Surat Pembaca

Collection Kartu Kredit Bank Mandiri Melakukan Penagihan dengan Meresahkan

Salam saya, Collection Kartu Kredit Bank Mandiri

Saya nasabah CC Bank Mandiri ketika saya kerja di bank, di mana gaji saya payroll di Bank Mandiri, sehingga saya ditawari Kartu Kredit dengan limit 10 juta. Ketika saya sudah tidak bekerja di perusahaan yang terdftar sebagai tempat kerja di data CC Bank Mandiri saya pindah ke tempat kerja sekarang. Kalau tidak salah sejak 2019 CC saya menunggak namun tidak dengan limit pemakaian full.

Saya sejak itu dihubungi pihak collection Cc Bank Mandiri dan saya meminta keringanan dengan cicilan per bulan, namun tidak disetujui. Lalu 2022 saya dihubungi kembali dan saya meminta cicilan per bulan 300rb/bulan namun mereka minta harus 2x cicil dengan keringanan 13 juta. Saya tidak menyanggupi karena gak bisa bayar 2x.

Setelah itu pihak collection menghubungi kontak HP yang tidak saya daftar sebagai nomor darurat, bahkan orang yang baru saya kenal di pekerjaan saya yang baru mereka hubungi (data terlampir). Bahkan surat menyurat dikirim ke pekerjaan baru yang tidak terdaftar. Padahal alamat rumah saya tinggal dan nomor HP saya masih tetap.

Karena saya merasa resah saya mendatangi kantor Bank Mandiri di sini, namun mereka jawab hanya bagian pelayanan kartu kredit dan menyambungkan telepon ke pihak collection. Saya bertanya terkait sebaran data saya, pihak collection jawab data mereka dari “Investigasi”. Karena merasa tidak puas saya menghubungi 2x call center 14000 dan laporan saya diterima, namun tidak ada juga perubahan.

Dengan ini saya ingin bertanya ke Pihak Manajemen Bank Mandiri terkait prosedur penagihannya, kenapa bisa nomor” di HP saya dihubungi pihak collection, bahkan saya saat acara Natal ditelepon dengan jawaban saya 1 jam lagi telepon habis acara kebaktian natal, namun pihak collection bilang tidak ada natal sekarang, jadi saya emosi merasa sampai agama pun dikaitkan mereka.

Jadi pimpinan kerja saya sekarang juga merasa terganggu dihubungi terus menerus yang tidak ada kaitannya dengan data saya. Maka pimpinan usulkan saya untuk melapor ke OJK atau BI disini dengan dasar ini dan Peraturan OJK 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 99.

Mohon respon pihak Bank Mandiri, saya mau cicil 300 ribu/bulan namun pihak collection tidak terima.

Hormat saya

Musa F.S
Pematang Siantar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Musa Fernando Silaen

Menanggapi pengaduan Bapak Musa Fernando Silaen melalui Media Konsumen terkait dengan penagihan Mandiri Kartu Kredit Bapak, kami mohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Memalukan lembaga tempat anda bekerja. .bank mau nagih orang lain. Tak tahunya karyawanmu sendiri yg g**lk

    • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

  • Mantan karyawan bank... Paham trik intrik nya aturan bank... Ngutang... Selow... Di tagih santai.. Selow... Di tagih keras koar2... Wkwkwkw

    • Memang betul apa yg di bilang @pinjol laknat, susah jelasin sama org iq rendah. Tak paham apa yg dibahas melebar kmana2. Ya sudah poco saya doakan saja anak cucu nya bisa jd debt collector buat tagih2 penunggak hutang. Amin

    • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima. Berdoa aja biar tak berita nasional

  • Terimakasih atas komentar kita semua. Baik itu pro dan kontra. Saya hanya minta ke pihak terkait yaitu yang berhubungan dengan surat saya. Terserah kalian semua mau berargumen apa, namun secara pribadi saya hanya menujukan surat saya ke pihak Bank Mandiri, tidak ke pribadi anda semua. Karena saya merasa "media konsumen" bisa menjadi sarana penyampaian yang saya alami makanya saya berkirim surat. Secara pribadi ini dibaca semua orang maka saya sudah siap akan konsekuensi nya, namun karena saya tidak Terima dengan sistem penagihan saja dan saya sudah melakukan pengaduan 2x ke call center 14000 namun tak menerima jawaban yang sesuai, dengan harapan pihak manajemen bank membaca dan menanggapi baik secara online disini atau mengirim petugas mereka sesuai alamat saya untuk penjelasan. Jadi mohon maaf kalau surat saya ini menjadi pro dan kontra. Terimakasih ??

