Surat Pembaca

Saya Merasa Hasil Akhir Program Asuransi Davestera BRILife Sangat Merugikan Karena Tidak Sesuai Penjelasan Awal

Program Asuransi Davestera BRILife Diduga Sangat Merugikan Konsumen.

Saya mengikuti Program Asuransi Davestera BRILife, Nomor Polis 75028302, sejak 25 Oktober 2016. Setiap bulan premi dasar berkalanya adalah Rp. 1 juta/bulan selama 5 tahun (60 bulan), terakhir bayar bulan Oktober 2021.

Setelah 9 Juni 2022, ternyata nilai investasi saya yang diasumsikan bakal dapat 82 jutaan, ternyata hanya akan memperoleh 48 jutaan. Saya tunggu satu tahun lagi, dan ternayta yang kira investasinya akan bertambah, malah semakin berkurang, yaitu pada tanggal 13 Januari 2023, hanya akan memperoleh Rp. 45 jutaan.

Menurut admin di Twitter BRILife, karena investasi itu ditanam di saham. Entah saham apa, kurang paham. Hanya sebagai orang awam, menurut saya sangat jauh dari mulut manis estimasi BRILife-nya, yaitu tahun ke enam akan dapat 82 juta.

Sungguh sangat terlalu sekali mempermainkan rakyat kecil yang uangnya diputar di saham yang entah apa namanya tidak ada infonya dan malah merugikan nasabah.

Demikian lebih kurangnya penjelasan saya. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Terima kasih.

Budi Kurniawan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sungguh disayangkan memang, asuransi py byk alasan kalau polis mau di klaim.alasan ini itu tetek bengek...ujung² menipu ...

  • mau dikit sharing dari informasi sdr, jadi kalo kita investasi di saham dari program yg diikuti emg ada resiko turun naiknya sesuai pasar, tapi nilai plusnya tetep ada kita dapet proteksi disamping investasi. Buat rinciannya sdr bisa konfirm kembali ke petugas asuransinya kok karna gimanapun juga kepesertaan kita di situ kan sesuai persetujuan kita sebelumnya

    • "Entah saham apa, kurang paham."

      Jadi anda beli barang tapi tidak tahu barangnya apa?

      Anyway, "kurang paham" sama tidak dengan "tidak tahu"?

      • sekedar curhat .saya juga demikian mas. untuk menambah impormasinya. saldo nya klu kita redem. status polis kita bisa lapes . klu kita ingin di lindungi sampai umur 99 thn .seperti di polis. yg 45 jt itu pun kurang nilai nya. di akibatkan jumlah biaya asuransi bulanan yg terus berubah ubah

    • Entah penulis kurang dapat penjelasan lengkap soal estimasi atau emang sales menutupi resikonya atau emang penulis keburu tergiur dengan nominal yg akan didapat..

      Saham memang sedang kurang baik skrg, sebagai trader jangka menengah saya juga lg mandek.. dijual rugi ga dijual kemungkinan turun semakin besar karena saham teknologi sedang tidak baik baik saja.. klo dl ada option nya mgkn seharusnya jgn investasi saham tp investasi pendapatan tetap, nilainya kecil tp sgt kecil kemungkinan hilang dana nya..

      • Udahlah ga usah sok nasehati orang lagi bro..yang nama y asuransi mana ada yg menguntungkan aday rugi..investasi apa aja sama..

    • Penipuan modus ASUransi berkedok investasi di seluruh bank di negri Konoha.
      Anda jelas tertipu.

      • Banyak orang yg kurang ilmu sepertinya.. saya pribadi sering menyarankan untuk tidak membeli asuransi kesehatan, cukup BPJS.
        Tp harus dilihat case asuransi jenis apa ini? Asuransi kesehatan yg harusnya mendapatkan prioritas saja karena menyangkut nyawa seseorang sering wanprestasi apalagi ini unit yg beresiko tinggi karena diinvestasikan ke saham.. dan biasanya klo ke saham/resiko tinggi ada surat tambahan yg perlu ditandatangani.. bunyinya kurleb " dengan ini saya menyatakan sadar dan paham bahwa bla bla bla dan tidak akan menuntut bla bla bla"

