Surat Pembaca

Penagihan DC Amar Bank ke Rumah yang Meresahkan

Selamat pagi, perkenalkan saya Yuni. Pada tahun 2021, saya pernah meminjam dana dari Amar Bank. Ketika itu sedang pandemi besar-besaran, yang mana suami saya terdampak dan tidak bekerja kurang lebih selama 2 tahun. Saya sudah terlilit yang namanya pinjol, baik legal maupun ilegal dan ilegal, selama pandemi berlangsung. Saya memiliki cicilan di Amar Bank selama 15 kali, yang mana saya baru mencicil 4 kali. Nominal pinjaman saya di Amar Bank totalnya Rp10 juta.

Minggu lalu rumah saya didatangi DC lapangan yang menagih sisa tunggakan. Saya sudah tidak menggunakan jasa pinjol, tapi saya tetap beritikad baik untuk membayar/melunasi 1 per 1 pinjol legal yang saya punya. Saya sempat kaget dan bingung terhadap Amar Bank. Saya meminta keringanan pembayaran, tapi mereka tidak bisa memberikan. Bahkan untuk restrukturisasi pun mereka tidak kasih.

Mereka menagih hingga Rp13 juta dan hanya memberi keringanan di nominal Rp11 jutaan. Yang ternyata ketika saya cek di aplikasi, memang saya diharuskan melunasi Rp11 jutaan. Saya bingung, jadi nominalnya yang mana yang benar?

Saya merasa dibohongi atau gimana. Kata mereka, saya hanya perlu bayar pokoknya saja. Namun jika dilihat lagi, saya pinjam Rp10 juta dan saya sudah bayar 4x, seharusnya saya tidak dibebankan segitu besarnya. Saya tidak pernah menjanjikan kapan akan bayar. Yang saya bilang hanya bisa bayar sesuai kemampuan saya saja. Namun mereka tetap keukeuh akan mendatangi setiap hari ke rumah saya.

Saya merasa malu terhadap tetangga saya. Itu sudah hal yang sangat merugikan bagi saya. Saya mohon bantuannya agar mendapat keringanan pembayaran atau dispensasi waktu, sehingga saya bisa membayar sisa tagihan tersebut.

Yuni Eka
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Yuni Eka Rahmawati

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Yuni Eka Rahmawati sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Yuni...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mereka hanya menjalankan tugas mbak. Harusnya MK filter lagi ini surat pembaca ginian.

  • MK ini jadi gudang pelunasan utang ya lama kelamaan bukan wadah bagi konsumen lagi. Kedepannya makin banyak orang yang sengaja galbay lalu bikin surat ke MK dengan harapan dibebaskan dari utang. Dan bertindak seolah-olah yang memberikan utang itu kejam.

  • 0 - 1 = -1
    kalo mau balik ke 0 yaa harus berusaha +1...
    kalo mau punya, yaa usahanya ditambah ke+2..
    .
    keliatannya simple kan ?
    tp tetep aja butuh "perhitungan" dan usaha...

  • mba², anda koar² komplain di tagih dc kerumah, itu sudah wajar dalam perhutangan, resiko anda sendiri jika berhutang (mau legal apa ilegal). jangan marah² semisal di tagih kerumah, lagian dcny cuma ngejalanin tugas (mereka kerja juga, ibarat penjual ama kurir). mau gamau anda harus siap terima resiko di tagih kerumah, klo anda sendiri beritikad baik bayar tepat waktu, saya yakin gabakalan ditagih dc. mon maap nih, saya juga sering ngutang di akulaku, pernah sekali di kontak sama dcny mau ditagih kerumah, tapi saya baik² ngomongny klo waktu itu gabisa bayar, mau bayar lupa. terus saya suruh datang kerumah aja, biar enak. baik² kok dcny, ngutang waktu itu 300ribu bayar 400ribu (kecil kan? ga sampe 500ribu tapi ditagih ampe kerumah karena lewat jatuh tempo). ingat HUTANG ANDA DIBAWA SAMPE MATI! SEPESERPUN, KALAU YG DI HUTANGI GA IKHLAS, ANDA SUSAH MATINYA!

  • BANYAK CAKAP KAU PARA DC DC PINJOL .

    DIBAYAR BERAPA KAU BERANI KOMEN2 DISINI?

    MACAM KERJA SELAMANYA SAJA DISANA KAU MENJADI DC.

    • G malu sama profil, ?
      Profil orang pintar tapi waktu yg makainya enggak. ?
      Ini hutang dari 2021 & sekarang udah 2023,
      Dari perjanjian bayar 15X, si penghutang baru bayar 4X dlm 2th.
      Wajar g klo yg di hutangin nagih,
      Yah wajar lah,
      Atau lu termasuk orang" yg suka ngutang & g mau bayar jg,

  • Harga jadi 11jt itu karena Denda buuu,, tidak ada org berhutang telat tidak ada denda,, Kalau Hutang pasti ada Bunga dan Denda kalau telat,, Bijak lah dalam Bersosial media,, ibu pasti emosi,, psikologisx terganggu karena keuangan tidak baik, hutang belum lunas dan ibu berhutang pakai alamat org tua,, kalaupun ibu lapor ibu juga keluar uang,, uang yg dipake lapor bisa jadi lbh besar drpd buat bayar hutang,,, jadilah Wanita Bijak

  • Ini curhatnya maunya hutang yg gak pakai bayar? Jangan ke bank mbak.. Mending ngajukan ke kelurahan saja ?

  • Lucu emang.. dimana2 yang hutang malah lebih galak dan lebih nantang! Mbak lapor polisi aja mbak... silakan gi... saya setuju disitu dia cuma menjalankan tugas.. saya dulu banget pernah juga pinjol dengan amar bank.. tetapi mereka sangat kooperatif, dan tidak bar2 ketika walaupun sudah jatuh tempo... saya pernah lupa bayar 1 kali.. harusnya tanggal 3 dan saya lupa dan mereka cuma wa saya di tanggal 4 menanyakan karena sudah jatuh tempo.. dan itu juga dengan bahasa yang bisa dibilang baik.. saya lsg mnt maaf karena saya benar2 kelupaan.. dan lsg saya trf saat itu juga.. dan setelah itu semuanya aman.. intinya kl ngutang itu jangan lebih galak di saat ditagih! Sadar diri.. mau utang sama pinjol pun yang namanya utang yah utang.. jd yah dibayar, kasih kepastian mau bayar di tanggal berapa dan pastikan benar2 dibayar.. bukan malah lebih galak dan playing victim!

  • Gak usah bayar mbak, yg penting perkuat mental pasti aman???, kena pinjol g usah panik. Tp klo mental kurang siap,klo Ada rizki lebih dibayar dikit2,klo blm ada ya utamain yg pokok dl. Nanti progres satu2 mana yg urgent, insyaallah utang menipis. Klo yg blm ngalami si bs ceramah, tp klo yg udah ngalami pasti tau rasanya. Semangat kak, moga2 cepet kelar urusannya. Dilancarkan lg rizkinya....