Surat Pembaca

Gagal Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 10 Orang

Yth. Telkom Indonesia

Pada tanggal 3 januari saya mengajukan pemasangan indihome melalui aplikasi my Indihome dengan melakukan cek ketersediaan jaringan terlebih dahulu yang menunjukan bahwa lokasi rumah saya sudah ter-cover oleh layanan Indihome.

Beberapa hari kemudian teknisi Indihome datang, akan tetapi layanan Indihome tetap tidak dapat terpasang karena ODP (Optical Distribution Point) penuh dan jarak rumah dari ODP terdekat lebih dari 50 m. bagaimana bisa setelah mengecek ketersediaan jaringan via aplikasi namun ketika teknisi datang mengatakan bahwa tidak bisa terpasang?

Untuk dapat menikmati layanan Indihome saya diharuskan mengajak minimal 10 orang agar ODP bisa terpasang, padahal bukankah itu pekerjaan marketing untuk menawarkan layanan Indihome? Selain itu bagaimana bisa menawarkan sesuatu yang fasilitasnya saja tidak tersedia? Mohon bantuannya agar fasilitas Indihome dapat dinikmati di perumahan saya.

Terima kasih.

Faiz Masykuri
Taman Semesta Mas
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Faiz Masykuri terkait Pasang Baru Indihome

Kepada Yth Redak Mediakonsumen.com, Terimakasih kepada Mediakonsumen.com yang telah menayangkan keluhan pembaca dari Bapak Faiz Masykuri pada tanggal 13 Februari 2018...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Boleh saja cari 10 calon pelanggan asal nanti dapat fasilitas gratis biaya bulanan seumur hidup. Anggap saja bisnis referral ?

  • Mereka benar mas. Harus nyari 10 ktp untuk menambah jaringan. Kemungkinan odp terdekat dan terjauh sudah penuh pelnggan.

  • Lucu jg ya klo customer disuruh nyari customer, padahal kan mereka punya tenaga marketing. padahal odp itu bagian dr sarana yg menunjang penjualan/ recrut customer baru.

    • Di Bogor memang di beberapa tempat ODP full, tapi masih banyak juga yang "nganggur", karena nggak ada yang pasang internet. Kalau ODP sudah penuh artinya target penjualan mereka sudah terpenuhi.

      Ini bisa jadi alasan mereka untuk memfokuskan di wilayah lain yang masih belum banyak pelanggannya, ketimbang harus menambah ODP di wilayah yang sudah full kapasitasnya.

      Dibandingkan jaringan ISP kabel lainnya, cuma Telkom aja yang paling luas coveragenya. Ini salah satu yang menjadi faktor soal penentuan harga yang relatif lebih mahal ketimbang pesaingnya.

      Kenapa First Media, MyRepublik, MNC, Biznet bisa lebih murah? Alasannya simpel: Coverage jaringannya terbatas. Kenapa jaringannya terbatas? Karena mereka hanya ekspansi di wilayah-wilayah yang potensial saja. Itu salah satu rahasia yang bisa menekan harga jual.

      Karena dengan luasan coverage jaringan yang lebih sedikit maka biaya maintenance juga bisa ditekan seefisien mungkin.

  • Internet untuk negri rasanya masih jauh panggang dr api, jangankan di daerah yg jauh dr ibu kota,di bogor aja gigit jari utk menikmati akses internet

  • ass, kebelutan ini terjadi hari ini pada saya tanggal 12-04-2018, beberapa waktu setelah saya datang ke kantor indiehome tidak lebih dari 2 hari teknisi datang dan mengatakan rumah bapak terlalu jauh dengan kertersediaan ODP, untuk itu perlu penambahan ODP, sebelumnya saya sudah kroscek ketersediaan jaringan di situs resminya dan di sana tertera jelas jika rumah saya juga sudah tercover layanan indiehome. langkah selanjutnya saya langsung menelpon ke layanan 147 customer service untuk menanyakan kelanjutanya. setelah saya tanyakan kepada customer servicenya untuk kejelasan pemasangan ODP tidak dapat kami pastikan. loh jadi kesimpulanya cancell? lahhh saya langsung terdiam dan sedikit kecewa lalu saya tutup telvon dan mengucapkan terima kasih. di tahun 2018 dan di kota besar kebutuhan akan internet sudah seperti kebutuhan primernya sehari - hari namun masih saja seperti ini. 2018 masih aj yah internet susah, saya seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta. terimakasih.

  • Tiang ODP persis di samping rumah saya, tapi tdk bisa daftar dengan alasan jaringan penuh dan saya diminta untuk nyari 8 orang supaya jaringan baru ditarik.
    Hari gini masih ada seperti ini ya??

Penulis
Faiz Masykuri