Pinjaman Adapundi Diminta Ditransfer Balik oleh CS tapi Status di Aplikasi Masih Sebagai Peminjam

Saya adalah Nasabah dari Adapundi. Pada tanggal 02 Juni 2022 saya melakukan transaksi pinjaman di Aplikasi Adapundi sebesar Rp 5.250.000, akan tetapi sampai sore harinya pada tanggal yang sama, uang yang saya pinjam belum juga cair dan status di aplikasi masih tercatat sedang mencairkan dana.

Akhirnya saya menghubungi Direct Message (DM) instagram AdaPundi @ada.pundi.official.id yang saya dapat dari aplikasi adapundi. Kemudian saya mendapatkan arahan untuk menghubungi tim CS Adapundi via WhatsApp (WA) 083890934734 yang bernama Reza Anggara.

Setelah saya WA pihak tersebut, tidak lama saya ditelpon melalui WA menginformasikan bahwa pengajuan saya akan segera diproses sebab pada saat itu sistem perusahaan sedang dalam maintenance/perbaikan data nasabah. Dan apabila nanti ada dana yang masuk ke rekening saya oleh pihak tersebut diminta untuk direfundkan kembali sejumlah nominal yang saya terima tanpa dikenakan biaya admin atau suku bunga. Dikarenakan pengajuan saya dianggap batal sementara dan saya diminta untuk cek aplikasi adapundi secara berkala.

Keesokan harinya tanggal 03 Juni 2022 uang yang saya pinjam belum juga cair dan status di aplikasi masih tetap sama yaitu sedang mencairkan dana. Kemudian saya menghubungi Reza Anggara lagi untuk memberitahukan bahwa uangnya belum masuk. Oleh Reza saya dihubungi via telpon WA, dan saya diminta untuk melakukan transaksi di link aplikasi yang dia berikan untuk mengembalikan limit kredit saya di aplikasi Adapundi. Ada 3 Link aplikasi yang harus saya isi dan ajukan

Adapun cara transaksinya, saya diminta untuk download aplikasi dari link yang dikirim via WA oleh Reza kemudian saya melakukan transaksi d aplikasi tersebut seperti peminjam akan tetapi kata dia saya tidak dianggap sebagai peminjam. Setelah uangnya cair saya diminta untuk melakukan refund uang tersebut ke nomor virtual account yang disebutkan oleh dia yaitu 3901083890934733.

Kemudian saya diminta lagi untuk download aplikasi EasyCash kemudian melakukan transaksi lagi dan setelah cair diminta untuk direfund lagi ke nomor virtual account di atas. Kemudian saya diminta download aplikasi lagi dan diminta melakukan transaksi yang sama akan tetapi di aplikasi ini pengajuan saya ditolak.

Kemudian saya diarahkan untuk download aplikasi Pinjaman Kredit dan melakukan transaksi sama seperti sebelumnya. Di sini saya ditegaskan oleh Reza bahwa saya tidak ditugaskan sebagai peminjam. Lalu uangnya cair dan saya sekali lagi diarahkan untuk merefund uang tersebut ke nomor virtual yang dia beri (kali ini nomor virtualnya berbeda dari yang sebelumnya karena saya transfer menggunakan Bank BRI), nomor virtualnya yaitu 8528083890934733.

Sebenarnya di sini saya mulai merasa curiga dan takut tapi dia menegaskan kalau saya tidak dianggap pinjam dan tidak akan dikenakan tagihan apapun. Dan dia bilang pihak ada pundi yang akan bertanggung jawab sepenuhnya. Kata dia lagi meski saya sudah mengisi data layaknya peminjam tapi saya tidak dianggap sebagai peminjam dan setelah tagihan direfundkan maka otomatis tagihan akan terhapus.

Keesokannya yaitu tanggal 04 Juni 2022 saya dihubungi kembali dan saya diarahkan untuk mendownload aplikasi kredit pintar, akan tetapi di aplikasi kredit pintar ini pengajuan saya ditolak. Sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk mengcancel saja pengajuan pinjaman saya di aplikasi Adapundi.

