Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

Saya pernah meminjam di aplikasi pinjol di Aplikasi CashCashNow, Dompet Super, dan Pinjaman Kredit dan sudah melunasi semuanya. Kemudian saya sudah meng-uninstall aplikasi pinjol tersebut.

Pada tanggal 14 juni 2022 saya dengan sengaja menginstal kembali aplikasi CashCashNow tersebut untuk mengecek apakah data diri saya sudah terhapus atau tidak, ternyata masih aktif. Dan kagetnya saya ada 2 produk dalam tagihan itu mengatasnamakan saya sedangkan saya tidak pernah mengajukan pinjaman apapun.

Kemudian saya menelpon pihak yang mengatasnamakan aplikasi CashCashNow di email saya untuk mengkonfirmasi persoalan tagihan tersebut, dia siap membantu menghapus tagihan itu. Saya mengikuti alur sesuai perintah dia, kemudian dia menyuruh saya untuk menginstal juga aplikasi Dompet Super DAN Pinjaman Kredit yang alasannya untuk mempermudah penghapusan tagihan.

Saat saya membuka aplikasi Dompet Super saya kaget langsung masuk pencairan dana sebesar 5.525.000 ke rekening saya, karena panik saya melihat menjadi tagihan atas nama saya sedangkan saya sama sekali tidak meminjam. Tapi dia masih menenangkan saya dengan berdalih itu prosesnya.

Lalu saya dialihkan lagi ke aplikasi Pinjaman Kredit untuk melakukan hal yang sama untung saja di aplikasi Pinjaman Kredit menolak. Kemudian dia meminta saya untuk mengembalikan dana yang masuk ke rek saya ke rek Dompet Super yang dia kirimkan maka otomatis seluruh tagihan yang mengatasnamakan sy di CashCashNow DAN Dompet Super terhapus secara otomatis dan data diri saya akan terhapus juga.

Saya pun mengirimkan semua limit yang masuk ke rekening saya, namun setelah saya mengirimkan uang tersebut masih saja saya melihat ada tagihan itu.

Selang 2 hari pasca kejadian, saya kaget ada SMS dari beberapa produk Pinjaman Kredit yang mengatakan pengajuan pinjaman anda tidak disetujui dan ada yang disetujui tetapi harus mengisi data kembali. Dengan sigap saya pun membalas sms tersebut mengatakan untuk tidak menyetujui pinjaman yang mengatasnamakan saya karena bukan saya yang mengajukan dan saya sudah tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Rumit memang masalah yang sedang saya hadapi ini. Sedangkan tagihan atas nama saya jatuh tempo tanggal 18 Juni dan 20 Juni.

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas semua pinjaman tersebut karena saya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut lagi. Jika terjadi penagihan kepada saya akan saya laporkan kepada pihak kepolisian dan akan saya usut untuk diangkat ke siaran berita METRO TV karena saudara saya bekerja sebagai wartawan untuk stasiun televisi tersebut.

Terima kasih.

St Nurhasnah
Sumbawa, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:148    Rata-Rata: 3.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

82 komentar untuk “Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

    • 17 Juni 2022 - (20:29 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami yg mbak alami dana sudah aku kembalikan tapi tagihan tetep ada saya lapor polisi dan saya ganti nomor dan SC smo bukti percakapan dan transfer ke pinjol pundi murni dan pinjam now,intinya mbak tenang aza dan sudah mengembalikan dana yg SDH ditranfer karena mbak gag pake dana tersebut,karena mereka memang berkomplot untuk menjebak kita,jadi skrng lebih berhati hati dg pinjol ilegal aza

      • 17 Juni 2022 - (22:34 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah, saya juga sudah mengganti nomor handphone dikarenakan merasa terganggu akibat ancaman, terror, dan penagihan yg bukan saya lakukan. Bagaimana, apakah setelah mengganti simcard nya semua kontak² di hp mbak/mas dihubungi DC pinjol ilegal?

          • 18 Juni 2022 - (06:07 WIB)
            Permalink

            Saya kurang tahu mbak. Bagaimana, apakah kontak² di hp nya sudah ada yg dihubungi?

