Surat Pembaca

‘Terima Kasih’ Shopee Express, Seller Banjir Komplain dan Bintang 1

Yth Shopee dan Media Konsumen,

Saya seller Shopee dengan akun a_m_d_ tekn_k, sangat kecewa dengan kebijakan baru Shopee yang memaksa seller menggunakan jasa kirim Shopee Express.

Saya paham itu 100% wewenang Shopee sebagai pemilik marketplace untuk memakai jasa kirim milik Shopee, tetapi apakah seller sudah tidak memiliki hak lagi untuk memilih jasa kirim yang relevan dengan masing-masing kondisi seller? Mengingat kami selaku seller juga dikenakan biaya total sekitar 7%. Dan apakah menurut Shopee, jasa kirim tersebut sudah siap kebanjiran paket dari aturan baru Shopee ??

Fakta Shopee Express:

  1. Kekurangan armada kurir untuk pick up.
  2. Jumlah counter Shop-ex / drop point sangat sedikit, dengan jam kerja terbatas hanya sampai jam 5.
  3. Proses perpindahan barang dari drop point ke gudang Shop-ex dlm 1 kota saja membutuhkan waktu 2 hari, dengan alasan seller tidak print resi sehingga mereka harus labelling. Saya biasa memakai jasa kirim lain, ratusan paket dalam sehari tanpa print resi, proses selesai di hari yang sama.
  4. Proses kirim ke customer pun lama.

Aturan baru ini sangat membebani kami sebagai seller karena pengiriman menjadi sangat terlambat, bahkan saya meminta extend time ke CS Shop-ex karna barang masih nyangkut di drop point / gudang shop-ex. Kami pun kebanjiran komplain, pembatalan order, bahkan bintang 1 dari customer, yang tentunya mempengaruhi rating toko kami sebagai Star Seller Plus Shopee.

Mohon jika Shopee ingin mewajibkan Seller memakai jasa kirim Shop-ex, Shopee harus memastikan terlebih dahulu kesiapan dan Service dari Shop-ex apakah itu akan memudahkan atau MEMBEBANI seller dan buyer.

Terima kasih.

Lily Irawan
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga sebagai pembeli di marketplace SHP, kadang diwajibkan memakai jasa ekspedisi shp exp ini,menurut saya lebih lama dibandingkan dengan jasa eksepdisi yang lain. Mohon pembeli bisa memilih ekspedisi mana yg cocok.

    • Yupppp….banyak pembeli komplain terkait lama nya pengiriman… pembeli shopee tdk bs memilih ekspedisi kak..random aja..suka2 nya shope mau d kasi ekspedisi apa… penjual pun tdk bisa menonaktifkan…

      • Setiap pembeli punya kesempatan untuk ganti jasa pengiriman 1x sebelum penjual atur pengiriman,jika penjual sudah mengatur pengiriman baru tidak bisa,,,,

      • Setelah membaca beberapa komentar disini, ponakan saya pun pernah alami, ketika paket yang sangat ditunggunya ada notif diretur oleh kurir SPEx, alasan konsumen tidak ada ditempat, padahal rumah dia itu selalu ada penghuninya dan kurir sama sekali tidak hubungi ponakan saya. Sampai nangis ponakan saya, sampai dia komplain ke CS centernya dan hasilnya sama tetap retur.
        Akhirnya ponakan saya berhenti sama sekali pakai Shopee dan menarik semua dana shopee pay nya pindah ke marketplace lain, selama pilihan ekpsedisinya tetap pakai SPEx. Pakai JnT ataupun lainnya selama ini tidak masalah dan selalu lebih cepat.
        Tapi saya penasaran ini mungkin tidak sepenuhnya salah kurir, saya ajak ngopi suatu waktu ketemu kurir SPEx. Lalu dia cerita, bahwa mungkin ada beberapa kurir menyebalkan karena sistem manajemen SPEx yang memberatkan, salah satunya target kurir. Dia cerita dalam sehari harus mengantar 80 paket (80 alamat berbeda) dengan target bila tercapai Rp. 170.000. Bila tidak tercapai, hanya dihitung jumlah paket terkirimnya saja (mungkin). Disini saya baru paham kurir mereka terlihat seperti di lapangan. Dalam sehari target 80 alamat wow banget saya pikir ini, akhirnya ya kurir akan buru-buru kejar target. Dengan 170.000 / 80 = Rp. 2.125 per paket (per alamat). Saya tidak tahu apa benar targetnya seperti itu, karena hanya curhatan si kurir sambil ngopi dan akhirnya saya ajak makan siang saja si kurir + kasih sangu hari itu karena paketan yang belum terkirim di motornya masih satu karung ukuran 50kg. Kadang-kadang dia juga mengajak istrinya membantu pengiriman. Dan satu lagi dia bilang sangat tinggi frekuensi kurir yang resign.

