Surat Pembaca

Norton AntiVirus yang Dijual oleh MrMaid Store di Tokopedia Bermasalah

Tanggal 11 April 2023, kantor saya membeli Norton Internet Security 3 PC 3 Tahun (terlampir “detail transaksi”). Pada hari yang sama saya dikirimi product key melalui WA. Walaupun belum waktunya karena Norton kami masih akan aktif dua minggu ke depan, saya perpanjang saja.

Setelah berapa kali dicoba, termasuk sign-in dan sign-out ke akun Norton saya, product key akhirnya bisa diterima waktu lagi sign-out. Selesai diperpanjang, saya lihat di monitor sudah aktif untuk 3 tahun ke depan. Juga terlihat product key yang diberi MrMaid Store (Seller) merupakan 1 paket untuk 10 device, ini berarti 3 yang dijual ke saya hanya sebagian dari 10 itu. Ternyata Seller menjual secara eceran atau yang dia sebut “sharing” (terlampir screenshot WA).

Masalahnya, tidak ada info di halaman detail produk bahwa yang dijual adalah “sharing” (terlampir snapshot tampilan detail produk yang dipesan). Kami telah menggunakan produk Norton selama bertahun-tahun. Selama ini tiap tahun saya beli Norton di Tokopedia (di toko lain) dan selalu dikirimi 1 paket untuk 3 device, untuk pertama kali saya beli untuk jangka waktu pemakaian 3 tahun.

Tanggal 24 April 2023, Nortonku di ketiga komputer muncul pesan “Your trial version has expired”. Apa yang terjadi? Kenapa menjadi “trial version” dan “expired”? Terlampir screenshot “trial version expired”.

Saya coba masukkan product key untuk aktivasi kembali, muncul pesan “The product key you entered is associated with another Norton account. Sign in to that account to use this key”. Terlampir screenshot “product key”.

Kelihatannya sekarang Norton mengharuskan sign-in dengan satu username/password untuk 1 paket 10 device. Jadi saya minta username dan password ke Seller karena hanya Seller (atau pemakai pertama dari sepuluh itu) yang tahu. Setelah putar balik dengan berbagai alasan untuk menghindar, saya rasa Seller tidak bisa memberikan solusi untuk masalah yang timbul dari produk yang dijual. Jadi saya memberitahu bahwa bagi saya solusinya cuma ada tiga.

  1. Info username dan password.
  2. Ganti product key yang 1 paket untuk 3 device supaya saya bisa sign-in ke akunku sendiri di Norton.
  3. Uangku dikembalikan. Saya tambahkan bahwa pengembalian dana akan disumbangkan sekaligus saya infokan nomor rekening bank milik yayasan supaya Seller bisa transfer langsung.

Alih-alih Seller minta saya pakai AnyDesk supaya dia bisa melakukan sesuatu untuk aktifkan Norton ke komputer saya. Mana mungkin saya biarkan orang tidak ku kenal bisa remote access komputer saya. Rule #1 dari anydesk.com/en/abuse-prevention: Never give anyone you don’t know access to your device.

Jadi saya tolak, dan infokan keputusannya ditunggu sampai 27 April 2023.

Tanggapan Seller atas usulan solusi saya;

  1. Seller tetap tidak mau beritahu username dan password.
  2. Seller jual Norton 3 PC 3 tahun tapi kenyataannya produk tersebut tidak ada. yang ada adalah 10 PC 3 tahun, dan dijual secara eceran atau “sharing”. Saya rasa adalah salah besar jika “sharing” tidak disebutkan di halaman detail produk Tokopedia.
  3. Seller juga tidak mau kembalikan dana walaupun nyata-nyata produk yang dijual tidak sesuai dengan detail produk, jadinya ketiga device dengan Norton yang dibeli sama sekali tidak berfungsi karena tidak bisa diaktifkan.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang bersedia memuat keluhan saya.

