Surat Pembaca

Layanan Travel Mbtrip Sangat Lambat dan Menuduh “Negatif” ke Calon Konsumen Tanpa Bukti

Kisah ini terjadi ketika saya berencana liburan ke Turki pasca tahun baru (antara Januari-Maret 2023). Saya telusuri semua travel agent dan ternyata sangat banyak sekali yang mengadakan trip ke Turki. Namun dari banyaknya agen tersebut, baru 3 travel saja yang sudah mengumumkan trip pasca tahun baru ke Turki. Salah satunya agen yang bernama Mbtrip.id.

Tanggal 27 Agustus hari Sabtu saya mulai chat ke adminnya seperti user yang lain.


Setelah saya chat, tidak ada respons. Saya pikir mungkin di Instagram slow respons. Lalu saya coba pindah ke WhatsApp dan ternyata weekend memang libur. Seperti gambar di bawah ini:


Hari Senin saya coba chat lagi ke adminnya. Di sini lah awal mulanya masalah yang tak terduga itu terjadi. Saya sudah ikuti peraturan jam buka operasional kantor. Seperti gambar percakapan di bawah ini:

Ternyata belum ada respons terkait pertanyaan saya dan anehnya malah menjawab yang bukan pertanyaan saya.
Akhirnya saya tutup chat di WhatsApp dengan kalimat “Buktikan sekarang kak”. Dengan maksud agar tidak perlu debat panjang dan cukup jawab saja pertanyaan saya.

Lalu apa yang terjadi? tidak ada jawaban satu pun setelah lebih dari 24 jam. Saya cari user lain apakah ada yang bernasib seperti saya? Jawabannya ya banyak ternyata.

Dari gambar percakapan tersebut bisa dilihat jika adminnya memang slow respond. Dan anehnya lagi-lagi dia bisa fast respond menjawab yang bukan pertanyaan para user. Saya menanggapi komen user yang bernasib sama dengan saya. Dan lebih parahnya lagi dia menuduh saya “komen-komen gak jelas”


Negatif thinking? Komen gak jelas? Padahal saya menjelaskan dengan beberapa bukti dan fakta. Apakah Anda tidak siap dikritik? Saya tidak tahu. Yang saya ketahui adalah Layanan Travel Mbtrip sangat lambat dan menuduh “Negatif” ke calon konsumen tanpa bukti.

Irfan Rofiansyah
Denpasar, Bali


Update (19 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Mbtrip sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Halo kak boleh tukar emailnya? kebetulan saya juga peserta turki yang terkena reschedule ke januari

  • Saya termasuk peserta Trip Korea Selatan menggunakan travel MB Trip, sudah pelunasan sejak sebelum Covid 2020, dua tahun tidak ada kejelasan trip akhirnya diinfokan kembali oleh pihak MB Trip untuk trip di bulan desember 2022, sudah melakukan pembayaran untuk visa, asuransi dan tip tour guide, visa sudah jadi, saya tanya tiket untuk keberangkatan tanggal 29 Des - 3 Jan 2023 selalu saja ada alasan, disuruh tunggu H-1 minggu , setiap kali di wa selalu begitu responnya, dan tiba2 H-1 minggu tepat tanggal 22 desember 2022 ada pemberitahuan kalau trip winter korea harus di reschedule dengan alasan jumlah tripnya tidak sesuai dengan jumlah pax dll dll, saya dan keluarga sangat KECEWA dan JENGKEL, uang kami sudah lebih dari 2,5 tahun, visa sudah jadi, dan sudah lunas semua, dengan seenaknya pihak MB Trip main resechedule saya, lalu kami minta refund, ada saja alasannya, disuruh menunggu konfirmasi karena sedang proses dengan pihak A, B dll. Mohon Pihak MB Trip, kembalikan uang kami yang jumlahnya 40 juta yang ngendon di reknya Yesi Restu. Mohon profesional dan amanah dalam menjalankan bisnis travel , jangan jadi travel penipu. semoga tidak banyak korban PHP MB Trip seperti saya.

  • Ada yg ikut trip winter turki tanggal 3 januari? Pls let me know, karna blm ada info lagi mengenai keberangkatan. Di chat jg ga dibales bales

    • hallo kak, gmn kak apakah sudah ada kejelasan? saya trip winter turkidubai 6-15 januari ??

      • Halo kak saya juga anggota trip dubai turkey 6-15 jan yg barusan dikabarin di reschedule ke 14 januari, boleh tukeran kontak emailnya kakak?

        • Oia sudah dapet info lagi kak, dan sudah dibikin group?? tapi belum dapet info lagi kumpul jam berapa, kode booking dll. Di group peserta tidak bisa chat apa apa. Kira kira tanggal 9 pasti berangkat ga ya? Karna saya takut ngerescehedule cuti terus??

    • Sama kak saya juga peserta trip winter turko tanggal 3, direschedule di tgl 9 apa kakak juga begitu?

