Surat Pembaca

Tidak Bisa Migrasi dari Listrik Prabayar ke Pasca Bayar

Listrik di rumah saya saat ini prabayar/token. Kendalanya adalah saya suka lupa isi token dan sering bunyi tengah malam. Sewaktu mau mengisi, tidak bisa karena ada jam off sampai pukul 1 malam. Alhasil listrik bunyi selama kurang lebih 1 jam. Mengganggu.

Karena itulah saya berniat mengganti ke pasca bayar. Kemudian saya DM Twitter PLN, menanyakan prosedur dan lain-lainnya. Saya diarahkan untuk mendaftarkan online melalui aplikasi PLN. Setelah saya coba daftar, tertulis bahwa di lokasi unit layanan PLN saya, yaitu di Teluk Naga, tidak tersedia untuk listrik pasca bayar.

Kalau begini apakah tidak bisa diganti? Atau seperti apa? Apakah saya bisa beli sendiri KWH meternya kemudian minta PLN untuk datang memasang? Apakah diizinkan seperti itu?

Cintia Leliana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bersyukurlah masih bisa menikmati listrik...masih ada rakyat yg belum dapat menikmati listrik..
    Jika mengisi token saja bisa lupa apalagi jika nanti jadi paskabayar...bisa menunggak tuh tagihannya....nanti jika menunggak lalu diputus maka nanti PLN juga yg disalahkan karena dianggap tdk manusiawi...
    Sudah bagus ada listrik prabayar agar tdk ada petugas PLN yg datang ke rumah kita karena kita lupa bayar tagihan....

  • Pln Prabayar kalau isi token tiap minggu/isi token nominal kecil, jatuhnya lebih mahal.
    Coba isi sekaligus kira2x pemakaian 1 bulan berapa rupiah (hitung2x seperti bayar pascabayar).
    Saya kemarin didaerah, pasang baru malah dapatnya pascabayar padahal saya mintanya yang prabayar.

  • Bisa nggak ya isi listrik prabayar ga pakai pencet2 ke meteran listriknya? Kaya kita beli pulsa prabayar hp aja gitu

  • Klo ada tetangga yg masih pakai kwh lama. Coba tanyakan mau tuker ga. Tinggal panggil teknisi pln nya. Kasi duit lancar.

  • Enak pakai pra bayar.
    Dan memang program pemerintah konversi dari pasca bayar ke pra bayar, kecuali untuk daya tinggi masih bisa untuk pasca bayar..

  • Pakai prabayar saja lupa ngisi apalagi pakai pascabayar, jangan2 nanti lupa bayar. Disegel, dicabut meterannya, jadi urusan lagi, nulis disini lagi, repot kan? :D

      • Autodebit bisa kalau anda ga lupa isi uang di rekening.. ini hanya mengingatkan aja krn anda kan pelupa ?

        • Yah. Kan konteks nya bukan ga bisa bayar tp lupa buat beli token. Jd kl bs autodebet kan enak buat org pelupa sprti saya. Kl prabayar bisa seotomatis autodebet juga saya ga akan ribut ?

          • Justru itu bu, autodebit bs gagal kl lupa diisi rekeningnya. Paska bayar jg anda hrs upload foto angka meteran (bisa lupa juga) malah kena denda, atau bisa diputus krn nunggak hehe

      • Autodebet untuk token listrik juga bisa misal anda sebulan habis 500 ya tinggal aja set pembelian token 500rb setiap tanggal berapa? Mau pake shopee, tokopedia, dana, blibli bisa semua sudah support autodebet mereka.

        Aku udah coba buat autodebet buat tagihan PDAM, token listrik, tagihan internet, beberapa nomor pascabayar saya.

  • Cuma token bunyi aja d bikin ribet.. pencet aja tombol langsung ga bunyi lagi sampai beberapa jam, isi token bisa online kapan aja ga perlu ribet kecuali klo ga ada saldo buat beli token baru ribet.. wkwkwk

  • Yg 450 pasca bayar dapat subsidi. Kelemahan dan kelebihan pasca dan prabayar.kelebihan : Pasca nyala terus lampu tanpa kwatir mati/ putus. Prabayar. Nggak akan di putusin klw nggak bayar/isi token. Kelemahan. Pasca klw gak bayar/telat/nunggak bisa di putusin
    Prabayar. Cape deh tekan2 tombol. Cape beli, bising bunyi2. Bisa mati lampu mendadak, kehabisan uang.
    Jadi kesimpulannya masih lbih bagus pasca

  • Memang lebih murah pasca bayar, untuk yg 900kwh aja 1bulan pemakaian full kulkas mesin cuci dan peralatan masak paling besar tagihan 150ribu ini tagihan di rumah saya yg satu, sedangkan yg memakai prabayar peralatan elektronik sama kwh 900, di rumah saya satunya lagi, paling irit beli token 200ribu, sudah beda ya setidaknya 50ribu perbulan, jadi intinya si ts pengen murah bayarnya , bukan masalah bunyi meterannya???

    • Ga bisa bikin perbandingan prabayar dan pasca baya cuma berdasarkan dari VA sama sama 900KWH karna harga per kwh sama saja, klo mau bandingin harus jelas apakah jumlah waktu pemakaian peralatan listrik sama dan dan apa jenis peralatan listrik juga sama persis ?
      Klo saya sih ga perduli mau pasca bayar atau prabayar yang penting jangan ada pemadaman listrik karena hal hal ga jelas aja, kan ga enak lagi masak pk kompor lisrik tiba tiba listrik mati sampai berjam-jam, jadi apa coba tuh masakan..