Surat Pembaca

Penagihan DC Amar Bank ke Rumah yang Meresahkan

Selamat pagi, perkenalkan saya Yuni. Pada tahun 2021, saya pernah meminjam dana dari Amar Bank. Ketika itu sedang pandemi besar-besaran, yang mana suami saya terdampak dan tidak bekerja kurang lebih selama 2 tahun. Saya sudah terlilit yang namanya pinjol, baik legal maupun ilegal dan ilegal, selama pandemi berlangsung. Saya memiliki cicilan di Amar Bank selama 15 kali, yang mana saya baru mencicil 4 kali. Nominal pinjaman saya di Amar Bank totalnya Rp10 juta.

Minggu lalu rumah saya didatangi DC lapangan yang menagih sisa tunggakan. Saya sudah tidak menggunakan jasa pinjol, tapi saya tetap beritikad baik untuk membayar/melunasi 1 per 1 pinjol legal yang saya punya. Saya sempat kaget dan bingung terhadap Amar Bank. Saya meminta keringanan pembayaran, tapi mereka tidak bisa memberikan. Bahkan untuk restrukturisasi pun mereka tidak kasih.

Mereka menagih hingga Rp13 juta dan hanya memberi keringanan di nominal Rp11 jutaan. Yang ternyata ketika saya cek di aplikasi, memang saya diharuskan melunasi Rp11 jutaan. Saya bingung, jadi nominalnya yang mana yang benar?

Saya merasa dibohongi atau gimana. Kata mereka, saya hanya perlu bayar pokoknya saja. Namun jika dilihat lagi, saya pinjam Rp10 juta dan saya sudah bayar 4x, seharusnya saya tidak dibebankan segitu besarnya. Saya tidak pernah menjanjikan kapan akan bayar. Yang saya bilang hanya bisa bayar sesuai kemampuan saya saja. Namun mereka tetap keukeuh akan mendatangi setiap hari ke rumah saya.

Saya merasa malu terhadap tetangga saya. Itu sudah hal yang sangat merugikan bagi saya. Saya mohon bantuannya agar mendapat keringanan pembayaran atau dispensasi waktu, sehingga saya bisa membayar sisa tagihan tersebut.

Yuni Eka
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Yuni Eka Rahmawati

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Yuni Eka Rahmawati sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Yuni...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau lihat dari chat nya sepertinya DC nya baik loh dan sudah sesuai dengan aturan, nagihnya di alamat penagihan, ga WA ke orang2 terdekat atau kontak darurat, juga tidak melakukan pangancaman. Kalau mau lapor pun akan kalah karena mereka sesuai SOP dan mbaknya punya kewajiban yang belum dituntaskan. Saran saya buat mbaknya, kalau punya hutang dibayar ya mbak. Membayar hutang itu lebih utama daripada kebutuhan. Sisihkan penghasilanmu, coba dihitung kapan bisa lunas. Sampaikan ke DC nya kapan akan lunas. Dan lain kali coba dipikirkan matang2 sebelum berhutang. Jangan menuliskan alamat orang tua/orang lain ke surat hutang kalau tidak ingin orang tersebut terganggu. Semoga cepet lunas hutangnya.

  • Kalau ga mau d tagih y bayar tepat waktu,,ibarat klo gaji lu telat bayar lu mau terima??koc berasa jadi korban?

  • Bingung saya, kenapa kalau komentara suruh galbay dan gak usah bayar banyak banget yang likes, sedangkan komentar suruh bayar malah banyak yang dislikes.

    Apakah dari orang tua dan sekolah diajarkan kalau ngutang gak usah bayar ya?

    Soalnya saya diajarkan kalau punya hutang ya harus bayar.

    Kalau keberatan di angka 11jt nya mungkin bisa ke amar bank nya, minta di nego ulang. Terus dicicil berapa kali, dengan begitu kan DC gak perlu dateng ke rumah. Anda juga tidak malu.

    Kalau cuma ngomong saya niat bayar, dibayar sesuai kemampuan, tapi gak jelas bayarnya kapan dan berapa ya pasti dateng terus dah itu DC. Lagipula utang nya juga dari 2021, jadi ya sudah nunggak lumayan lama

    Asuransi gak ada asuransi urusan bank, jangan di campur adukkan. Memangnya kalau rumah anda ada asuransi kebakaran terus boleh saya bakar? Ya kan tidak juga...

  • Lihat gambar screenshot nya, saya tdk tertarik baca percakapannya tp tertarik lihat aplikasi yg dibuka. Ada shopee, facebook, kredivo kl tdk salah, bca. Artinya meski uttang macet belanja ya tetep jalan terus. Facebookan juga harus untuk hiburan. Kredivo ya untik cari utangan lainnya. Bca ya sdh tau sendiri untuk apa.

    • Bener sih bang, semoga TS cuma punya tanggungan ke bank atau pinjol saja. Duh kalau misal ke orang pribadi, gk ke bayang itu gmn nagihnya bisa jadi galakan yg punya utang. Anyway semoga TS diberikan kesadaran dan kelebihan rizky spy cepet selesai urusannya

  • Beritikad baik gimana ya?
    Nunggak dari tahun 2021, itu bukan itukad baik, lagian pesan DC juga masih kebilang sopan ga pake bahasa binatang.
    Salahnya anda itu gali lobang tutup lobang, pinjam pinjol buat tutup hutang lain.
    Oh iya anda tulis postingan disini mau cari pembelaan apa gimana ya?
    Apapun ceritanya anda tetap salah, kalo mau ga di tagih DC minjam uang yang pake jaminan jadi kalo ga bisa bayar asetnya disita, sesimpel itu.