          • 18 Juni 2022 - (16:39 WIB)
            Permalink

            Untuk masalah no kontak sudah pasti di hub mbak, saya pernah ada kasus yang dmn no kontak saya di hub semua oleh DC padahal angsuran sdh lunas semua di bilang blm lunas… Sampai akhirnya semua kontak saya mengerti dan paham kejadian yang saya alami… Sambung 6 bulan tidak ada DC yang menghub saya kembali

      • 20 Juni 2022 - (06:47 WIB)
        Permalink

        Minta saraan
        Saya ada pnjm ke ilegal
        Memang ini kesalah saya
        Karena saya mentok.butuh dana
        Saya masuk aplikasi beranak
        Satu klik bisa 4 app di acc
        Skr saya jatuh tempo
        Saya niat mau kembalikan
        Tapi saya masih blm ada dana
        Tapi dc ancam2 sebar data dan fpto ktp sya
        Apa yg harus saya lakukan.
        Mohon saran

        • 20 Juni 2022 - (08:06 WIB)
          Permalink

          Gak usah bayar mas, sudah ada kok titah dari menteri mahfud bahwa pinjaman di aplikasi pinjol ilegal gak perlu dibayar. Mereka juga gak berani turun ke rumah karena mereka gak punya izin, krn kalau smpai mereka menunjukkan diri takut ditangkap polisi. Ganti aja nomor hp nya, instal ulang hp nya. Kalau saya pribadi gak punya pinjaman, tp KTP saya disalahgunakan oleh oknum² penjahat sehingga saya menjadi korban penagihan dan pengancaman. Akhirnya saya ganti nomor hp dan melaporkan ke polisi. Alhamdulillah skrg sudah tenang karena sudah mendapat perlindungan hukum

  • 16 Juni 2022 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Kemudian saya menelpon pihak yang mengatasnamakan aplikasi CashCashNow di email saya

    penipu… duitnya masuk ke dia.. tagihan jalan terus
    uninstal aja semuanya, ganti no HP.. bilang ke kerabat dalam kontak anda bahwa mungkin akan ada debt collector yang mengganggu

    12
    2
    • 17 Juni 2022 - (07:22 WIB)
      Permalink

      Anda aja yang bodoh wkwkwkwk, ini kan pinjol ilegal, kl saya jd anda, dana masuk ke rekening saya yaudah derita dia, ga usah bayar sekalian..

      14
      1
        • 17 Juni 2022 - (07:43 WIB)
          Permalink

          Karena saya bukan penipu seperti pinjol ilegal sehingga dana yg masuk ke rekening saya harus saya kembalikan untuk menghindari terjadinya penagihan kepada saya

          15
          3
      • 17 Juni 2022 - (07:44 WIB)
        Permalink

        Itu bagi anda, namun bagi saya apa yang bukan hak saya harus saya kembalikan sesuai limit yang masuk ke rekening saya untuk menghindari terjadinya hala-hal yang merugikan saya

        12
        2
      • 17 Juni 2022 - (07:45 WIB)
        Permalink

        Tidak apa-apa saya bodoh, karena saya tidak mau menjadi penipu dan dipersalahkan mengenai dana yg terdapat di rekening saya

        12
        2
  • 16 Juni 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    ngapain juga bawa bawa nama sodara yang kerja di metro tv memang akan jadi headline news intinya anda sudah kejebak pinjol ilegal selamat dech , wkwkwkwk ngapain juga iseng iseng ngecek.

    6
    13
    • 17 Juni 2022 - (02:38 WIB)
      Permalink

      Trus klo sodara ente kerja di metro tv bs bikin kebodohan ente jadi luntur gitu ? Ckckck jlas jlas ad lagi ditipu malah nyalahin sana sini

      4
      10
    • 17 Juni 2022 - (07:35 WIB)
      Permalink

      Metro TV ya belum tentu mau bikin berita soal begini.
      Lain kata kalau misalnya anak Presiden yg dulu pernah ketipu tuh. Penipunya langsung minta ampun sendiri.

