Surat Pembaca

Petugas SPBU Pertamina Menolak Pembayaran Menggunakan Uang Receh (Koin)

Pada hari Rabu, 21 Desember 2022 di SPBU 64 781 20 yang beralamat di Jalan Panglima Aim, Pontianak Timur, petugas telah berulang kali menolak pembayaran menggunakan uang koin. Hari itu adalah puncaknya, saya sampai batal mengisi BBM di SPBU tersebut. Lebih dari 3 kali saya ditolak. Beberapa kali sebelumnya mereka menerima, dengan wajah yang tidak pantas bagi seorang petugas.

SPBU yang menolak pembayaran menggunakan uang receh/koin

Saya sangat kecewa dengan penolakan tersebut, karena uang koin merupakan salah satu alat pembayaran yang sah di Indonesia. Saya bahkan sempat menanyakan ke petugas, apakah memang uang tersebut tidak berlaku? Dengan mantap mereka menyatakan tidak menerima uang koin.

Silakan hubungi saya jika butuh keterangan lanjut.

Arikin
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Lah uda tau nolak uang koin 3x..msh d coba lg..Kayak gada spbu yg lain..
    Klo kecewa protes lgs ke supervisor spbu lgs..paling ts pengen dtelepon lalu dpt permintaan maaf

      • Di sni TS gk menyebutkan uang koin nya brpa banyak ? Mungkin klo 1000 perak dengan jumlah 2 koin di terima,tapi ....klo beli bensin 100 ribu trus uang koin semua,Ngab juga ngitung nya.

      • Itu hakmu untuk bayar pake Koin, tapi itu Juga Hak mereka untuk menolak kamu karena kamu merepotkan.. Orang ribet mempermasalahkan hal sepele, Uang Koin memang sah sah aja tapi cara penggunaanya disesuaikan pada tempatnya

      • Aku lagi bayangin... Beli bensin pake uang koin 1juta... Trus akhirnya petugasnya ngitung deh... Eeeh gak tahu nya waktu masih ngitung yang antri sudah sampai sampai 2jam belum dilayani... Kasian petugasnya capek ngitungnya...

      • Maaf ......mungkin WAKTU ITU petugas SPBU ya lagi REPOT ....jadi blm mau menerima UANG KOIN.....Krn BURU2 nglayani KONSUMEN lain.......tp maaf SAMPEYAN ??juga betul.....karena KOIN uang YG DI GUNAKAN DI INDONESIA.....MAAF semoga PETUGAS2 SPBU yg lain....di manapun BERADA tidak DEMIKIAN......dan tetap MENERIMA apapun BENTUK uang pembayaran .....yg PENTING kan.....MASIH LAKU......MAAF ...MAAF MAAFFFFFF jika ada SALAH kata atau penyampaian KOMENTAR saya......

    • Klo pembayaran ditolak karena uang sobek atau rusak masih dimaklumi,uang logam ditolak??
      Sedih Bank Indonesia ngeluarin uang logam tapi gak bisa dipake buat bayar diSPBU ini...?

      • Ga sekalian teriak komplain bayar tol pake uang tunai ditolak?? Semua ada kebijakannya, ikutilah kebijakannya, mungkin secara logika aja mungkin spbu itu antrian cepat yg mengantri isi bensin, kalau pake logam bisa menghambat antrian. Dahulukan kepentingan banyak orang

    • Mungkin bapak beli bensin 50k bayarnya pake koin semua?.

      SPBU menolak bukan karena uang gak laku, tapi karena repot/ kurang praktis jika di gunakan dalam jumlah besar.

      Coba deh bayangin, kalo ada orang beli bensin katakanlah 15k bayarnya receh, apa kagak ngaret tuh mesti ngitung dulu???

      Jangan salah paham pak.

      Uang receh itu bayarnya di selipin. Misal beli 15k bayarnya 10k+2k×2+uang koin

      • Namanya kerja pasti repot.
        Jangankan beli bensin,, orang beli motor pake uang receh aja masih diterima dan dilayani.

        • Org beli motor ga ky org beli BBM bos. Beli BBM antri, dan itu akan makan waktu kalau si petugas ngitung uangnya dl, sedangkan konsumen lain mainya cpt ngisinya.

    • Karena ribet pak klo nerima koin, mereka mastiin hitung lagi, sedangkan antrian panjang, klo mau nukarin koin ke minimarket pasti senang, sy bukanya bela petugas spbu, cb perhatiin rata2 spbu ngantrinya panjang, karena mereka juga g bisa lgs terima dan percaya ajah total uang sekian...

    • saya juga tau diri dalam bertransaksi, uang koin pecahan 500 udah di lakban jadi pecahan 5000, uang koin 1000 di lakban jadi pecahan 10000, jika menghitung uang yg sudah di lakban aja kesulitan, bodoh bin guobloknya minta ampun. waktu ngelamar kerja ngemis – ngemis bilang siap apa aja dilakukan. pas ngitung uang yang udah di susun rapi malas…
      dan perlu di ingat, catat.
      saya selalu isi pertamax, hampir pasti tidak ada antrian.
      antrian hanya di pertalite, intinya saya tau diri dan tidak bodoh.

      jika anda masih kurang dengan keterangan saya, silahkan hubungi saya.

      • Kalo begini benar adanya kata TS.SPBu itu harus ditindak dan diperingati...