Sore harinya ada uang masuk sebesar 5.250.000 di rekening saya, jumlah ini sesuai dengan dana yang saya ajukan di Adapundi, akan tetapi kata Reza uang tersebut hanya limit sementara maka harus direfund ke nomor virtual account yang pertama kali dia beri.

Setelah saya transfer kembali uangnya status saya di Adapundi masih tetap dianggap sebagai peminjam. Tanggal 05 Juni 2022 saya cek aplikasi Adapundi status saya masih tetap sebagai peminjam. Dan saya cek lagi pada tanggal 06 Juni 2022 masih tetap sama status di aplikasi Adapundi. Pada tanggal 5-6 itu saya menghubungi Reza kata dia masih proses dicek ke sistemnya.

Sampai akhirnya tanggal 08 Juni 2022 saya ditagih oleh pihak dari aplikasi-aplikasi yang sebelumnya saya melakukan transaksi dan uangnya sudah saya refund kembali ke Reza.

Di sini saya merasa  dirugikan. Sangat kecewa dengan pelayanan pihak Adapundi. Terlampir bukti chat dan transaksinya. Mohon pihak Adapundi untuk menghubungi saya mengenai karyawan yang menipu saya, karena masalah ini sudah saya laporkan kepada pihak yang berwajib.

Nike Nirmalasari
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:38    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan AdaPundi atas Surat Pembaca Ibu Nike Nirmalasari

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Bahwa sehubungan dengan surat pembaca bertajuk “Pinjaman Adapundi Diminta Ditransfer Balik oleh CS tapi...
Baca Selengkapnya

41 komentar untuk “Pinjaman Adapundi Diminta Ditransfer Balik oleh CS tapi Status di Aplikasi Masih Sebagai Peminjam

    • 27 Juni 2022 - (02:46 WIB)
      Permalink

      Trf berkali kali ke Dana , disitu ada jejaknya ..bisa berkali kali pula hebat bner ga nyadar ampun deh

    • 27 Juni 2022 - (06:10 WIB)
      Permalink

      Ya, waspadai oknum yg mengatasnamakan perusahaan. Hal ini jg pernah terjadi pada saya, karena tak bermaksud pinjam di PT ADA KAMI,…cuma cek saja, tapi lamgsung ditransfer 3.661.000 utk 6bulan, sy protes kasih bintang1 di googleplay, soalnya di email kurang respon…tiba2 edok ニmpagi sa y a dihubungi orang yg ngaku cs ada kami dan kasih solusi pembatalan, ngaku bernama Muhammad Yasir dg no WA 081633854*, sy udah tr aansfer ke VA BNI an TDX-PT ADA KAMI, dan ternyata palsu… dia coba kaitkan dg akun lain, mau coba rampok sy lg…dari situ sy baru sadar… ****** itu Penipu, semoga Allah membalas perbuatan biadabnya.

      • 27 Juni 2022 - (08:51 WIB)
        Permalink

        waduh mbak nike…anda Gegabah sekali….kalau belum Paham PINJOL jgn main download aja…media konsumen ini sudah beratus-ratus kali menginformasikan, wassalam anda TERJEBAK dalam Masalah yang lebih Dalam, niat Menyelesaikan Masalah, Justru jd Menambah Masalah baru, di Pinjol itu klau belum Cair Dana yg anda ajukan ya anda Antepin aja, ngapian jg laporan ke pihak perusahaan, kecuali Dana Belum Cair tapi di aplikasi sudah mulai ada note Cicilan…. Semoga Anda Mendapatkan Bantuan Dana dari Org yg Anda Kenal di dunia nyata, jual Barang Apapun yg bisa anda dijual, tinggalkan PINJAMAN ONLINE, anda Telah Memasuki KAWASAN MANUSIA BERMULUT KASAR & TIDAK BERMORAL ketika Anda Gagal Membayar dari haru H jatuh Tempo…… Miris Baca nya Begitu Sangat Awam nya anda tentang PINJOL

    • 27 Juni 2022 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Buat bu Nike saya turut prihatin atas kejadian ini. Anda sudah ditipu kriminal pinjol, ibu yang disuruh pinjam, transfer ke dia, tapi ibu yg ditagih kan miris 🙁

      Saya cuma mau ngasih support, tetap sabar ya bu, jadikan pembelajaran, dan semoga masalahnya diberikan solusi terbaik.

