Surat Pembaca

Penagihan Pinjaman Online UATAS Menyeramkan

Saya Anggie Attyanti, sudah menggunakan pinjaman UATAS selama beberapa bulan dan selama ini saya tidak pernah telat bahkan tagihan yang pertama saya sudah lunas.

Sedangkan untuk tagihan kedua, saya selalu melakukan perpanjangan karena dananya masih kurang. Pinjam Rp1,7 juta, yang masuk ke rekening Rp1,4 juta. Tagihan pertama saya harus bayar Rp899.000. Setiap H-2 selalu ditagih dengan WA dan telepon-telepon, makanya saya selalu melakukan perpanjangan selama 4x @Rp443.000. Dan selama 15 hari tenornya, kalau dihitung mungkin tagihan saya sudah lunas.

Terus terang memang salah saya terjebak di pinjaman yang menyeramkan ini. Saya hanya minta waktu untuk melunasinya ke DC yang menelepon. Tagihan saya jatuh tempo tanggal 3 April 2023, yang berarti baru jatuh tempo dan belum lewat 1 hari, tapi sudah dihina-hina dan diintimidasi.

Mohon perhatiannya ya UATAS, karena saya ingin fokus ke melahirkan dulu. Saat ini saya sudah berada di RS untuk melahirkan, tapi karena pikiran saya stress akibat teror UATAS, jadi saya mengalami kram hebat pada perut saya. Saya akan melunasinya setelah saya melahirkan. Mungkin saya akan bayar pokok pinjamannya saja, karena saya sudah dihina-hina oleh pihak UATAS yang SMS saya dengan kata-kata kotor.

Hal ini akan saya jadikan pelajaran agar setalah ini saya tidak kenal lagi ke dunia pinjaman online yang menyeramkan. Kata-kata legal dan OJK sekarang tidak berpengaruh, sama saja mengintimidasi orang-orang. Terima kasih sebelumnya.

Anggie Attyanti
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Perihal “Penagihan Pinjaman Online UATAS Menyeramkan”

Kepada Yth. Ibu Anggie Attyanti Pute, Menanggapi keluhan Ibu Anggie Attyanti Pute di Redaksi Media Konsumen pada tanggal 4 April...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Yang sabar Bu, kalau udah lunas gak usah pinjem lagi. Resiko pinjol emang gitu!

    • pinjol yg bayarnya 14 hr memang mengerikan.
      mana bayarnya nominal pokok. rata2 yg galbay yg pake pinjol tenor 14hr.please jgn mencoba2 kalau gak mau terjebak.
      kalau mepet carilah pinjol yg bayar perbulan yg bunganya kecil.kalau searching pasti ada,agar bisa berpikir dgn baik untuk mengembalikkan atau pinjam sodara.
      beginilah kalau main main sama riba?.mentall down.

      • Mba Info yg bungan ya kecil apa ya jujur saya udh abis2an bgt buat bayar pinjol yg bunganya besar tapi tenor pendek 😭 saya pengen lunasin aja secepatnya tapi uangnya harus terkumpul dulu krn saya dagang jadi pendapatan tidak menentu 🙏

    • Ga usah dibayar mba.
      Ga masuk slik, denger² mau bangkrut.

      Saran aja buat mba nya:
      Semua DC itu maunya cuma satu : "Dibayar" jadi mau orang respon atau ga respon , ga ada ngaruhnya ke DC. Malah kalau orang respon chat/ telpon si DC, yang ada makin menjadi² nagihnya. Jadi persiapkan saja mental mba nya, broadcast ke semua kontak mba kalau ada seperti itu , namanya penipuan. Kalau emang udah ga sanggup, ganti nomor+email saja mba.

      "Tapi nanti nagih ke kondar"
      - Betul, ga salah. Semua tindakan ada resikonya.
      Orang juga ga bisa menjamin kondarnya aktif/ ga. Responsif atau ngga.
      Ga ada salahnya dicoba broadcast di wa status kalau ada penagihan, itu penipuan.

      Semoga lahir dengan selamat dan sehat untuk anaknya ya mba ??

      • Udah galbay saja kalo Udah kasar gitu. Toh jg pokok pinjaman udah tertutup. Jgn takut mereka cm gitu di Wa / tlp. Suruh datang bakal seribu alasan itu para DC monyong

      • Ini yg terjadi pada saya jt masih 2 hari lagi tapi sudah diteror 😢 ratusan telfon dan puluhan WA dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam menyesal sekali terjebak di pinjol, mau jujur sama suami juga takut

  • Teman2 dc, tagihlah dgn cara yg baik, ibu nya mau melahirkan, jgn maki2, ancam2, ntar kena proses hukum kalian berasa jadi korban, padahal kalian dc lah pelaku utama nya, jgn playing victim deh. Tlg deh mindset nya dirubah ?

    • Nanti temen temen DC. ."ini karena tunturan pekerjaan yang mulia" ??
      Katanya memberi pekerjaan "tapi uangnya ini untuk gaji kalian juga"

      Sudah. Gitu aja siklusnya ?‍?

  • Harus nya bu ,cuekkin aja ,saya low di wa berkali,dan contak darurat di hubungin saya cuekin begitu ada dana saya bayar sesuai kemampuan ga usah di perpanjangan tapi bayar di cicil aja ,alhamdulilah sekarang sudah lunas ,semoga ibu dan bayi sehat selalu,Aamiin

  • Menurutku yg lebih menyeramkan adalah potongan dan bunganya yg mencekik. Pinjol legal rasa illegal. Harusnya legal itu bukan cuma terdaftar tp harus ada aturan jelas mengenai maksimal potongan dan bunganya.

