Terjerat oleh Pinjol Abadi Dana

Saya ingin membagikan pengalaman saya di media konsumen agar para pembaca tidak terjebak seperti saya.

Pada hari Jumat tanggal 9 Desember 2022 pukul 6 pagi saya download aplikasi Abadi Dana di playstore. Kelalaian saya adalah tanpa mengecek apakah fintech Abadi Dana itu legal atau illegal dan tidak membaca di media konsumen yang ternyata banyak yang mengalami seperti saya.

Setelah saya download dan menginstall aplikasi tersebut serta mengisi data yang diperlukan saat mau mengecek besarnya pinjaman, bunga dan lama angsuran, tiba-tiba tanpa ada persetujuan dari kami, platform pinjol tersebut langsung mentransfer ke rekening kami dana yang bunganya lebih dari 60% dari pinjaman pokok. Dan harus dikembalikan dalam waktu 7 hari sehingga di aplikasi ada tagihan yang harus dibayar dalam kurun waktu 7 hari sebanyak 2 kali.

Kami ditransfer dalam dua tahap berikut, saya lampirkan screenshoot rinciannya. Transfer yang pertama sebesar Rp1.134.000 disuruh mengembalikan tanggal 16-12-2022 sebesar Rp 1.800.000. Transfer yang kedua sebesar Rp1.098.000 disuruh mengembalikan tanggal 18-12-2022 sebesar Rp1.800.000.

Kami merasa diperas, terjebak dan ditipu oleh platform aplikasi pinjol “Abadi Dana”. Kami mohon pihak yang berwenang, Kominfo atau Satgas Waspada Investasi (SWI) memblokir aplikasi tersebut karena sudah banyak masyarakat yang terjerat aplikasi tersebut. Setelah saya baca di media konsumen juga banyak masyarakat yang mengadu di sini.

Mohon bantuannya untuk mengatasi masalah ini dan mohon saran solusinya. Terima kasih kami ucapkan atas perhatian para pembaca.

M Zainul Maarif
Sidoarjo, Jatim

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

104 komentar untuk “Terjerat oleh Pinjol Abadi Dana

  • 14 Desember 2022 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Gada guna s share juga tok anda setelah terjebak nulis d media konsumen ..seperti korban2 sebelomny..pertama iseng2 coba2 lalu terjebak..
    Akan muncul lg d media konsumen dgn peristiwa yg Sama.. karna korban2ny setelah terjebak langsung tau media konsumen

    29
    25
      • 14 Desember 2022 - (19:02 WIB)
        Permalink

        Terjebak lagi, terjebak lagi, knp mesti iseng download Apknya, toh katanya sering membaca muatan MK
        Harusnya jgn sekali download apk pinjpl apapun apalg sama pengajuan,isi data diri…dll….
        Jangan deh

        17
        11
    • 16 Desember 2022 - (05:24 WIB)
      Permalink

      Banyak sekali kejadian yg gak menyenangkan di pinjol,mungkin kita semua harus sadar dan mulai sekarang harus buat keputusan jangan pernah pinjam uang lagi sama pinjol baik legal maupun ilegal,saya akui ini semua dilatar belakangi kebutuhan yg mendesak,tapi konsekuensi yg harus di tanggung mengerikan,saya ikut merasakan apa yg dirasakan oleh penulis dan benar2 bisa diambil pelajaran

      18
      1
    • 20 Desember 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Kalo saya malah aneh…udah sekian kali hampir lebih dr 10 aplikasi Pinjol…. gak ada satupun yang gol….aneh tapi juga bersyukur…padahal saya lagi butuh banget ..lah ini…hanya iseng…udah kejebak…..wk.wk.wk..

  • 14 Desember 2022 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Solusinya jika benar illegal ya tidak perlu dibayar (seperti anjuran pemerintah). Uninstall aplikasinya, ganti nomer hp anda, broascast ke semua kontak anda untuk mengabaikan jika ada yang menagih.

    44
    • 14 Desember 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      gaush broadcas jg gpph, skrng mh udh biasa ada cht penagihan tlpn penagihn,, saya belum lama ditelpon sama pinjol, alesannya karna nomer saya dicantumin nomer darurat oleh pelaku. dia menayakan kberadaan pelaku saya jawab tidak tahu, minta tolong sampaikan pesannya ke pelaku untuk segera bayar, terus saya jawab saya dpt apah myampaikan pesan anda gda yg gratis

      58
      1
    • 15 Desember 2022 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Mau nnya kak. Klo misal ganti nomer, apa nnti ada penagihan masuk ke nomor (org lain) yg ada di hp kita kak ?

