Surat Pembaca

Penagihan Collector KTA Tunaiku Amar Bank

Perkenalkan saya Febriani Wiratania mempunyai tunggakan KTA Tunaiku sejak tahun 2021 sisa tenor cicilan 6 bulan.

Pada Hari Selasa 21 Maret 2023, DC yang mengaku dari agency pihak 3 menelepon atasan saya yang menyebabkan saya berisiko kehilangan pekerjaan atau dapat surat peringatan. Saya sangat kecewa sekali karena penagihan dilakukan ke atasan saya. Setahu saya tidak boleh menagih/menganggu selain ke debitur & kontak darurat.

Collector meminta pembayaran lunas pada hari itu juga ditunggu sampai pukul 4 sore. Saya lampirkan bukti percakapan saya dengan collector, yang isinya paksaan untuk pembayaran dan ancaman datang ke rumah dan telepon terus menerus ke atasan saya.

Karena tindakan collector sudah sangat meresahkan dan membuat saya berisiko kehilangan pekerjaan, saya berniat melunasi hutang saya dan meminta keringanan berupa diskon pembayaran. Mohon pihak Amar Bank dapat menidaklanjuti tindakan collector ini. Karena sangat berisiko untuk pekerjaan dan reputasi saya di kantor.

Dan perihal keringanan pelunasan pembayaran mohon disetujui

Teriman kasih.

Febriani Wiratania
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Begini ya pak, gampang ko klo mau nemuin saya datang ke alamat rumah saya, bawa surat ngomong baik baik. Ini gak ada konfirmasi main tlp atasan saya yg bukan kontak darurat, semua ada SOPnya.

    Saya paham hutang tanggung jawab saya dan harus lunas, cuman kondisi keuangan saya mungkin gak seperti bapak lancar terus.

    Semoga bapak dan keluaraga dijauhin dri hutang yang nunggak

    • Selama 2 tahun itu kamu ada terima telpon dari dcnya gak ya? Atau kamu ada hub pihak banknya gak soal penyelesaian utangnya itu? Klo emng kamu ada konfirmasi terus ke dcnya dan dcnya malah hub atasan kamu itu jelas salah di dc. Tp klo kamu dihub aja sulit, trs dc itu harus hub kemana?

  • Sya prnh di tagih ama dc tunai ku amar bank.dc juga prnh berkata2 kasar sm sya
    Dn prh nya lg dc yg dtg nagih hutang sya
    Nyatut uang cicilan yg sya byr
    Umpama sya byr 300rbu pd bln tersebut
    Yg 50rbu nya di catut ana dc tunaiku amar bank kata nya utk uang bensin mlh dc tersebut memaksa sya utk byr lbih byk
    Lg spy dc tersebut bs ambil uang bensin 30% dri uang pmbyrn cicilan sya
    Udh gitu setiap kli sya byr gk d ksih bukti kuitansi tnda pmbyrn meskipun sya hnya byr 300rbu hrs ada kuitansi nya bkn?
    Setiap sya byr hutang sya dc tersebut terus2 an malak uang bensin sama sya di luar jumlah uang yg sya byr kn utk hutanf sya
    Apa kah dc tunai ku amar bnk memang d suruh dri pihak amar bnk utk menagih hutang kpd org dg sikap yg kasar dn sikap premanisme dg minta tmbhn uang utk uang bensin dc tersebut?!
    Kta nya d bwh pengawasan ojk tpi kok dc nya gk pnya sopan santun dn gk pnya otak nagih udh kyk preman gitu malak minta uang bensin sm sya
    Kl sya itung2 sya sdh rugi krn uang cicilan sya yg tiap kli syar byr k dc tersebut di catut 50 ribu
    Hri gini uang 50rbu bergarga utk beli beras dri pd sya ksih uang bensin 50rbu itu k dc tunaiku amar bnk
    Sya koment sprti ini tdk boong krn sya yg merasakan nya di perlakukan sprti ini sampai gk pnya beras utk mkn anak2 sya krn dc tersebut bnr2 gk pnya hti manusiawi

    • jika ingin melakukan pembicaraan harus ada bukti surat tertulis, dan sudah jelas kan cara pembayaran untuk membyarkan tanpa memberikan uang dengan petugas hanya menagih, tidak di perbolehkan untuk menerima uang sepserpun, semua pembayaran pasti langsung transfer ke pihak bank, dan sudah tau cara pembayaran dan di beritahuan cara pembayaran ke pihak bank langsung, zaman sudah berbasis teknologi dan canggih pembayaran bisa via aplikasinya masing - masing , makanya kita sebagai peminjam harus smart dan harus lebih hati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang lain, mungkin dari penyampaian ibu ini tidak ada bukti sama sekali, dan tidak bisa di benarkan adanya yang sudah ibu sampaikan, semua bebricara dengan bukti dan fakta.