    • Lanjut, laporin polisi, terus ntr di panggil pihak bank nya,
      Klo peminjam sudah melakukan pembayaran sesuai perjanjian,
      Peminjam akan menang,
      Tapi klo di peminjam udah nunggak (misal, telat nunggak 3bln)
      Pihak bank yg menang.

    • Ya wajar sih Mbak didatangin karna sudah nunggak 2 thn .. Tapi semoga masalahnya segera terselesaikan dan ada keringanan buat Mba.. Bicarakan saja baik² ke kantor nya Mba.. Semoga ekonomi kita cepat pulih smua.. Amin

      • Kalo anda pinjam melalui lembaga keuangan spt bank anda gak bisa bilang "saya TDK pernah menjanjikan kpn bayar" atau "yang saya bilang hanya bisa bayar sesuai kemampuan." Krn saat anda pinjam mk hutang itu SDH berjln termasuk bunganya. Anda gak bisa main ngatur seenaknya, kan anda yg berhutang. Bukan urusan mereka kpn anda bisa bayar atau mau bayar sesuai kemampuan. Pokoknya anda hrs bayar sesuai jadwal kalo TDK yah bunga keterlambatan bayar anda akan terus bertambah. Lupakan pikiran yg seenaknya itu Krn pikiran semacam itu yg menyesatkan anda.

        Pada saat mereka bilang cukup bayar pokoknya, sebaiknya anda harus tanyakan dng jelas maksudnya. Apa itu memang hanya pokok pinjaman + bunga pinjaman atau ada biaya lain. Krn saat ini yg anda bayarkan itu pokok pinjaman + bunga pinjaman + bunga/denda keterlambatan. JD itu hrs jelas dan tertulis di dokumen resmi beserta nominal & waktu pembayaran yg baru.

      • transaksi hutang duit dengan adanya bunga,jelas riba.buat pemberi hutang,akan jadi riba bagi penerima hutang jika tdk melunasinya.slik ojk hanya memblack list nama penerima hutang,kalau untk melunaskan ane masih ragu dah?amar bank pasti akan menagih trus pinjaman,namanya juga hutang,jd trus saja mengusahakan bisa bayar.

    • yang coment kebanyakan DC nih ...
      g pada baca apa y,klo dia g bs bayar akibat kena efek pandemi ?
      dan sudah di lunasi 1/1 dr semua pinjaman di pinjol.
      jd tinggal yg pinjol ini blm terbayar dan akan d bayar,tp blm ada untuk bayarnya...
      kebanyakan yg coment malah pada ngegas...
      susah nih para DC????

    • Kalau ndk mau di tagih, jangan pinjam di bank atau sejenisnya Ibu, lebih baik usaha sendiri. Mereka menagih Hak mereka yang di Pinjamkan dengan Ibu, tadinya pas minjam sembah-sembah ingin di cairkan, tetapi setelah bayar angsuran lupa. Kordinasikan baik2 ibu. Dalam kasus ibu ini, saya liat dari segi Perdata Konsumen yang salah.?

  • namanya hutang wajib di bayar..kalo gak mau bayar jgn hutang...anehnya banyak yg bilang gak usah bayar...mau ibadah sedekah dll gak bakal dapat pahal selama ente2 ada utang...mau bank koperasi teman dll...bank gak maksa kasih suruh pinjem...utang dr 2021...sekarang 2023...uda 2thn ...wajar di kejar kejar depkolektor...berati anda gak ada itikad baik nyicil...11jt kalo di cicil 2thn itu cuma 500rban per bln...masa gak sanggup cicil 500rb????? kalo gak sanggup berati gak niat bayar...kalo memang anda berniat bayar...langsung samperin bank nya...ajak nego atau stop bunga atau ubah cicilan...99persen yg utang belagak sebagai korban...padahal jelas anda pelaku utama...gak usah salahin atau sumpahin atau bilang haram...mereka ada karena model model anda yg utang dan gak niat bayar....banyak kasus nyata masalah kartu kridit...gak bisa bayar tp langsung datang ke kantor...minta keringanan dll...akhirnya ketemu jln keluarnya...mau bank itu uda asuransi...tetep aja kewajiban bayar harus ada...emang asuransi mau ganti full??? motor ilang aja cuma ganti 60 persen...hutang itu termasuk haram

    • Mungkin banyak yang mikir kalau udah masuk MK berarti udah lolos dari utang. Makanya belakangan ini banyak sekali surat yang mirip. Galbay lalu lapor ke MK.

  • Selalu saja ada postingan kayak gini. Heran juga ya ini tempat media konsumen malah jadi wadah curhat soal utang.

  • 1. Sebaiknya utamakan membayar hutang dari pengeluaran lainnya.
    2. Jual aset anda, motor mobil perhiasan untuk terlepas dari hal ini, kasihan orang tua, bisa sakit dan meninggal plus cibiran tetangga.
    3. Jangan pernah ngutang lagi biar pinjol sepi dan akhirnya pada bangkrut
    4. Semoga urusannya lekas selesai. Dan pastikan bukan hanya utang ke pinjol yang anda harus bayar, utang ke rekan, teman, tetangga, sodara dan individu lainnya juga harus anda bayar kan. Kita mungkin merasa susah, tapi kiylta ga pernah tahu, mungkin yang minjemin kita ternyata juga jauh lebih susah saat ini?

    • Betul itu dan gak jarang banyak yang membela. Sehingga menurut mereka mengirimkan surat ke MK ini maka utang dianggap lunas.

  • Ingat hutang adalah hutang mau sampai kiamat tetep hutang harus wajib dilunasi....