Surat Pembaca

Terjerat oleh Pinjol Abadi Dana

Saya ingin membagikan pengalaman saya di media konsumen agar para pembaca tidak terjebak seperti saya.

Pada hari Jumat tanggal 9 Desember 2022 pukul 6 pagi saya download aplikasi Abadi Dana di playstore. Kelalaian saya adalah tanpa mengecek apakah fintech Abadi Dana itu legal atau illegal dan tidak membaca di media konsumen yang ternyata banyak yang mengalami seperti saya.

Setelah saya download dan menginstall aplikasi tersebut serta mengisi data yang diperlukan saat mau mengecek besarnya pinjaman, bunga dan lama angsuran, tiba-tiba tanpa ada persetujuan dari kami, platform pinjol tersebut langsung mentransfer ke rekening kami dana yang bunganya lebih dari 60% dari pinjaman pokok. Dan harus dikembalikan dalam waktu 7 hari sehingga di aplikasi ada tagihan yang harus dibayar dalam kurun waktu 7 hari sebanyak 2 kali.

Kami ditransfer dalam dua tahap berikut, saya lampirkan screenshoot rinciannya. Transfer yang pertama sebesar Rp1.134.000 disuruh mengembalikan tanggal 16-12-2022 sebesar Rp 1.800.000. Transfer yang kedua sebesar Rp1.098.000 disuruh mengembalikan tanggal 18-12-2022 sebesar Rp1.800.000.

Kami merasa diperas, terjebak dan ditipu oleh platform aplikasi pinjol “Abadi Dana”. Kami mohon pihak yang berwenang, Kominfo atau Satgas Waspada Investasi (SWI) memblokir aplikasi tersebut karena sudah banyak masyarakat yang terjerat aplikasi tersebut. Setelah saya baca di media konsumen juga banyak masyarakat yang mengadu di sini.

Mohon bantuannya untuk mengatasi masalah ini dan mohon saran solusinya. Terima kasih kami ucapkan atas perhatian para pembaca.

M Zainul Maarif
Sidoarjo, Jatim

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Gada guna s share juga tok anda setelah terjebak nulis d media konsumen ..seperti korban2 sebelomny..pertama iseng2 coba2 lalu terjebak..
    Akan muncul lg d media konsumen dgn peristiwa yg Sama.. karna korban2ny setelah terjebak langsung tau media konsumen

      • Terjebak lagi, terjebak lagi, knp mesti iseng download Apknya, toh katanya sering membaca muatan MK
        Harusnya jgn sekali download apk pinjpl apapun apalg sama pengajuan,isi data diri...dll....
        Jangan deh

    • Banyak sekali kejadian yg gak menyenangkan di pinjol,mungkin kita semua harus sadar dan mulai sekarang harus buat keputusan jangan pernah pinjam uang lagi sama pinjol baik legal maupun ilegal,saya akui ini semua dilatar belakangi kebutuhan yg mendesak,tapi konsekuensi yg harus di tanggung mengerikan,saya ikut merasakan apa yg dirasakan oleh penulis dan benar2 bisa diambil pelajaran

    • Kalo saya malah aneh...udah sekian kali hampir lebih dr 10 aplikasi Pinjol.... gak ada satupun yang gol....aneh tapi juga bersyukur...padahal saya lagi butuh banget ..lah ini...hanya iseng...udah kejebak.....wk.wk.wk..

    • Laluu untuk menhatasi nya gimana harus kah kita membayar nya, atau tidak usah membayar

  • Solusinya jika benar illegal ya tidak perlu dibayar (seperti anjuran pemerintah). Uninstall aplikasinya, ganti nomer hp anda, broascast ke semua kontak anda untuk mengabaikan jika ada yang menagih.

    • gaush broadcas jg gpph, skrng mh udh biasa ada cht penagihan tlpn penagihn,, saya belum lama ditelpon sama pinjol, alesannya karna nomer saya dicantumin nomer darurat oleh pelaku. dia menayakan kberadaan pelaku saya jawab tidak tahu, minta tolong sampaikan pesannya ke pelaku untuk segera bayar, terus saya jawab saya dpt apah myampaikan pesan anda gda yg gratis

    • Mau nnya kak. Klo misal ganti nomer, apa nnti ada penagihan masuk ke nomor (org lain) yg ada di hp kita kak ?