    • 15 Desember 2022 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Sebagaimana sudah ada contohnya. Kenapa TS gak bilang aja “Di sisi kami (TS) transfer tidak berhasil. Perush. pinjol ybs disarankan untuk menghubungi bank penerbit dengan melampirkan mutasi rekening”. Kalo bank penerbit enggak koperatip, si pinjol dipersilahkan untuk membuat surat keluhan di MK supaya bisa ditindaklanjuti. Terimakasih.

      • 16 Desember 2022 - (19:50 WIB)
        Permalink

        Gak ada bedanya kak,sama aja,klu telat bayar ya DC sama2 ngamuk kesetanan,krn yg nagih pihak ketiga?

      • 20 Desember 2022 - (12:28 WIB)
        Permalink

        Di cek via WA skrg bisa, cuma kalo lebih spesifik bedanya legal sama ilegal. Klo legal tenor nya bulanan atau per 2 minggu. Klo yg tenor 7 hari berarti ilegal.

  • 14 Desember 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Sudahlah, kalau ilegal nggak usah dibayar. Kalau TS digebukin DC, lapor saja ke Menkopolhukam. Beres kan?

    Coba deh baca dan pelajari surat pembaca dari yang sudah-sudah soal pinjol ilegal di Media Konsumen ini. Adakah penyelesaian konkrit nya? Masalah dan solusinya muter-muter aja disitu seperti lingkaran utang.

    10
    1
    • 15 Desember 2022 - (09:31 WIB)
      Permalink

      ingin ikut komentar saya juga pernah mengalami seperti ini.tp aplikasi dana sayang . yang namanya kondisi keuangan seseorang ga pernah ada yang tau,,d saat bener2 terpuruk trus ada iklan pinjaman gede bunga kecil pasti penasaran trus di download kalo pinjol legal sudah d awasi ojk ada keterangan limit..tempo brp minggi/bulan,tp pinjol ilegal seperti dana sayang,abadi dana biasanya belum d awasi ojk limit ga jelas,ga ada tempo brp minggu ga ada nmer cs yang bisa di hub di aplikasi,,brru klik mau pilih limit tau2 ada sms mbanking dana masuk..saya pikir cman 1tagihan ternyata 2 tagihan..dlm waktu 4hari sudah d teror..itulah kenapa sebagai konsumen merasa d peras..karna pinjol legal kita bisa berpikir dulu bisa pilih tempo pembayaran..sedikit berbagi dari pengalaman pribadi saya sendiri..

      22
      2
      • 16 Desember 2022 - (16:24 WIB)
        Permalink

        anda dapat uang gratiss harusnya jgn dibayar cmn resiko diteror dan data di sebar luaskan ke kontrak di hp,, solusinya uninstall apk nya atau bersihkan cachenya dlu,, nanti infokan ke kontak klo ada yg sebar data km ,,bilang kena penipuan

    • 15 Desember 2022 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Kata pak Mahmud MD gak usah di bayar bunga pinjaman di Indonesia OJK maksimal 10% jadi bayar pokok plus bunga 10% udah…..kalau DC datang ke rumah minta bunga lebih dari 10% bawa ke polsek

  • 14 Desember 2022 - (20:50 WIB)
    Permalink

    hoki bgt dksih duit itu, ngapain dibyr,, jaminan jg gpke kan. bi checking tetap aman..

    16
    1
  • 14 Desember 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Jika bener,,
    Jangan kan iseng iseng mau liat limit,
    Cuma iseng buka saja bisa loh ter-tranfer,

    9
    1
  • 14 Desember 2022 - (23:19 WIB)
    Permalink

    anda bukan terjebak, tapi beruntung? itu pinjol ilegal dan gak usah bayar, setting hpnya untuk memblokir no panggilan yang tidak terdaftar dikontak.
    pesan saya , kalau nyali kecil gk usah ikut ikutan minjol, nanti digertak DC langsung stroke.

    18
    • 15 Desember 2022 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Kak mau nnya. Klo ngga di byar nnti ada Penagihan lewat tlp ke nomer (org lain) yg ada di hp ngga ? Soalnya baru pertama kali

      • 16 Desember 2022 - (16:26 WIB)
        Permalink

        iaa nanti data km di sebar dan dijadikan buronan oleh DC illegal,, mereka cmn neror dan ancem saja,, cmn harus kuat mental aja,, gk akan di datangin ke rumah,, hanya di permalukan saja di sebar seluruh kontak kmu, bahkan ada kasus di buatkan group wa trus di infokan donasi untuk bayar hutang km

  • 15 Desember 2022 - (04:38 WIB)
    Permalink

    Ternyata anda sangat polos ya, klo tanpa pengajuan sendiri dan dananya udh masuk trus ditagih, ya ga usah dibayar.. Anggep aja rejeki dari penipu?