  • Dan saya mau sampaikan lagi, saya juga sudah 2 x mendatangi kantor area bank mandiri tempat tinggal saya menyankan hal ini, mereka hanya jawab tempat mereka hanya bagian pelayanan tidak ada bagian collection. Dan pihak bank mandiri tersebut menyarankan saya berkomunikasi langsung ke pihak collection melalui sambungan telepon mereka, dan saya menanyakan perihal pertanyaan saya di "media konsumen" ini, mereka juga tidak bisa menjawab. Di depan pegawai bank tersebut kami bernegosiasi terkait pembayaran, namun mereka tidak sepakat atas pengajuan pembayaran saya. Jadi sampai sekarang tidak ada titik temu. Perlu diketahui juga alamat dan nomor HP saya tidak ada pergantian dan saya tidak pernah didatangi pihak bank di alamat saya. Hanya itu yang saya keluhkan, tidak berarti saya tak ada niat mau bayar. Terimakasih buat yg menilai saya mencari kebenaran untuk membela diri.

  • Bahkan.. Orang kasus pidana pembunuhan saja di jamin negara memiliki hak atas pembelaan diri, sekalipun dianggap salah. Jadi, saya hanya meminta jawaban atau tanggapan pihak terkait dengan sistem yang mereka jalankan, itu saja pun apakah saya menurut kalian tidak bisa menjalankan hak saya sebagai konsumen????

  • bapak ini kan katanya bekas karyawan bank.mestinya paham dong aturan mengenai kartu kredit. kl selama ini bapak nunggak smp 4 th dan beralasan gak ketemu kesepakatan, bukan berarti bapak bs nunggak itu hutang. kl bapak msh kerja saat ini dan orang2 dikantor bapak terganggu dgn aktivitas penagihan dari bank mandiri. bapak ajukan pinjaman ke kantor dgn sistem bayar potong gaji aja pak

    • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

  • Mohon maaf sebelumnya mba / mas saat di bank posisi anda apa? Nunggak berapa sampe anda macet tidak bisa bayar? Yg kedua 4 tahun g ada win win solution untuk masalah CC ya , yg kedua mandiri sekarang emang mirip penagihan seperti Mega mereka melacak dari phone book di mobile banking Livin dan track record pembayaran anda melalui rek org lain atau rek yg di track di history perbankan anda. Nah yg ke 3 coba deh kalau udah lama biasanya ada nego pokok aja ini berlaku kalau sudah 6-1 tahun tapi kok ini aneh belum ada win win solution

    • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

      • Mohon pencerahannya.. saya ditagih kk (kartu kredit) atas nama suami saya.. saya pun ga keberatan sipenagih tlp kesaya walaupun sbnernya saya tidak pernah ikut ttd di kk tersebut, yang meresahkan sipenagih teror kontak yang ada di hp saya sampai neror atasan saya, padahal kk tersebut bukan atas nama saya . Saya harus apa ya.. saya sudah bernegosisasi dengan pihak penagih untuk mencicil tp mereka cuma kasi wkt saya 5 hari , malah bicaranya ngerembet kemana2 bahkan mereka menyelidiki medsos2 saya

  • Saya Juga Mengalami hal yang sama, Pihak DC Bank Mandiri Sengaja Meneror Rekan Kerja Istri saya, Yang mana tidak ada kaitan dengan Hutang CC saya... tolong ditindak,!!!! sengaja membuat malu Nasabah dengan menghubungi Kontak2 diHP nasabah dengan tujuan membuat malu nasabah..

  • saya kmaren juga sudah melaporkan, saya mau kirim bukti rekaman terkait penagihan yang sangat meresahkan dengan nada mengancam.... setelah kita melapor, saya belum menerima balasan yang saya harapkan... proses LAPS Sjk itu apa om???