Surat Pembaca

Seburuk Itukah DC Bank dalam Melakukan Tugasnya?

Pada tahun 2016, saya pernah menggunakan kartu kredit CIMB Niaga, dan memang lama saya memakai kartu tersebut. Di lain waktu, kartu kredit saya ada yang menyalahgunakan pemakaiannya, sampai berimbas saya yang harus membayar tagihan kartu tersebut. Dulu terbilang saya sangat rajin sekali membayar tagihan kartu tersebut. Namun saat saya mengalami masalah, orang yang bermasalah tersebut lepas tanggung jawab dan akhirnya saya yang harus menyelesaikannya dengan DC.

Saat awal penagihan, sungguh sangat tidak bijak dan keluar dari aturan perbankan mengenai tata cara penagihan untuk kartu kredit. Yang mana mereka melakukan intimidasi dan meneror saudara dan teman-teman saya. Padahal saya mempunyai tagihan kartu kredit ke perbankan, bukan tagihan pinjol atau aplikasi di luar pengawasan OJK. Hingga akhirnya saya merasa marah karena ada kalimat jorok yang membuat saya mual untuk mendengarnya.

Pada tahun 2020 ada email masuk dari CIMB Niaga untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun email tersebut sifatnya hanya pemberitahuan dan setelah itu tidak ada email masuk dari pihak CIMB Niaga.

Akhirnya pada tahun 2022 ini saya mengalami intimidasi kembali, ditelepon berpuluh-puluh kali. Setelah saya cek di aplikasi Get Contact, nomor-nomor tersebut adalah nomor telepon mengandung unsur penipuan. Bagaimana saya akan percaya mau menyelesaikan masalah tersebut, jika yang mereka melakukan tidak sesuai S.O.P perbankan dalam tata cara penagihan ke nasabah kartu kredit? Ditambah mereka meneror saudara dan teman-teman saya yang tidak ada kaitannya dengan masalah saya.

Untuk itu saya menulis surat terbuka ini karena saya bingung harus mengadu kepada siapa? Jika kredibilitas perbankan seperti ini bagaimana nasabah mau menyelesaikan masalahnya dengan baik tanpa ada unsur intimidasi lisan atau tulisan.

Mohon dididik kembali kinerja DC Bank CIMB Niaga agar tidak keluar jalur dari yang sudah ditetapkan oleh Surat Edaran Bank Indonesia No.14/17/DASP tanggal 7 Juni 2012, agar tidak mencoreng nama baik bank itu sendiri.

Mudah-mudahan dengan adanya surat terbuka ini, bisa dipahami dan dimengerti mengapa saya sampai menulis surat ini karena perbuatan yang tidak menyenangkan yang dilakukan oleh DC Bank CIMB Niaga. Yang mana perbuatan tersebut sudah ada pasal yang tertera dalam Pasal 335 ayat (1) KUHAP mengenai perbuatan tidak menyenangkan seperti memaki, menghina, dan mempermalukan di depan umum.

Berikut saya lampirkan email terakhir dari bank tersebut, chat ke saudara dan teman saya. Terima kasih.

Krisna A.
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Krisna

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Krisna A. yang berjudul “Seburuk Itukah DC Bank dalam Melakukan Tugasnya?” (Mediakonsumen.com, 3 Desember...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • TS meminjamkan dana pakai kartu kredit TS terus sama" lah ketempat si peminjam TS bersama orang bank biar bareng" mintain TS takut sama orang bank takut juga sama yg minjemin KC walah ini sih runyem urusannya, anterin aja jelasin permasalanya terus duit buat apa di pakai sama siapa di transfer ke siapa ada bukti jelas nanti pihak bank yg bakalan ketempat yg minjem kredit biar ga susah sendirian.

  • Punya kewajiban, ya harus dibayar, entah itu KK nya disalahgunakan dulu 2016, kenapa gak sanggah transaksi, terus kalo semisal disalahgunakannya ternyata orang terdekat, knp gak dikejar orang tsb, malah nyalahin CIMB niaga, orang punya hutang sejak 2016 sampe sekarang belum dilunasi kok banyak gaya, itu kalo semisal saya yang ngutangin orang dari sejak 2016 sampe sekrang bahkan jengkelnya udah gak bisa diukur kayaknya, itu masih mending bank pake cara yang baik, tahun 2020 pake email pemberitahuan, baru 2022 pake DC, jangan hanya menuntut hak, kewajiban kamu juga harus dipenuhi dong

  • Kelihatan disini yang pilih berpihak ke TS dimana dia klaim ada nya kata-kata tidak sopan tapi tidak ada bukti, merupakan orang-orang yang suka minjam uang, ditagih langsung merasa si paling benar dan si paling tersiksa. Hutang itu kewajiban TS, hak bank itu mendapatkan uangnya. Jangan memutarbalikkan fakta. Bukti yang TS kirim tidak ada kata-kata kasar, dan menurut saya cara mengatakannya masih beretika.

    Kalaupun disalahgunakan, kenapa gak lapor polisi juga, biar di selesaikan? Dan kenapa gak dicegah saja dari pertama (seperti tidak memberitahu PIN CC, CVV, kode kartu, expire, nama tertera, dsb, atau meminjamkan ke orang lain, atau memegang selalu kartu itu dan menyimpannya di tempat tersembunyi seperti di case hp lipat)?

  • Wkwkkw tsnya kabur ketauan ngeles gak mau bayar ??, lagian Bank mana mau tau mau yang pake siapa toh CCnya atas nama ts sendiri ?

    • Hadir bos..kabur gimana,kalo telp yg terdaftar cuma satu,artinya saya msh bisa di hub i..makanya sya bikin surat dimedia konsumen,knapa hrs dm ke IG org lain selain saya sedangkan saya telp msh aktif,email.msh aktif,rumah msh sama,kalo kabur ngapain juga saya bicara disini..situ mah jdi pembaca yg smart dong ..wkwkwkw...

    • Kentut bareng yuu..pengen dibales cepet aje bang..kan ga mesti saya liat hp terus...model dc kayanya nih anda..wkwkwkww...

  • kadang heran juga yg lapor d MK ini komplein di tagih tp memang telat mau pinjol atau bank dari dulu juga mereka pake debt coll makanya sy ga pernah mau pake kartu kredit,cicilan kendaraan lah. pakai lah prinsip klo punya duit jajan klo ga punya duit ya jangan sok gaya2 an, hiduolah apa adanya jangan ada apanya

  • Aduh Pak disini banyak DCnya, tapi bapak tutup mata dan telinga saja. Itu sudah di tanggapi dari pihak banknya. Semoga masalah bapak cepat selesai.

  • Gimana2.. dari 2016 nga bayar.. sampe 2022 sekarang.. wah itu sih bener nga ada itikad baik kan ? Nagih nya juga masih baik itu.. sopan WA dan SMS nya..??

    • Bukan itu kak..ada yg lain ga bisa saya posting disini,hanya sebagian saja yg msh dlm kategori sopan yg saya masukan disini

  • Saran saya, bayarlah sebelum ditagih/lewat jatuh tempo, Credit Card jangan dipinjamkan ke orang lain, walaupun itu saudara atau teman terdekat sekalipun.. Atur pin untuk Credit Cardnya, supaya tidak bisa digunakan oleh orang yg ga bertanggung jawab