Surat Pembaca

Pinjaman Adapundi Diminta Ditransfer Balik oleh CS tapi Status di Aplikasi Masih Sebagai Peminjam

Saya adalah Nasabah dari Adapundi. Pada tanggal 02 Juni 2022 saya melakukan transaksi pinjaman di Aplikasi Adapundi sebesar Rp 5.250.000, akan tetapi sampai sore harinya pada tanggal yang sama, uang yang saya pinjam belum juga cair dan status di aplikasi masih tercatat sedang mencairkan dana.

Akhirnya saya menghubungi Direct Message (DM) instagram AdaPundi @ada.pundi.official.id yang saya dapat dari aplikasi adapundi. Kemudian saya mendapatkan arahan untuk menghubungi tim CS Adapundi via WhatsApp (WA) 083890934734 yang bernama Reza Anggara.

Setelah saya WA pihak tersebut, tidak lama saya ditelpon melalui WA menginformasikan bahwa pengajuan saya akan segera diproses sebab pada saat itu sistem perusahaan sedang dalam maintenance/perbaikan data nasabah. Dan apabila nanti ada dana yang masuk ke rekening saya oleh pihak tersebut diminta untuk direfundkan kembali sejumlah nominal yang saya terima tanpa dikenakan biaya admin atau suku bunga. Dikarenakan pengajuan saya dianggap batal sementara dan saya diminta untuk cek aplikasi adapundi secara berkala.

Keesokan harinya tanggal 03 Juni 2022 uang yang saya pinjam belum juga cair dan status di aplikasi masih tetap sama yaitu sedang mencairkan dana. Kemudian saya menghubungi Reza Anggara lagi untuk memberitahukan bahwa uangnya belum masuk. Oleh Reza saya dihubungi via telpon WA, dan saya diminta untuk melakukan transaksi di link aplikasi yang dia berikan untuk mengembalikan limit kredit saya di aplikasi Adapundi. Ada 3 Link aplikasi yang harus saya isi dan ajukan

Adapun cara transaksinya, saya diminta untuk download aplikasi dari link yang dikirim via WA oleh Reza kemudian saya melakukan transaksi d aplikasi tersebut seperti peminjam akan tetapi kata dia saya tidak dianggap sebagai peminjam. Setelah uangnya cair saya diminta untuk melakukan refund uang tersebut ke nomor virtual account yang disebutkan oleh dia yaitu 3901083890934733.

Kemudian saya diminta lagi untuk download aplikasi EasyCash kemudian melakukan transaksi lagi dan setelah cair diminta untuk direfund lagi ke nomor virtual account di atas. Kemudian saya diminta download aplikasi lagi dan diminta melakukan transaksi yang sama akan tetapi di aplikasi ini pengajuan saya ditolak.

Kemudian saya diarahkan untuk download aplikasi Pinjaman Kredit dan melakukan transaksi sama seperti sebelumnya. Di sini saya ditegaskan oleh Reza bahwa saya tidak ditugaskan sebagai peminjam. Lalu uangnya cair dan saya sekali lagi diarahkan untuk merefund uang tersebut ke nomor virtual yang dia beri (kali ini nomor virtualnya berbeda dari yang sebelumnya karena saya transfer menggunakan Bank BRI), nomor virtualnya yaitu 8528083890934733.

Sebenarnya di sini saya mulai merasa curiga dan takut tapi dia menegaskan kalau saya tidak dianggap pinjam dan tidak akan dikenakan tagihan apapun. Dan dia bilang pihak ada pundi yang akan bertanggung jawab sepenuhnya. Kata dia lagi meski saya sudah mengisi data layaknya peminjam tapi saya tidak dianggap sebagai peminjam dan setelah tagihan direfundkan maka otomatis tagihan akan terhapus.

Keesokannya yaitu tanggal 04 Juni 2022 saya dihubungi kembali dan saya diarahkan untuk mendownload aplikasi kredit pintar, akan tetapi di aplikasi kredit pintar ini pengajuan saya ditolak. Sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk mengcancel saja pengajuan pinjaman saya di aplikasi Adapundi.

Sore harinya ada uang masuk sebesar 5.250.000 di rekening saya, jumlah ini sesuai dengan dana yang saya ajukan di Adapundi, akan tetapi kata Reza uang tersebut hanya limit sementara maka harus direfund ke nomor virtual account yang pertama kali dia beri.