        Beda kalo antrian panjang bapak bawa uang koin yg mana ada 100,200,500 lah yg krg adab bapak.krna kt harus mentingkan kepentingan org byk.
        Tp kalo kata Ts ini benar.hrus ditindak!!!

  • TS lagi gabut atau memang luar biasa sehat? Kalau memang sudah beberapa kali ditolak disitu, cobalah cari penyakit di SPBU lain. Kalau SPBU itu cuma satu-satunya yang masih sehat, coba tukarkan dulu ke yang lebih membutuhkan misalnya minimarket.

    Tetap sehat ya pak Ari.

    • Kayak gak pernah belanja pake uang koin aja bapak ini,saya juga ngerasa diSPBU ini yang nolak pake uang koin,yang kita bayar bukan pecahan 100 atau 200 perak,kita pake pecahan 1000 dan 500 itupun sudah dipacking rapi masih aja ditolak...
      Sempat kesal juga,cuma bingung mau laporin kemana...
      Alhamdulillah sudah terwakili dengan TS yang buat laporan...
      Semoga selalu sehat ya pak...

    • Sebenarnya memang pom bensin tdk berhak menolak pakai uang koin,tetapi cobalah memaklumi kalau petugas disibukkan dengan menghitung uang coin apakah tdk terjadi antrian,maap pak ari bapak menyinggung mslh uang koin di minimarket pakai permen ,,saya tau betul gmn manajemen minimarket ksna kmri cari uang koin,memasang pengumuman melayani penukaran uang koin,kenapa tdk anda tukarkan uang koin ke minimarket,saya yakin minimarket senang menerima tanpa perlu berbelanja

    • Aneh ya malah pada nyalahin penulis.
      Jangan mewajarkan atauembemarkan sesuatu yang salah kawan. Sebagai alat pembayaran yang sah maka uang logam bisa diterima dimanapun. Mohon pihak pertamina pegawainya di edukasi lagi.

  • perlu di ketahui,

    banyak spbu di pontianak, tapi yg bermasalah yg ini.
    YG TIDAK SETUJU DENGAN TULISAN SAYA DI ATAS PERLU ANDA KETAHUI,
    INDONESIA BUKAN NEGARA DENGAN PENDUDUK YANG RATA RATA KAYA.
    BAGAIMANA JIKA TERJADI DENGAN ORANG DIKALANGAN MISKIN????
    MEREKA MAU ISI DI TOLAK GARA GARA HANYA PUNYA UANG KOIN????
    BUKANKAH UANG KOIN MERUPAKAN ALAT PEMBAYARAN YANG SAH????
    TERKECUALI SAYA BAYAR PAKAI PERMEN SEPERTI BEBERAPA TOKO YG SAYA TEMUI, KEMBALIAN PAKAI PERMEN.

  • Sudah pada tau uang koin sebagai pembayaran sah, saya pun juga gunakan di spbu juga tidak ditolak. Cuma saya gunakan untuk tambahan biar ganjil, paling 500 perak atau 1rb kl ngisi motor. Tp kl beli 20rb pakai receh semua, campuran lagi, meskipun sah, mereka juga berhak menolak. Wong anda tidak beli di spbu tsb mereka juga tidak rugi. Warung klontong saja kl pas pakai uang besar kadang juga ditolak dan saya juga biasa saja.

  • Mungkin petugas males hitungnya, lbh baik dituker ke warung 500/1rb mau terima kalo 100/200 cuma minimarket yg msh terima

    • iya, biasa kalo uang koin saya tuker ke warung, pasar atau alfa/indo. mereka malah senang kalo ada yang nuker.

  • Bayar pake koin ditolak karena males ngitung, setor uang kertas di bank ditolak karena lecek, bayar pake QRIS uangnya gak tau nyangkut ke mana. Semoga pihak BI rajin baca MK, biar tau kondisi di lapangan. ?

  • Pasal 33 ayat (2) menyatakan pihak yang menolak transaksi menggunakan rupiah dalam bentuk apa pun diancam dengan pidana kurungan paling lama satu tahun penjara dan denda paling banyak Rp 200 juta.

  • moga gak ada netizen yg komen ts gagal paham dan miskomunikasi dgn penjelasan petugas SPBU. wkwkwkwk

  • Cara gampang: tukarkan semua koin ke BI agar menjadi uang bernominal besar, pasti diterima.

    Cara ribet (tapi berefek positif untuk membuat jera pelanggar UU): adukan ke polisi karena penolakan mata uang yang sah sudah masuk kategori pidana, sesuai pasal 33 ayat 2 UU Mata Uang. Walaupun terlihat kasus remeh tapi semoga bisa tetap ditindaklanjuti krn anggota polisi juga harus memenuhi target kasus.

    • Tukar uang koin juga bisa ke bank lain ato minimarket ?

      Di tempat saya uang koin sudah lama "tidak berlaku" dan tidak beredar di maayarakat

      Saya biasa dapat uang koin sebagai kembalian kalau pas ke kota besar & malah tidak saya gunakan, sengaja saya simpan biar suatu saat nanti bisa beli motor / mobil / rumah pakai uang koin ?

  • Rupiah baik dalam bentuk recehan sekalipun adalah alat pembayaran yang sah. Tidak seharusnya petugas SPBU Pertamina menolaknya.