Layanan Travel Mbtrip Sangat Lambat dan Menuduh “Negatif” ke Calon Konsumen Tanpa Bukti

Kisah ini terjadi ketika saya berencana liburan ke Turki pasca tahun baru (antara Januari-Maret 2023). Saya telusuri semua travel agent dan ternyata sangat banyak sekali yang mengadakan trip ke Turki. Namun dari banyaknya agen tersebut, baru 3 travel saja yang sudah mengumumkan trip pasca tahun baru ke Turki. Salah satunya agen yang bernama Mbtrip.id.

Tanggal 27 Agustus hari Sabtu saya mulai chat ke adminnya seperti user yang lain.


Setelah saya chat, tidak ada respons. Saya pikir mungkin di Instagram slow respons. Lalu saya coba pindah ke WhatsApp dan ternyata weekend memang libur. Seperti gambar di bawah ini:


Hari Senin saya coba chat lagi ke adminnya. Di sini lah awal mulanya masalah yang tak terduga itu terjadi. Saya sudah ikuti peraturan jam buka operasional kantor. Seperti gambar percakapan di bawah ini:

Ternyata belum ada respons terkait pertanyaan saya dan anehnya malah menjawab yang bukan pertanyaan saya.
Akhirnya saya tutup chat di WhatsApp dengan kalimat “Buktikan sekarang kak”. Dengan maksud agar tidak perlu debat panjang dan cukup jawab saja pertanyaan saya.

Lalu apa yang terjadi? tidak ada jawaban satu pun setelah lebih dari 24 jam. Saya cari user lain apakah ada yang bernasib seperti saya? Jawabannya ya banyak ternyata.

Dari gambar percakapan tersebut bisa dilihat jika adminnya memang slow respond. Dan anehnya lagi-lagi dia bisa fast respond menjawab yang bukan pertanyaan para user. Saya menanggapi komen user yang bernasib sama dengan saya. Dan lebih parahnya lagi dia menuduh saya “komen-komen gak jelas”


Negatif thinking? Komen gak jelas? Padahal saya menjelaskan dengan beberapa bukti dan fakta. Apakah Anda tidak siap dikritik? Saya tidak tahu. Yang saya ketahui adalah Layanan Travel Mbtrip sangat lambat dan menuduh “Negatif” ke calon konsumen tanpa bukti.

Irfan Rofiansyah
Denpasar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:28    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Layanan Travel Mbtrip Sangat Lambat dan Menuduh “Negatif” ke Calon Konsumen Tanpa Bukti

    • 15 September 2022 - (19:21 WIB)
      Permalink

      saya mantan peserta dan apa yg dibilang mas irfan betul mereka sangat slow respon bahkan chat peserta yg sdh bayar lunas bisa dianggurin seminggu dua minggu lamanya, hrs kita chat berkali2 dulu dan itupun nanti adminya kesal klo kita chat terus pdhl kita sbg customer sdh berusaha buat baik2

    • 1 September 2022 - (12:22 WIB)
      Permalink

      Jangan kita cepat berpikir. Sepertinya maksud kakak ini, biar khalayak umum tau cara kerja travel tersebut yang tidak profesional dalam menjawab dan melayani cust, jadi kita bisa lebih berhati-hati memilih travel. Sy baca tadi SC percakapannya, sbnr nya kakak ini tidak marah masalah tidak dijawab diluar jam operasional tapi yg jadi masalah di sini adalah setelah jam operasional pun pihak travelnya tidak memberikan jawaban, bukan cuma ke kakak ini yg dianggap “bermasalah” bagi pihak travelnya tapi ke semua calon cust yg bertanya, pihak travel pun terkesan mendiamkan saja, malah bisa cepat membalas hal yg diluar pertanyaan utk tour. Jadi sebenarnya yg kecewa banyak sekali pasti dan dimaksudkan kakak ini masuk ke media konsumen untuk kita tahu dan akan berhati-hati terhadap travel yg sejenis “Promosi PHP no Action” karena yg begini biasanya adalah bibit” tumbuhnya penipuan. Jadi kita diingatkan hati” dengan travel ini, so posistif thinking.

      17
      • 1 September 2022 - (16:15 WIB)
        Permalink

        Setuju ini untuk pelajaran apalagi admin sosmed kurang profesional lebih baik cari travel agen lain.