  • 15 Desember 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Kalau itu pinjol ilegal rejeki nomplok itu.ga perlu dibayar.Pinjol ilegal ga ada dc lapangan.Siapin mental aja ngadepin terror lwt telp,wa.Atau kalau perlu ganti sim card baru.

  • 15 Desember 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Minta bank kembalijan ke pengurim. Terus uninstall aplikasinya dan blok semua debt collector.
    Tapi jangan lupa kembalikan dulu uangnya yah.

    7
    1
    • 15 Desember 2022 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Bank tidak bisa mengembalikan dana yg udah ditransfer, yg bisa mengembalikan ya si Nasabah itu sendiri. Kalau nasabah mau mengembalikannya ya tanya ke CS nya Bank.

      6
      1
  • 15 Desember 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Bansos itu tp dengan resiko sebar data,, foto foto gallery sampai keluar kondar kontak kontak hp dan sampai ke medsos,, kalo data blum diamanin, kuatin mental aj, atau dibayar aja ?

    2
    2
    • 15 Desember 2022 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Itu yg tlp atau wa ke kontak yg ada di hp kita. Aku niatnya mau bayar aja, tp mau donlod App nya kok di playstore ngga ada ya. Gmna mau buka atau mau byar ? Nnti JT tgl 18.

      • 17 Desember 2022 - (07:46 WIB)
        Permalink

        Abaikan n g usah di bayar. Jangan pernah tanggapi jika ada penelpon menagih hutang. Jika ada yg telp nagih cukup langsung di Blok aja.

        • 23 Desember 2022 - (13:16 WIB)
          Permalink

          Tagihanku tak byar ka, cari aman aja. Buat pembelajaran, ngga usah iseng² atau apapun itu ttg pinjol..

          • 3 Januari 2023 - (10:53 WIB)
            Permalink

            Aku udah di bayar tp malah terus neror2 smp skrg, padahal udah lunas..di tanya dari aplikasi mana jawabnya mbulet

  • 15 Desember 2022 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Ini pinjol ilegal/ lintah darat..mengerikan,kalau perlu tidak usah dibayar,kalau DC ngotot,ajak aja ketemuan,dan bayar sesuai yg diterima,dan bunga standart bank. Kalau masih ngotot..mending tidak usah dibayar..duel sekalian aja… Bunga bunga tapi yg wajar.ini tidak wajar..
    Kenapa banyak yg galbay..karena bunganya tidak wajar ..dan aplikasinya jebakan..masak baru bukak kok.
    Pinjaman disetujui. Kalau emang berani tunjukkan kantornya,alamat lengkapnya.

  • 15 Desember 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    memang tagihan tsb ga perlu dibayar, tp pinjol tsb udah dpt data2 phonebook, dia bs wa in satu2, bikin malu nama kita. hati2

  • 15 Desember 2022 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Selamat siang semuanya. Mau bertanya.
    Saya ingin melunasi pinjaman di abadi dana, tp begitu mau donlod lg aplikasinya kok di PStroe ngga ada ya.
    Lha trus gmna mau nglunasin, aku tkut klo nnti smpe sebar data dll klo ngva dilunasin.
    Ini H-3 JT, krna JT tgl 18/12/22.
    Mohon solusinya tmen² ?

    • 15 Desember 2022 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Mbak Linda. Sad but true. Tidak akan ada solusi sesuai dengan harapan kamu untuk case ini. Kamu ganti nomor pun, mereka tetap teror nomor yang ada di kontak kamu. Di awal install aplikasi pinjol ini, semua kontak kamu sudah dipegang mereka. Kamu balikin duitnya pun 90% tidak menjamin masalah selesai. Paling bakal di transfer lagi. Gitu trus lingkaran setannya

      • 15 Desember 2022 - (15:48 WIB)
        Permalink

        Iya kah ? Ya Allah
        Kn tadinya ada 2 tuh yg lgsg cair. Nah yg 1 udh di bayar. Trs ngga tak klik lagi, biar ngga kaya kasus pertama. Bgtu klik, uang lgsg masuk rekening tnp persetujuan.
        Ini tinggal 1 aplikasi lg yg blum kebayar, JT tgl 18.
        Mau donlod aplikasinya lg di di playstore ngga ada.
        Coba nnti nunggu ada yg tlp dlu kali ya, biar bisa tnya solusi pelunasannya gmna.
        Takut bgt klo sampe sebar data dll, soalnya baru pertama kali. Klrga pun ngga ada yg tau

        • 16 Desember 2022 - (15:07 WIB)
          Permalink

          Ga akan ada app nya, kan udah resmi di beku kan pemerintah. Lagian ga usah d bayar aja, itu kan masuknya kejahatan. Di iklan bilang tenor 6-12 bulan, kenyataannya bunga hampir 100℅ per bulan. Apalagi klo mereka sampe sebar data. Ya impas aja..

