Surat Pembaca

Menunggu Pengembalian “Booking Fee” Pembelian Mobil dari Dealer Wuling Maju Motor Karawaci

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk menuliskan apa yang saya alami. Saya ingin menanyakan mengenai pengembalian uang booking fee saya sebesar Rp1 juta, untuk rencana kredit pembelian mobil Wuling Cortez di dealer Wuling Maju Motor Karawaci.

Awalnya saya datang ke showroom tersebut dan ketemu Ibu Mal*** selaku marketing. Kemudian dijelaskan mengenai simulasi kreditnya. Akhirnya saya deal dengan simulasi DP minim dan saya pun membayar boking fee. Dengan catatan, kalau nanti ada kenaikan DP (saya tidak mau atau tidak sanggup), kata marketing tersebut nanti uang boking fee-nya akan dikembalikan kurang lebih 14 hari kerja.

Setelah saya disurvei oleh pihak leasing, selang beberapa hari ada info dari pihak marketing “Pak maaf, gak bisa DP minim. Bapak sudah di-approve, tapi harus naik DP”. Pihak marketing datang ke rumah saya berunding mengenai kenaikan DP. Namun saya gak mau dan yang jelas saya gak sanggup.

Akhirnya kata marketing “Ya sudah kalau bapak gak mau gak apa-apa, berarti bapak gak jadi kredit mobilnya”. Saya tanya “Terus masalah booking fee gimana?”. Kata marketing nanti dibuatkan laporan dulu ke leasing, untuk pengajuan pengembalian boking fee oleh pihak kantor, paling lama 14 hari kerja.

Namun sudah 1 bulan 2 minggu, uang boking fee saya belum dikembalikan. Saya tanyakan ke marketing tersebut, selalu banyak alasan dan janji-janji. Sampai chat dan telepon juga gak pernah dibalas dan diangkat. Sekalinya dibalas, kata-katanya gak jelas, ngawur dan gak masuk akal.

Saya mohon kepada atasan dari dealer Wuling Maju Motor Karawaci, agar mengembalikan uang booking fee saya. Terima kasih.

Rustian
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hmmm mau kredit mobil Cortez DP minim BF cuma sejuta tp gayanya kaya gimna
    Lain kali cek kantong dulu gan, kalau kapasitas minim jangan maksain ambil mobil sekelas Cortez,.
    Cek harga Confero aja atau agya Ayla Datsun. Biar gak pusing urusin Cicilannya.
    Cortez DP di bawah 10 juta udah pasti angsuran d atas 6-8 juta/bulan
    Lalu mau ngangsur dari mana nambah DP dikit aja gak bisa. Udah ketauan kapasitas Kantongnya.
    Sesuaikan kantong, kebutuhan dan jauhin gengsi .

  • Jika tidak memahami wahai Para komentator, tolong tidak usah komentar saja ya. Itu si penulis sudah menulis jelas, ADA PERJANJIAN DENGAN MARKETING JIKA NAIK AKAN DIKEMBALIKAN.

    Stop menjadi Bodoh, dengan belajar menjadi TELITI sebelum mengetik. ??

    • bilangnya sih ada perjanjian dgn marketing, tp kalo secara lisan percuma. ga kuat. even if tercatat di history whatsapp pun gak kuat kalo ga ada materai

    • Dari komen2 yg nulis kyknya ada yg gagal paham, mrk kira 1juta itu DP padahal itu Booking Fee, klo Booking Fee emang kecil, sy beli mobil di nissan aman honda Booking feenya 5juta (tergantung masing kebijakan dealer) tapi DP saya 40 kali lipat dr Booking Fee, dibayar stlh leasing acc

  • Klo sy beli mobil di nissan ama honda bf bisa kembali dg syarat pengajuan kredit di reject ama leasing, klo di acc tp suruh nambah DP sy blm tau sih, tp ini jadi pelajaran buat sy, lain waktu klo suruh byr bf