      • Yg sabar ya bu.. semoga persalinan nya lancar Aamiin?
        Lain kali dibiarin aja, gausah ditanggepin. Mereka kasar bgtu jg cuman berani nya dihp. Coba misal ketemu. Melempem!!
        Jgn takut bu, mereka cuman modal kata" nya aja yg besar, tpi ukuran badan dan nyali nya kecil bu sumpah.
        Jdi jgn takut yahh?

    • Dear penulis. .
      Setelahnya kasih review dan bintang yang ga wajar juga ya . Supaya yang mau pake mikir berkali kali ? .

      Terima kasih

    • UATAS memang paling keterlaluan teror DC nya. 2 hari sebelum jatuh tempo sudah menelpon, sehari jatuh tempo sampai 100 kali menelpon dengan kata kata kasar yang luar biasa.

  • Dear penulis. Pasti sangat mudah bagi Saya untuk mengutarakan 'Anda terlebih dulu fokus ke proses persalinan' tapi itu lah yang ingin Saya sampaikan. Sebisa mungkin dan upayakan fokus ke persalinan. Untuk rekan² DC, pasti kalian akan berkilah 'tuntutan pekerjaan'. Tapi tolong untuk bisa bedakan mana 'tuntutan pekerjaan' dgn 'budak korporasi'.

    • Hampir semua pinjol kalau neror dan ngancam gak berani pakai nama aplikasi
      Padahal legal ojk yah, apa seperti itu sistem mereka? Semoga cepet bangkrut kalau cara nya seperti itu

  • Benar2 DC tdk punya pri kemanusiaan, utang hny 1,700,000 doang, nagih nya udh kyk 17juta. Lg an br telat 1 hari. Yg sabar bu moga lahirannya lancar. Next jauhkan hidup dr segala jenis pinjol apapun

      • Bersyukur gimana siih? Pinjam segitu sama teman atau sodara gak akan dibunuh klondia tau orangnya mau lahiran..
        Yg dibunuh itu biasanya yg ditagih kasar ..pembunuhan itupun jumlahnya gak banyak,dr ratusan juta rakyat Indonesia mungkin cuma 10 orang yg mati karena itu.Tapi dicaci DC jumlahnya 100%

      • Maaf nnya..ada tdk semua yg d sini japo kurang 1 hari kontak sdh d sebar?atau hnya ancaman ancaman yg tdk manusiawi aja?mohon jawabannya🙏soalnya sy pernah japo kurang 1 hari sdh d ancam"..tp sy ga tau udh sebar kontak apa blm..takutnya udh d sebar tp ga ada yg ngasih tau sy..

    • Inilah salah satu dampak dari kurangnya kepedulian keluarga, saudara atau tetangga kita yg pada akhirnya membuat kita di ujung dunia, klo bisa dalam keadaan apapun jangan sampe lagi kejebak dunia begituan mba, ini lagi gw baca semua komentar lucu2 malah nyaranin jangan bayar, apa pada lupa dunia ga selamanya lu bakalan terkatung katung raga lu klo mati bawa utang apalagi utangnya utang pinjol dah makan duit haram ga mau dimuntahin lagi ke yg punya malah di bawa sampe mati hadeuh masyarakat Indonesia bener2 lucu2 deh, o ya buat mbanya semoga sehat sll dan lancar persalinan nya jangan sampe terjebak begituan lagi mba elo dalam keadaan apapun mendingan puasa dari pada makan duit miring mba

    • Maaf nnya..ada tdk semua yg d sini japo kurang 1 hari kontak sdh d sebar?atau hnya ancaman ancaman yg tdk manusiawi aja?mohon jawabannya🙏soalnya sy pernah japo kurang 1 hari sdh d ancam"..tp sy ga tau udh sebar kontak apa blm..takutnya udh d sebar tp ga ada yg ngasih tau sy..

  • emang sengaja intimidasi itu bu, karena aplikasi ini pake sistem perpanjangan tenor bukan denda harian untuk yg lewat jatuh tempp, dgn biaya perpanjangan tenornya hampir 1/3 dari jml angasurannya untuk waktu 2minggu, sementara cicilannya tidak berkurang, ojk harus berantas aplikasi dengan sistem begini, bener2 rentenir....

    Yg sabar ya bu

    • Sabar ya mba, memang pinjol tuh dc nya banyak yg kasar. Kita laporin aja belom tentu ada perubahan. Di kemudian hari pasti muncul lg yg begini, berharap aja perusahaan dc ditutup aparat kepolisian. Biar urusan org yg ga bisa bayar langsung collection banknya aja yg bs diajak kerjasama. Dikasih solusi bukan untuk dimaki2 apalagi diancam segala.

  • Laporkan DCnya dengan pasal 369 KUHP
    1) Barangsiapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, memaksa orang dengan ancaman akan menista dengan lisan atau menista dengan tulisan atau dengan ancaman akan membuka rahasia, supaya orang itu memberikan sesuatu barang, yang sama sekali atau sebagian termasuk kepunyaan orang itu sendiri atau kepunyaan orang lain, atau supaya orang itu membuat utang atau menghapus piutang, dihukum karena mengancam dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun.

    Serahkan bukti SMS atau Chat WA DCnya ke kantor polisi terdekat.

  • Stop pakai pinjol, mereka itu lintah darat resmi dgn embel2 OJK jd stop urusan ama mereka toh klw nggak ada yg pinjam akhirnya mereka akan punah dgn sendirinya..

  • Uatas...tulisannnya aja ojk, masuk slik pun kagak...intinya jgn dibayar..sehat selalu ibu dan dedek bayi...