        • Memang bukan salah kurirnya sii.. tp shopeenya yg bertingkah.. mending beli di tiktok gratis ongkir.. dan kirim lewat jnt

    • Sy tiap belanja di Shopee selalu pake Shopee express, Puji Tuhan gak pernah ada masalah, kebanyakan sehari nyampe, kecuali kalo sellernya lama kemas paketnya. Shopee Express kurirnya bnyk sih jd malah buat sy lbh cepet drpd anteraja atau sicepat

  • sebelum memberi kritik lbh baik koreksi diri juga, masa pkt segitu banyak tdk diksh label jelas petugas lbh lama kerja harus ketik manual mungkin itu alasan knp paketmu paling akhir diinput. sy juga kesal kalo antar ke gerai ketemu antrian setor paket banyak tp pake tulisan.

    • Maaf ya kak…kami sdh lama pk print resi…dan sy jg paham bener fungsi dr print resi utk kurir dan ekspedisi..
      tp ada kala nya ngga sempat tercetak …dan d eksepdisi lain ngga perlu tuh sampe 2 hari labelling…

      Terima kasih…

  • Harusnya shopee kalau membuat regulasi aturan harus seimbang dgn kemampuan dan kesiapan di lapangan. Dan ada baiknya kolom penilaian penjual dan jasa kirim terpisah,,, jadi bisa jelas yg jelek sellernya atau pihak jasa kirimnya

    • Maaf ya kak…kami sdh lama pk print resi…dan sy jg paham bener fungsi dr print resi utk kurir dan ekspedisi..
      tp ada kala nya ngga sempat tercetak …dan d eksepdisi lain ngga perlu tuh sampe 2 hari labelling…

      Terima kasih…

    • Terima kasih kaka…sdh mencerna dgn baik maksud dr artikel sy…?? setuju banget…regulasi tdk disertai dengan kesiapan yg baik, justru membebani seller dan buyer…

      • Dari pengalaman saya belanja 2x di shopee memang terlihat jeleknya pelayanan shop expres dibanding j&t.
        Shop expres lebih 2x waktu pengiriman di j&t sebab proses saja butuh waktu 3 hari

  • Jasa expedisi shopee expres jasa paling super buruk dalam kinerja apa lagi para agen agen shopee expres sangat sangat super buruk

  • Saya seller di shopee khusus kurir shopee express di shopee saya sudah off kan baik untuk non cod dan cod karena saya drop paket ke gudang sortir shopee express di jemkot lama bgt kirim sesama provinsi biasa pakai jnt, anteraja 2hari maksimal sampai ni 2hari di gudang shortir, kenapa lama bisa jd karena gaji karyawan nya cmn di hitung perpaket kirim nya cmn 1.900 saya dengerin keluh kesah tmn saya yg jd ikut shopee partner pengiriman langsung cabut baru kerja 3hari.

    • Masalah nya ngga bs d off kan kak….jd kita d paksa pakai jasa kirim ini…suka atau tidak suka..mau atau tidak mau…bisa d ajukan off itu pun sementara dan sampai sekarang pengajuan off sy masih d gantung jg…

  • Saya pakai shopee express gak pernah masalah. Yg penting kitanya dulu memudahkan pekerjaan orang lain dan kita. Label sebaiknya kita print sendiri dan tempel jd drop pointnya tinggal scan 1 detik selesai gak sampai input SN resi. 1 ribet, 2 bisa cross label, 3 lama. Mereka bukan hanya urusi paket kita apalagi kalau kiriman sampai 100 paket coba aja print label sendiri aja perlu brp jam apalagi di drop pointnya. Beli aja print label skitar 1jt tinggal klik dan tempel slesai

    • Maaf ya kak…kami sdh lama pk print resi…dan sy jg paham bener fungsi dr print resi utk kurir dan ekspedisi..
      tp ada kala nya ngga sempat tercetak …dan d eksepdisi lain ngga perlu tuh sampe 2 hari labelling…

      Terima kasih…

      • Saran sy, kalo gak sempat tercetak lbh baik jgn dikirim dulu, karna kalo dipaksa kirim dgn tulis manual jd lama jg kan? Mungkin udh waktunya nambah karyawan khusus utk tempelin resi.

          • Saya dan 2 anak saya adalah pemakai shopee.
            Tapi itu dulu.
            Kita kecewa juga dari tidak adanya pilihan untuk jasa pengiriman yang kita sukai.
            Kita harus menggunakan opsi dari shopee sendiri, kalau itu emang pilihan yang lebih baik ngga jadi masalah. Tapi pilihan yang diberikan shopee adalah pilihan yang sangat tidak menyenangkan. Lambat banget.

  • Pembeli di sopi aja yg rada2 gimana gk bs bedain antara pelayanan seller & pelayanannya ekspedisi. Haha

  • Lama-lama Shopee ditinggalkan gara2 Shopee express, saya sudah lama gak belanja Shopee,
    90℅ lazada
    20℅ toped
    Dah cukup..
    Shopee mehong.. Ongkir ma biaya macem2.

Penulis
Lily