    • Sebagaimana sudah ada contohnya. Kenapa TS gak bilang aja "Di sisi kami (TS) transfer tidak berhasil. Perush. pinjol ybs disarankan untuk menghubungi bank penerbit dengan melampirkan mutasi rekening". Kalo bank penerbit enggak koperatip, si pinjol dipersilahkan untuk membuat surat keluhan di MK supaya bisa ditindaklanjuti. Terimakasih.

      • Gak ada bedanya kak,sama aja,klu telat bayar ya DC sama2 ngamuk kesetanan,krn yg nagih pihak ketiga?

      • Di cek via WA skrg bisa, cuma kalo lebih spesifik bedanya legal sama ilegal. Klo legal tenor nya bulanan atau per 2 minggu. Klo yg tenor 7 hari berarti ilegal.

  • Sudahlah, kalau ilegal nggak usah dibayar. Kalau TS digebukin DC, lapor saja ke Menkopolhukam. Beres kan?

    Coba deh baca dan pelajari surat pembaca dari yang sudah-sudah soal pinjol ilegal di Media Konsumen ini. Adakah penyelesaian konkrit nya? Masalah dan solusinya muter-muter aja disitu seperti lingkaran utang.

    • ingin ikut komentar saya juga pernah mengalami seperti ini.tp aplikasi dana sayang . yang namanya kondisi keuangan seseorang ga pernah ada yang tau,,d saat bener2 terpuruk trus ada iklan pinjaman gede bunga kecil pasti penasaran trus di download kalo pinjol legal sudah d awasi ojk ada keterangan limit..tempo brp minggi/bulan,tp pinjol ilegal seperti dana sayang,abadi dana biasanya belum d awasi ojk limit ga jelas,ga ada tempo brp minggu ga ada nmer cs yang bisa di hub di aplikasi,,brru klik mau pilih limit tau2 ada sms mbanking dana masuk..saya pikir cman 1tagihan ternyata 2 tagihan..dlm waktu 4hari sudah d teror..itulah kenapa sebagai konsumen merasa d peras..karna pinjol legal kita bisa berpikir dulu bisa pilih tempo pembayaran..sedikit berbagi dari pengalaman pribadi saya sendiri..

      • anda dapat uang gratiss harusnya jgn dibayar cmn resiko diteror dan data di sebar luaskan ke kontrak di hp,, solusinya uninstall apk nya atau bersihkan cachenya dlu,, nanti infokan ke kontak klo ada yg sebar data km ,,bilang kena penipuan

    • Kata pak Mahmud MD gak usah di bayar bunga pinjaman di Indonesia OJK maksimal 10% jadi bayar pokok plus bunga 10% udah.....kalau DC datang ke rumah minta bunga lebih dari 10% bawa ke polsek

  • anda bukan terjebak, tapi beruntung? itu pinjol ilegal dan gak usah bayar, setting hpnya untuk memblokir no panggilan yang tidak terdaftar dikontak.
    pesan saya , kalau nyali kecil gk usah ikut ikutan minjol, nanti digertak DC langsung stroke.

    • Kak mau nnya. Klo ngga di byar nnti ada Penagihan lewat tlp ke nomer (org lain) yg ada di hp ngga ? Soalnya baru pertama kali

      • iaa nanti data km di sebar dan dijadikan buronan oleh DC illegal,, mereka cmn neror dan ancem saja,, cmn harus kuat mental aja,, gk akan di datangin ke rumah,, hanya di permalukan saja di sebar seluruh kontak kmu, bahkan ada kasus di buatkan group wa trus di infokan donasi untuk bayar hutang km

    • Kan itu pakai data ktp ya, kalo semisal di samperin kerumah buat d tagih gtu gimna ya

  • Ternyata anda sangat polos ya, klo tanpa pengajuan sendiri dan dananya udh masuk trus ditagih, ya ga usah dibayar.. Anggep aja rejeki dari penipu?