        • Ajak ketemuan dan ngobrol dipolres kali ya, sekalian bawa orang yang udah bocorin data kepegawaian saya

  • Tolong pak polisi
    Tertib kn dc tunaiKu amar bnk
    Spy tdk meresah kn
    Mhn di tindak lanjuti dc dri tunai ku amar bnk sdh byk korban nya krn ksr dc tunaiku amar bnk terhadap debitur
    Debitur seorg manusia meski pny hutang bkn binatang
    Tolong di tangkap semua dc dri tunai ku amar bnk spy tdk lg byk korban yg lain nya
    Apa perlu massa yg bertindak utk gebukin dc tunai ku amar bkn sampai bonyok
    Kl gk ada tindak lanjut atas mslh ini
    Trimakasih

    • Perihal hutang pihutang tidak bisa di pidanakan ibu, karena perihal hukum perdata, dan sudah jelas penyelesainya hanya dua belah pihak peminjam dan pemilik dana, karena banyak kasus di kepolisian yang harus di urus, ujung -ujungya pihak polisi bilang selesaikan secara baik -baik dengan yang bersangkutan, dengan kemapuan dan diselesaikan secara baik -baik .

  • Kak saya sarankan laporkan melalui kanal pelaporan konsumen OJK via web bisa. Malah lebih bakal direspon OJK Dan Amar bank akan kena denda + teguran ke DC terkait. Penagihan seperti itu sangat salah sekali, saya jg kerja di bank BUMN itu sangat tidak boleh.

    • Saya jg ada pengalaman ga enak nih sm DC tunaiku, telpon tiap hari ke kantor saya bekerja, dan jg nagihnya ke HRD kantor saya,dan klo nagih itu teriak2 bentak2 ky org kesurupan dah, udah komplen sana sini termasuk ke OJk tp blm ada respon jg, dan untuk penyelesaian melalui OJK itu ada waktunya klo ga salah 30 Hari kerja,

  • Kalo diliat liat kayanya sebenarnya yang perlu disalahkan itu bukan DC yang selama ini nagih tapi perusahaan yang mempekerjakan DC nya.. Perusahaan tau nya nge gaji DC buat nagih, kasih target ke DC kalo ga nyampe mereka di SP ampe di pecat.. Nah dari sisi DC nya drpd dipecat keluarga ga bisa dinafkahi makanya nagihnya pada brutal.. Nah dr sisi yang minjam ditagih baik baik aja belum tentu bayar di gass ga terima..

    Nah pembaca disini ya paling ketawa ketawa aja soalnya berulang terus begini. .
    Moga ts diberi rejeki lebih buat bayar utang utangnya

  • Kalau penagihan sesuai SOP gak akan ada komplain. Saya punya 1 tunggakan juga di bank lain, collector datang baik baik ktmu orang tua menitipkan pesan dan no HP, lgsung saya hubungi dan saya malah dibantu untuk keringanan pelunasan 50%.

    Kalo yang ini kan tidak sesuai SOP malah buat kegaduhan.

    Pihak amar bank cepat merespon dan sdh menghubungi saya tadi pagi, dan sdh meminta maaf dan akan ditelusuri dari agency mana FC tsb.

    • Halo kak..boleh kak di share gimana akhir nya amar bank nya yg menghubungi kakak
      Saya butuh pencerahan soal teman saya

  • Semoga kolektor amar bank diksh smngt untuk menagih ketasannya biar uang thr dikshkan untuk bayar hutangnya.

  • Sudah banyak ya "korban" pinjol di MK ini.

    Ini sekaligus pelajaran buat yang lainnya sebelum klik atau centang persetujuan harus mikir berkali-kali ketika berurusan dengan pinjol.

    Buat TS dan nasabah pinjol lainnya. Cobalah hubungi kantor pusat pinjol tersebut dan diskusikan dengan baik-baik agar masalah cepat terselesaikan. Dan yang terpenting anda juga harus ada niat dan keinginan untuk membayar entah itu minta perpanjangan waktu jatuh tempo atau dicicil.

    Ini juga agar anda tidak selalu diganggu oleh DC dan tidak berurusan lagi dengan mereka. Karena kalau anda menulis surat atau membuat laporan sekalipun, tidak akan menghapus utang yang ada. Palingan DC yang diberikan teguran keras.

    • Jika Oknum DC tersebut membuat anda di PHK bawa bukti bukti chat tersebut ke polres terdekat dan laporin tindak pidana pencemaran nama baik ,laporin juga tempat kerja nya ,atau agency nya mayan denda dari sanksi pidana nya buat lunasin utang ,atau jika anda di phk,krn hutang terima aja toh dapat pesangon ,gak usah di bayar aja sekalian ,yah tapi nama nya hutang tetap kewajiban kita utk melunasinya ,semoga pihak bank amar bisa memberi solusinya,salam sehat dan semangat ya mbak Ts??

  • gila aja punya utang sampe 2 tahun ngga di bayar,giliran di tagih komplen,jgn bisanya nyari2 kesalahan sama orang yg nagih,yg ngutang juga mikir,kalo 1 atau 2 bulan msh wajar ,lah ini hutang sampe 2 tahun ngga di bayar,giliran di tagih komplen.lucu aja.

Penulis
Febriwt