      3
      6
    • 17 Juni 2022 - (07:42 WIB)
      Permalink

      Bagi saya itu penting supaya bisa segera masuk berita nasional terkait kasus ini dan juga agar masyarakat bisa mengetahui tentang kejahatan pinjol ilegal. Jika anda di posisi saya sebagai korban pasti melakukan hal yang sama mengingat data KTP masih aktif atau tidak nya di aplikasi tersebut. Terimakasih atas komentarnya. Semoga bisa lebih bijak berkomentar

      11
      1
      • 17 Juni 2022 - (11:08 WIB)
        Permalink

        Ude mbakke, gak usah dibalesin komentar2 dimari,. Nanti ente makin stress, anggep aje suara kentut.. 🤣

        6
        3
      • 17 Juni 2022 - (16:53 WIB)
        Permalink

        Sy berpendapat dengan anda..karna data pribadi sudah di salah gunakan jika tidak di cek tiba” ada penagihan atas nama anda itu yg bakal jdi mslh..karna data sudah disalah gunakan oleh aplikasi tersebut dan memang harus di usut karna sy jga menjadi korban…semoga tidak ada korban lagi dan bisa lebih berhati” lgi

        • 17 Juni 2022 - (23:41 WIB)
          Permalink

          ini juga data saya sudah banyak banget dipakai untuk pinjol2 yang laen karena banyak sms masuk ngasih kode otp

          • 18 Juni 2022 - (06:10 WIB)
            Permalink

            Sama, tapi sekarang saya sudah mengganti nomor hp dengan tujuan agar tidak ada sms² otp yg masuk lagi karena saya yakin mereka bisa mengakses semua sms di handphone kita dari perangkat mereka. Solusinya hanya mengganti nomor hp agar tidak diterror, diancam, dan di intimidasi lagi

  • 16 Juni 2022 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Sampai kapan pun urusan sama pinjol baik legal ataupun ilegal data tidak bisa dihapus , bisanya di nonaktifkan aku by call cs pinjol tersebut. intinya pengajuan disetujui atau tidak kalo data sudah masuk tidak bisa di hapusss.

  • 16 Juni 2022 - (22:22 WIB)
    Permalink

    kesalahan anda yang pertama yaitu anda sudah melunasi dan langsung mengunistall itu sangat fatal seharusnya sebelum di unistall anda telp cs meminta untuk menonaktifkan akun tersebut dan mereka akan kirim notif ke email bahwa akun tersebut berhasil di nonaktifkan , pinjol tidak mengeluarkan suket lunas , mereka akan anggap lunas kalo akun nonaktif jika anda sudah melunasi tapi akun masih aktif anda masih dianggap belum lunas dan masih aktif pengguna, jadi nonaktifkan dulu semua akun pinjol sebelum di uninstall.

    9
    1
    • 17 Juni 2022 - (07:38 WIB)
      Permalink

      Terimakasih komentarnya. Permasalahan nya adalah aplikasi pinjol tersebut tidak memiliki nomor CS, hanya memiliki email. Saya sudah sering mengirim email tetapi tidak pernah ditanggapi meminta penghapusan data.

      3
      1
  • 16 Juni 2022 - (23:30 WIB)
    Permalink

    Ya sdh nasi jadi bubur. Uninstall semua aplikasinya..reset cepat hp nya factory default. Semoga nomor kontak tidak terbaca sistem pinjol laknat.
    Itu ilegal semua.

    Anda ketipu, padahal sewaktu anda dpt “uang kaget” langsung posting ke MK ini minta pendapat rekan2 MK.

    Ya sdh jagan dibayar dalam bentuk apapun.

    • 17 Juni 2022 - (07:36 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas sarannya. Saya sudah mengganti nomor hp dan berharap semua kontak tidak terbaca oleh pinjol ilegal. Berharap tidak akan ada lagi penipuan seperti ini.