      • 1 September 2022 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Hati-hati dalam menyimpulkan,apakah ada bukti ppihak travel tidak menjawab /tidak merespon sama sekali calon customer yg bertanya ? Jelas pihak travel geram dengan tkomentar bpk irfan yg membuat opini pihak travel tidak merespon sama sekali,dan itu beliau jugaa menimpa komentar beberapa akun? Apa itu tidak mengundang pikiran negaatif followers baru atau calon peserta ? Jelas ini merugikan kpihak travel.. somasi jelas akan dikirimkan oleh pihak travel..

        1
        12
        • 2 September 2022 - (02:36 WIB)
          Permalink

          Ane juga nangkepnye bgtu, terlalu slow respon, jadi ini bisa jadi info bagus klo nyari travel agent jgn asal murah… ๐Ÿ‘

  • 31 Agustus 2022 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Soal slow response aja masuk MK. Apakah Anda sudah dirugikan? Kalau mereka gak cepat merespon, cari travel lain yang cepat respon. Ngapain dibikin ribet sendiri hanya soal kecil?

    Saya menanggapi ini bukan berarti saya bela travel itu, atau ada hubungan dengan travel itu. Hanya sekedar nanggapi keluhan anda yang tidak penting-penting amat. Jaman sekarang banyak bisnis travel yang bisa dipilih, tinggal pilih yang dapat dipercaya. Ngapain dibikin ribet?

    7
    16
    • 1 September 2022 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Kalo ga drama ga seru bos. Pembeli yg terlalu raja ya begini. Niat mengkaren biar dkasi diskon tambahan krn kelambatan respon admin nya. Ga taunya yg jd admin owner nya sndr wkwk.

      4
      8
  • 1 September 2022 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Gak ada kerugian kog lapor ke media konsumen.. Pengen viral ya??
    Ya harusnya klu udah tahu slow respon ya di cari yang lain..
    Gitu aja kog repot..

    5
    7
    • 2 September 2022 - (05:36 WIB)
      Permalink

      Ya gitu lah pembeli skrng, bukan nya cari yg lain biar gak ribet malah ngadu ke MK, kocak gaming emang, ntar jngn2 mau beli telur ke warung tetangga karena gak ada malah lapor ke MK lagi, bukan nya nyari warung yg lain hahaha
      Kecuali udah bayar tapi pelayanan nih travel busuk nah itu masih wajar lapor

      2
      6
  • 1 September 2022 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Dari jawaban di WA nya aja udah jelas admin nya slowres dan baperan, gak customer oriented.
    Ngapain lanjut dikejer?
    Kaya agent travel cuma dia aja.

    Justru tau di WA respon nya begitu harusnya langsung tinggalin, cari yg lain.
    Baru promosi aja admin nya udah gak peduli dengan Anda apalagi kalo kelak anda komplain pas udh jadi customer

    10
  • 1 September 2022 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Terima kasih TS, dengan begini saya jdi tau kualitas itu Travel, belum bayar aja sudah begitu, apalagi sudah bayar, komplenan dicuekin mungkin.

    12
  • 1 September 2022 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas informasinya.
    Dr bbrp komentar jg sy menyimpulkan hati2 memilih travel agent.

  • 2 September 2022 - (02:27 WIB)
    Permalink

    Bagusss bwt infonye, biar tau aja mana travel yg memang niat jualan sama kagak, dan seterah si TS mao buat di MK atau kgk, intinye ini lolos buat masuk MK, klo gak demen sama info TS, jgn dibaca simple..

  • 2 September 2022 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Mungkin secara materi memang tidak ada kerugian.
    Tapi saya rasa tulisan ini dibuat untuk sharing pengalaman, sehingga calon customer lain bisa tahu pelayanannya bagaimana.
    “Belum jadi customer sudah komen aneh-aneh”? Gimana mau jadi customer tanya detail info paket nya aja di cuekin….
    Dan ternyata yang punya pengalaman gak di respon atau slow respon bukan cuma penulis, ya berarti bisa disimpulkan sendiri lah adminnya gimana.

  • 2 September 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Terima kasih karena telah berani membagikan pengalaman anda di travel yang bersangkutan, saya mendapat pelajaran terkait kinerja travel ts dan tentunya sebagai referensi travel pribadi..

  • 2 September 2022 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Mending ditelantarkan chatnya sekarang daripada ditelantarkan setlah di turkiye haha. Jadi kita tau travel agennya gak bener dari awal

  • 3 September 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Trims info nya mas Irfan.
    Ini seharusnya dimasukan ke kolom REVIEW. Tp sdh terlanjur dimasukan ke Surat pembaca ya gpp deh ๐Ÿ˜

 Apa Komentar Anda?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Layanan Travel Mbtrip Sangat Lambat dan Menuduh “Negatif” โ€ฆ

oleh irfan dibaca dalam: 1 menit
25