      Ke depannya nasihat bagi semua yang baca komentar ini (termasuk saya) alangkah lebih baiknya lakukan searching/googling dahulu jika menemui sesuatu yang belum diketahui, atau bertanya ke orang-orang salah satunya MK ini…. Hatur nuhun 🙏

    • 4 Juli 2022 - (10:43 WIB)
      Permalink

      Jujur saya kasian banget sama kakak satu ini, mau dikatain tapi ya itu makin buat kakak ini jadi terpuruk.
      Semoga masalahnya terselesaikan dengan baik ya kak

  • 26 Juni 2022 - (11:42 WIB)
    Permalink

    duh, kesel saya baca surat ini. kok bisanya anda ditipu berkali-kali dan anda tidak sadar juga.
    disuruh minjam ke beberapa aplikasi dan anda mau2 aja.
    selamat sekarang anda punya hutang dimana-mana….

    15
    • 4 Juli 2022 - (13:30 WIB)
      Permalink

      Bahayanya pinjol ya begini contohnya banyak oknum memanfaatkan orang awam. Turut prihatin aja, ibu juga mau mau aja disuruh utang dari pinjol ke pinjol adapundi ke easycash aja udah beda perusahaan bu. Gak mau menyalahkan ibu tapi ibu terlalu polos dengan dunia perpinjol-an.

  • 26 Juni 2022 - (11:56 WIB)
    Permalink

    @Nike
    Saya turut prihatin atas kejadian ini.
    Untuk kedepan (dan untuk semuanya yg mau minjol), jangan segan-segan untuk bertanya terlebih dahulu di MK ini agar kejadian serupa tidak terulang lg.

    Karena kasus serupa ini berulang-ulang.

    Demikian.

      • 26 Juni 2022 - (19:53 WIB)
        Permalink

        pinjol online harus di hukum mati klo kata saya sih ( riba)…. dan penuh penipu !
        nipu langsung penggal ! dunia aman, bos

      • 27 Juni 2022 - (04:35 WIB)
        Permalink

        Hampir sy juga kena..
        Ksusnya sama…
        Dana sudah cair dan masuk ke rek sy
        Tapi setelah itu 25 menit kemudian lewat email..diminta refund kembali dengan alasan ada perbaikan aplikasi dan ada penagihan dobel atau 2x d data pinjaman akun sy yg seharusnya cuma 1x
        Dan nanti setelah di refund k pihak aplikasi..dan stelah d cek dananya akan di transfer ulang..k sy 10 menit..
        Tapi setelah sy cek k dalam aplikasinya..
        Memang benar data sy yg d aplikasi sesuai dengan yg sy klik yaitu 2x proses penagihan..
        Tp kenapa mereka malah minta d balikin lg….?
        Filing ku berkata ini MODUS MAU NGAKALIN dan menipu..
        Nanti klo sudah d kmbalikan..uang kita tidak dvtransf. Lg dan tagihan tetap berjalan..
        Hati hati..teliti dan cermati lagi..perjajian tanda tangan serta rincian pinjaman…jgn sampai tertipu.

  • 26 Juni 2022 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Aduhhhh cuann banget Reza wkwk, adapundi ada IG ya? harusnya dikroscek dulu apa betul itu IG Adapundi.

    Fiks ketipu, ditipu.

  • 26 Juni 2022 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Bacanya sedih.. banget. Ditipu berulangkali pinjam duit tapi tidak dapat duitnya malah di kejar-kejar debt colector.
    Itu kirim duit pinjaman ke account @Dana penipunya..
    Sedang susah, butuh duit, malah ditipu lewat perantara pinjol ( rentenir modern )

    • 27 Juni 2022 - (08:18 WIB)
      Permalink

      duh …. udah banyak yg ketipu ….banyak yg gali lobang tutup lobang gara2 pinjol masih aja ada yg minjem duit di pinjol …. heran… udh ketipu baru deh curhat mk …. padahal sebelum nya udah banyak keluhan dri pinjol di mk…apa ni orang gak pernah baca di mk dlu kali ya sebelum minjem di pinjol … hadeh… pinjem duit gak seberapa ,, dapetnya di potong ,bunga nya gila ,,, masih aja ada yg minjem di pinjol ….