        Yang banyak tidak dipahami di indonesia soal investasi adalah
        1. Uang beranak...
        2. Uangnya berbunga, bank kan banyak uang pasti aman
        3. Jumlah bunga dan pendapatan di kemudian hari tidak wajar
        4. Maunya segera untung perjanjian tidak dibaca terlebih dahulu
        Padahal:
        Kenapa taro uang 10jt bisa jadi 10jt 500rb? Darimana 500rbnya? Bunga bank!! Betul.. tp darimana bank dapat uang untuk memberi bunga? Ahh ribet.. bank banyak duitnya.. begini tanggapan banyak org indonesia pada umumnya. Malas berpikir sehingga tidak aware dengan resikonya.. pahami bagaimana bank memutat uang anda dan resikonya. Apakah aman? Atau setidaknya apakah anda nyaman.. daripada sekedar mengungkapkan kekesalan lebih baik sedikit memberi edukasi upaya investasi bodong tidak merajalela..

  • Asuransi itu sangat penting!
    Tapi kita harus sadar ditempat kita ini pengelolaannya masih amburadul.

  • mau share 2 poin penting asuransi.. sebelumnya sy Bukan agen, hanya pengguna asuransi jg yg akhirnya banyak belajar krn dl jg sempat bingung:
    1.asuransi ada biaya asuransi atas proteksi sesuai manfaat dipolis, biaya ini tidak akan berhenti sampai polis tutup. kl diperhatikan di screenshot, biaya asuransi bapak sekitar 100rb/bln.
    2.bapak bayar hanya 5 tahun krn ada konsep menabung jd meski sudah berhenti bayar premi tetap ada dana utk bayar asuransi di poin 1. menabung nya ini biasa memang di saham jd nilai nya bergantung harga saham yg diambil perusahaan asuransinya.
    saran sy, jika bapak tidak bersedia utk dipotong terus biaya asuransi tiap bulan meski ada manfaat proteksi (yg sy lihat manfaatnya asuransi jiwa 60jt), sebaiknya polis ditutup saja. krn jika berharap harga saham akan tiba2 naik drastis sepertinya malah menambah kekecewaan. tp jika memang manfaat proteksinya sebanding dgn biaya asuransinya, dilanjutkan saja. dipikirkan dl saja pak

    • Saya juga mempunyai pengalaman yg sama, dana saya diasuransi yg sama sebesar100 jt, tapi hanya ada 80an juta setelah 6 thn (jangka waktu bayar premi 5 th) , saran saya lebih baik ditarik saja dananya (polis ditutup), karena akan makin tergerus oleh biaya asuransi dll

  • Ini produk asuransi nama seharusnya adalah 'Devastation' (Penghancuran) bukan 'Davestara' hihi...

  • Kasian kalau orang awam beli asuransi belum paham di tambah lagi agen asuransinya yang terkesan menutupi resiko.
    1. Asuransi itu berbayar sesuai dengan manfaatnya
    2. Investasi pada saham tentu tidak bisa dipastikan hasil akhirnya. Sudah sangat betul kalau agen menyampaikan dengan kata ASUSMSI alias hanya perkiraan. Dimana perkiraan ini diambil dengan asumsi kenaikan tertinggi harga saham tertinggi biasanya. Kecuali kalau agen nya bilang PASTI itu baru salah.

    • Kalo di awal sudah dijelaskan semua resikonya sy rasa asuransi gk akan laku... Mau t naruh duit jika dijelaskan oh nanti 5 th lagi bs diambil tapi rugi bla bla bla..

      • Saya pun mengalaminya, mari. Kita lebih berani dlm berwirausaha jangan cari aman karena tidak ada yang aman

  • Ini mah unitlink.. dana investasi dimasukan ke reksadana saham. Kalo pengen jelasnya saham apa aja bisa ditanyakan ke manajer investasi nya atau minta prospektus nya. Asuransi jenis ini ada yg bilang kalo uda 10 tahun ga perlu bayar premi lagi itu boong, nanti premi dipotong dari hasil investasi, kalo investasi uda abis nanti kita disuruh top up. Kalo dibilang hasilnya 6 tahun bisa 82jutaan itu bukan hasil pasti, hanya perkiraan saja apabila pertumbuhan ekonomi stabil dan hasilnya belum tentu sama bisa kurang bisa juga lebih kalau bagus. Tapi sayang covid dan geopolitik rusia ukraina membuat pertumbuhan ekonomi melambat sampai resesi

  • Gak ada kebaikan dari ikut asuransi itu, asuransi apapun jg sama saja ujung2nya kecewa di nasabah.