Wilson
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • sangat beresiko membeli produk digital di marketplace.
    kenapa ga beli langsung di nortonnnya saja ?

    • Hallo, mau harga murah kok tapi malah banyak mauu? menurut saya sangat wajar sih apalagi untuk harga nya murah banget yang penting ada garansi

      • @Natasyaa Tasya disini lah letaknya pinter pinter pilih produk yang dijual, tanyain terus apa yang perlu diketahui pembeli. Kalo ga di beritahu, ganti ke penjual lain.

        • Saya baca bahwa uang nya di kembalikan brarti menurut saya dari pihak customer yang tidak bisa suportif kecuali uang nya tidak di balikan. Kemudian ini kan untuk perusahaan kok ga beli resmi aja sih??

    • klo mau ori ya beli lgs di web resminya,
      begitu lihat harga mundur
      yg lebih murah itu udah pasti pk trik seperti sharing / vpn buat aktifisasi. biasanya klo pc/mac tdk diinstall ulang aman bertahun2. kl lg hoki beli 1 tahun dpt yg 3 tahun. rata2 yg asli pk trik itu kisaran 30-100rban

  • Udah kapok beli antivirus di tokopedia. Saya juga kena tipu beli kaspersky. Taunya mesti pakai vpn kasperskynya. Jadi bukan resmi indo tapi dari negara lain. Jadi tanpa vpn kasperskynya keblokir. Sekarang beli antivirus yg resmi resmi aja dah

  • Saya Ex penjual (baca importir) Produk key.
    Dulu relasi penyediaan Key bisa melalui Aliexpress dan Alibaba. Itu sudah diketahui banyak orang.

    Orang2 Shenzen Dan Hongkong banyak jualan key MS karena mereka kerja di dalam pabrik. Mereka jual key OEM tanpa UNit PC. Masuknya ilegal.

    Sebagian Key hasil generate software internal digunakan untuk dijual oleh oknum2 pegawai asembling PC OEm. Ya itu adalah sebagian kejadian.

    Manufaktur CD, USB instalasi adalah biang keroknya. Mereka sering menyalahi kontrak dengan owner software. Artinya walau key nya asli, tapi tetap ilegal.

    Termasuk Key Antivirus. Perusahaan punya database user dan database penjualan yang saling sinkron. Kalau nggak cocok tentu diblacklist.

  • Beli software jika via online dan tidak mengenal asal usul toko tersebut lebih baik hindari. Karena software yang di jual dengan fisik itu ada ciri - ciri nya
    1. Packing ciri ada khas sesuai developer.
    2. disegel original berupa hologram.
    3. software itu biasanya berupa kepingan CD dengan label laser sesuai developer tersebut bukan label berupa kertas yang di print.

    Jika tidak sesuai seperti ciri ciri tersebut, bisa di pastikan bukan original, melainkan bajakan.

  • Coba pake eset om, enak banget asli tuh antivirus enteng banget dulu gw pake di laptop sekarang mah udah gak pake lagi karena laptop udah rusak hahaha

  • Windows 10-12 sudah mutakhir sekali anti virus bawaannya, setau saya Norton salah satu antivirus berat jika di pasang pada windows tersebut akan mematikan anti virus bawaan, saran saya jika untuk komputer kantoran beli ke perusahaanya,

  • Pengalaman saya mending beli langsung dari nortonnya ?
    Beberapa seller tidak jujur mengenai t&c nya.

  • Gan. ajukan komplain aja. Msh bs ko.
    Walaupun transaksi sudah selesai, agan bisa mengajukan komplain lewat chat bantuan/pusat bantuan tokopedia. Agan tinggal sebutkan mslhnya, nmr invoicenya dan bukti2nya.
    Dan yg paling penting minta dana sebesar 450 ribu yg ada di dompet toko dia ditahan smpai permasalahan beres, atau minta duitnya dikembalikan saja ke akun agan.
    Silakan dicoba.