    • 27 Juni 2022 - (08:35 WIB)
      Permalink

      itu virtual accound apl dana … mau aja dikibulin si reza … anda di arahkan download 3 apl sama si reza itu setelah uangnya cair anda itu malah transper keakun dananya di reza itu .. ya jelas reza untung banyak dapet duit dr transaksi piniol anda … duit gak dapet malah di tagih debt collector

  • 26 Juni 2022 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Nyesel deh….kenapa gak tanya² dulu sama yg SDH pernah pinjem online…intinya ente ditipu tuh…ngapain nurut saja suruh transfer balik…

  • 26 Juni 2022 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Hati2….sekarang banyak penipuan….saya pernah kena mengatasnamakan uangme…katannya doubel tagihan….apalagi telpon via WA….biasanya CS telpon lewat telpon biasa……jangan percaya jika disuruh transfer balik…….

  • 26 Juni 2022 - (19:47 WIB)
    Permalink

    aduh , maaf maaf ya kok goblok nya anda lebih giblok dr kucing saya sih 😳🤕😷.
    inti dr ini anda kena tipi dan anda harus bayar itu, data anda yg tercatat.
    oh, ya info aja …. tidak ada pihak kreditur/peminjam menggunakan nomer murah meriah 0838** dan tlp via WA !!!!!
    camkam itu

  • 26 Juni 2022 - (21:22 WIB)
    Permalink

    MIRIS SEKALI BACANYA…. ANDA ITU TERTIPU TAU…. RUGI PULUHAN JUTA DONK. JANGAN MAIN COMOT NOMOR CS DARI SUMBER GAK JELAS APALAGI DARI GOOGLE

    • 26 Juni 2022 - (22:45 WIB)
      Permalink

      Kejadian itu byk terjadi, krn dr pihak pinjol sendiri byk penipu nya, aq juga mengalami tp bukan melakukan pinjaman membeli barang COD udah dibayar tp ditagih kayak pinjam, utk itu hati2 dog segala bentuk pinjol yg katanya legal dan terdaftar di OJK

  • 27 Juni 2022 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Pinjm 1 pinjol tpi disuruh download lain ya aneh. .apalgi suruh tranfer dana…hrsnya sdh curiga dri awal..

  • 27 Juni 2022 - (02:40 WIB)
    Permalink

    Tertipu karena kebodohan anda sendiri mau an aja refund” mana ada sejarahnya abis refund limit dikembalikan … Trf nya ke va 3901 pula haduhh di bodohin sm si reza ente

  • 27 Juni 2022 - (03:41 WIB)
    Permalink

    Gumush banget bacanya.. Harusnya sering² mampir baca MK. Turut prihatin buat Kaka nya. Semoga punya rezeki u/ melunasi utang²nya. Aamiin Yaa Robbal’alamiin

  • 27 Juni 2022 - (08:18 WIB)
    Permalink

    turun prihatin bu, fix kena tipu, nama dan no hp tinggalah nama, bisa nama palsu , diliat juga itu VA yang no hpnya beda 1 dengan si penipu, si penipu 34 yang di isi va nya 33, entah si ibu kena IG fake atau emang orang dalem ada pundi yang main

  • 27 Juni 2022 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Astagaaa…kok bisa percaya aksi tipu-tipu yg model begini? Apa ada unsur hipnotis? Jalan satu-satunya ya cuma lapor polisi, sekalian akun sosmed yg memberi nomor wa tersebut dilaporkan juga.

  • 27 Juni 2022 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Ini bukan hanya tentang kepolosan seseorang tetapi kita harus sadari bahwa tidak mungkin ada seseorang yang menghubungi tiba-tiba tanpa adanya kabocoran data. Ini seperti sebuah jebakan sistematik.