      • 18 Juni 2022 - (14:57 WIB)
        Permalink

        Data anda tdk akan di hapus atw hilang di pinjol.. sy pernah ajuin pinjaman di pinjol 2017 gak di acc.. bulan kemarin sy msk dngn no hp baru di tolak krn nik tersebut sdh terikat dngn no lama.. dngn begitu berarti data kita tdk du hps wlw sdh 5 tahun

    • 17 Juni 2022 - (03:11 WIB)
      Permalink

      Waduuuhhh,,, sampai gemetar kaki dan badan saya menggigil membaca berita ini, apalagi punya saudara yg kerja di METRO TV,,,, saya jadi takut aaahhh,,,

      4
      5
  • 16 Juni 2022 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Aneh bgt aplikasinya, banyak pinjol bergabung disitu… pasti ilegal ini sih. Lapor polisi aja mbak

  • 17 Juni 2022 - (04:49 WIB)
    Permalink

    Itu ibu dikasih rejeki banyak malahan menolak.itu aplikasi ilegal yah….jadi itung2 ibu dapet uang kaget.malahan dibalikan lagi.itu ilegal jadi ibu bisa lapor polisi.

    • 17 Juni 2022 - (07:32 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas komentarnya. Bisa saja saya menggunakan uang tersebut, namun saya tidak ingin segala sesuatu berdampak pada saya jika saya tidak mengembalikan dana tersebut. Laporan kepada polisi sudah masuk.

      • 17 Juni 2022 - (10:29 WIB)
        Permalink

        Kayak orang yang di tilang pak polisi.. Lalu dia bilang dia punya saudara di mabes.. Dengan harapan klu dia bilanh begitu maka polisi akan takut dan gak jadi tilang dia..

  • 17 Juni 2022 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Fokus saja kepermasalahan penipuan ini dengan pihak kepolisian. Gk perlu anda bawa bawa nama METROTV. Tidak semudah itu anda memanfaatkan keberadaan saudara anda di METROTV. Semua proses wawancara memiliki prosedurnya. Jangan sampai karena ulah anda, saudara anda jadi kena getahnya. Jangan egois & berpikirlah secara cerdas.

  • 17 Juni 2022 - (07:31 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas saran anda. Maksud saya ingin mengangkat ke metro tv untuk berita pinjol ilegal agar tidak ada masyarakat yg terkena penipuan seperti saya lagi dan juga tujuan saya agar pihak aplikasi tersebut bisa membaca berita ini karena mereka berpikir saya takut terhadap ancaman mereka. Tujuan saya hanya ingin masyarakat bisa mengetahui seperti apa kejahatan pinjol ilegal dan juga agar aplikasi pinjol tersebut menjadi takut karena kejahatannya masuk berita nasional

    5
    1
  • 17 Juni 2022 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Ini nasihat saya, jangan pernah berhubungan dengan Pinjol Ilegal.

    Nomor CS mereka Palsu, alamat kantor mereka Palsu, Contact person yang berhasil anda hubungi adalah penipu, jangan berinterkasi dengan mereka, meraka akan membuat anda sudah jatuh ketimpa rumah lagi, bukan hanya Tangga.

    Jika anda mengalami masalah, screencapture semua bukti dan hubungi tweeter atau IG Cybercrime Polri, percuma melapor ke OJK, karena OJK hanya mengirusi Pinjol Legal.

    Jangan pernah transfer uang kembali ke Pinjol Ilegal, jika anda menerima transferan dari Apk mereka, anggap saja itu berkat anda.

    • 17 Juni 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah saya sudah melapor ke CCI cyber polri, KOMINFO, OJK, SATGAS WASPADA INVESTASI OJK, SERTA BANTUAN HUKUM ADVOKAT

      • 19 Juni 2022 - (12:19 WIB)
        Permalink

        Laporin ajaa kalo gk gitu pinjol merajalela.. Lama2 republik ini milik pinjol krn bunga berbunga yg mencekik.. Bayangin 200 jt orang Indonesia dipinjamin 1 jt suruh balikin 1jt 500 rb ajaa udah dpt brp duit tuh pinjol kalo gk kena denda bunga teror dll..

