan foto selfie dengan konten pornografi dan mengancam akan menyebarkan ke seluruh kontak saya. Untuk laporan terkait aduan ke polisi atau jalur hukum lainnya alurnya gimana ya kak? Karena saya memang salah sudah tergiur, akan tetapi kenapa mereka menyebarkan data saya

  • Tadi siang saya ngajuin di dompet excellent saya ga tau itu ilegal saya ajuin 1jt disuruh bayar 1,8 saya ga terima tulis lah di play store komen nya bilang aplikasi gila nipu . Ehh DC nya lgsg nge wa minta di hapus komen nya terus nawarin mau dibatalin juga bisa akhirnya di kirim formulir bahwa ga jadi pinjam terus data saya di hapus lah sama dia pas buka aplikasinya sudah ga ada datanya . Eh dia minta uang kembali tapi ga saya kirim lagi ? jd siapa yg bego ya terlalu ketakutan . Sampe skrg Ng wa minta di kirim LG uang nya ga saya ladenin

    • Halo kak, data kaka apakah betulan sudah dihapus sama pihak mereka ?? Aku soalnya malah mau ditipu, niatnya mau batalin pengajuan eh malah diarahkan untuk ajukan lagi untuk meminjam. Aku juga udah komen di playstore ngata ngatain malah masih tetep diarahnya bukan untuk penghapusan data melainkan untuk meminjam. Tapi gak aku respon lagi, gimana ya caranya biar data kita dihapus ??

  • Ka ini gmn ya kalau itu bakalan dateng ke rumah gk trs kalau buat sebar ke kontak2 itu kalian bikin kabarnya gmn apakah dibikin status karna penipuan atau gmn

    • Saya g pinjem apapun.. tapi ditagih dan diancam..
      Ssalahnya saya, saya klik linkny.. tpi lgsung felete.. mohon pencerahnnya… apakah kontak kita akan disebar?