Surat Pembaca

Penyalahgunaan Data Konsumen, Tak Pernah Melakukan Pinjol di Aplikasi Rupiah Anda Tapi Ada Tagihan Masuk

Pada tanggal 21 Agustus pada pukul 18.14, saya mendapat pesan WA yang mengatasnamakan dari Rupiah Anda bahwa pinjaman saya telah jatuh tempo pada hari ini. Padahal saya belum pernah melakukan peminjaman di Rupiah Anda, dan saya pun belum pernah menginstall aplikasi tersebut
Dan saya coba instal aplikasi Rupiah Anda dan log in di no hp saya, benar ada pinjaman sebesar Rp 1.600.000 pada tanggal 15 Agustus 2022 dan jatuh tempo pada tanggal 21 Agustus 2022.

Lalu saya coba cek rek koran tabungan saya ternyata tidak ada transfer masuk pada rekening saya,berikut screenshot rekening koran dan aplikasi Rupiah Anda


Saya mohon kepada aplikasi Rupiah Anda mohon dicek dana tersebut masuk ke rekening atas nama siapa? Dan saya juga mohon jangan terus menerus menagih saya karena saya tidak merasa meminjam uang tersebut.

Deni Iskandar
Lebak, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Klo boleh tanya tgl 14 ada sekitar 1 jutaan dana masuk jangan2 itu lagi. Biasanya pinjol bunganya rendah tapi potongannya tinggi.

      • Sama persis dengan saya, beberapa hari yg lalu saya juga dapet wa dari rupiah anda dan jaminan emas, padahal saya tidak pernah melakukan pinjaman di situ. Setelah saya googling2 ternyata banyak korban juga. Jadi lebih baik di blokir saja, jangan sekali2 menginstall aplikasi yg link nya di sertakan di wa tersebut

  • Para pinjol ini memang sudah mengarah kepada mafia. Ini masih mending karena tidak ada uang yg masuk. Kalau nomor rekening Anda bocor, bisa jadi dia akan langsung main transfer lalu menuduh Anda telah meminjam uang dari mereka.

    Sudah saatnya pemerintah bertindak tegas membasmi para mafia ini.

    Untuk depan nya, langsung hapus semua chat sampah dari pinjol. Jangan install aplikasinya. Kalau diinstall malah makin ngelunjak mereka.

    • Bukan ga ada masuk Pak. Itu tgl 14 Agt 2022 ada masuk dana 1.134.000 . tu pinjol Apk ilegal tsb yg dipinjaman 1,8jt atau 1,6 jt dipotong bunga 6rts ribuan tenor 7 hari. Ini benar pengalaman saya ya. Saya ditfr uang di DE 1,8jt. Saya mau menghapus pinjaman tsb , saya disuruh transfer senilai 1.134.000 ke rek Banj BJB.

      • Disitu dapat tf'an dana tgl 14 kak, tp di aplikasi dia kan pengajuannya tgl 15 itu? Dan mo tanya juga, kalo rekening kita udah ga aktif, emg bisa masuk transferan ya?

          • Nah iya ya kak tp penagih ini ngotot kalo saya ada utang sama apk mereka, instal aja ga pernah malah d bilang ada minjem di apk mereka, terlebih rek saya itu terakhir d gunakan tahun 2020,jd bagaimana mungkin mereka bisa transfer dana ke rek saya ? saya cuekin sih cuman ya agak terganggu jadinya tiap hari d tagih sama nomor yang beda2 trus sy bales minta bukti kalo saya ada pinjaman dan bukti transferan nya ke rek atas nama siapa, eh cuma ceklis satu aja. Kyknya habis neror saya lgsg dia non aktifkan deh WA nya