      • 15 Desember 2022 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Tadi menghubungi CS Via wa, ktnya aplikasi abadi dana sedang dalam perbaikan jd di playstore ngga ada. Trs dia bilang ktnya byar aja sesuai yg masuk ke rekening, tnpa bunga.
        Kira² gmna ya ?

        • 15 Desember 2022 - (17:58 WIB)
          Permalink

          Jngn asal main tranf ..bayar sesuai aplikasi.klu aplikasinya GK ada berarti GK sah di bayar..aplikasi itu ilang Krn dpt rating buruk…makanya ilang dr playstore.kuatin mental aja mb

          • 15 Desember 2022 - (19:42 WIB)
            Permalink

            Klo aplikasi ilang, brti masih bisa menghubungi phonebook yg ada di hp kita ngga ?

  • 15 Desember 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Udah ga usah di bayar…dengerin yg lain juga.. ga usah di bayar..seperti kata yg lain.. pemerintah menganjurkan pinjol ilegal ga usah di bayar.. mulai sekarang kirim broadcast pesan aja ke semua kontak kalo ada yg nagih bilang aja penipu..klo ada DC yg Dateng kerumah teriakin maling aja.. simple aja .. ga usah takut…klo mereka udah berbuat kriminal tinggal laporin aja ke polisi ..

  • 16 Desember 2022 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Jika tidak ad d playsore aplikasi pinjol tsb, coba mba Linda mencari ny lewat google dengan kata kunci nama pinjol tsb, insyaallah akan ketemu aplikasi pinjol tsb.
    Tapi klo saran saya mah mba mendingan g usah d bayar uangnya buat keperluan yg lain aj yg lebih bermanfaat.

    • 16 Desember 2022 - (06:22 WIB)
      Permalink

      Di google jg ngga bisa di donlod ka, keterangannya gagal memuat trus. Kyknya emang aplikasinya dihapus dr playstore krna rating jelek. Tp ini udah H-2 kok ngga ada tlp untuk mengingatkan ya ?
      Ktnya kn biasanya h-3 aja udh sering di tlp.

  • 16 Desember 2022 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Gak usah dibayar itu aplikasi ilegal, kalo mau bayar jangan sampe ambil pinjol lain atau gali lobang tutup lobang. Resiko gak bayar, sebar data, foto di edit dan dikirim via whatsapp ke kontak kontak dan dibikin group whatsapp penggalangan dana. Kalo dibikin group setting aja di whatsapp utk blokir. Kuatin mental ya. Lebih baik gak usah bayar kalo ilegal.

  • 16 Desember 2022 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Betul banget cerita org ini,gw alami hal yg sama.
    Buat yg blm tau,JANGAN PERNAH TERTIPU DG PINJOL ABADI DANA.
    Polisi harus menindak mereka,korbannya sdh banyak
    JANGAN DIBAYAR !
    Karena mrk illegal,pemeras & telah menghina/intimidasi.

  • 16 Desember 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Terpaksa saya bayar tagihannya krna tadi sudah ada yg menghubungi.
    Daripada nnti sebar data dll. Nama saya dan klrga yg jelek.
    Bisa dijadikan pelajaran untuk tidak main² dengan aplikasi pinjol.
    Cukup pertama dan terakhir kalinya.
    Terimakasih semua untuk saran dan masukannya.
    Semoga tidak ada lagi korban yg senasib dg saya.

    • 3 Maret 2023 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Kak,saya sudah melunasi tapi 2pinjaman.
      Tapi di aplikasi masih 1 lgi yg belum ada laporan lunasnya,sy sudah mencoba menghubungi cs,dan kirim email,tapi tak ada respon .jika NNT dihub …apakah harus pembayaran lagi,ato gmna?
      Dan klo sudah lunas smua apa akan ditransfer lagi dana nya,padahal kita gak pengajukan?

 Apa Komentar Anda?

Ada 104 komentar sampai saat ini..

Terjerat oleh Pinjol Abadi Dana

oleh m.zainul dibaca dalam: 1 menit
104