  • 17 Juni 2022 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Yg coment nyinyir …..DC pinjol ya ,slooww ajh mba kalau Mbak benar pasti akan terselesaikan masalahnya

    • 17 Juni 2022 - (18:04 WIB)
      Permalink

      Terimakasih komen nya pak. Saya melihat banyak komentar menyinyir disini karena saya menyebutkan media METRO TV. Semua itu sebagai usaha saya untuk mengungkap kejahatan pinjol ilegal. Tidak ada salahnya diangkat ke berita nasional, bukan karena saya nya tetapi untuk kewaspadaan masyarakat terkait ini

    • 17 Juni 2022 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Sebodoh-bodohnya saya lebih bodoh orang yang menyinyir dan secara langsung anda berpihak pada kejahatan pinjol ilegal

  • 17 Juni 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Hadeh2 sudah jelas ilegal masih bawa2 saudara yang kerja di metro tv emangnya kenapa kalo kerja di metro tv mau di viralkan kebodohan anda?
    situ yang bodoh situ yang meras paling benar

    1
    5
    • 17 Juni 2022 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Kalau saya bodoh pasti saya akan menyembunyikan kejahatan pinjol ilegal. Memang paling enak kalau nyinyir, setidaknya saya sebagai korban mengupayakan agar kasus penyalahgunaan data diri saya bisa diangkat ke media guna sebagai peringatan bagi masyarakat tentang maraknya kejahatan pinjol ilegal.

  • 17 Juni 2022 - (17:43 WIB)
    Permalink

    wkkw bawa bawa metro, gimana kalau ada yang jadi TNI/polisi/kementrian/ wkwkw pasti dibawa bawa, doyan main pangkat nih

    4
    2
    • 17 Juni 2022 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Sebagai korban penipuan saya berhak membawa media sebagai sarana informasi kepada masyarakat atas maraknya kejahatan pinjol ilegal. Terimakasih komentar nyinyir nya semoga anda jauh dari masalah

  • 17 Juni 2022 - (23:34 WIB)
    Permalink

    itu yang lagi aku alamin sekarang kak.
    kirain saya ajah yang tertipu seperti itu.
    terus yang tagihan itu diabaikan saja atau gimana yaa??
    takutnya nanti dc nya dateng kerumah.
    minta solusinya kak
    hati2 sama dompet excellent , karena aku kenanya di dompet excellent

    • 18 Juni 2022 - (06:03 WIB)
      Permalink

      Dari arahan advokat yg membantu permasalahan sy, DC aplikasi pinjol ilegal tidak berani datang ke rumah karena mereka takut akan dibekuk polisi serta mereka tidak memiliki surat ijin penagihan. Kalau memang mbak merasa punya pinjaman di aplikasi tersebut sebaiknya selesaikan saja mbak karena itu kewajiban yg hrs diselesaikan

      • 18 Juni 2022 - (07:11 WIB)
        Permalink

        kasusnya sama persis kaya kakak, udah saya kembalikan tapi diaplikasi masih ada tagihan atas nama saya kak.
        itu yang saya takutin , karna di aplikasinya masih ada tagihan sedangkan saya udah kembalikan

        • 18 Juni 2022 - (07:48 WIB)
          Permalink

          Diabaikan saja. Ganti langsung nomor hape nya, sekarang kebih fokus saja sama keseharian kita. Karena semakin kita ladeni mereka akan membuat mental kita down hingga depresi. Mereka hanya berani menggertak via chat sms, telpon dan whatsapp saja.

          • 18 Juni 2022 - (07:50 WIB)
            Permalink

            makasih kak, infonya 🙏🙏
            terbantu banget aku, kalo aku gak baca artikel kakak ini gak tau lagi harus kaya gimana

          • 18 Juni 2022 - (18:09 WIB)
            Permalink

            Mdhn cpt beres masalah nya y mba..
            Dengan mba menulis di MK ini mdhn bisa jd pelajaran buat semua nya.. Semangatt mba!