    • 27 Juni 2022 - (12:30 WIB)
      Permalink

      Kalo itu emng sengaja dri pihak Pinjolnya kak, CS sama si DC biasanya kerja sama buat nipu si customer yg masih polos bgini

  • 27 Juni 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Saya cuma baca tapi knp saya yg kesel bgt ya,ko polos bgt ini org ditipu berkali2 suruh download pinjol yg lain,suruh pinjem lg dpt duit suruh transfer ke Reza berkali2 bgtu hati2 ya,nasi sudah jd bubur.

  • 27 Juni 2022 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga kena di Aplikasi Dompet Super, saya ajukan pengembalian, heran banget di bilang penipuan, tapi dia kog tau jumlah yg di transfer ke rekening saya, dan saya kembalikan uang tersebut sebesar Rp 2.600.000, satu jam setelah di transfer, dan dia memberikan nomor rekening pengembalian atas nana dana refund BNI, juga link penghapusan data, tapi rupanya link tersebut bukan nya link penghapusan data, akan terapi link untuk agar dia bisa mengambil alih akun saya, dan nomor hape saya, dan saya di hujani telepon sehari sampai lebih 50x, gitu juga SMS dan whatsapp,, karena saya masih bersetatus peminjam dan harus membayar total 4 juta, dan kasus ini udah saya laporkan ke kepolisian, dan saya masih nunggu khabar dari pihak kepolisian tentang ini, semoga pelaku cepat tertangkap beserta gerombolan nya, karena mereka menghancurkan perekonomian negara, dengan modus penipuan yg berakibat kredit macet, semoga BAPAK KAPOLRI, JUGA MEMBACA NYA Aaaammmmiiiinnnn

    • 27 Juni 2022 - (15:14 WIB)
      Permalink

      Mereka juga memakai nik saya untuntuk membuka rekening bodong atas nama saya, untuk pengajuan pinjaman sebesar2 nya dan memakai nomor hape saya untuk mengirim kode otp, dan aplikasi tersebut menelpin saya untuk menagih hutang bodong yg mereka pinjam atas nama saya, semoga Allah memberikan bara api ke mulut dan perut mereka, sebagai ganjaran nya, karena bukan hanya kami berdua yg kena seperti ini, saya yakin pasti banyak orang yg sudah mereka tipu dengan jalan ini,,, saya sarankan di bacakan yasin beramai2 biar dia faham, seberapa indah nya bara api yg bersarang dalam perut …

  • 27 Juni 2022 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Pelajaran buat peminjam, gak masalah sih pinjam di pinjol, tapi jangan mau kalau penawaran lewat wa, apalagi tadi baca kronologisnya, disuruh daftar di segala macam pinjol lalu setelah uangnya cair disuruh transfer ke oknum bajingan itu, saya gak paham alasan yang dipakai oknum itu sehingga mbak ini mau saja mengikuti arahannya, yang ada pundi cair juga ditransfer ke dia, kalau benar itu cs ada pundi laporkan saja Bu ke polisi dengan bukti bukti chat dan transaksi, emang luar biasa penipu

  • 27 Juni 2022 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Sy juga ngalamin yg seperti itu tapi Alhamdulillah sy sih nggak percaya sama omongan si penipu nya. Sy tadi ny cuma sekedar cek cek sj pinjamn olnen liat bunga nya brp. Berhubung sy tidak tertarik dengan pinjaman nya ..jadi sy pengen tutup akun.cuma kata si penipu bisa tutup akun tapi harus transfer dana dullu. persis sama kaya mbk Nike …sy di suruh transfer ke rek sy..lalu di suruh sama si penipu transfer lg ke rekening lain…, Saran sy jangan klik klik pinjaman online..bahaayaaaaaaa.!!!!!…banyak iklan pinjaman online….di aplikasi aplikasi , iklan pinjol di promosikan bunga sangat sangat rendah…tapi awasss hati hati jangan kepincut bohong itu semua

  • 30 Juni 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Duh kok percaya bu … apalagi pinjam d ada pundi kok nyasar ke aplikasi2 lain… kok manut aja tow bu ?? Masa gak curiga ?

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Pinjaman Adapundi Diminta Ditransfer Balik oleh CS tapi Status di Apli…

oleh Nike Nirmalasari dibaca dalam: 3 menit
41