Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

Saya pernah meminjam di aplikasi pinjol di Aplikasi CashCashNow, Dompet Super, dan Pinjaman Kredit dan sudah melunasi semuanya. Kemudian saya sudah meng-uninstall aplikasi pinjol tersebut.

Pada tanggal 14 juni 2022 saya dengan sengaja menginstal kembali aplikasi CashCashNow tersebut untuk mengecek apakah data diri saya sudah terhapus atau tidak, ternyata masih aktif. Dan kagetnya saya ada 2 produk dalam tagihan itu mengatasnamakan saya sedangkan saya tidak pernah mengajukan pinjaman apapun.

Kemudian saya menelpon pihak yang mengatasnamakan aplikasi CashCashNow di email saya untuk mengkonfirmasi persoalan tagihan tersebut, dia siap membantu menghapus tagihan itu. Saya mengikuti alur sesuai perintah dia, kemudian dia menyuruh saya untuk menginstal juga aplikasi Dompet Super DAN Pinjaman Kredit yang alasannya untuk mempermudah penghapusan tagihan.

Saat saya membuka aplikasi Dompet Super saya kaget langsung masuk pencairan dana sebesar 5.525.000 ke rekening saya, karena panik saya melihat menjadi tagihan atas nama saya sedangkan saya sama sekali tidak meminjam. Tapi dia masih menenangkan saya dengan berdalih itu prosesnya.

Lalu saya dialihkan lagi ke aplikasi Pinjaman Kredit untuk melakukan hal yang sama untung saja di aplikasi Pinjaman Kredit menolak. Kemudian dia meminta saya untuk mengembalikan dana yang masuk ke rek saya ke rek Dompet Super yang dia kirimkan maka otomatis seluruh tagihan yang mengatasnamakan sy di CashCashNow DAN Dompet Super terhapus secara otomatis dan data diri saya akan terhapus juga.

Saya pun mengirimkan semua limit yang masuk ke rekening saya, namun setelah saya mengirimkan uang tersebut masih saja saya melihat ada tagihan itu.

Selang 2 hari pasca kejadian, saya kaget ada SMS dari beberapa produk Pinjaman Kredit yang mengatakan pengajuan pinjaman anda tidak disetujui dan ada yang disetujui tetapi harus mengisi data kembali. Dengan sigap saya pun membalas sms tersebut mengatakan untuk tidak menyetujui pinjaman yang mengatasnamakan saya karena bukan saya yang mengajukan dan saya sudah tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Rumit memang masalah yang sedang saya hadapi ini. Sedangkan tagihan atas nama saya jatuh tempo tanggal 18 Juni dan 20 Juni.

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas semua pinjaman tersebut karena saya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut lagi. Jika terjadi penagihan kepada saya akan saya laporkan kepada pihak kepolisian dan akan saya usut untuk diangkat ke siaran berita METRO TV karena saudara saya bekerja sebagai wartawan untuk stasiun televisi tersebut.

Terima kasih.

St Nurhasnah
Sumbawa, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

108 komentar untuk “Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

  • 18 Juli 2022 - (02:03 WIB)
    Permalink

    Tolong pencerahannya kak. Saya juga kena pinjaman ilegal di dompet excellent dan dompet ekslusif. Sudah saya lunasi semua, akan tetapi ada dc yang neror lewat WA dengan share foto KTP saya dan foto selfie dengan konten pornografi dan mengancam akan menyebarkan ke seluruh kontak saya. Untuk laporan terkait aduan ke polisi atau jalur hukum lainnya alurnya gimana ya kak? Karena saya memang salah sudah tergiur, akan tetapi kenapa mereka menyebarkan data saya

  • 23 Juli 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Tadi siang saya ngajuin di dompet excellent saya ga tau itu ilegal saya ajuin 1jt disuruh bayar 1,8 saya ga terima tulis lah di play store komen nya bilang aplikasi gila nipu . Ehh DC nya lgsg nge wa minta di hapus komen nya terus nawarin mau dibatalin juga bisa akhirnya di kirim formulir bahwa ga jadi pinjam terus data saya di hapus lah sama dia pas buka aplikasinya sudah ga ada datanya . Eh dia minta uang kembali tapi ga saya kirim lagi ? jd siapa yg bego ya terlalu ketakutan . Sampe skrg Ng wa minta di kirim LG uang nya ga saya ladenin

    • 26 Juli 2022 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Halo kak, data kaka apakah betulan sudah dihapus sama pihak mereka ?? Aku soalnya malah mau ditipu, niatnya mau batalin pengajuan eh malah diarahkan untuk ajukan lagi untuk meminjam. Aku juga udah komen di playstore ngata ngatain malah masih tetep diarahnya bukan untuk penghapusan data melainkan untuk meminjam. Tapi gak aku respon lagi, gimana ya caranya biar data kita dihapus ??

  • 30 Juli 2022 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Ka ini gmn ya kalau itu bakalan dateng ke rumah gk trs kalau buat sebar ke kontak2 itu kalian bikin kabarnya gmn apakah dibikin status karna penipuan atau gmn

    • 13 Agustus 2022 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Saya g pinjem apapun.. tapi ditagih dan diancam..
      Ssalahnya saya, saya klik linkny.. tpi lgsung felete.. mohon pencerahnnya… apakah kontak kita akan disebar?

 Apa Komentar Anda?

Ada 108 komentar sampai saat ini..

Penipuan oleh Aplikasi Pinjaman Online

oleh Putry dibaca dalam: 2 menit
108