Setelah saya transfer kembali uangnya status saya di Adapundi masih tetap dianggap sebagai peminjam. Tanggal 05 Juni 2022 saya cek aplikasi Adapundi status saya masih tetap sebagai peminjam. Dan saya cek lagi pada tanggal 06 Juni 2022 masih tetap sama status di aplikasi Adapundi. Pada tanggal 5-6 itu saya menghubungi Reza kata dia masih proses dicek ke sistemnya.

Sampai akhirnya tanggal 08 Juni 2022 saya ditagih oleh pihak dari aplikasi-aplikasi yang sebelumnya saya melakukan transaksi dan uangnya sudah saya refund kembali ke Reza.

Di sini saya merasa  dirugikan. Sangat kecewa dengan pelayanan pihak Adapundi. Terlampir bukti chat dan transaksinya. Mohon pihak Adapundi untuk menghubungi saya mengenai karyawan yang menipu saya, karena masalah ini sudah saya laporkan kepada pihak yang berwajib.

Nike Nirmalasari
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan AdaPundi atas Surat Pembaca Ibu Nike Nirmalasari

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Bahwa sehubungan dengan surat pembaca bertajuk “Pinjaman Adapundi Diminta Ditransfer Balik oleh CS tapi...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sama, saya juga kena di Aplikasi Dompet Super, saya ajukan pengembalian, heran banget di bilang penipuan, tapi dia kog tau jumlah yg di transfer ke rekening saya, dan saya kembalikan uang tersebut sebesar Rp 2.600.000, satu jam setelah di transfer, dan dia memberikan nomor rekening pengembalian atas nana dana refund BNI, juga link penghapusan data, tapi rupanya link tersebut bukan nya link penghapusan data, akan terapi link untuk agar dia bisa mengambil alih akun saya, dan nomor hape saya, dan saya di hujani telepon sehari sampai lebih 50x, gitu juga SMS dan whatsapp,, karena saya masih bersetatus peminjam dan harus membayar total 4 juta, dan kasus ini udah saya laporkan ke kepolisian, dan saya masih nunggu khabar dari pihak kepolisian tentang ini, semoga pelaku cepat tertangkap beserta gerombolan nya, karena mereka menghancurkan perekonomian negara, dengan modus penipuan yg berakibat kredit macet, semoga BAPAK KAPOLRI, JUGA MEMBACA NYA Aaaammmmiiiinnnn

    • Mereka juga memakai nik saya untuntuk membuka rekening bodong atas nama saya, untuk pengajuan pinjaman sebesar2 nya dan memakai nomor hape saya untuk mengirim kode otp, dan aplikasi tersebut menelpin saya untuk menagih hutang bodong yg mereka pinjam atas nama saya, semoga Allah memberikan bara api ke mulut dan perut mereka, sebagai ganjaran nya, karena bukan hanya kami berdua yg kena seperti ini, saya yakin pasti banyak orang yg sudah mereka tipu dengan jalan ini,,, saya sarankan di bacakan yasin beramai2 biar dia faham, seberapa indah nya bara api yg bersarang dalam perut ...

  • Pelajaran buat peminjam, gak masalah sih pinjam di pinjol, tapi jangan mau kalau penawaran lewat wa, apalagi tadi baca kronologisnya, disuruh daftar di segala macam pinjol lalu setelah uangnya cair disuruh transfer ke oknum bajingan itu, saya gak paham alasan yang dipakai oknum itu sehingga mbak ini mau saja mengikuti arahannya, yang ada pundi cair juga ditransfer ke dia, kalau benar itu cs ada pundi laporkan saja Bu ke polisi dengan bukti bukti chat dan transaksi, emang luar biasa penipu

  • Sy juga ngalamin yg seperti itu tapi Alhamdulillah sy sih nggak percaya sama omongan si penipu nya. Sy tadi ny cuma sekedar cek cek sj pinjamn olnen liat bunga nya brp. Berhubung sy tidak tertarik dengan pinjaman nya ..jadi sy pengen tutup akun.cuma kata si penipu bisa tutup akun tapi harus transfer dana dullu. persis sama kaya mbk Nike ...sy di suruh transfer ke rek sy..lalu di suruh sama si penipu transfer lg ke rekening lain..., Saran sy jangan klik klik pinjaman online..bahaayaaaaaaa.!!!!!...banyak iklan pinjaman online....di aplikasi aplikasi , iklan pinjol di promosikan bunga sangat sangat rendah...tapi awasss hati hati jangan kepincut bohong itu semua

  • Duh kok percaya bu ... apalagi pinjam d ada pundi kok nyasar ke aplikasi2 lain... kok manut aja tow bu ?? Masa gak curiga ?