    • 18 Juni 2022 - (06:12 WIB)
      Permalink

      @dian
      sepertinya itu pinjol ilegal ya. Soalnya daftarnya ga ada tuh.
      updatenya ada di kontan, atau cari aja googling ‘daftar pinjol legal mei 2022’

      Kalau itu bener ilegal , jangan dibayar. ngerugiin negara juga itu.
      reset hp nya, install aja standar dan pasangin aplikasi truecaller, nanti ketauan bandit-bandit yang suka neror.

      • 18 Juni 2022 - (13:27 WIB)
        Permalink

        Kalo menurut saya kamu yang salah, kenapa? Karna kamu isenh iseng download pinjol yang ga tau legal atau ilegal nya. Sudah tau itu pinjol masih aja iseng iseng, kalo uda ke download dan uda di isi ya wasalam data kamu uda sama dia uda, trus di aplikasi nya pasti juga bisa akses kontak biar bisa baca semua kontak yang ada jadu bisa tahu nomer telpon kerabat atau teman atau lainnya. Lainkali kalo iseng itu jngn download pinjol, kan bisa iseng iseng hal lain contoh nya isengin tetangga yang lagi siram tanemam di depan teras ruma

    • 18 Juni 2022 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Ajak gelud mbak kalau DC berani datang ke rumah,mereka cuma kerja nagih duit bos nya. Macam² sikat aja kalau kita gak salah,jangan takut. Ada keluarga laki² kan di rumah

    • 21 Juni 2022 - (17:34 WIB)
      Permalink

      Mbak sama aku juga hari ini kena😭 padahal aku ga ada pinjam apapun tapi dana masuk dan ada admin yg minta pulangin, jadi aku pulangin mba tapi tagihan masih ada😭

  • 18 Juni 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Pinjol ilegal sesuai titah menko mahfud gak usah dikembalikan. Jd biar tau rasa mreka memperlakukan anda semena mena. Tinggal ganti nomor aja

    • 18 Juni 2022 - (17:43 WIB)
      Permalink

      Nah, baru sekarang saya tahu kalau sesuai titah pak menteri uang yang masuk ke rekening saya tidak perlu dikembalikan. Mungkin karena waktu itu sangat panik karena saya tidak merasa diri meminjam tapi langsung ada pencairan dana di rekening saya makanya saya cepat² kembalikan, gak tahan mau tanggung resiko. Alhamdulillah sekarang sudah ganti nomor

      • 21 Juni 2022 - (17:30 WIB)
        Permalink

        Mba, waktu itu kembalikan uang nya ke yang ngaku2 admin ya??
        Hari ini saya baru ketipu mbak😭
        Gimana ya mbak solusinya?

          • 21 Juni 2022 - (18:00 WIB)
            Permalink

            Jadi mbak di abaikan saja? Apalagi saya sudah mengembalikan dana sesuai yang di minta admin itu

          • 21 Juni 2022 - (18:04 WIB)
            Permalink

            Oiya mbak, jadi ada DC yang datang kerumah mbak apa gak mbak? Mohon dijawab ya mbak🙏

        • 21 Juni 2022 - (20:29 WIB)
          Permalink

          saya juga udah sempet mengembalikan ke yang ngakubadmin kak.
          sampe sejauh ini belom ada no kontak yang dihubungi, atau dc yang dateng ke rumah mungkin tanggal jatoh temponya baru hari ini.
          tapi saya udah ditagih dari beberapa hari lalu.

          uninstal ajah kak apk nya.
          sebelum di uninstal, dipeeizinannya ditolak semua dulu.
          terus hapus data &hapus cache

          • 21 Juni 2022 - (20:35 WIB)
            Permalink

            Oh gitu ya kak..
            Baiklah kak, saya juga sudah kembalikan semua uang sesuai yg masuk ke rekening saya .
            Saya takut aja kalau ada kontak yang di hubungi.
            Kakak ganti nomor? Atau ada lapor polisi juga kah?
            Mohon dijawab lagi ya kak, saya betul2 buntu saat ini🙏

      • 21 Juni 2022 - (21:07 WIB)
        Permalink

        Mba, izin bertanya.
        Kemaren mba nomor kontak nya ada di hubungi gak? Atau ada DC datang kerumah gak mba?
        Mohon di jawab ya mba🙏