      • Oia sudah dapet info lagi kak, dan sudah dibikin group?? tapi belum dapet info lagi kumpul jam berapa, kode booking dll. Di group peserta tidak bisa chat apa apa. Kira kira tanggal 9 pasti berangkat ga ya? Karna saya takut ngerescehedule cuti terus??

        • Halo ka, apakah berangkat trip nya?
          Saya trip 10-20 feb, total 7 org peserta mau ganti 1 nama dan tmbah 1 tp smpe skrg ga direspon 3 hri chat berturut turut no respon, mnta bantuan stien juga no respon. Malahan brusan saya chat ga deliv chat ke mbtrip nya.
          Kayakny hrus sm sm buat pengaduan ke YLKI sih ini spy bs diproses.

    • Hallo kak, saya juga peserta trip turki tgl 3 januari tapi direschedule tgl 9 januari ini, kakak gimana tanggapan dari pihak travelnya? Apa udah ada respon?

    • Halo kak aku tgl 16 Januari direschedule tp blm terima tgl brp brp nya.. kakak ada email?? Akhirnya sudah berangkat kah?

  • Saya dan keluarga (7 orang) adalah peserta MBTRIP program Trip Winter Turkiye periode 5-14 Januari 2023.

    Sudah pelunasan di 1 Desember 2022 dengan total nominal Rp 94.500.000,-. Mendadak pada tanggal 30 Desember 2022 (H-5 sebelum tanggal keberangkatan sesuai schedule awal 5 Jan 2023), admin MBTRIP memberikan informasi bahwa trip akan diundur di tgl 12-21 Januari 2023 dengan alasan OVERSEATS.

    Kami sekeluarga kaget dan kecewa karena kami sudah mengajukan cuti pada 5-14 Januari 2023. Kami tetap bersih keras bahwa kami tidak dapat me-reschedule cuti kami, dan kami minta refund karena ini bukan kesalahan dari kami.

    Pihak MBTRIP tidak dapat menjelaskan secara clear prosedur refund dan tidak bisa memberikan bukti overseats. Pihak MBTRIP juga sangat lama sekali dalam respon whatsapp. Dan setelah saya cari informasi, ternyata sudah banyak sekali korban MBTRIP di Media Konsumen ini. Sungguh kita tidak semua tidak bisa hanya diam daripada makin banyak korban yang akan masuk perangkap.

    Mari kita bersatu untuk melaporkan kasus ini kepada pihak yang berwajib beserta memviralkan kasus ini. Y*** ***** anda jangan seenaknya makan uang orang2 yang sudah percaya dengan travel anda.

    Semoga kita dapat mendapatkan hak kita yang telah dirampas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Mohon teman2 dapat email saya ke thaniasakuntala@gmail.com

    • Saya brangkat dubai turkey yg harus tgl 6 di undur jd tgl 14,trus tgl 18 dan sampai detik ini gada kluar tiket apa visa,apakah ini travel penipuan apa gmn? Di wa slow respon apa harus dikasuskan aja?

      • Halo kak saya juga trip ke turki + dubai tgl 6-15 Januari. tpi batal karena tabrakan dengan umroh. sampai skrg belum ada refund

      • Ya Allah kak??
        Saya juga di undur waktu nya
        Seharus nya berangkat tgl 20 ini di undur jdi di maret , gk tau bener atau nggak
        Tp lihat media ini semua pada ngeluh jd gk yakin bisa pergi????
        Padahal dari setengah tahun lalu saya book nya dan udah lunas pembayaran
        Ya Allah gk nyangka banget teranyata byk korban nya??

  • Halo saya mau tanya apakah untuk trip winter turkey periode des-jan ini ada yg sudah diberangkatkan?

    Karena saya liat di ig story mbtrip ada trip ke turkey tp sepertinya yg private. Apakah ada grup trip yg berangkat?

    • saya berangkat turkey 18 januari malah di undur menjadi 14 feb,sy suruh buka komen IG dong mbtripnya drpd semakin simpang siur berita penipuan ini,soalnya di Tik*ok juga sy dpt komen banyak yg ketipu sama mbtrip

      • Saya berangkat tgl 23 jan ini tapi sampai sekarang ga ada kepastian visa atau tiket dan blm diminta paspornya.
        Mari gabung di group wa, ak ada bbrpa orang yg ikut mbtrip dan tunggu kejelasan mbtrip.
        Kosong delapan satu 217699967

        • Boleh gabung group wa kah saya salah satu korbannya mbtrip.
          Dan apakah sudah ada yg datang ke kkntornya?

        • tidak ada yg berangkat ya @windi ,saya aja dr januari diundur ke maret,saya nyerah ga mau lg jd minta refund,tp jawaban berbelit2

    • Saya kak di Maret
      Seharus nya berangkat di Feb ini diundur jd Maret
      ???
      0852-2128-2531
      0819-0443-4830
      Itu no admin nya kak

  • Apakah yng tgl 9 Januari sudah berangkat?
    Saya juga di rescedule..
    Apakah ada group terkait teman2 yng batal berangkat