Surat Pembaca

DC Indodana Menghubungi Nomor Kantor Meski Masih Saya Respon

Pada 16 Agustus 2022 Saya dikabari oleh rekan kerja bahwa ada pihak Indodana yang menghubungi Kantor. memberitahukan bahwa saya ada tagihan yang belum di bayar di Indodana. Memang Saya ada tunggakan yang belum bisa dilunasi karena saya sedang berproses dalam pengumpulan dana untuk pelunasan hutang-hutang saya.

Setiap DC yang menghubungi via whatsapp, saya respon sesekali agar tidak terkesan kabur atau lari dari tanggung jawab. DC Indodana atas nama Ayu ini tiba-tiba langsung menghubungi kantor tanpa menghubungi saya terlebih dahulu.

Menurut peraturan BI terbaru, pihak peminjam hanya boleh menghubungi kontak darurat apabila peminjam tidak dapat dihubungi. Itupun tidak boleh sampai menginfokan bahwa si peminjam ada tunggakan/hutang, cukup tanyakan kontak aktif atau alamat apabila peminjam tidak bisa dihubungi. Ini sudah menghubungi nomor kantor, mengganggu produktivitas kantor dan membuat nama saya buruk. Lalu bagaimana jika saya dipecat dan tidak bisa bayar tagihannya?

Istiqomah
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Indodana Atas Keluhan Ibu Istiqomah

Terima kasih atas surat pembaca yang disampaikan oleh Istiqomah di Media Konsumen tanggal 20 Agustus 2022 dengan keluhan “DC Indodana...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Untuk penulis nunggak brapa hari ??
    Semua pinjol dcnya sama aja kok.,
    Dulu juga saya nulis disini., terlambat 1 hari krna ada lemburan.. DC Juga sudah nagih ke nomor kantor, beserta semua kontak darurat., dimana aturan perjanjian hutang telat 7 hari & tanpa kabar nomor kontak akan dihubungi..
    Dan anehnya lagi. Saya nasabah prioritas.,
    Prioritas lho., tapi telat sehari semua kontak darurat & kantor dihubungi., profit dari prioritas apa saja, sayapun tidak pernah merasakan.,
    Akhirnya saya lunasin lebih awal langsung uninstall...
    Dan cs pinjol tersebut selalu nawarin promo.,
    Potongan 50% lah., 10 juta cair dalam 3 menit lah..,
    Bodo amat., sudah saya uninstall., dan trima kasih..
    Krna yg rugi mereka juga.,

    • Kalau lancar bayar., platformnya ngemis" ya pak.. ???
      Link dari wa... Sms..... Sebar promo.. Iklan yg penuh tipu daya ...

  • Teman sekantor saya juga ada pinjaman di indodana. Cicilan 1,2 jt tenor 6 kali. Dia telat bayar cicilan ke-4 yang jatuh tempo di September 2022. Dia msh upaya bayar sebagian tiap ada rezeki lebih, kalo nggak salah sudah 3x nyoba bayar tagihan yg September 2022 tapi msh kurang bayar dendanya hingga akhirnya tibalah waktunya jatuh tempo cicilan ke-5 di Oktober 2022, lagi-lagi belum bisa bayar. Total pinjamannya kalo sampe cicilan terakhir sekitar 2,9jt.

    Kenapa sy bisa tahu detail banget??
    Karena DC Indodana telp setiap hari ke kantor, pagi dan siang hari. Pernah, sekali saya yg kebetulan jawab telepon DC tsb dan DC tsb menyebutkan secara rinci bahwa teman sy itu ada pinjaman di Indodana yg sudah telat bayar (disebut juga tuh angkanya berapa, telat berapa lama). Bahkan DC tsb bilang teman saya nggak merespon sama sekali ketika dihubungi oleh DC baik wa ataupun telp.
    Kantor jelas merasa terganggu. Akhirnya Ybs dikenakan sanksi SP.
    Namun telp DC ke kantor tetap lanjut.
    Saya dan teman lain yg di bagian operator telp jelas merasa sebal dan sangat terganggu. Akhirnya HRD yg hubungi teman saya itu.

    Ternyata keluarganya lagi sakit dan butuh perawatan cuci darah setiap beberapa hari sekali, dia juga sudah izin dari kantor untuk WFH (hampir sebulan pengajuan WFH).
    Dan ternyata dia merespon setiap chat DC Indodana. Bahkan dia sempet share screenshoot chat wa nya serta rekaman telp nya dengan DC Indodana.
    Tetap aja DC Indodana setiap hari telp ke kantor dengan alasan Ybs nggak bisa dihubungi dan tdk ada respon sama sekali, padahal kantor sudah infokan bahwa Ybs nggak ngantor.

    Saya yg kemaren sempat sebel ke teman saya itu karena harus berurusan sama telp DC Indodana, sekarang jadi lebih paham setelah baca surat2 di MK bahwasanya memang pada dasarnya DC Indodana ini penagihannya tidak sesuai SOP. Kenapa rincian hutang disampaikan ke kantor? Bukannya itu privacy? Kalo sekedar mengingatkan masih wajar, apalagi kalo debitur nggak bis adihubungi. Lhah ini masih bisa dihubungi, masih merespon, bahkan ada upaya bayar sebagian beberapa kali.

    Dua hari lalu bahkan saya denger info DC Indodana tsb menagih ke HRD dan sekarang teman saya itu terancam dipecat.

    • ya dc indodana parah emank, tmn kantor saya ada yg dipecat gara2 ini jg.
      sampe udh dipecat pun teror ke kantor msh terjadi.

  • kejadian ini juga terjadi pada saya..saya sangat merespon wa dari dc indodana.. bahkan saya sudah menjanjikan akan membyar 2 hari lagi karena tanggal gajian.. tetapi tiba2 dc indodana telpon ke kantor.. dan mengancam akan telpon ke HRD juga..tolong teman2 online, jangan sampai memakai indodana, selain bunga dan denda yang tinggi.. mereka sangat tidak sopan menagih ke kantor juga..kalau sudah di janjikan bayar dan sudah diingatkan, yasudah ditunggu saja,, dan saya juga sopan membalas pesan wa dari indodana. please OJK tolong di tindak tegas.