        • 21 Juni 2022 - (21:08 WIB)
          Permalink

          @Mba Putry, izin bertanya.
          Kemaren mba nomor kontak nya ada di hubungi gak? Atau ada DC datang kerumah gak mba?
          Mohon di jawab ya mba🙏

          • 22 Juni 2022 - (07:38 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah, saya hapus semua izin utk aplikasi tersebut dipengaturan hp lalu uninstal aplikasi otomatis semua data perangkat kita yg masuk ke mereka terhapus otomatis. Lalu segera ganti nomor hp. Sejauh ini semua kontak di hp sy tidak ada yg menelpon dan juga saya sudah melaporkna ke polisi serta mendapatkan bantuan hukum dr advokat

  • 19 Juni 2022 - (14:42 WIB)
    Permalink

    @Putri.
    Ya betul itu perintah pak Menkopolhukam wajib ditaati tdk usah dibayar. Ada kok do kompas, detik, cnn dll 😁

    Makanya ada beberapa “sindikat” yang kerjanya “mengerjai” pinjol ilegal ini.
    Dan pendapatan mereka ini ckp fantastis sebulan bisa meraup puluhan hingga ratusan juta dari “ngerjain” pinjol ilegal ini.
    Cara kerjanya sy jg ga tau bisa serapih itu mulai dr ktp aspal, rek aspal sampe selfie aspal pun bisa 🤣.
    Cb liat2 di yutub ada bbrp postingan yg org2nya selalu pakai masker & suaranya dimixer

  • 23 Juni 2022 - (22:17 WIB)
    Permalink

    2019 saya jg punya kasus sm akulaku, limit ludes 4,5jt ada yg belanja cicilan pake shopee. awalnya dulu 2019 saya sibuk jd irt hingga jarang pegang hp karena anak masih bayi. saya mmg punya aplikasi dan pernah transaksi sekali beli pempers diaplikasi akulaku langsung. disore hari pas saya baru liat hp tiba2 banyak sms otp masuk kode akulaku. panik dong. saya coba masuk aplikasi akulaku selalu ke logout sendiri dan berulang2 seperti itu. setelah bisa 5menit saya login betapa kaget nya limit saya hilang 4,5jt untuk belanja cicilan dishopee. saya langsung telp cs habis pulsa 100rbu dan jawaban mereka ttp saya yg harus tanggung jawab untuk membayar tiap bulan. saya minta diusut untuk cari tau siapa aku shopee yg make limit saya dan minta alamat pengirimannya tetapi mereka ga bisa. karena sistem nya kurang canggih entah apalah. intinya saya kekeh ga mau bayar. sampai akhirnya 3bln berlalu saya didatangin dc kerumah untuk menagih, karena saya sudah siap mental ya saya bicarakan saja apa adanya. seminggu kemudian dtg lg dc menagih dan saya kasih penjelasan lg. 2minggu kemudian dtg lg dc ke 3 dan dia bilang saya sudah memakai limit dan digestun. dgn enaknya dia menuduh saya. saya balikin lg ajah gimana kalau anda ada diposisi saya mas. kebetulan suami kerja dibank bri. disamperin lah sm suami dan dibicarakan dgn seksama soal fintech. bahwa kami ini ga bodoh2 bgt. sampe skg 2022 ga pernah ada dc. tp saya masih diteror via email mengatasnamakan akulaku untuk menagih dan mengancam akan bikin surat somasi dibawa ke jalur hukum. anehnya email itu bulan resmi dr pihak akulaku. alias oknum lapangan. saya ga pernah ladeninin sampe skg. jika mmg fia mau menagih lg dan dtg kerumah, kerabat saya yg polisi yg akan mendampingi saya. jika mmg saya di balcklist bi saya sudah ikhlas. kredivo dan shopee pinjam sampe akg masih ngasih limit besar ke saya. intinya skg hati2 saja dgn aplikasi fintech seperti itu 👍🏻

 Apa Komentar Anda?

Ada 82 komentar sampai saat ini..

Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

oleh Putry dibaca dalam: 2 menit
82